Fungsi Gigi 1 2 3 4 5 pada Mobil Manual dan Tipsnya
Bagi para pengendara mobil transmisi manual, khususnya yang baru saja belajar mobil sebaiknya mengetahui fungsi-fungsi gigi 1 2 3 4 5 pada mobil manual.
Secara umum, hampir seluruh mobil yang beroperasi di Indonesia memiliki sistem transmisi sampai 5 percepatan yang terdiri dari gigi 1 2 3 4 5.
Namun, ada juga beberapa merek mobil di Indonesia yang memiliki sistem transmisi manual sampai 8 percepatan.
Misalnya saja Toyota Sienta dan Wuling Cortez yang memiliki sistem transmisi manual sampai 6 percepatan dan Porsche 911 yang menggunakan sistem transmisi manual sampai 8 percepatan.
Berikut ini adalah informasi yang kamu butuhkan seputar fungsi gigi 1 2 3 4 5 pada mobil bertransmisi manual, cara oper gigi pada mobil manual, hingga beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan pengendara mobil dengan sistem transmisi manual.
Fungsi gigi pada mobil manual
Sebagai pengetahuan dasar bahwa fungsi gigi pada mobil manual yang paling sederhana adalah untuk mengatur kecepatan dan performa daya dorong mobil. Saat ingin melakukan manuver-manuver, kamu harus mengetahui di mana posisi gigi pada mobil manual yang tepat.
Di setiap kamu melakukan oper gigi mobil, di saat itu juga kecepatan dan performa mesin akan berubah. Sederhananya, baik mobil melaju dalam kecepatan rendah ataupun tinggi maka posisi gigi mobil manual harus disesuaikan.
Fungsi gigi 1
Posisi gigi 1 pada mobil manual merupakan posisi dasar. Saat kamu baru saja menyalakan mesin mobil dan melaju, sebaiknya masukkan gigi 1 terlebih dahulu.
Gigi 1 bisa kamu gunakan saat mobil melaju pada kecepatan 0 km sampai dengan 20 km per jam. Apabila kamu sedang berkendara pada medan jalan menanjak yang cukup curam sebaiknya gunakan gigi 1.
Fungsi gigi 2
Jika kamu menaikkan kecepatan saat baru saja mengemudi dengan gigi 1 maka sebaiknya pindahkan gigi mobil dari 1 ke 2. Gigi 2 ini digunakan saat kamu berkendara dalam kecepatan antara 15 km sampai dengan 35 km per jam.
Selain itu, gigi 2 bisa kamu gunakan saat melaku pada medan jalanan menanjak dengan tingkat tanjakan yang cukup landai.
Fungsi gigi 3
Sementara itu, fungsi gigi 3 digunakan pada saat kamu berkendara dengan memberikan sedikit dorongan pada mesin mobil yang cukup kuat, khususnya pada kondisi aspal jalanan yang tidak rata seperti jalanan bergelombang. Gigi 3 ini merupakan gigi standar dengan kecepatan antara 30 km sampai dengan 60 km per jam.
Fungsi gigi 4
Gigi 4 cocok digunakan pada medan jalanan yang cukup lenggang di mana kamu ingin berkendara dengan kecepatan yang cukup tinggi. Misalnya saja seperti di jalan tol dengan batas kecepatan 60 km sampai dengan 80 km per jam. Maka, gigi 4 cocok digunakan saat mobil melaju dalam kecepatan antara 50 km sampai 80 km per jam.
Fungsi gigi 5
Semakin tinggi posisi tuas persneling, semakin tinggi gigi yang kamu gunakan dalam berkendara maka semakin tinggi pula kecepatan mobil kamu melaju. Gigi 5 merupakan gigi terpuncak dengan kecepatan mobil di atas 80 km per jam.
Setelah mengetahui fungsi gigi 1 2 3 4 5 pada mobil bertransmisi manual, kamu harus memahami dengan baik dan benar cara mengubah posisi gigi mobil manual, misalnya saja pindah gigi mobil dari 3 ke 1, cara oper gigi mobil, memindahkan gigi mundur pada mobil transmisi manual dan arti simbol R. Tips 1: Posisi tuas persneling yang berada di tengah dan sulit sekali untuk dipindahkan ke arah kanan atau kiri maka mobil tersebut dalam keadaan gigi netral. Tips 2: Saat ingin memasukkan gigi pada mobil manual kamu bisa melakukannya dengan menggeser tuas ke paling kiri lalu dorong ke depan. Tips 3: Saat ingin menggunakan gigi 2 maka kamu harus memasukkan gigi 1 terlebih dahulu dengan cara menahan tuas transmisi ke bagian kiri lalu tarik langsung ke belakang. Tips 4: Pindah gigi mobil dari 2 ke 3 dengan mendorong tuas ke bagian tengah lalu geser sedikit ke kanan tetapi tidak sampai mentok, lalu dorong lagi ke depan. Tips 5: Pindah gigi mobil dari 3 ke 4 dengan menarik tuas persneling ke belakang. Tips 6: Pindah gigi mobil dari 4 ke 5 yakni dengan cara mendorong tuas ke bagian tengah lalu geser ke kanan dan dorong ke depan. Tips 7: Saat akan mengubah gigi mundur mobil maka kamu harus mengerti istilah atau simbol R pada mobil. Arti R pada gigi mobil manual adalah sebagai gigi mundur mobil. Cara menggunakannya semula dari posisi netral lalu dorong tuasnya ke kanan dan tarik langsung ke belakang. Tips 8: Saat berkendara pada medan jalanan yang ekstrem seperti tanjakan atau turunan yang curam, melakukan oper gigi mobil saat mobil melaju dengan putaran mesin yang tinggi sah-sah saja. Hal selanjutnya yang perlu kamu ketahui dan pahami adalah bagaimana caranya untuk melakukan oper gigi mobil bertransmisi manual. Untuk melakukan oper gigi mobil tersebut kamu juga harus memahami putaran mesin yang tepat untuk melakukan oper transmisi tersebut. Putaran mesin atau RPM yang tepat untuk pindah gigi berkaitan erat dengan gigi yang digunakan dan kecepatan mobil itu sendiri. Memperhatikan RPM sangat membantu dalam menerapkan cara perpindahan gigi mobil manual yang halus. Putaran mesin mobil yang berada di angka antara 3000 sampai 4000 RPM biasanya dibutuhkan untuk oper naik gigi mobil dari gigi 1 ke gigi 2 dan seterusnya. Pada tingkat putaran mesin yang seperti itu mobil sudah bisa melaju di atas medan yang menanjak dengan posisi torsi yang maksimal, kamu hanya perlu menyesuaikan pengaturan giginya saja. Biasanya, mobil yang melaju dalam kecepatan 35 km per jam yang menggunakan gigi 2 maka angka putaran mesinnya bertahan pada angka 3500 sampai 4000 RPM. Oleh sebab itu, penting untuk selalu memantau speedometer dan tachometer saat berkendara. Tujuannya agar kamu mengetahui angka putaran mesin yang tepat yang harus dipertahankan pada kecepatan yang stabil tanpa menurunkan gigi. Dengan begitu, bukan hanya berkendara dalam kecepatan stabil saja melainkan kamu akan lebih hemat bahan bakar dan tidak kehilangan tenaga mesin selama mobil melaju. Cara agar kamu berkendara dengan seoptimal dan seefisien mungkin adalah dengan mempertahankan putaran mesinnya yang disesuaikan dengan gigi dan kecepatan mobil. Sebagai contoh bila kamu ingin mengoptimalkan putaran mesin di angka antara 2000 sampai 3000 RPM maka transmisi yang akan digunakan adalah gigi 3 dengan kecepatan mobil melaju sebesar 40 km per jam. Berikut ini beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemula dalam mengendarai mobil manual. Memang disarankan dalam berkendara, kamu harus mencari posisi ternyaman agar bisa fokus dalam berkendara. Akan tetapi, bukan berarti kebiasaan menggantungkan kaki pada pedal kopling jadi dibenarkan. Apabila kebiasaan buruk tersebut tidak segera kamu ubah maka kamu bisa memperpendek usia kopling karena kopling jadi lebih cepat dan lebih mudah haus saat kamu menggantungkan kaki pada pedal kopling. Kesalahan selanjutnya yang sering sekali terjadi adalah saat kamu hendak memindahkan gigi mundur tetapi mobil masih melaju ke depan. Kebiasaan ini sering terjadi waktu pengemudi akan memarkirkan mobilnya. Kebiasaan buruk ini akan berdampak pada pendeknya usia transmisi mobil dan menciptakan suara kasar saat gigi mobil manual ditekan mundur selagi mobil masih melaju ke depan. Berjam-jam memegang kemudi setir memang cukup melelahkan. Oleh karenanya, banyak para pengemudi yang meletakkan atau menyandarkan tangan pada tuas persneling. Memang tidak terlalu membahayakan pengemudi dan penumpang tetapi kamu perlu mengetahui bahwa tepat di bawah tuas persneling tersebut terdapat sistem mekanis yang mudah rusak bila secara terus-menerus kamu tekan. Kesalahan selanjutnya yang paling umum dan paling sering terjadi dan dilakukan banyak pengemudi mobil bertransmisi manual adalah dengan menginjak kopling setengah. Menginjak kopling setengah merupakan kesalahan yang fatal karena bisa membuat kopling jadi mudah rusak. Kopling sebagai penghubung antara transmisi dan mesin harus kamu perhatikan cara menggunakannya, bila selalu diinjak setengah maka tak heran bila kopling mobil kamu jadi cepat haus. Sebelumnya sudah disinggung bahwa kamu harus mengetahui RPM yang tepat untuk pindah gigi. Akan tetapi, banyak kasus ditemukan bahwa pengemudi menggunakan gigi yang tinggi di saat putaran mesin di angka RPM yang rendah. Jika kamu konsisten tetap melakukan hal tersebut makan bukan tidak mungkin engine lugging atau kondisi di mana mobil harus bekerja lebih ekstra untuk menggerakkan mobil akan terjadi. Sekali lagi, namanya juga masih tahap belajar mengemudi mobil bertransmisi manual, tak heran bila sekali waktu body mobil kamu lecet atau tergores. Justru di sana letak pembelajaran agar kamu bisa mengemudi dan merawat mobil dengan tepat dan benar. Agar biaya perbaikan mobil lecet tidak membebani finansial kamu, sebaiknya memiliki asuransi mobil yang bisa mengcover biaya perbaikan mobil. Asuransi mobil akan menanggung kerusakan mobil yang ringan hingga berat, kamu tak perlu khawatir. Ada dua jenis asuransi mobil yakni asuransi mobil All Risk yang memberikan pertanggungannya komprehensif, mulai dari ringan sampai berat, seperti lecet, baret, atau mobil hilang. Sementara itu, untuk harga premi yang lebih murah kamu bisa membeli asuransi mobil TLO. Asuransi mobil TLO memberikan pertanggungan kerusakan berat minimal 75% dan bisa digunakan untuk asuransi mobil bekas atau mobil tua. Cek besaran premi asuransi mobil berikut ini. Tips dari Lifepal! Mengemudi mobil memang kelihatannya mudah, namun ada banyak hal yang harus kamu pelajari, seperti memahami fungsi gigi 1 2 3 4 5 pada mobil. Jika kamu belajar mobil menggunakan mobil manual, fungsi gigi ini adalah untuk menggerakan mobil dan mendorong mobil dengan kecepatan yang bagus dan bikin nyaman. Simak pula ulasan mengenai cara mengemudi mobil manual di artikel Lifepal lainnya! Fungsi gigi 1 digunakan pada mobil yang melaju dengan kecepatan 0 – 20 km per jam. Gigi 2 digunakan pada mobil dengan kecepatan 15 – 35 km per jam. Gigi 3 digunakan saat mobil melaju pada kecepatan 30 – 60 km per jam. Sedangkan gigi 4 digunakan saat mobil melaju dalam kecepatan 50 – 80 km per jam. Sementara itu mobil yang melaju dengan kecepatan lebih dari 80 km per jam menggunakan gigi 5. Saat akan mengubah gigi mundur mobil maka kamu harus mengerti istilah atau simbol R pada mobil. Arti R pada gigi mobil manual adalah sebagai gigi mundur mobil. Cara menggunakannya semula dari posisi netral lalu dorong tuasnya ke kanan dan tarik langsung ke belakang. Tujuannya agar kamu bisa mempertahankan putaran mesin pada kecepatan yang stabil tanpa menurunkan gigi. Setelah mengetahui fungsi gigi mobil manual, jangan lupa untuk membeli asuransi mobil ya! Beli asuransi mobil di Lifepal preminya terjangkau mulai dari Rp35 ribu.Tips saat memasukkan gigi mobil manual
RPM yang tepat untuk pindah gigi mobil manual
Kesalahan umum saat mengemudi mobil manual
1. Sering menggantungkan kaki di pedal kopling
2. Langsung memindahkan gigi mundur saat mobil masih melaju
3. Tangan sering bersandar pada tuas persneling
4. Sering menginjak kopling setengah
5. RPM yang tidak tepat dengan penggunaan gigi
Pentingnya asuransi mobil terbaik
FAQ seputar fungsi gigi 1 2 3 4 5 pada mobil
Apa saja fungsi gigi 1 2 3 4 5 pada mobil?
Bagaimana cara pindah posisi gigi mundur untuk mobil manual?
Mengapa penting mengetahui RPM yang tepat untuk pindah gigi?