Cara Klaim Garda Oto dengan Mudah: Persyaratan dan Prosedurnya

cara klaim garda oto - Lifepal

Cara klaim Garda Oto sangat mudah dan cepat melalui aplikasi myGarda yang bisa kamu install di smartphone. Ketika menghadapi situasi darurat seperti kecelakaan atau pencurian kendaraan, memang sangat penting jika pengguna bisa mengajukan klaim dengan cepat dan tanpa hambatan.

Mengasuransikan mobil berarti memindahkan risiko dari diri sendiri ke perusahaan asuransi. Dengan kata lain, apabila kecelakaan terjadi, perusahaan asuransi akan menanggung kerugian atas kerusakan yang diakibatkan kecelakaan tersebut.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengajukan klaim Garda Oto. Salah satunya adalah pelaporan kerugian harus dilakukan dalam waktu lima hari kerja setelah kejadian. Yuk, cari tahu seperti apa prosedur dan syarat klaim asuransi Garda Oto? 

Cara Klaim Garda Oto

Salah satu kemudahan yang ditawarkan dalam klaim asuransi Garda Oto adalah dukungan inovasi teknologi pada layanannya. Berkat inovasi ini, pelanggan dapat mengajukan klaim dengan mudah dan cepat. 

Berikut langkah-langkah cara klaim asuransi mobil Garda Oto.

1. Laporkan kejadian

Pelanggan dapat menginstal aplikasi myGarda yang telah tersedia di perangkat Android maupun iOS. Di aplikasi ini, kamu dapat mengirimkan laporan kerugian yang dialami melalui fitur Garda Oto. 

Pilih jenis dan paket perlindungan yang kamu miliki, kemudian pilih metode survey, apakah home survey atau penjadwalan ke kantor cabang. Jangan lupa pilih objek pertanggungannya, yakni merek mobil yang kamu asuransikan. 

3. Survei kendaraan

Surveyor akan memeriksa kerusakan yang dialami kemudian menentukan rencana perbaikan. Jika kamu memilih Home Survey, maka kamu bisa mendapatkan informasi kalau petugas sedang mengarah ke rumahmu. 

Pihak surveyor Garda Oto akan memeriksa kerusakan kendaraan dan menentukan rencana perbaikan nantinya. Berikan informasi yang sebenar-benarnya kepada petugas mengenai kondisi yang kamu alami sehingga menyebabkan kerusakan pada kendaraan.

4. Menunggu Surat Perintah Kerja (SPK)

Setelah survey selesai dan hasil survei diproses, pelanggan akan mendapatkan Surat Perintah Kerja (SPK) kepada pelanggan. SPK ini merupakan dokumen resmi yang berisi detail mengenai perbaikan atau klaim yang akan dilakukan terhadap kendaraan yang mengalami kerugian.

Dokumen ini menjadi panduan bagi bengkel atau pihak yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua pekerjaan yang diperlukan dilakukan dengan tepat sesuai dengan perjanjian asuransi.

5. Penyelesaian klaim, langkah terakhir cara klaim Garda Oto

Terakhir, bengkel rekanan Garda Oto akan melakukan perbaikan kendaraan sesuai SPK yang telah dibuat atau kompensasi akan diberikan. Jika perbaikan kendaraan selesai, maka mobil kamu bisa diantar ke rumah atau menjemputnya sendiri di bengkel. 

Biaya Klaim Asuransi Garda Oto

Ketika mengajukan klaim asuransi mobil di Garda Oto, pemilik polis perlu memperhatikan biaya yang harus mereka bayar. Salah satunya biaya klaim asuransi mobil Garda Oto yang dikenal sebagai Own Risk atau OR. Biaya ini dikenakan oleh semua perusahaan asuransi. 

  • Untuk klaim kerusakan kendaraan, biaya Own Risk yang berlaku adalah sebesar Rp300 ribu per kejadian. Ini merupakan jumlah yang harus dibayar oleh pemilik polis sebagai kontribusi mereka dalam proses klaim.
  • Untuk klaim perluasan seperti banjir, topan, gempa bumi, dan lain sebagainya, biaya Own Risk adalah sebesar 10% dari nilai klaim yang disetujui. Ini berarti pemilik polis akan membayar sejumlah persentase dari nilai klaim yang telah disetujui sebagai bagian dari biaya klaim.
  • Selain itu, untuk klaim tanggung jawab pihak ketiga atau yang mengikuti risiko sendiri kendaraan, biaya klaim akan bergantung pada tingkat tanggungan dan ketentuan polis yang berlaku. Pemilik polis akan diarahkan untuk menanggung sebagian atau seluruh biaya klaim tergantung pada peristiwa yang terjadi dan perjanjian yang telah disepakati.

    Sekilas Tentang Asuransi Mobil Garda Oto

    Garda Oto adalah salah satu perusahaan asuransi umum yang menawarkan produk asuransi mobil di Indonesia. Berdiri sejak dekade 1990-an, Garda Oto telah menjadi salah satu penyedia asuransi mobil yang populer di Indonesia.

    Seperti halnya produk asuransi mobil lainnya, Garda Oto menyediakan dua jenis pertanggungan utama, yaitu All Risk dan TLO (Total Loss Only). Asuransi All Risk, atau yang dikenal juga sebagai asuransi komprehensif, memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko yang mungkin dihadapi oleh pemilik mobil. 

    Perlindungan ini mencakup kerusakan ringan, sedang, hingga berat, sehingga memberikan ketenangan pikiran bagi pemilik mobil dalam menghadapi situasi darurat di jalan. Dengan kata lain, apabila mobil mengalami kerusakan ringan seperti lecet karena terserempet atau kerusakan berat yang menyebabkan bodi mobil penyok akibat benturan, perusahaan asuransi akan menanggung ganti rugi atas kerusakan itu.

    Sementara itu, asuransi TLO atau yang juga dikenal sebagai asuransi kerugian total hanya menanggung risiko apabila mobil itu mengalami kerusakan parah dengan tingkat kerusakan atau biaya perbaikan lebih dari 75 persen. Asuransi TLO juga  turut menanggung risiko kehilangan atau pencurian mobil.

    Keunggulan Asuransi Mobil Garda Oto

    Garda Oto memiliki sejumlah fitur yang dinilai lebih unggul dibandingkan asuransi mobil dari perusahaan lainnya, antara lain:

  • Perbaikan mobil di seluruh jaringan bengkel Garda Oto, termasuk bengkel Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk pertanggungan asuransi All Risk.
  • Call center Garda Akses yang dapat dihubungi selama 24 jam di nomor 1500112.
  • Untuk nasabah yang tinggal di Jakarta, Bandung, Bogor, dan Surabaya, terdapat layanan home survey claim dan pickup delivery service (PDS).
  • Layanan Emergency Road Assistance (ERA) Garda Siaga 24 Jam.
  • Konsultasikan kebutuhanmu untuk mendapatkan jaminan finansial terpercaya dari berbagai produk asuransi mobil terbaik di Indonesia secara gratis. Daftarkan dirimu melalui form berikut.

    Cara Mudah Membeli Polis Asuransi Mobil Garda Oto

    Tertarik untuk memiliki memproteksi mobil kita dengan asuransi dari Garda Oto? Berikut ini langkah-langkah untuk membelinya melalui situs Gardaoto.com.

    1. Melakukan pendaftaran

    Pemilik mobil yang berminat untuk membeli asuransi mobil Garda Oto dapat mengisi data diri (KTP) dan STNK serta melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan di situs Gardaoto.com.

    2. Melakukan pembayaran

    Pemilik mobil yang berminat untuk membeli asuransi mobil Garda Oto memiliki sejumlah cara untuk melakukan pembayaran biaya asuransi mobil Garda Oto, yaitu:

  • Kartu kredit berlogo Visa/Mastercard/JCB yang dikeluarkan bank di Indonesia.
  • BCA KlikPay.
  • Virtual Account PermataBank.
  • 3. Survei

    Pemilik mobil yang berminat untuk membeli asuransi mobil Garda Oto bisa mengaktifkan polis dengan cara melakukan survei kendaraan di lokasi pilihan

    4. Polis terbit

    Polis elektronik akan langsung dikirimkan melalui surat elektronik maksimal 1×24 jam setelah persetujuan survei.

    Ketentuan dan Jenis-Jenis Mobil yang Bisa Ditanggung

    Untuk usia kendaraan, asuransi All Risk dapat menjamin risiko untuk mobil berusia maksimal 10 tahun pada saat polis berakhir. Sementara itu, asuransi TLO dapat menjamin risiko untuk mobil yang berusia maksimal 16 tahun pada saat polis berakhir. Berikut ini sejumlah jenis mobil yang dapat ditanggung oleh Garda Oto.

  • Sedan.
  • Jeep.
  • Minibus.
  • Station Wagon.
  • MPV.
  • SUV.
  • City Car.
  • Pick Up Double Cabin.
  • Mobil untuk keperluan pribadi seperti untuk ke kantor atau mengantar anak ke sekolah.
  • Pengecualian dalam Polis Asuransi Mobil Garda Oto

    Agar pengajuan klaim asuransi tidak ditolak, penting untuk memahami beberapa ketentuan pengecualian dalam polis asuransi mobil Garda Oto. Berikut beberapa pengecualian berdasarkan Bab II Pasal 3 Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia.

    1. Asuransi tidak menjamin kerugian maupun kerusakan yang disebabkan oleh kondisi berikut:

  • Penggunaan kendaraan untuk menarik atau mendorong kendaraan atau benda lain
  • Memakai kendaraan untuk kegiatan belajar mengemudi
  • Penggunaan kendaraan untuk penggelapan, penipuan, hipnotis, dan sejenisnya
  • Pencurian dan/atau perbuatan jahat yang dilakukan oleh keluarga atau saudara sekandung orang yang bekerja atau tinggal bersama Tertanggung; seluruh karyawan jika Tertanggung merupakan badan hukum; orang yang berada di bawah pengawasan Tertanggung
  • Kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan
  • Penggunaan di luar ketentuan yang dicantumkan dalam polis
  • 2. Asuransi tidak menjamin kerugian ataupun kerusakan yang disebabkan oleh:

  • Barang dan/atau hewan yang sedang berada di dalam kendaraan
  • Zat kimia, air, atau benda cair lainnya yang berada di dalam kendaraan, kecuali merupakan akibat dari risiko yang dijamin polis.
  • 3. Asuransi tidak menjamin kerugian, kerusakan, dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang disebabkan oleh:

  • Kerusuhan, perang, dan sejenisnya
  • Gempa bumi, banjir, atau gejala geologi atau meteorologi lainnya
  • Reaksi nuklir
  • 4. Asuransi tidak menjamin kerugian, kerusakan, dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika:

  • Disebabkan oleh tindakan sengaja Tertanggung, pengemudi, orang yang bekerja/orang suruhan Tertanggung
  • Pengemudi tidak memiliki SIM
  • Pengemudi mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk
  • Kendaraan dikemudikan secara paksa walaupun kondisi kendaraan tidak laik jalan
  • Pengemudi melanggar rambu-rambu lalu lintas
  • 5. Asuransi tidak menjamin kerugian dan/atau kerusakan atas:

  • Perlengkapan tambahan kendaraan yang tidak disebutkan pada polis
  • Ban, velg, dop yang tidak disertai kerusakan pada bagian lain kendaraan
  • Kunci dan/atau bagian lain kendaraan pada saat tidak melekat atau tidak berada di dalam kendaraan tersebut
  • Bagian atau material kendaraan yang aus
  • STNK, BPKB, dan/atau surat-surat lain kendaraan
  • 6. Asuransi tidak menjamin tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang disebabkan oleh:

  • Kerusakan atau kehilangan harta benda yang diangkut
  • Kerusakan jalan dan bangunan sebagai akibat dari getaran, berat kendaraan bermotor
  • 7. Asuransi tidak menjamin kehilangan keuntungan, upah, berkurangnya harga atau kerugian dalam bentuk keuangan lainnya yang diderita Tertanggung

    Asuransi Garda Oto memiliki ketentuan dan peraturan yang berbeda dengan perusahaan asuransi lainnya sesuai kebijakan masing-masing. Untuk itu, jangan segan untuk bertanya kepada agen atau broker asuransi pilihanmu mengenai apa saja yang ditanggung atau tidak ditanggung agar di kemudian hari kamu tidak dirugikan.

    Lindungi Mobilmu dengan Asuransi Mobil

    Mengatur keuangan untuk mobil tidak hanya memerlukan biaya bahan bakar dan perawatan rutin, tetapi juga mengantisipasi kemungkinan perbaikan yang tak terduga. Memastikan kendaraanmu dilindungi dengan baik adalah langkah penting untuk menghindari beban finansial yang tak terduga.

    Dengan memiliki asuransi mobil All Risk, kamu dapat menghilangkan kekhawatiran jika terjadi risiko kendaraan yang mengharuskan ke bengkel. Perlindungan ini akan menjaminmu terhadap biaya perbaikan akibat kerusakan ringan dan berat, serta memberikan jaminan penggantian atas kehilangan karena pencurian.

    Lifepal merupakan marketplace asuransi mobil terbesar di Indonesia yang dapat membantumu menemukan beragam produk asuransi yang tepat. Di Lifepal, kamu bisa membandingkan sendiri harga dan manfaat pertanggungan asuransi sehingga kamu bisa mendapatkan polis terbaik. 

    Yuk, isi formulir di bawah ini untuk berkonsultasi dengan agen terbaik kami! 

    Pertanyaan Seputar Cara Klaim Garda Oto

    Asuransi Garda Oto dikelola oleh Asuransi Astra yang sudah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Asuransi Garda Oto sudah memiliki pengalaman sejak 1995 sebagai salah satu perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia.
    Untuk melakukan klaim asuransi mobil, kamu perlu menyiapkan sejumlah dokumen seperti KTP, SIM dan STNK, juga termasuk formulir klaim asuransi mobil. Formulir ini bisa kamu dapatkan dengan menghubungi pihak asuransi atau agen asuransi tempat kamu membeli polis asuransi.