8 Rekomendasi Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless

asuransi kesehatan keluarga cashless

Asuransi cashless adalah asuransi yang menyediakan layanan klaim secara non-tunai. Kalau kamu mencari asuransi untuk keluarga, carilah asuransi kesehatan keluarga cashless untuk memudahkan prosedur klaim saat berobat.

Saat ini sudah banyak produk asuransi kesehatan yang menyediakan layanan klaim secara cashless untuk pengobatan keluarga. Apa saja asuransi tersebut? Simak informasinya di artikel ini, ya.

Daftar asuransi kesehatan keluarga cashless

Kalau kamu tertarik menggunakan asuransi keluarga, berikut ini rekomendasi asuransi kesehatan keluarga cashless terbaik yang bisa dijadikan pilihan.

1. Lippo HealthPlus Family

Lippo HealthPlus Family merupakan salah satu asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga. Asuransi ini menyediakan manfaat pertanggungan berupa rawat jalan, rawat inap, perawatan gigi, dan masih banyak lagi. 

Usia nasabah pemegang polis ini ada pada rentang 0-60 tahun. Tapi, polis ini nantinya tetap bisa diperpanjang hingga usia 65 tahun. Premi asuransinya dimulai dari Rp190 ribu per bulan untuk 4 anggota keluarga. Cukup terjangkau, kan?

2. Cigna Family Care Optima

Cigna Family Care Optima juga bisa menjadi rekomendasi asuransi kesehatan keluarga yang murah. Biaya preminya sebesar Rp690 ribu per bulan untuk 4 orang anggota keluarga. 

Asuransi ini menyediakan fitur klaim cashless yang bisa digunakan di 800 rumah sakit di Indonesia. Limitnya sekitar Rp100-400 juta dalam setahun.

Saat mendaftar, nasabah utama harus ada pada rentang usia 20-60 tahun dan nasabah pasangan berusia 18-60 tahun. Sementara, nasabah anak bisa berusia 6 bulan sampai 17 tahun.

3. Cigna Proteksi Sehat

Ada lagi produk asuransi kesehatan murah untuk keluarga dengan sistem cashless dari Cigna, yaitu Cigna Proteksi Sehat. Produk ini bisa digunakan baik untuk tertanggung individu maupun satu anggota keluarga.

Usia masuk nasabah untuk asuransi kesehatan ini cukup panjang, yaitu sampai dengan usia 65 tahun. Pertanggungan yang diberikan meliputi rawat inap, ambulans, dan lain sebagainya.

Dengan harga premi mulai dari Rp590 ribu per bulan untuk satu keluarga, kamu bisa menggunakan asuransi ini untuk klaim cashless di lebih dari 3000 rumah sakit rekanan dalam dan luar negeri.

4. AXA Mandiri Smartcare Executive

AXA Mandiri juga menyediakan produk asuransi kesehatan murah untuk keluarga. Polisnya bisa menanggung sampai dengan 5 anggota keluarga. 

Harga preminya sangat terjangkau, dimulai dari Rp158 ribu saja per bulannya. Dengan tarif premi ini, kamu sudah bisa mendapatkan manfaat pertanggungan berupa rawat inap sesuai tagihan, rawat jalan, biaya ambulans, dan lainnya.

Batas maksimal usia tertanggung utama adalah 65 tahun. Paket asuransi kesehatan keluarga dari AXA Mandiri memiliki masa tunggu selama 30 hari.

5. BRI Life Simply Healthcare

Rekomendasi berikutnya adalah BRI Life Simply Healthcare. Premi asuransi BRI Life ini adalah Rp1,2 juta setiap bulan untuk 4 orang anggota keluarga. 

Dengan harga premi yang sangat terjangkau, BRI Life bisa jadi rekomendasi asuransi kesehatan anak premi murah.

Manfaat pertanggungan yang diberikan berupa santunan harian rawat inap, biaya ICU, biaya pembedahan, biaya aneka perawatan, biaya rawat jalan, konsultasi dokter online gratis, dan lain sebagainya. 

Asuransi ini sudah bekerja sama dengan 800 rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia. Saat berobat di rumah sakit rekanan ini, kamu bisa melakukan klaim dengan sistem cashless.

6. Takafulink Salam Community

Asuransi ini merupakan salah satu produk asuransi kesehatan syariah terbaik untuk keluarga. Batas usia masuk tertanggung utamanya adalah 75 tahun dan peserta asuransinya minimal 10 orang karena merupakan asuransi kumpulan.

Produk Takafulink Salam Community ini sebenarnya masuk ke kategori asuransi jiwa. Akan tetapi, manfaat yang diberikan tidak hanya pertanggungan jiwa saja, tetapi juga memberikan manfaat perlindungan kesehatan.

Manfaat yang diberikan meliputi santunan rawat inap dan santunan meninggal dunia. Asuransi Takaful ini sudah bekerja sama dengan lebih dari 1000 rumah sakit rekanan.

7. Manulife MiUltimate HealthCare

Kalau kamu mencari asuransi kesehatan keluarga premi murah, asuransi Manulife bisa jadi pilihan. Manulife MiUltimate HealthCare merupakan asuransi kesehatan yang bagus untuk keluarga karena bisa menanggung tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Malaysia. 

Usia masuk tertanggung utamanya cukup panjang, yaitu maksimal 70 tahun. Sementara, untuk nasabah anak, batas usia masuknya adalah 30 hari sampai dengan 17 tahun. 

Keunggulan lainnya, bukan hanya menjadi rekanan sejumlah rumah sakit di luar negeri, asuransi ini juga menyediakan pertanggungan untuk manfaat psikologis. Manfaat ini tidak banyak ditemukan pada produk asuransi kesehatan untuk keluarga lainnya.

8. Allianz Care Syariah

Ada lagi pilihan asuransi kesehatan syariah untuk keluarga, yaitu Allianz Care Syariah. Secara khusus, polis asuransi ini dinamakan Allisya Care. 

Untuk nasabah dewasa, batas usia masuknya adalah 60 tahun. Sementara untuk nasabah anak memiliki batas usia masuk maksimal 15 hari sampai 18 tahun. 

Pertanggungan yang diberikan meliputi biaya rawat inap, biaya kunjungan dokter, biaya pembedahan, biaya ICU, rawat jalan akibat kecelakaan, serta santunan meninggal dunia.

Cara klaim asuransi kesehatan keluarga cashless

Sebenarnya, setiap perusahaan asuransi menetapkan kebijakan berbeda mengenai cara klaim. Akan tetapi, klaim cashless umumnya sangat mudah, cukup dengan melakukan langkah berikut: 

  • Mendatangi pihak administrasi rumah sakit
  • Menyerahkan kartu asuransi kesehatan keluarga
  • Pihak rumah sakit akan menghubungi pihak asuransi secara langsung

Selama pihak rumah sakit menghubungi pihak asuransi, kamu tidak perlu menunggu lama. Kamu bisa langsung melakukan pendaftaran sesi konsultasi dan melakukan pengobatan.

Setelah prosedur konsultasi dan pengobatan selesai, barulah kartu asuransi akan dikembalikan. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun selama prosedur tersebut. Mudah sekali, kan?

Tapi, perlu diingat bahwa klaim cashless ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit yang sudah menjadi rekanan asuransi milikmu. Kalau rumah sakit yang didatangi bukanlah rumah sakit rekanan, maka klaim cashless tidak dapat dilakukan.

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin akan diminta untuk melampirkan dokumen tambahan sebagai lampiran dari kartu asuransi yang diserahkan ke pihak rumah sakit. Adapun dokumen klaim cashless yang dibutuhkan berupa: 

  • KTP
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu asuransi
  • Buku pemeriksaan (jika ada)

Perbedaan klaim asuransi cashless dan reimbursement

Selain klaim cashless, ada juga sistem klaim dengan cara reimbursement. Ini adalah cara klaim yang bisa dilakukan apabila kamu berobat di rumah sakit yang bukan merupakan rumah sakit rekanan asuransi.

Ketika menggunakan sistem klaim reimburse, pertama-tama kamu perlu membayar biaya pengobatan rumah sakit secara mandiri. Nantinya, kamu bisa menghubungi pihak asuransi untuk mengajukan reimburse.

Caranya dengan mengisi formulir klaim reimbursement, lalu melampirkan dokumen persyaratan yang diminta, salah satunya bukti pembayaran dan hasil pemeriksaan rumah sakit. 

Kalau pengajuan klaim disetujui, pihak asuransi akan mengganti biaya yang sudah kamu keluarkan lebih dulu untuk menanggung biaya rumah sakit. 

Cara ini tentu berbeda dengan sistem cashless yang cenderung lebih praktis, dimana nasabah tinggal menyerahkan kartu asuransi saja ke pihak rumah sakit tanpa perlu mengurus proses lainnya. 

Tips dari Lifepal! Jangan abaikan pentingnya memiliki asuransi kesehatan, apalagi untuk perlindungan kesehatan dan keuangan keluarga. 

Memilih asuransi kesehatan keluarga tidak harus selalu mahal, kok. Untuk lebih jelasnya, coba simak penjelasannya di video berikut ini.

Pertanyaan seputar asuransi kesehatan keluarga cashless

Asuransi kesehatan keluarga cashless adalah paket asuransi kesehatan yang bisa melindungi lebih dari satu tertanggung dalam satu keluarga dengan cara klaim non-tunai. Jadi, satu polis bisa dipakai untuk 4-5 anggota keluarga, sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi.

Karena merupakan asuransi cashless, maka klaim bisa dilakukan dengan cara praktis. Nasabah cukup memberikan kartu asuransi saja ke pihak rumah sakit saat akan berobat, dan pihak rumah sakit yang akan melakukan proses administrasi dengan pihak asuransi secara langsung.

Klaim asuransi kesehatan cashless atau non tunai artinya tertanggung hanya perlu memperlihatkan kartu peserta asuransi ke pihak rumah sakit rekanan untuk kemudian bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan.
Dapatkan Promo