Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil yang Rusak dan Melemah
Fuel pump adalah komponen mobil yang berperan untuk menyalurkan bensin ke injektor sesuai kebutuhan mesin. Ketika mengalami kerusakan, ada cara memperbaiki fuel pump mobil yang bisa dicoba.
Belum banyak yang tahu seperti apa cara tersebut. Sebenarnya, fuel pump yang rusak bisa diatasi baik dengan perawatan sendiri di rumah maupun membawa mobil ke bengkel.
Akan ada beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali sebagai tanda fuel pump yang rusak. Bagi pemilik mobil yang tidak ahli, tanda-tanda ini mungkin mudah terlewatkan.
Ciri-ciri fuel pump mobil lemah atau rusak
Secara garis besar ada tiga gejala atau pertanda yang menandakan fuel pump bermasalah. Berikut ini gejala pompa bensin mobil lemah atau rusak.
1. Mesin mobil sulit dinyalakan
Ciri fuel pump mobil lemah yang pertama adalah mesin mobil yang sulit untuk dinyalakan. Hal ini bisa terjadi karena mesin mobil berkaitan erat dengan peran fuel pump.
Pada dasarnya, fuel pump berperan untuk memompa bahan bakar ke jalur bensin dan injektor. Namun, ketika komponen tersebut rusak, maka fuel pump tidak bisa memompa bahan bakar seperti bagaimana mestinya.
Hal ini akan menyebabkan jalur bensin menjadi kosong dan tidak ada bahan bakar yang dapat dipakai untuk menyalakan mesin.
Kondisi rusaknya fuel pump bisa terjadi karena komponen tersebut yang kadang kotor dan menyebabkan alirannya tersumbat. Hal tersebut juga bisa terjadi karena disebabkan oleh kualitas bahan bakar yang buruk.
2. Lampu check engine berkedip
Gejala pompa bensin mobil lemah berikutnya adalah lampu indikator injeksi atau check engine yang menyala dan berkedip.
Normalnya, saat ini memang sebagian besar mobil sudah dibuat dengan keberadaan lampu indikator yang dirancang untuk menyala otomatis ketika ada komponen mesin yang mengalami malfungsi.
Termasuk ketika terjadi masalah pada fuel pump atau pompa bensin mobil, maka lampu tersebut akan menyala dan berkedip, menandakan adanya masalah yang perlu diselidiki lebih dalam.
3. Pompa bensin mobil bunyi
Gejala ketiga, kerusakan bisa ditandai dengan kondisi suara atau bunyi pompa yang melemah. Kamu perlu mendengarkan dengan seksama suara dengung mesin mobil untuk mendeteksi hal ini.
Coba dengarkan suara dengung dari mesin yang berada di bagian tangki kendaraan. Komponen pompa yang mengalami kerusakan biasanya memiliki suara yang cenderung melemah dibanding suara normal dan membuat mobil bunyi saat jalan dengan suara yang tak biasa.
4. Sekring pompa bensin gosong
Gejala yang satu ini terbilang cukup ekstrim. Sekring pompa bensin yang gosong bisa terjadi karena dipaksa melakukan kerja berat yang terjadi akibat adanya endapan kotoran.
5. Bau bensin menyengat
Ciri yang satu ini cukup jarang terjadi, tapi bisa terjadi apabila kerusakan sudah sangat parah. Bau bensin yang menyengat akan tercium keluar dari asap knalpot.
Kondisi mobil bau bensin menyengat ini bisa timbul karena proses pembakaran bensin pada mesin berjalan secara tidak sempurna yang terjadi karena pompa rusak.
Cara memperbaiki fuel pump mobil yang rusak
Jika memang sudah dipastikan komponen pompa bensin benar mengalami kerusakan, hal terbaik dan paling aman yang bisa dilakukan sebenarnya adalah langsung membawa ke bengkel.
Namun solusi berbeda bisa dilakukan jika memang pengendara atau pemilik kendaraan sudah cukup mengerti tentang mesin mobil dan mampu melakukan upaya perbaikan secara mandiri. Berikut ini cara memperbaiki fuel pump mobil sendiri.
1. Memeriksa bagian relay fuel pump
Relay fuel pump adalah komponen yang berperan sebagai saklar elektronik dalam mengalirkan arus listrik, agar pompa bahan bakar dapat bekerja dengan baik.
Kamu harus melepas relay dari soketnya, kemudian melakukan pemeriksaan tahanan terminal 3 dan 5. Normalnya, hasil standar berada pada angka 10 kilo Ohm (Ω) atau lebih.
Selanjutnya, lakukan pengecekan terminal yang sama dengan penambahan satu daya pada terminal 1 dan 2, hasil standar yang harus dimiliki adalah di bawah 1Ω.
2. Memeriksa komponen wiring harness fuel pump
Fuel pump juga terdiri dari bagian wiring harness yang jenisnya berbeda di setiap mobil dan merupakan bagian dari sistem kelistrikan mobil.
Bagian ini wajib mendapatkan pemeriksaan untuk melihat adanya potensi korsleting listrik. Adapun alur pengecekannya adalah:
- Pemeriksaan hubungan antara terminal FC1 dengan relay F/P, memiliki hasil standar di bawah 1Ω.
- Pengecekan hubungan antara terminal FC1 atau relay F/P dengan masa bodi, memiliki hasil standar 10 kΩ atau lebih.
- Pemeriksaan sambungan terminal relay F/P dengan pompa bahan bakar, memiliki hasil standar di bawah 1Ω.
- Pengecekan relasi terminal 3 motor pompa dengan masa bodi, memiliki hasil standar sebesar 10Ω atau lebih.
- Pemeriksaan hubungan terminal 4 motor pompa dengan masa bodi, memiliki hasil standar di bawah 1Ω
3. Memeriksa tahanan fuel pump
Cara memperbaiki fuel pump mobil yang terakhir adalah memeriksa bagian tahanan motor pompa. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana kinerja dari motor pompa tersebut.
Hal ini cukup penting karena jika tahanan ternyata terlalu besar, maka dapat menyebabkan motor pompa berputar lebih lambat.
Jika putaran motor pompa melambat, akan ada sejumlah masalah lain, salah satunya keterlambatan suplai bahan bakar dan tekanan bensin yang berkurang.
Pemeriksaan untuk tahap ini dilakukan dengan melepaskan terminal fuel pump serta mengukur tahanan terminal 3 dan 4.
Lazimnya hasil standar yang diperoleh harus berada di kisaran 0,2-0,3 Ω pada temperatur 20 derajat Celcius. Apabila terdapat perbedaan yang cukup signifikan maka diperlukan penggantian motor pompa.
Tidak hanya upaya perbaikan, tentu ada beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan agar fuel pump terhindar dari kondisi kerusakan, di antaranya adalah mengindari kebiasaan terlambat mengisi bahan bakar.
Jika seringkali mobil kehabisan bensin dan terlambat diisi kembali, ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada mesin mobil termasuk pada pompa.
Usahakan untuk selalu menguras tangki bahan bakar secara rutin untuk menjaga kebersihan serta menghindari kotoran yang mengendap.
Fungsi fuel pump mobil
Terlebih dahulu memahami arti dan peran pentingnya, secara sederhana fuel pump lebih umum dikenal sebagai pompa bahan bakar.
Komponen ini berperan untuk menyalurkan bensin ke injektor sesuai dengan kebutuhan mesin agar dapat bekerja dengan normal. Selain sebagai pemompa bensin, fuel pump juga berfungsi dalam menjaga agar tekanan bensin tetap tinggi dan stabil.
Sebenarnya komponen ini memiliki dua jenis yang berbeda, yakni pompa mekanik dan elektrik. Namun, saat ini kebanyakan mobil baru 2022 lebih banyak menggunakan pompa bensin yang berjenis elektrik.
Di dalam pompa bensin berjenis elektris pula biasanya terdapat banyak komponen kelistrikan yang rawan mengalami kerusakan.
Jika bagian bagian tersebut rusak, maka risiko yang akan terjadi adalah tekanan bensin yang melemah dan mempengaruhi kinerja mesin dari kendaraan.
Pakai asuransi kendaraan untuk perbaikan mobil
Saat komponen mobil mengalami kerusakan, maka biaya yang perlu dikeluarkan untuk memperbaikinya tidaklah sedikit. Apalagi kalau kerusakannya sudah sangat berat dan parah.
Di sinilah pentingnya punya asuransi kendaraan. Dengan asuransi, kamu bisa mendapatkan perlindungan terhadap keuangan.
Asuransi yang akan menanggung biaya perbaikan yang dibutuhkan. Sehingga, kamu tidak perlu mengkhawatirkan biaya perbaikan mobil yang cenderung tinggi. Simak cara memilih asuransi mobil berikut.
Tips dari Lifepal! Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih, yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO (total loss only). Sebaiknya, dalam memilih jenis asuransi mobil, sesuaikan dengan kebutuhanmu.
Untuk mengetahui jenis asuransi mobil apa yang memang kamu butuhkan, coba ikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.
FAQ seputar cara memperbaiki fuel pump mobil
- Memeriksa bagian relay fuel pump
- Memeriksa komponen wiring harness fuel pump
- Memeriksa tahanan fuel pump