Harga Honda CR-Z Baru dan Bekas, Spesifikasi, Serta Kelebihannya

Honda CRZ

Honda CR-Z dikenal sebagai mobil hibrid karena dilengkapi dengan dua mesin. Mobil sport keluaran Honda ini pertama kali diperkenalkan di pasar otomotif tanah air pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) di tahun 2012 silam. 

Mobil Honda CR-Z menjadi mobil hybrid ketiga menyusul kompetitornya Toyota Prius dan Toyota Camry Hybrid. Karena mengusung konsep hybrid, Honda CRZ diklaim irit bahan bakar, harga premium, dan mesinnya bertenaga.

Sempat berhenti produksi pada 2016 silam, namun kabar terakhir menginformasikan mobil ini akan kembali ke jalur produksi. Lalu, berapa kira-kira harga Honda CR-Z terbaru?

Spesifikasi mobil Honda CR-Z

Berbicara spesifikasi, Honda CR-Z dikenal dengan desainnya yang kental dengan aura sporty

Tak heran, karena kendaraan ini memang diplot sebagai jenis mobil sport yang ramah lingkungan dengan dua mesin yang melengkapinya sebagai mobil hibrid. 

Eksterior CR-Z

Untuk urusan eksterior, namanya mobil sport desainnya sudah pasti stylish, sporty dengan bentuk kap yang aerodinamis. 

Dari segi fisik mobil, Honda CR-Z memiliki panjang 4.075 mm dengan lebar 1.740 mm serta tinggi mobil mencapai 1.395 mm. 

Memakai ban berukuran 205/45 R17 Alloy 17″, menjadikan tampilannya makin garang namun tetap tak meninggalkan kesan sporty. 

Meski berdesain mobil sedan, namun dari luar tampilan Honda CR-Z layaknya mobil hatchback, sehingga menjadikan tampilan yang unik. 

Menambah kesan sporty, headlamps mobil ini sudah menggunakan teknologi LED dan Daytime Running Light (DRL). Sehingga dijamin kamu bakal mendapat kualitas bagian depan yang maksimal. 

Tak hanya itu, untuk melengkapinya, Honda CR-Z memiliki fitur fog lamp sebagai solusi pencahayaan saat kondisi cuaca buruk seperti hujan lebat atau berkabut. 

Interior

Bukan Honda namanya jika tak memberikan desain berkelas untuk interior mobil coupe ini.

Menampilkan dashboard yang cukup sporty dengan panel audio berukuran 7 inci sehingga mampu mengoperasikan berbagai aktivitas hiburan sekaligus navigasi. 

Tampilan dashboardnya pun inline dengan eksterior mobil yang sporty, dengan berbagai lampu berwarna di tiap tombolnya. 

Untuk setir, Honda mendesain CR-Z untuk memudahkan pengemudinya dengan meletakan tombol fungsional di kanan dan kiri stir. 

Di bagian kanan tombol terhubung untuk mengaktifkan teknologi Cruise Control yang berfungsi mengatur laju kendaraan sesuai keinginan pengemudi, tanpa harus menginjak pedal gas. 

Sedangkan untuk stir bagian kiri terintegrasi dengan Head Unit untuk mengatur alur musik.

Selain itu, sistem kemudi Honda CR-Z dilengkapi dengan Super 3D Meter yang menghadirkan informasi-informasi terkait kendaraan kamu secara real time

Tak lengkap rasanya bila tak menyinggung material kulit yang melapisi jok mobil yang dibekali dengan Backrest, Arm Rest, Head Impact Protection, dan Neck Impact Relaxation.

Ini tentunya membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman di dalam kabin. 

Kemewahan makin terasa dengan tampilan Panoramic Rooftop yang bisa jadi sebagai jendela tambahan. 

Mesin Honda CR-Z

  • Mesin 4 silinder segaris 16 katup SOHC i-VTEC
  • Kapasitas mesin: 1.497 cc
  • Tenaga maksimum: 116,3 hp @6.000 rpm
  • Torsi maksimum: 172,1 Nm (CVT), 189,8 Nm (MT)
  • Diameter x langkah 73 mm x 89,4 mm
  • Rasio kompresi: 10,4:1
  • Baterai: Lithium ion 100 volt
  • Suplai bahan bakar multi point fuel injection
  • Suspensi depan: McPherson
  • Suspensi belakang Torsion beam
  • Fitur Honda CR-Z

    Harga mahal yang ditawarkan Honda sebanding dengan fitur yang melimpah dari CR-Z ini.

    Mulai dari mode berkendara yang tersedia dalam tiga pilihan, normal, sport, dan ECON yang bisa memberikan performa dan pengaturan konsumsi bahan bakar. 

    Ada juga fitur Automatic Climate Control yang berfungsi memberi kesejukan suhu merata di dalam kabin, yang bisa disesuaikan dengan arah matahari. 

    Saat kondisi macet pun kamu tak perlu khawatir bila tengah berkendara, sebab ada fitur Bluetooth, CD player, dan USB auxiliary input yang didukung dengan 6 buah speaker audio system.

    Harga Honda CR-Z terbaru

    Saat ini harga Honda CR-Z terbaru menurut beberapa situs jual beli mobil online, berkisar di angka Rp531 juta – Rp535 juta.

    Pertama kali diperkenalkan ke pasar otomotif Indonesia, sedan yang diklaim irit ini dilempar ke dengan harga Rp475 juta untuk transmisi manual dan Rp489 juta untuk CR-Z transmisi CVT. 

    Honda CR-Z merupakan mobil sport dua pintu yang dilengkapi mesin 1.500 cc i-VTEC dengan Integrated Motor Assist (IMA) dan baterai lithium-ion 18,8 kW. 

    Dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT, dan memiliki tenaga maksimal 136 ps dan torsi 190 Nm. 

    Harga Honda CR-Z bekas

    Terhentinya produksi Honda CR-Z menurut kabar lantaran harganya yang cukup tinggi di pasaran otomotif, hampir setengah miliar rupiah. Per 2016, mobil yang diproduksi langsung dari Jepang ini, akhirnya berhenti produksi. 

    Meski begitu, ternyata untuk mobil Honda CR-Z bekas masih dicari banyak orang. Padahal harga bekasnya pun masih tergolong tinggi mulai dari Rp250 juta-an. 

    Nah untuk mendapatkan mobil sport keluaran Honda ini, jangan bermimpi mencari mobil dengan tahun muda seperti Honda CR-Z tahun 2020. Sebab tahun berhenti produksinya pun di bawah tahun tersebut. 

    Berikut daftar harga mobil Honda CR-Z bekas yang diambil dari berbagai situs jual beli online

    Seri mobilHarga
    Honda CR-Z 2011 hybrid CBU Rp265 juta
    Honda CR-Z 2014 matic SRp300 juta
    Honda CR-Z 2011Rp265 juta
    Honda CR-Z 2015Rp315 juta
    Honda CR-Z 2016 all new facelift hybridRp380 juta 
    Honda CR-Z 2013 hybridRp275 juta
    Honda CR-Z 2010 coupe Rp249 juta

    Kelebihan dan kekurangan Honda CR-Z

    Berdasarkan review Honda CR-Z, ada yang melihat mobil ini memiliki kelebihan sekaligus kekurangan. 

    Paling tidak dengan adanya ulasan tersebut sedikit banyak membantu kamu saat memutuskan akan membeli mobil sport hybrid ini.

    Kelebihan Honda CR-Z

    1. Eksterior yang eksklusif

    Eksterior mobil ini termasuk eksklusif alias tidak banyak yang memiliki desain seperti ini.

    Desainnya yang sporty sekaligus futuristik membuat siapa pun yang menungganginya makin percaya diri dan menaikkan prestise pemiliknya. 

    2. Interior premium

    Tak kalah mewah dengan tampilan luarnya, interior Honda CRZ pun menawarkan rasa yang premium. Alhasil pengendara dan penumpang pun merasa nyaman berlama-lama di dalam kabin. 

    Mobil ini juga dilengkapi dengan pendingin kabin otomatis menjadikan kabin langsung sejuk tanpa perlu menunggu waktu lama saat menyettingnya. 

    3. Punya tiga pilihan drive mode

    Mobil ini dilengkapi dengan 3 drive mode yaitu sport, normal, dan ECON. Ketiganya memiliki fungsi masing-masing. Khusus ECON bisa mengatur laju kendaraan untuk menghemat bahan bakar. 

    4. Dilengkapi teknologi CVT

    CVT atau Continous Variable Transmission adalah versi lebih canggih transmisi otomatis dibandingkan versi AT.

    Paddle shift yang dilengkapi dengan teknologi CVT memberi perpindahan yang halus saat berganti transmisi. 

    5. Ada rem parkir elektrik

    Fitur rem parkir elektrik yang memberi pengemudi kemudahan saat memarkir mobil. Hanya dengan menekan satu tombol, mobil kamu sudah terparkir lebih aman.

    Ini dianggap lebih praktis dibandingkan rem tangan manual yang harus ditarik tuasnya ketika mengoperasikannya.

    6. Lebih mudah dalam mengatur kecepatan

    Mobil ini dilengkapi fitur Cruise Control yang memang ada di beberapa mobil canggih keluaran masa kini. Fitur ini memudahkan kamu untuk mengatur kecepatan, bahkan tanpa harus menginjak pedal gas.

    Ini pastinya dapat membuat kamu lebih nyaman dan santai dalam berkendara.

    7. Konektivitas

    Fitur Bluetooth dan voice command yang bisa menghubungkan handphone dengan dashboard. Melalui fitur ini pula memberi kemudahan kamu dalam berkomunikasi meski saat berkendara. 

    Kekurangan Honda CR-Z

    1. Harga mahal

    Seperti mobil sport pada umumnya, CR-Z juga harganya cukup mahal. Harga paling murah saja senilai Rp249 juta untuk CR-Z 2010.  Sedangkan untuk mobil baru berkisar antara Rp531 juta – Rp535 juta. 

    Harga mobil yang mahal tentu juga dibarengi dengan perawatan dan juga pajak yang mahal. Jadi jangan hanya memikirkan harga saat membelinya saja.

    2. Kursi penumpang sempit

    Kursi penumpang termasuk sempit untuk jenis mobil premium. Desain coupe yang mirip hatchback menjadikan kursi baris kedua mobil ini menjadi sangat sempit. 

    Bisa dikatakan bahwa mobil ini tentu kurang cocok dijadikan sebagai mobil keluarga.

    Namun meski terbilang mahal, namun sepertinya harga yang ditawarkan sebanding dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki Honda CR-Z.

    Apakah Honda CR-Z masih diproduksi?

    Pada dasarnya dikarenakan penjualan yang kurang memuaskan, produksi mobil ini dihentikan pada tahun 2016. Padahal pemasarannya di Indonesia sendiri baru saja dimulai di tahun 2012.

    Di tahun 2016, Honda mulai memasarkan versi facelift CR-Z di Indonesia, tapi beberapa bulan kemudian Honda memutuskan untuk menghentikan produksi mobil ini.

    Dilansir motor1, tercatat ada penjualan CR-Z baru di Indonesia. Ini artinya hingga tahun 2020, masih ada unit mobil ini yang tersisa di dealer.

    Jika kamu tertarik dengan mobil ini yang baru, kamu bisa bertanya langsung pada dealer tentang ketesediaannya.
    Namun jika kamu tidak keberatan beli yang bekas, kamu bisa cek di berbagai situs penjualan mobil bekas.

    Tips dari Lifepal! Sebelum membeli sebuah mobil, pastikan bahwa mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu.

    Apalagi untuk jenis mobil seperti CR-Z ini yang merupakan mobil sport dan juga harganya tidak murah. Bukan hanya pikirkan harga belinya, tapi juga perawatan dan pajaknya.

    Kamu masih bingung harus beli mobil seperti apa? Coba cek dengan kalkulator jenis mobil berikut ini yuk!

    Pentingnya asuransi mobil

    Saat memiliki mobil mewah yang memiliki nilai prestise, akan lebih baik bila diberi perlindungan sebagai penyempurnanya.

    Apalagi melihat harga mobil yang termasuk tinggi, sangat disayangkan bila tak diproteksi dengan asuransi kendaraan. 

    Lagipula adanya asuransi kendaraan bermanfaat sebagai perlindungan dari risiko yang mungkin muncul seperti kecelakaan atau bahkan hilang. Risiko seperti ini tidak dapat sepenuhnya kamu hindari, bukan?

    Hanya saja dalam memilih asuransi kendaraan, harus paham dulu jenis proteksi yang ditawarkan. Untuk asuransi otomotif umumnya terdiri dari dua jenis yaitu total loss only dan asuransi all risk

    Jenis asuransi total loss only hanya memberi pertanggungan bila kendaraan hilang atau mengalami kerusakan paling tidak hingga 75% persen. 

    Artinya bila kerusakan yang terjadi masih di bawah 75 persen maka tidak ada penggantian biaya yang diberikan dari asuransi. 

    Sedangkan untuk jenis all risk ini yang paling menguntungkan bagi pemilik mobil. Karena asuransi akan memberi pertanggungan meski kerusakan yang dialami itu sifatnya minor.

    Hanya saja untuk dapat menikmati itu semua, pemilik mobil harus membayar sedikit mahal. 

    Yuk, cari tahu di Lifepal mengenai asuransi kendaraan yang cocok untukmu dengan mengikuti kuis asuransi mobil berikut ini:

    Pertanyaan seputar Honda CRZ

    Saat ini harga Honda CR-Z terbaru menurut beberapa situs jual beli mobil online, berkisar di angka Rp531 juta – Rp535 juta.
      Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil. Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.