Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik Premi Rp600 Ribuan

Asuransi Kesehatan Keluarga Sesuai Anggaran

Asuransi kesehatan keluarga terbaik seringkali dianggap mahal. Karena itu, banyak calon nasabah yang kemudian mengurungkan niat memiliki proteksi kesehatan untuk keluarga. Padahal stigma tadi tidaklah sepenuhnya benar!

Apabila dikalkulasikan, premi asuransi untuk plan keluarga lebih terjangkau daripada mendaftarkan masing-masing anggota keluarga dalam asuransi kesehatan individu. 

Nah, saat ini ada banyak pilihan asuransi kesehatan untuk plan keluarga terbaik dengan premi terjangkau. Di antaranya adalah asuransi kesehatan FWD Life dan asuransi kesehatan AXA Mandiri dengan kisaran premi Rp600-700 ribuan per bulan untuk tiga anggota keluarga. Dalam artikel ini, Lifepal akan melakukan komparasi polis FWD Life dan AXA Mandiri. 

Pengertian Asuransi Kesehatan Keluarga 

Sebelum bahas lebih lanjut ke perbandingan polis, kita perlu mengerti terlebih dahulu apa itu asuransi kesehatan keluarga. Asuransi kesehatan keluarga adalah proteksi yang menanggung biaya perawatan kesehatan nasabah atau sekeluarga dengan satu polis. 

Artinya, jika anggota keluarga yang diasuransikan ada lima tertanggung, maka akan terdaftar dalam satu polis sekaligus sehingga lebih praktis. 

Perbandingan Polis FWD Life vs AXA Mandiri

Untuk membandingkan polis asuransi kesehatan keluarga terbaik, bisa dengan mudah dilakukan melalui Lifepal.co.id. Dalam kasus ini, kita akan membandingan polis asuransi kesehatan FWD Life Bebas Handal Plan D dan asuransi kesehatan AXA Mandiri SmartCare Executive Plan 550.

Adapun tiga faktor perbandingan asuransi kesehatan terbaik yang dapat dijadikan indikator:

  • Nilai pertanggungan
  • Manfaat asuransi
  • Premi bulanan

1. Nilai pertanggungan polis 

Dapat dilihat pada fitur perbandingan polis Lifepal.co.id, bahwa nilai pertanggungan polis FWD Life dan AXA Mandiri tidaklah jauh berbeda. Asuransi dari FWD Life memberikan pertanggungan biaya kamar hingga Rp350 ribu per hari + santunan harian Rp175 ribu per hari. Jadi, jika ditotal polis Bebas Handal Plan D menanggung biaya rawat inap hingga Rp525 ribu per hari. 

Jadi, misal tagihan rumah sakit Rp450 ribu per hari. Maka nasabah tetap akan mendapatkan pertanggungan Rp525 ribu, sehingga ada surplus Rp75 ribu per hari. 

Sementara, asuransi AXA Mandiri menanggung biaya kamar tanpa santunan harian maksimal Rp550 ribu per hari. Artinya, pertanggungan yang diberikan mengacu pada tagihan rumah sakit. Misal, tagihan rumah sakit Rp450 ribu per hari, maka asuransi akan menanggung sesuai tagihan tersebut, tanpa tambahan santunan harian atau manfaat hospital cash plan. 

2. Manfaat asuransi polis

Meski AXA Mandiri memiliki nilai pertanggungan total yang lebih tinggi ketimbang asuransi kesehatan FWD Life, namun polis SmartCare Executive Plan 550 tidak menanggung biaya obat-obatan, perawatan sebelum rawat inap, dan rawat jalan setelah rawat inap. 

Sementara Bebas Handal dari FWD Life memberikan semua manfaat asuransi tersebut. Bahkan polisnya bisa digunakan di seluruh dunia, sementara asuransi kesehatan AXA Mandiri SmartCare Executive Plan 550 hanya bisa digunakan di wilayah Indonesia saja. 

Namun, di lain sisi AXA Mandiri memberikan manfaat asuransi jiwa sekaligus. Ada juga pertanggungan biaya ambulans yang tidak dimiliki FWD Life. 

3. Premi bulanan polis

Faktor terakhir yang dapat dijadikan bahan pertimbangan adalah premi bulanan. Melalui fitur perbandingan Lifepal.co.id dapat dilihat bahwa premi FWD Life Bebas Handal Plan D untuk tiga anggota keluarga berkisar mulai dari Rp8,1 juta per tahun atau sekitar Rp675 ribu per bulan. 

Di sisi lain, polis AXA Mandiri SmartCare Executive Plan 550 untuk tiga anggota keluarga adalah mulai dari Rp8,9 juta per tahun atau sekitar Rp741 ribu per bulan. Artinya, jika dilihat dari segi premi maka polis dari FWD Life lebih terjangkau ketimbang AXA Mandiri. 

Kesimpulan 

Setelah membandingan polis asuransi kesehatan FWD Life dan AXA Mandiri, lantas polis mana yang lebih bagus? Untuk menjawabnya, kembali lagi harus disesuaikan pada kebutuhan dan profil calon nasabah. 

Asuransi kesehatan FWD Life Bebas Handal Plan D cocok khususnya untuk tertanggung yang membutuhkan manfaat asuransi lengkap dengan premi bersahabat. Selain itu, jika sering bepergian ke luar negeri, maka FWD Life juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena menjangkau hingga wilayah luar negeri 

Sementara AXA Mandiri cocok bagi yang membutuhkan limit tahunan asuransi kesehatan yang tinggi dan manfaat asuransi jiwa sekaligus. Meski preminya lebih mahal, tapi kamu bisa memanfaatkan promo cicilan 0% dari Lifepal

Itu tadi perbandingan polis asuransi kesehatan dari FWD Life dan AXA Mandiri untuk plan keluarga. Jika Masih ragu dan bingung dalam memilih polisnya bisa konsultasikan pertanyaanmu dengan para ahli asuransi melalui Tanya Lifepal!

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Tidak selalu. Bahkan jika dikalkulasikan dengan mendaftarkan masing-masing anggota keluarga dalam asuransi kesehatan individu, plan keluarga tentu lebih murah. Apalagi saat ini sudah ada banyak pilihan polis yang dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan. Di antaranya adalah polis dari FWD Life dan AXA Mandiri.

Terdapat dua cara klaim asuransi kesehatan keluarga yang bisa dipilih, yaitu cashless atau reimbursement. Klaim cashless atau non tunai artinya tertanggung hanya perlu memperlihatkan kartu peserta asuransi ke pihak rumah sakit rekanan untuk kemudian bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan.

Sementara klaim reimbursement bisa digunakan di luar rumah sakit rekanan. Hanya saja tertanggung harus membayarkan tagihan rumah sakit dengan dana pribadi terlebih dahulu. Kemudian ajukan klaim melalui telepon atau email, dan jika disetujui tagihan tersebut akan digantikan oleh pihak perusahaan asuransi.

Pertama, pastikan uang pertanggungan dari polis asuransi kesehatan keluarga yang dipilih sebanding dengan biaya perawatan rumah sakit saat ini. Selain itu pastikan juga polis menanggung biaya obat-obatan, konsultasi dokter, dan aneka lainnya. Sebab, ketika dirawat di rumah sakit, tentu nasabah tidak hanya harus bayar biaya kamar saja, tapi ada biaya aneka lainnya yang juga akan masuk dalam tagihan rumah sakit.

Kedua, pelajari polis dengan teliti. Ketahui apa saja penyakit atau risiko ditanggung dan yang masuk dalam pengecualian polis. Dengan begitu, nasabah tidak akan merasa dirugikan ketika klaim ditolak sesuai dengan polis yang sudah disepakati bersama.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →