Asuransi Mobil Garda Oto: Jenis Pertanggungan dan Cara Beli

Asuransi Garda Oto

Kerugian akibat kecelakaan mobil dapat dikurangi dengan memiliki asuransi mobil. Salah satu asuransi mobil yang direkomendasikan adalah asuransi mobil Garda Oto.

Mengasuransikan mobil berarti memindahkan risiko dari diri sendiri kepada perusahaan asuransi. Dengan kata lain, apabila kecelakaan terjadi, perusahaan asuransi akan menanggung kerugian atas kerusakan yang diakibatkan kecelakaan tersebut.

Tentu saja kerusakan yang ditanggung tergantung dari kesepakatan di awal mengenai risiko yang ditanggung. Pada umumnya, pilihan asuransi mobil terdiri dari asuransi all risk dan asuransi total loss only atau TLO.

Sekilas tentang asuransi mobil Garda Oto

Produk asuransi mobil dijual perusahaan asuransi umum. Salah satunya adalah perusahaan asuransi mobil Garda Oto.

Garda Oto sudah menjadi perusahaan penyedia asuransi mobil yang populer di Indonesia. Eksistensinya bahkan sudah bermula sejak dekade 1990-an.

Hampir seperti produk asuransi mobil pada umumnya, Garda Oto memiliki dua jenis pertanggungan, yaitu all risk dan TLO.

Asuransi all risk atau yang juga dikenal sebagai asuransi komprehensif menjamin risiko dalam berbagai skala yang dihadapi pemilik mobil.

Risiko itu meliputi kerusakan ringan, sedang, atau berat. Dengan kata lain, apabila mobil mengalami kerusakan ringan seperti lecet karena terserempet atau kerusakan berat yang menyebabkan bodi mobil penyok akibat benturan, perusahaan asuransi akan menanggung ganti rugi atas kerusakan itu.

Sementara itu, asuransi TLO atau yang juga dikenal sebagai asuransi kerugian total hanya menanggung risiko apabila mobil itu mengalami kerusakan parah dengan tingkat kerusakan atau biaya perbaikan lebih dari 75 persen. Asuransi TLO turut menanggung risiko kehilangan atau pencurian mobil.

Pada umumnya, premi asuransi all risk lebih mahal daripada asuransi TLO. Ketentuan soal kisaran tarif asuransi mobil sendiri sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Tidak terbatas pada ketentuan asuransi all risk dan TLO, jaminan atas risiko kerugian dari Garda Oto juga dapat diperluas.

Artinya, risiko yang dijamin bisa ditambahkan, seperti kerusakan akibat gempa bumi, tsunami, sampai terorisme. Tentu keunggulan ini bisa didapatkan dengan penambahan premi asuransi.

Keunggulan asuransi mobil Garda Oto

Asuransi Garda Oto

Garda Oto memiliki sejumlah fitur yang dinilai lebih unggul dibandingkan asuransi mobil dari perusahaan lainnya, antara lain:

  • Perbaikan mobil di seluruh jaringan bengkel Garda Oto, termasuk bengkel Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk pertanggungan asuransi all risk.
  • Call center Garda Akses yang dapat dihubungi selama 24 jam di nomor 1500112.
  • Untuk nasabah yang tinggal di Jakarta, Bandung, Bogor, dan Surabaya, terdapat layanan home survey claim dan pickup delivery service (PDS).
  • Layanan Emergency Road Assistance (ERA) Garda Siaga 24 Jam.

Bagaimana cara membeli asuransi mobil Garda Oto?

Tertarik untuk memiliki memproteksi mobil kita dengan asuransi dari Garda Oto? Berikut ini langkah-langkah untuk membelinya melalui situs Gardaoto.com.

1. Melakukan pendaftaran

Pemilik mobil yang berminat untuk membeli asuransi mobil Garda Oto dapat mengisi data diri (KTP) dan kendaraan (STNK) serta melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan di situs Gardaoto.com.

2. Melakukan pembayaran

Pemilik mobil yang berminat untuk membeli asuransi mobil Garda Oto memiliki sejumlah cara untuk melakukan pembayaran, yaitu:

  • Kartu kredit berlogo Visa/Mastercard/JCB yang dikeluarkan bank di Indonesia.
  • BCA KlikPay.
  • Virtual Account PermataBank.

3. Survei

Pemilik mobil yang berminat untuk membeli asuransi mobil Garda Oto bisa mengaktifkan polis dengan cara melakukan survei kendaraan di lokasi pilihan

4. Polis terbit

Polis elektronik akan langsung dikirimkan melalui surat elektronik maksimal 1×24 jam setelah persetujuan survei.

Cara mengajukan klaim

Setelah menjadi pemegang polis Garda Oto, berbagai risiko yang dihadapi oleh mobil kita akan ditanggung oleh Asuransi Astra. Dengan kata lain, apabila mengalami kecelakaan, kita bisa mengajukan klaim asuransi kepada mereka.

Berikut ini sejumlah cara klaim ke Asuransi Astra apabila telah menjadi pemegang polis Garda Oto.

1. Garda Mobile Otocare

Garda Mobile Otocare adalah aplikasi yang akan membantu pemegang polis untuk memantau kondisi kendaraan, memudahkan proses klaim, hingga melayani permintaan darurat.

2. Garda Akses 24 Jam

Pemegang polis bisa menghubungi Garda Akses melalui customer service di nomor 1-500-112 untuk melakukan pelaporan klaim.

3. Kantor cabang

Pemegang polis bisa mengunjungi kantor cabang Asuransi Astra terdekat atau Garda Center yang tersebar di berbagai mal di Indonesia.

Ketentuan dan jenis-jenis mobil yang bisa ditanggung

Untuk usia kendaraan, asuransi all risk dapat menjamin risiko untuk mobil berusia maksimal 10 tahun pada saat polis berakhir.

Sementara itu, asuransi TLO dapat menjamin risiko untuk mobil yang berusia maksimal 16 tahun pada saat polis berakhir. Berikut ini sejumlah jenis mobil yang dapat ditanggung oleh Garda Oto.

  • Sedan.
  • Jeep.
  • Minibus.
  • Station Wagon.
  • MPV.
  • SUV.
  • City Car.
  • Pick Up Double Cabin.
  • Mobil untuk keperluan pribadi seperti untuk ke kantor atau mengantar anak ke sekolah.

Pengecualian dalam polis asuransi mobil Garda Oto

Agar pengajuan klaim asuransi tidak ditolak, penting untuk memahami beberapa ketentuan pengecualian dalam polis asuransi mobil Garda Oto. Berikut beberapa pengecualian berdasarkan Bab II Pasal 3 Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia.

1. Asuransi tidak menjamin kerugian maupun kerusakan yang disebabkan oleh kondisi berikut:

  • Penggunaan kendaraan untuk menarik atau mendorong kendaraan atau benda lain
  • Penggunaan kendaraan untuk kegiatan belajar mengemudi
  • Penggunaan kendaraan untuk penggelapan, penipuan, hipnotis, dan sejenisnya
  • Pencurian dan/atau perbuatan jahat yang dilakukan oleh keluarga atau saudara sekandung orang yang bekerja atau tinggal bersama Tertanggung; seluruh karyawan jika Tertanggung merupakan badan hukum; orang yang berada di bawah pengawasan Tertanggung
  • Kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan
  • Penggunaan di luar ketentuan yang dicantumkan dalam polis

2. Asuransi tidak menjamin kerugian ataupun kerusakan yang disebabkan oleh:

  • Barang dan/atau hewan yang sedang berada di dalam kendaraan
  • Zat kimia, air, atau benda cair lainnya yang berada di dalam kendaraan, kecuali merupakan akibat dari risiko yang dijamin polis.

3. Asuransi tidak menjamin kerugian, kerusakan, dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang disebabkan oleh:

  • Kerusuhan, perang, dan sejenisnya
  • Gempa bumi, banjir, atau gejala geologi atau meteorologi lainnya
  • Reaksi nuklir

4. Asuransi tidak menjamin kerugian, kerusakan, dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika:

  • Disebabkan oleh tindakan sengaja Tertanggung, pengemudi, orang yang bekerja/orang suruhan Tertanggung
  • Pengemudi tidak memiliki SIM
  • Pengemudi mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk
  • Kendaraan dikemudikan secara paksa walaupun kondisi kendaraan tidak laik jalan
  • Pengemudi melanggar rambu-rambu lalu lintas

5. Asuransi tidak menjamin kerugian dan/atau kerusakan atas:

  • Perlengkapan tambahan kendaraan yang tidak disebutkan pada polis
  • Ban, velg, dop yang tidak disertai kerusakan pada bagian lain kendaraan
  • Kunci dan/atau bagian lain kendaraan pada saat tidak melekat atau tidak berada di dalam kendaraan tersebut
  • Bagian atau material kendaraan yang aus
  • STNK, BPKB, dan/atau surat-surat lain kendaraan

6. Asuransi tidak menjamin tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang disebabkan oleh:

  • Kerusakan atau kehilangan harta benda yang diangkut
  • Kerusakan jalan dan bangunan sebagai akibat dari getaran, berat kendaraan bermotor

7. Asuransi tidak menjamin kehilangan keuntungan, upah, berkurangnya harga atau kerugian dalam bentuk keuangan lainnya yang diderita Tertanggung

Cara klaim asuransi Garda Oto

Salah satu kemudahan yang ditawarkan dalam klaim asuransi Garda Oto adalah dukungan inovasi teknologi pada layanannya.

Berkat inovasi ini, pelanggan dapat mengajukan klaim dengan mudah dan cepat. Berikut langkah-langkah prosedur klaim asuransi Garda Oto.

1. Laporkan kejadian

Pelanggan dapat menginstal aplikasi Garda Mobile Otocare, telah tersedia baik di perangkat Android maupun iOS, dan mengirimkan laporan kerugian yang dialami melalui fitur Garda Oto.

2. Datang ke cabang terdekat

Setelah laporan klaim diajukan, pelanggan tetap perlu datang ke cabang terdekat untuk melakukan pengecekan kelengkapan data dan mengirimkan surveyor (penyurvei).

Namun, tak perlu khawatir harus menunggu lama karena pelanggan yang sudah mengirim laporan via Garda Mobile Otocare akan mendapat antrean khusus.

3. Jalani survei kendaraan

Surveyor akan memeriksa kerusakan yang dialami kemudian menentukan rencana perbaikan. Pelanggan dapat memantau status klaim melalui aplikasi saja karena informasi yang tersedia di sana sudah real time.

4. Tunggu Surat Perintah Kerja (SPK)

Setelah survei selesai dan hasil survei diproses, pelanggan akan mendapatkan Surat Perintah Kerja (SPK)

5. Penyelesaian klaim

Terakhir, bengkel akan melakukan perbaikan kendaraan sesuai SPK yang telah dibuat atau kompensasi akan diberikan.

Tertarik untuk mengetahui profil Asuransi Garda Oto dan produk-produk unggulan mereka lainnya, jangan segan untuk mengunjungi lifepal.co.id!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →