Asuransi Motor, Ini Penjelasan dan Contoh Produknya

kredit motor oto finance

Bukan hanya Anda yang butuh perlindungan, nyatanya sepeda motor Anda juga tak jauh berbeda. Pasalnya, Anda yang terbiasa menggunakan kendaraan motor pasti sudah merasakan beragam manfaat kendaraan ini. Kalau tidak dirawat, aktivitas sehari-hari Anda bisa terganggu.

Perlindungan macam apa yang dibutuhkan oleh kendaraan Anda? Salah satunya adalah asuransi motor. Karena Anda tidak bisa memastikan kendaraan roda dua Anda tetap baik-baik saja, bukan?

Memang pastilah Anda tidak menginginkannya namun risiko selalu ada. Dengan asuransi motor, Anda bisa mengalihkan risiko finansial yang Anda alami akibat motor rusak atau hilang ke pihak perusahaan asuransi. Tentu saja dengan penggantian berupa premi yang Anda setorkan secara rutin.

Cakupan Asuransi Motor

Asuransi kehilangan motor

Perlindungan yang diberikan perusahaan asuransi pada motor Anda tidak terbatas pada satu kejadian saja. Ada beragam cakupan kejadian yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Cakupan perlindungan tersebut pun dibedakan oleh jenis asuransi motor yang Anda miliki.

Berdasarkan cakupan perlindungan tersebut, seperti halnya asuransi kendaraan lain, asuransi motor terbagi menjadi dua kategori:

  • Comprehensive

Perlindungan atau proteksi yang diberikan oleh jenis asuransi ini merupakan perlindungan menyeluruh. Artinya, perusahaan asuransi akan menanggung kerusakan mulai dari skala kecil hingga sangat parah.

  • Total Loss Only (TLO)

Perlindungan ini memberikan perlindungan skala lebih besar dengan minimal 75 persen dari kerusakan pada motor. Jadi, bisa dibilang, pihak asuransi baru akan menerima klaim apabila motor Anda benar-benar sudah rusak dan tidak bisa dikendarai.

Dengan catatan, kerusakan pada motor tersebut diakibatkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat, pencurian, dan kebakaran. Poin-poin ini diatur oleh PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) oleh AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) yang berlaku untuk semua produk asuransi kendaraan dari semua perusahaan asuransi.

Jika melihat poin-poin penyebab kerusakan dan kehilangan motor di atas, ada beberapa hal yang ternyata tidak dijamin oleh asuransi kendaraan motor. Di sinilah, peran Perluasan Jaminan bisa Anda tambahkan saat membeli polis asuransi motor.

Perluasan jaminan tersebut memungkinkan motor Anda mendapatkan perlindungan tambahan terhadap risiko bencana alam, hura-hara, hingga perlindungan kecelakaan diri.

Dengan adanya asuransi kendaraan motor ini, Anda pun setidaknya bisa bernapas lebih lega. Sebab, Anda bisa mengurangi kemungkinan keluar uang sangat banyak untuk kerusakan atau kehilangan yang diakibatkan oleh faktor-faktor tadi.

Agar makin bisa melihat dengan jelas manfaat yang ditawarkan oleh asuransi motor, yuk, perhatikan contoh-contoh berikut. Berikut rekomendasi asuransi kendaraan bermotor yang akan semakin meringankan beban finansial Anda saat kejadian tak terduga menimpa motor Anda.

Daftar Asuransi Motor dengan Manfaat Terbaik

Daftar Asuransi Motor

1. Sinar Mas

Simas Motor memberikan perlindungan istimewa pada motor dengan usia maksimal 10 tahun. Premi bisa dibayarkan tahunan atau sesuai periode polis dengan manfaat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Besar risiko sendiri (Own Retention) saat klaim yang jadi tanggung jawab nasabah hanya sebesar 10 persen dari pertanggungan, atau setara dengan Rp750 ribu.
  • Anda bisa memperoleh pengembalian premi apabila masa pertanggungan belum mencapai 8 (delapan bulan).

Perlu diketahui, asuransi ini tidak berlaku untuk kendaraan motor dengan penggunaan komersial, seperti ojek. Selain itu, perusahaan asuransi akan melakukan survei kondisi motor sebelum didaftar sebagai objek tertanggung. Terkecuali motor dalam keadaan baru dibeli.

2. Zurich

Dengan layanan perlindungan 24 jam, produk Motor Z dari Asuransi Zurich memberikan kenyamanan dalam berkendara. Kenyamanan makin terasa karena berlaku di seluruh dunia.

Ada 3 (tiga) manfaat dan ketentuan yang ditawarkan oleh asuransi Motor Z, yaitu:

  • Jenis kendaraan yang ditanggung adalah kendaraan motor roda dua atau roda tiga dengan kapasitas tidak lebih dari 250 cc.
  • Usia masuk kendaraan maksimum 7 (tujuh) tahun pada saat penutupan asuransi
  • Terdapat jaminan risiko meninggal dunia atau cacat tetap dengan uang pertanggungan hingga 10 kali dari harga sepeda motor (setara dengan jumlah maksimal Rp200 juta)

Perlu diketahui, produk asuransi ini tidak ditujukan untuk kendaraan roda dua yang digunakan secara komersial.

3. Jasindo

Asuransi Jasindo menawarkan perlindungan untuk kendaraan bermotor sekaligus pengemudi dan maksimal tiga orang penumpangnya melalui proteksi Jasindo Oto Plus. Berikut 4 (empat) manfaat lainnya dari Jasindo OTO Plus:

  • Santunan perawatan sepeda motor, manfaat berupa ganti rugi perawatan sebesar 80 persen dari harga pasar, biaya perawatan di bengkel, dan pertanggungan atas suku cadang motor.
  • Pertanggungan Tambahan berupa perlengkapan atau perlengkapan non-standar motor.
  • Constructive Total Loss diberikan jika terjadi kerusakan melebihi/minimal 70 persen dari harga pasar motor.
  • Rekanan bengkel variatif, Jasindo bekerja sama dengan dua bengkel berikut, yaitu bengkel reguler dan bengkel authorized.

Saat survei keadaan motor, Anda juga tidak perlu repot mendatangi kantor Jasindo. Karena pihak perusahaan bisa datang ke tempat yang Anda mau untuk melakukan survei.

4. Adira

Adira memiliki produk asuransi motor bernama Adira Autocillin Motopro. Uniknya adalah produk asuransi ini tersedia pula dengan sistem berbasis syariah yang bernama Motopro Ikhlas.

Berikut perlindungan yang bisa Anda dan motor Anda peroleh dari produk asuransi ini:

  • Manfaat personal accident, yaitu manfaat santunan yang diberikan apabila pengemudi meninggal dunia atau cacat tetap total akibat kecelakaan.
  • Medical Expense, perlindungan biaya rawat inap pasca kecelakaan motor. Pemberian klaim asuransi dilakukan dengan sistem reimbursement.
  • Bagi Hasil, fasilitas yang hanya dimiliki oleh produk asuransi motor syariah yang dilakukan dengan prinsip Dana Tabarru’ (tolong-menolong).

Produk asuransi konvensional dan syariah Adira ini masing-masing terbagi menjadi dua kategori yang sama, yaitu Paket MotorPro (harga motor kurang dari Rp500 juta) dan Paket MotorPro Plus (harga motor kurang dari Rp100 juta).

5. Astra

Tentu Anda tidak asing dengan perusahaan asuransi ini. Asuransi Astra Buana memang tepercaya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, salah satunya produk kendaraan beroda dua. Jadi, tak heran apabila Astra turut menyediakan asuransi kendaraan motor.

Melalui produk asuransi Garda Motor, 5 (lima) macam manfaat yang ditawarkan, yaitu:

  • Personal Accident, yaitu manfaat yang diberikan baik untuk pengemudi maupun penumpang berupa perawatan darurat dan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Tanggung Jawab Hukum oleh Pihak Ketiga, yaitu manfaat perlindungan terhadap kerusakan pada kendaraan orang lain yang disebabkan oleh kelalaian si nasabah saat berkendara.
  • Strike, Riot, Civil Commotion, perluasan perlindungan yang disebabkan oleh kriminalitas, huru hara, dan demonstrasi.
  • Flood & Windstorm, Earthquake, Tsunami, Volcano Eruption (Art Of God), perlindungan terhadap kerusakan yang terjadi karena bencana alam dan hal yang di luar batas kemampuan manusia.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu registrasi langsung melalui Garda Oto Digital melalui smartphone Anda. Layanan digital ini juga sangat membantu untuk survei pada kendaraan, persetujuan polis, hingga pengajuan klaim.

6. Asuransi Motor Yamaha

Sebagai salah satu perusahaan produk motor terbesar di Indonesia, Yamaha pun turut menyediakan perlindungan khusus untuk pengguna motor Yamaha melalui Asuransi Motor Simoda. Berikut manfaat dan ketentuannya:

  • Penggantian motor kepada pemilik secara penuh tanpa memerhatikan harga pasar.
  • Menyediakan perlindungan asuransi All Risk dan Total Loss Only (TLO).
  • Usia kendaraan maksimal dua tahun.
  • Berlaku juga untuk motor yang masih dalam masa kredit.

Kalkulasi Premi Asuransi Motor

Formula kalkulasi

Setelah Anda tahu produk asuransi motor mana yang akan Anda pilih, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah perhitungan biaya premi beserta jumlah manfaat yang diterima.

Perlu diketahui, bahwa premi asuransi motor didasarkan pada aturan Surat Edaran OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Nomor 6/SEOJK.05/2017. Di sana dijelaskan persentase premi batas bawah dan atas sesuai dengan jenis/kategori kendaraan dan wilayah Anda menggunakan kendaraan tersebut.

Rumusnya adalah:

Persentase premi x harga On The Road (OTR) Motor + biaya administrasi

Jika ingin mengetahui lebih jelas tentang perhitungan premi asuransi motor Anda sesuai dengan kategorinya dan wilayahnya, Anda bisa lihat artikel Lifepal tentang asuransi kendaraan.

Sekarang Anda sudah bisa mendapatkan gambaran produk asuransi mana yang cocok untuk motor Anda, bukan? Bisa pilih yang pure memproteksi kendaraan bermotor saja atau yang memberikan perluasan perlindungan. Tergantung pada kebutuhan Anda dan bujet Anda. Sebab, perluasan perlindungan tentu memakan cost lagi.

Yang pasti, jangan sampai kendaraan motor yang sehari-hari Anda gunakan tidak terlindungi. Pasalnya, kejadian yang tidak terduga bisa saja terjadi. Jadi, daripada harus merogoh kocek lebih dalam untuk perbaikan, lebih baik membayar premi asuransi motor yang sebenarnya lebih ringan tetapi punya manfaat maksimal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →