Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Karyawan Murah

asuransi kesehatan karyawan

Sebagai karyawan yang punya jam kerja rutin setiap hari, maka sejumlah risiko kesehatan ikut mengancam. Bisa karena kelelahan, daya tahan tubuh yang melemah sehingga mudah diserang penyakit, atau risiko kecelakaan kerja. Itulah mengapa, perusahaan berkewajiban untuk memiliki asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan.

Asuransi yang bisa diberikan memang bisa bermacam-macam, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, sampai dana pensiun. Namun dari semua itu, bila dilihat tingkat kepentingannya, barangkali asuransi kesehatan menjadi yang terpenting. 

Mengapa asuransi kesehatan penting? Karena kita tak bisa memprediksi apa yang bakal terjadi dengan tubuh kita di masa depan. Bisa saja kita menjalankan gaya hidup sehat setiap hari, namun tetap ada risiko penyakit yang mengancam diri kita. Belum lagi risiko kecelakaan kerja yang mengharuskan kita mendapat perawatan di rumah sakit. 

Asuransi kesehatan adalah jawaban atas permasalahan di atas. Dengan asuransi kesehatan, karyawan tak perlu pusing memikirkan dana tambahan untuk menutup biaya perawatan dan pengobatan. Tentu selama klaim yang diajukan tidak melebihi batas yang disepakati. 

Cakupan manfaat yang diperoleh karyawan tergantung pada pilihan pihak perusahaan. Adapun pertanggungan yang bisa diambil oleh pihak perusahaan bagi karyawan adalah biaya perawatan kesehatan karena sakit atau kecelakaan baik rawat jalan maupun rawat inap di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, santunan untuk cacat total tetap dan meninggal dunia, dan bahkan dana pensiun.

Selain itu, terdapat pula beberapa tambahan manfaat (rider), seperti asuransi kacamata dan perawatan mata, asuransi gigi, melahirkan (maternity), dan pertanggungan lain yang sesuai kebutuhan karyawan perusahaan.

Premi asuransi untuk perusahaan ini biasanya dibayarkan per tahun, semester, atau kuartal. Kamu bisa bicarakan dengan broker asuransi terkait mengenai term pembayaran. Asuransi karyawan hanya ditujukan bagi karyawan aktif, pasangan sah (suami/istri), dan anak. Jaminan tidak dapat diperluas kepada orang tua, mertua, sepupu, atau orang lain di luar keluarga inti.

Perusahaan yang baik tentunya mengasuransikan karyawannya. Ingat, karyawan adalah salah satu aset paling berharga yang dimiliki perusahaan. Satu perusahaan dapat dilihat kepeduliannya terhadap karyawan, apabila memberikan program perawatan kesehatan yang baik.  

Namun, tak sedikit perusahaan di Indonesia yang tidak mendaftarkan karyawannya dalam asuransi kesehatan. Hal ini membuat karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut tidak memiliki proteksi finansial apabila ada masalah kesehatan yang muncul di masa depan. 

Tapi jangan khawatir, di luar sana banyak perusahaan asuransi swasta yang menawarkan beragam produk asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan yang ditawarkan memiliki beragam manfaat. Setidaknya, kepemilikan asuransi kesehatan menghindarkan kita terbebani biaya pengobatan di masa depan.  

Lantas apa saja asuransi kesehatan terbaik dan asuransi kesehatan murah yang cocok untuk karyawan? Artikel ini akan mengulas beberapa produk asuransi kesehatan ang ditawarkan oleh perusahaan asuransi terbesar nasional. Bisa jadi referensi bagi kamu sebagai karyawan atau perusahaan yang ingin mengasuransikan karyawannya. 

1. Manulife

Manulife merupakan salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbesar di dunia. Produk asuransi kesehatan yang ditawarkan termasuk manfaat tambahan dari asuransi jiwa term-life atau yang biasa disebut sebagai rider. Premi yang perlu dibayarkan untuk produk asuransi kesehatan terbilang cukup ‘murah’ dibanding perusahaan asuransi lainnya, yakni Rp 9 juta-an per tahun. Angka tersebut tentu sudah mencakup biaya rawat inap. 

Sementara biaya pertanggungan kamar mencapai Rp 800.000 sehari untuk periode maksimal 60 hari. 

Produk unggulan yang diberikan adalah MiUltimate Healthcare. Pembayaran manfaat sesuai tagihan dengan limit lima tahunan dan plan yang dipilih pada tabel manfaat rawat inap. Manulife juga memberikan limit tahunan tambahan bila tertanggung menderita sakit kritis seperti kanker, serangan jantung, gagal ginjal atau transplantasi organ.

MKSPlus

Tapi, ada satu produk Manulife yang secara khusus menyasar para karyawan. Nama produk ini adalah ‘Manulife Karyawan Sejahtera Plus (MKSPlus). Produk asuransi jiwa ini memberikan proteksi dan jaminan finansial bagi karyawan perusahaan di masa depan. MKSPlus berorientasi pada investasi untuk memberikan jaminan ketenangan karyawan dalam bekerja, di samping dapat dialokasikan untuk pembayaran pesangon, uang jasa, atau penghargaan masa kerja karyawan. 

Premi yang dibayarkan oleh karyawan, akan diinvestasikan sesuai dengan kesepakatan pemegang polis. Opsi investasi yang bisa diambil antara lain:

  • Dana pasar uang, 100 persen pasar uang (tingkat risiko rendah)
  • Dana pendapatan tetap, 80 persen obligasi dan 20 persen pasar uang (tingkat risiko rendah)
  • Dana saham brimbang, 80-100 persen saham, sisanya obligasi (tingkat risiko tinggi)
  • Dana syariah, 100 persen pasar uang (tingkat risiko rendah) 
  • Dana dolar AS, 100 persen pasar uang (tingkat risiko rendah)

Dana yang terkumpul dari pembayaran premi dan investasi akan dibayarkan sesuai nilai manfaatnya, apabila jatuh tempo, pemegang polis meninggal dunia, atau dana tunai.

Manfaat ditentukan sendiri oleh karyawan, atau bisa juga bersama-sama perusahaan. 

Keunggulan MKSPlus:

  • Menjadikan arus kas perusahaan menjadi lebih baik.
  • Kontrol bersifat fleksibel, dapat dilakukan perusahaan atau atas nama karyawan.
  • Manfaat dapat dibayarkan sekaligus atau lumpsum.
  • Menciptakan loyalitas karyawan.
  • Menjadi tabungan perusahaan dalam pembayaran pesangon, uang jasa, dan penghargaan masa kerja karyawan.
  • Mendapatkan proteksi asuransi jiwa. 

Pilihan premi:

  • Flat (% gaji atau rupiah)
  • Berjenjang berdasarkan jabatan atau masa kerja
  • Bagi hasil 
  • Matching

Jadi pada prinsipnya, dana kamu akan dikelola secara profesional oleh PT Manulife Aset Manajemen Indonesia sebagai manajer investasi. Perusahaan tempat kamu bekerja akan menerima laporan keuangan secara berkala, di samping layanan administrasi, jika perusahaan membutuhkannya. 

Catatan: Berinvestasi  di pasar modal  memiliki risiko. Harga unit dari masing-masing jenis  Dana  Investasi  yang  dipilih  dapat naik  atau turun sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pasar modal termasuk namun tidak terbatas pada fluktuasi tingkat suku bunga. Kinerja dana investasi pada masa lalu bukan merupakan indikasi kinerja di masa yang akan datang, keterangan lengkap di polis.

2. Allianz

Allianz memiliki satu produk asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan. Nama produknya adalah SmartHealth Group. Produk ini menawarkan manfaat asuransi kesehatan yang komprehensif bagi karyawan dan keluarga. 

Smarthealth adalah asuransi kesehatan yang sangat komprehensif. Program ini tidak hanya memberikan manfaat apabila karyawan atau keluarganya jatuh sakit, tetapi juga memberikan manfaat mulai dari pemeliharaan, pencegahan, serta perawatan kesehatan mereka. 

SmartHealth menyediakan tiga opsi produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelayanan kesehatan dan dana yang dimiliki perusahaan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi karyawannya. Tiga produk tersebut adalah:

Classic Premier

Manfaat yang diberikan sangat lengkap meliputi:

  • Pencegahan, berupa imunisasi untuk balita, keluarga berencana, kontrol kehamilan
  • Perawatan, berupa rawat inap, rawat jalan, melahirkan, rawat gigi
  • Pengontrolan, berupa pemeriksaan selama 30 hari setelah keluar rumah sakit, kontrol kesehatan untuk ibu dan bayi

Semua manfaat tersebut dapat dirasakan oleh karyawan dan keluarganya hanya dengan menunjukkan kartu peserta Allianz di rumah sakit atau klinik rekanan. Karyawan dan keluarganya akan memperoleh manfaat secara keseluruhan sesuai dengan indikasi medis. 

Pelayanan kesehatan yang diberikan:

  • Semua jenis perawatan dapat dilakukan di seluruh RS atau klinik rekanan.
  • Cukup menunjukkan kartu, peserta dapat langsung mendapatkan pengobatan tanpa harus membayar terlebih dulu.
  • Penggantian penuh sesuai tagihan untuk semua pelayanan kesehatan. 
  • Tidak ada batasan maksimum per manfaat selama perawatan dilakukan di seluruh RS atau klinik jaringan allianz, sehingga mengurangi adanya excess of claim yang harus ditanggung peserta. 
  • Fasilitas RS atau klinik jaringan yang luas, lebih dari 500 RS atau klinik di seluruh Indonesia.
  • Penggantian biaya bila dirawat di luar RS atau klinik jaringan Allianz sesuai dengan batasan manfaat yang diberikan.
  • Tidak ada batasan dalam penggunaan jenis obat-obatan dan tindakan diagnosis sepanjang diperlukan secara medis. 
  • Tidak ada masa tunggu. Peserta dapat langsung memanfaatkan produk ini tanpa melewati batasan waktu tertentu, baik untuk rawat inap, rawat jalan, rawat gigi atau melahirkan. 
  • Penyakit yang telah ada sebelumnya, pre existing disease dapat langsung ditanggung, termasuk penyakit kritis, tanpa masa tunggu. 
  • Untuk rawat jalan, peserta dapat langsung mnerima perawatan dokter spesialis, atau harus memerlukan surat rujukan dari dokter umum, tergantung pilihan perusahaan.
  • Manfaat imunisasi buat balita, seperti BCG, DPT, Polio, Campak, dan Hepatitis B. 
  • Manfaat keluarga berencana. 

Blue Sapphire

Manfaat yang diberikan melalui produk ini antara lain rawat inap, kehamilan, rawat jalan, rawat gigi, dan kacamata. 

Pelayanan kesehatan yang diberikan:

  • Bebas memilih RS atau klinik masa saja dengan sistem reimbursement.
  • Dapat menggunakan fasilitas RS jaringan Allianz yang luas dengan syarat minumum premi rawat inap Rp 15 juta. Saat ini, Allianz memiliki lebih dari 500 RS rekanan. 
  • Tidak ada masa tunggu. Peserta dapat langsung merasakan manfaat produk tanpa harus melewati batasan waktu tertentu. Khusus penyakit yang telah ada sebelumnya, pre existing disease, sepanjang polis ini telah berjalan 12 bulan maka secara otomatis penyakit tersebut akan ditanggung. 
  • Tidak ada batas maksimum klaim per tahun. 
  • Untuk rawat jalan, peserta dapat langsung berobat ke dokter spesialis anak, dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis mata.
  • Tersedia manfaat perawatan rumah oleh perawat berijazah, bila diperlukan.
  • Tersedianya penggantian biaya pengobatan 30 hari sebelum dan sesudah perawatan rumah sakit.
  • Tersedianya santunan kematian.
  • Tidak ada batasan dalam penggunaan jenis obat-obatan dan tindakan diagnosis sepanjang diperlukan secara medis.
  • Akses ke layanan Allianz Costumer Service Hotline 24 jam, 365 hari setahun untuk semua keperluan medis peserta. 

Light Titanium

Manfaat yang diberikan meliputi rawat inap, kehamilan, rawat jalan, rawat gigi.

Ketentuan produk Light Titanium, minimal total premi rawat inap 7.500 dolar AS, maka rawat inap dan melahirkan (bila ada) berhak menggunakan fasilitas cashless dengan jaringan Allianz. 

3. AXA Mandiri

Karyawan adalah aset bagi perusahaan. Mereka adalah kunci bagi keberhasilan perusahaan. Paket asuransi kesehatan AXA Indonesia memberikan perlindungan asuransi kesehatan yang lengkap bagi usaha dan karyawan. Produk AXA dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, mulai dari perusahaan UKM sampai perusahaan besar hingga perusahaan multinasional. Semua manfaat produk juga dapat diperluas untuk menjamin pasangan dan anak-anak karyawan.

Sejumlah opsi perlindungan ditawarkan oleh AXA, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan tanggungan perusahaan. Dengan asuransi AXA, karyawan bisa mendapatkan manfaat perlindungan maksimal dan komprehensif, termasuk manfaat untuk rawat jalan, persalinan, optik, gigi, hingga hemodialysis dan perawatan kanker.

Sejumlah manfaat yang diberikan:

  • Perlindungan menyeluruh dari usia 0-80 tahun
  • Biaya rawat jalan untuk pasien kanker
  • Jaringan rumah sakit rekanan di seluruh dunia
  • Perlindungan dan perawatan gigi
  • Tanpa limit tahunan untuk rawat inap
  • Pelayanan customer care center

Mandiri Corporate Solution

Nah, ada satu lagi produk yang ditawarkan AXA-Mandiri yang merupakan asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan. Produk ini membantu perusahaan menghadapi situasi bisnis dengan memberikan solusi asuransi jiwa menyeluruh untuk mendukung pencapaian bisnis. Nama produknya adalah Mandiri Corporate Solutions yang memberikan solusi asuransi bagi perusahaan dalam mengelola kesejahteraan karyawan.

Asuransi Mandiri Corporate Health Plan adalah asuransi kesehatan karyawan yang memberikan solusi bagi perusahaan dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi karyawannya dengan manfaat menyeluruh baik bagi perusahaan maupun karyawan yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan anggaran perusahaan.

Berbagai keuntungan yang akan diperoleh karyawan dan perusahaan dengan memiliki Asuransi Mandiri Corporate Health Plan diantaranya:

  • Bagi Karyawan 

Memberikan perlindungan kesehatan yang menyeluruh selama 24 jam termasuk perlindungan terhadap kondisi yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition) dengan mengikuti ketentuan polis yang berlaku serta kemudahan dalam mengakses perawatan kesehatan dengan sistem pembayaran klaim yang fleksibel sebagaimana yang ditentukan dalam polis.

  • Bagi Perusahaan 

Kemudahan dalam proses administrasi, biaya kesehatan yang lebih termonitor serta meningkatkan citra perusahaan dalam memberikan fasilitas terbaik kepada karyawannya. Selain itu, manfaat kesehatan bagi karyawan dapat disesuaikan dengan ketersediaan dana perusahaan.

Manfaat yang diterima:

  • Uang pertanggungan kematian
  • Reimbursement Rumah Sakit
  • Penggantian biaya rawat jalan
  • Penggantian biaya rawat inap
  • Penggantian biaya dental
  • Penggantian biaya melahirkan
  • Penggantian biaya kacamata
  • Pengembalian premi

Syarat:

  • Usia masuk 0-59 tahun
  • Masa pertanggungan 60 tahun
  • Mata uang rupiah
  • Minimum premi sesuai dengan plan terendah
  • Pengembalian premi jika tidak ada klaim, terhadap polis yang ingin dihentikan maksimum 9 bulan
  • Jalur distribusi berupa grup

4. Cigna

Cigna menawarkan produk asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan melalui asuransi kesehatan kumpulan Cigna (employee benefit), bernama Cigna Active Pro Health

Cigna Active Pro Health

Produk ini memberikan solusi perlindungan bagi karyawan beserta keluarganya. Selain menjamin biaya perawatan akibat kecelakaan atau penyakit secara komprehensif dan terencana, polis ini juga memberikan manfaat pencegahan (prevention) dan (rehabilitative).

Keunggulan Cigna Active Pro Health untuk Karyawan: 

  • Tanpa Deklarasi Kesehatan dengan minimum kepesertaan 10 karyawan atau lebih.
  • Kemudahan bagi setiap Peserta melalui aplikasi MyCigna ID untuk mengakses informasi manfaat asuransi. Kemudahan mencari Rumah Sakit dan Klinik rekanan Cigna Indonesia terdekat.
  • Klaim pengembalian biaya (reimbursement) hingga Rp 500.000 per klaim.
  • Juga tersedia fasilitas non-tunai (cashless) di seluruh jaringan Rumah Sakit dan Klinik rekanan Cigna Indonesia
  • Tersedia pilihan golongan (plan) manfaat utama yang dapat diperkaya dengan beberapa manfaat tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda.
  • Premi rendah, mulai dari Rp 1.200.000 /tahun atau Rp 100.000 /bulan per peserta.
  • Akses kesehatan yang luas
  • Di lebih dari 3.000 Rumah Sakit dan Klinik tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.
  • Pembagian keuntungan (profit sharing) bagi perusahaan
  • Mengacu pada ketentuan Polis dan produk yang berlaku.
  • Menyediakan informasi analisi dan statistik secara regular bagi HRD.
  • Menyediakan layanan seminar kesehatan jika diperlukan.

Manfaat yang diberikan:

Memberikan pembayaran atau penggantian biaya rawat inap sekurang-kurangnya 6 jam di Rumah Sakit atau terdapat pembedahan atau kecelakaan, tagihan kamar dan indikasi medis mulai dari Rp 300.000 /hari sampai dengan Rp 2.500.000 /hari.

Manfaat Tambahan:

  • Rawat Jalan. Memberikan pembayaran atau penggantian biaya rawat jalan meliputi biaya konsultasi / pemeriksaan kesehatan, obat-obatan, pemeriksaan diagnostik, fisioterapi yang direkomendasikan oleh dokter, administrasi rawat jalan, perawatan gigi dasar dan pilihan besarnya penggantian biaya perawatan mulai dari 70 – 100% hingga Rp 7.500.000 /tahun per orang.
  • Persalinan. Memberikan pembayaran atau penggantian biaya persalinan baik yang dilakukan secara normal maupun dengan pembedahan termasuk jika terjadi komplikasi kehamilan / persalinan serta rawat jalan selama kehamilan.

Proses klaim

  • Klaim berlaku untuk perawatan di seluruh dunia
  • Tersedia fasilitas klaim secara non-tunai (cashless) atau reimbursement

Syarat dan ketentuan:

  • Semua Karyawan termasuk tanggungannya yang didaftarkan oleh perusahaan
  • Peserta berusia mulai dari 0 hari hingga 65 tahun
  • Jumlah karyawan minimal 10 Karyawan
  • Persyaratan khusus untuk manfaat melahirkan minimal 10 orang wanita maksimal berusia 45 tahun

Ketentuan umum lainnya:

  • Pemegang Polis adalah Badan Usaha yang berdomisili di Indonesia
  • Karyawan dengan kategori yang sama atau karyawan yang mengikutsertakan tanggungan dari karyawan wajib didaftarkan pada golongan (plan) yang sama dengan masing-masing karyawan terkait
  • Periode asuransi Cigna Active Pro Health adalah 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebijakan dan persetujuan dari Tim Underwriting Cigna Indonesia
  • Pembayaran Premi dilakukan secara tahunan
  • Mata uang Polis dalam Rupiah

5. FWD Life

FWD Life memberikan sejumlah opsi produk asuransi kesehatan untuk karyawan. Pada intinya, seluruh produknya memberikan perlindungan kesehatan, keamanan, dan masa depan karyawan serta memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Mari kita bahas satu per satu produk asuransi karyawan FWD Life.

Bebas Hidup (Group Term Life)

Bebas Hidup adalah salah satu asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan yang memberikan manfaat dasar berupa uang pertanggungan meninggal dunia akibat penyakit atau kecelakaan. Bebas Hidup juga memberikan beragam pilihan manfaat tambahan seperti, risiko cacat total dan tetap, risiko penyakit kritis, risiko terminal illness, risiko meninggal dunia akibat kecelakaan, risiko cacat tetap akibat kecelakaan, penggantian biaya medis akibat kecelakaan dan pelayanan tambahan konsultasi medis.

Bebas Karya (Group Personal Accident)

Program Asuransi Bebas Karya memberikan manfaat dasar berupa uang pertanggungan meninggal dunia akibat kecelakaan. Bebas Karya juga memberikan pilihan manfaat tambahan seperti cacat tetap akibat kecelakaan dan penggantian biaya medis akibat kecelakaan.

Bebas Dana (Group Inpatient)

Program Asuransi yang berikan perlindungan tambahan untuk karyawan dan keluarganya dengan memberikan manfaat asuransi Rawat Inap berupa manfaat tunai harian.

Bebas Sehat (Group Medical)

Program Asuransi Bebas Sehat memberikan manfaat dasar penggantian biaya medis bila karyawan atau keluarga dirawat inap. Bebas Sehat juga memberikan beragam pilihan manfaat tambahan seperti melahirkan, rawat jalan, rawat gigi, kacamata, perawatan pencegahan, dan perawatan lainnya sesuai kebutuhan perusahaan. 

6. AIA

AIA memberikan sejumlah solusi produk asuransi untuk karyawan. Manfaat yang diberikan sesuai dengan paket manfaat yang diambil. Berikut adalah beberapa produk AIA yang menyasar peserta karyawan.

Group Term Life

Group Term Life merupakan program asuransi jiwa kumpulan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menyediakan Santunan Duka Cita bagi karyawan. Kecelakaan dan penyakit dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja termasuk pada karyawan. Tidak ada yang tahu kapan akan mengalami kecelakaan atau terserang penyakit yang dapat mengakibatkan kematian.

Program Group Term Life dari AIA dirancang untuk memenuhi kebetuhan perusahaan dalam menyediakan Santunan Duka Cita bagi karyawannya jika terjadi kematian akibat kecelakaan atau terserang suatu penyakit. 

Perluasan manfaat Asuransi Jiwa dapat ditambahkan manfaat Asuransi Cacat Tetap Total (TPD/Total Permanent Disability) dan Manfaat Penyakit Kritis (Critical Illness).

Dalam program ini, uang pertanggungan dapat diseuaikan dengan tingkat pendapatan karyawan, jabatan, atau atas permintaan tertentu dari perusahaan. Selain itu, program ini juga dapat dirancang sebagai tambahan jaminan atas pinjaman karyawan dari perusahaan. Uang pertanggungan dapat disesuaikan dengan jumlah pinjaman tersebut. 

Manfaat yang diberikan:

  • Pada saat kejadian, uang pertanggungan dibayarkan sekaligus pada ahli waris.
  • Apabila karyawan meninggal dalam masa asuransi, uang pertanggungan dibayar secara penuh.
  • Premi relatif rendah, lama masu asuransi dan besarnya uang pertanggungan dapat dipilih.
  • Uang pertanggungan dapat diberikan dalam bentuk santnan duka cita atau sebagai pengurang pinjaman karyawan yang belum terbayar. 
  • Program ini dapat menaikkan citra perusahaan bagi keluarga karyawan, juga membantu perusahaan dalam mempersiapkan dana tak terduga yang muncul. 

Besaran premi tahunan bervariasi sesuai kelas dan jumlah karyawan. Nilainya mulai Rp 93 ribu per orang sampai Rp 327 ribu per orang. Nilai premi ini bergantung pada jumlah karyawan, lokasi pekerjaan apakah berisiko atau tidak, dan jenis profesi yang digeluti. 

Medipro

Program Medipro dari AIA adalah produk asuransi kesehatan yang diperuntukkan bagi karyawan perusahaan termasuk istri dan anak-anak mereka dan merupakan program yang sesuai bagi perusahaan berskala kecil sampai menengah. Program Medipro menyediakan layanan Asuransi kesehatan yang lengkap dan komprehensif dengan Manfaat Rawat Inap dan Pembedahan, Rawat Jalan, Persalinan dan Rawat Gigi.

Keunggulan dari Medipro:

  • Dapat mengikuts ertakan pasangan (suami/istri) dan anak (maksimal 3 orang)
  • Premi tidak dihitung berdasarkan per orang tetapi per keluarga (karyawan dan/atau pasangan beserta 3 anak)
  • Manfaat tahunan rawat inap yang tidak terbatas
  • Perlindungan termasuk asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan untuk karyawan
  • Tidak perlu pemeriksaan kesehatan
  • Pembayaran klaimrawat inap secara cashless atau reimbursement
  • Perlindungan berlaku di seluuh dunia dan layanan costumer selama 24 jam 

Syarat dan ketentuan MediPro

  • Jumlah karyawan yang diikutsertakan minimal 5 orang dan maksimal 50 orang
  • Umur karyaan dan pasangan minimal 17 tahun dan maksimal 59 tahun, umur anak minimal 15 hari dan maksimal 23 tahun (masih sekolah dan belum menikah)
  • Seluruh karyawan wajib diikutsertakan
  • Karyawan dengan jabatan yang sama harus didaftarkan pada plan yang sama
  • Perbedaan plan untuk setiap jabatan karyawan maksimal 2 tingkat plan
  • Plan ditentukan di awal program asuransi. Penambahan plan baru tidak diperkenankan apabila program asuransi telah berjalan
  • Penentuan plan manfaat rawat jalan dan gigi dapat berbeda dengan plan manfaat inap selama tidak melebihi 1 satu tingkat plan di bawahnya
  • Melampirkan dokumen pendukung sesuai ketentuan
  • Pengecualian polis berlaku. 

Health Care

Health Care merupakan program asuransi kesehatan yang menyediakan perlindungan kesehatan lengkap dan komprehensif selama 24 jam bagi karyawan.

Program Health Care dari AIA adalah produk Asuransi kesehatan yang diperuntukkan bagi karyawan perusahaan termasuk istri dan anak-anak mereka. Program Health Care menyediakan layanan Asuransi kesehatan yang lengkap dan komprehensif dengan Manfaat Rawat Inap dan Pembedahan, Rawat Jalan, Persalinan dan Rawat Gigi.

Manfaat yang diperoleh:

  • Manfaat Rawat Inap dan Pembedahan, yaitu penggantian biaya selam Peserta dirawat di Rumah Sakit yang mencakup manfaat kamar dan makan harian, ICU, pelayanan Rumah Sakit yang lain, dokter bedah, kunjungan dokter di Rumah Sakit, rawat jalan darurat karena kecelakaan, konsultasi ahli sebelum dan sesudah rawat inap atau pembedahan, serta manfaat perawat pribadi sesuai dengan ketentuan Polis
  • Manfaat Rawat Jalan, yaitu penggantian biaya selama Peserta melakukan proses rawat jalan yang mencakup manfaat konsultasi dokter umum atau dokter spesialis dan obat-obatan sesuai resep, pemeriksaan diagnostic dan laboratorium dan biaya fisioterapi.
  • Manfaat Persalinan, yaitu penggantian biaya selama Peserta menjalani proses perawatan terkait dalam proses persalinan yang mencakup manfaat persalinan normal atau abnormal (caesar/komplikasi), keguguran dan manfaat perawatan bayi sehat.
  • Manfaat Perawatan Gigi, yaitu penggantian biaya untuk manfaat rawat gigi pencegahan, rawat gigi dasar dan rawat gigi kompleks.

Selain manfaat di atas, program ini juga menyediakan santunan meninggal dunia sebesar uang pertanggungan. 

Begitulah ulasan enam perusahaan asuransi yang memiliki produk untuk asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan. Pastikan karyawan di perusahaan kamu mendapatkan proteksi kesehatan secara maksimal dengan memilih perusahaan yang terbaik.

Ingin mendapat informasi lebih lanjut? Simak terus artikel tentang asuransi dan keuangan di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →