6 Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Lansia Terbaik!

pasangan lansia

Asuransi kesehatan untuk lansia sebaiknya sudah mulai kamu pikirkan untuk menjamin kesehatan orangtua. Apalagi, seiring pertambahan usia orangtua, fisik mereka pun sudah tidak seperti dulu dan risiko kesehatan akan semakin meningkat. 

Sebagai informasi, asuransi kesehatan lansia ini bisa menanggung nasabah yang berusia 60 hingga 99 tahun. Berbeda dengan asuransi kesehatan untuk anak muda, umumnya asuransi kesehatan untuk orangtua/lansia memiliki premi yang lebih mahal, karena risiko penyakit yang diderita juga biasanya lebih tinggi dan beragam.

Meski secara rata-rata preminya lebih tinggi, tetapi kamu bisa menemukan produk asuransi kesehatan lansia dengan premi murah di Lifepal, lho! Hemat hingga 25%!

Agar tidak salah pilih asuransi kesehatan untuk ayah dan ibumu, ini dia beberapa tips memilih asuransi kesehatan untuk usia di atas 50 tahun. 

Menanggung Pre-Existing Condition

Sebaiknya pilih juga asuransi yang bisa menanggung riwayat penyakit yang diderita sebelum menandatangani polis. Sebab, tidak semua asuransi menanggung penyakit atau cedera yang sudah ada sebelum mendaftar asuransi.

Contohnya, orangtuamu memiliki riwayat penyakit jantung sebelum menggunakan asuransi. Jika asuransi yang kamu pilih menanggung pre-existing condition, maka pihak asuransi bisa menanggungnya.

Adanya tanggungan pre-existing condition ini sangat penting apalagi untuk orangtua yang mengidap penyakit seperti diabetes melitus, autoimun, stroke, kanker, kista, hingga jantung. 

Pilih Asuransi Kesehatan Lansia yang Menanggung Hingga Seumur Hidup

Cari juga plan yang bisa melindungi orangtua hingga usia 99 tahun atau seumur hidup. Atau, bisa juga mencari polis asuransi yang bisa menanggung setidaknya mengikuti usia harapan hidup Indonesia yakni 74 tahun.

Uang Pertanggungan Asuransi Sebanding dengan Biaya Rumah Sakit

Sebelum memilih plan, pastikan jika uang pertanggungan yang diterima sebanding dengan biaya rumah sakit, mulai dari pengeluaran untuk rawat inap, biaya dokter spesialis, obat-obatan, hingga untuk cek di laboratorium. 

Mengingat biaya rawat inap untuk lansia biasanya lebih mahal, sebaiknya cari juga asuransi yang memberikan manfaat rawat inap maksimum. Contoh asuransi kesehatan untuk lansia Prudential bisa menanggung manfaat kesehatan ke seluruh dunia kecuali Amerika Serikat. 

Memberikan Manfaat Asuransi Jiwa Sekaligus

Akan lebih baik jika asuransi kesehatan untuk lansia juga sekaligus mencakup asuransi jiwa. Baik kamu membeli sepaket alias dalam bentuk rider atau terpisah. Sehingga, di masa tuanya orangtua akan terjamin untuk kesehatan dan juga finansialnya.

Asuransi jiwa ini biasanya berguna sebagai warisan atau biaya pemakaman.

Menanggung Risiko Penyakit Kritis untuk Lansia

Bisa dibilang lansia memiliki risiko terkena penyakit kritis seperti jantung, diabetes, hingga stroke yang lebih tinggi. Maka dari itu, pilihlah asuransi kesehatan untuk lansia yang bisa menanggung risiko penyakit kritis tersebut. Sebab, biasanya perawatan untuk penyakit kritis membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit.

Dengan manfaat ini, orangtuamu bisa terjamin mulai dari diagnosis pertama hingga perawatan nantinya. Lumayanlah untuk menambah kekurangan dari biaya dari asuransi kesehatan yang sudah dimiliki orangtua kamu.

Lakukan Medical Check Up Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan Lansia

Sebelum memilih asuransi kesehatan untuk orangtuamu, sebaiknya lakukan dulu medical check up. Hal ini bermanfaat untuk mengetahui ada risiko penyakit yang mungkin saja bisa diderita orangtua, sehingga saat memilih plan asuransi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan risiko penyakit yang diderita.

Selain itu, beberapa asuransi memang mengharuskan calon nasabah lansia untuk medical check-up.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum akhirnya memilih asuransi. Informasi selanjutnya mengenai berbagai produk asuransi, sila kunjungi Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →