Mobil Jeep Willys, Kendaraan Langka Bekas Perang Dunia II

jeep willys

Bagi kamu yang suka berburu koleksi kendaraan antik zaman dulu, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan Jeep Willys. 

Mobil ini merupakan kendaraan yang terkenal tangguh dan pernah menjadi andalan tentara militer Angkatan Darat militer Angkatan Darat Amerika Serikat ketika Perang Dunia II.

Jeep jadul ini sebenarnya mudah untuk ditemukan di pasaran. Namun untuk yang benar-benar pernah memasuki medan perang sudah sangat jarang. 

Sejarah mobil Jeep Willys

Nama Jeep ini mulai dikenal luas sejak periode tahun 1940.  Awalnya, Angkatan Darat Amerika Serikat meminta 135 produsen mobil untuk membuat sebuah kendaraan perang pengintai yang ringan. 

Dari 135 produsen mobil yang ada. Hanya 3 produsen yang menyanggupi untuk membuat mobil pengintai dengan spesifikasi sesuai permintaan Angkatan Darat AS. Yaitu Bantam, Willys, dan Ford. Dan saat ini, mobil tersebut dikenal dengan sebutan jeep.

Selama kurun waktu satu tahun. 3 produsen mobil tersebut bekerja sama memproduksi sebuah template kendaraan. Dan dari sinilah Willys-Overland mengirimkan prototipe “Quad”. 

Nama yang menunjukkan sistem 4×4 yang ada pada Jeep Willys. Pengiriman dilakukan ketika Hari Gencatan Senjata (Hari Veteran) pada November 1940. 

Model dan spesifikasi Jeep Willys

Ada 2 jenis utama dari mobil jeep tua ini, yaitu Willys MA dan Willys MB. Keduanya sama-sama dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Darat AS.

1. Willys MA

Mobil Willys MA memiliki tongkat perpindahan gigi pada kolom kemudi. Potongan bodi samping rendah, dua klaster instrumen melingkar di dasbor, serta posisi rem tangan di sisi kiri. 

Namun, jenis MA ini kemudian dirombak ulang menjadi jenis MB pada generasi berikutnya. Sehingga menghasilkan bobot akhir sekitar 400 pon atau tepatnya 181 kg.

Setelah melalui berbagai macam pengujian. Perusahaan yang bersedia memproduksi Jeep Willys akhirnya mendapatkan kontrak pada Juli 1941. 

Kontrak yang berisi permintaan produksi 16 ribu unit MB. Harga satuannya mencapai US$738,74 atau setara dengan Rp10,4 juta. 

Sebagian model MA yang sudah diproduksi tetap dikirimkan ke Sekutu Amerika Serikat di Rusia dan Inggris di bawah program Lend-Lease. 

Untuk saat ini, diketahui bahwa model MA merupakan mobil Jeep Willys pra-produksi paling langka. Kira-kira hanya sekitar 30 saja yang diproduksi.

2. Willys MB

jeep willys

Hal ini terjadi karena versi MB langsung menyita perhatian para Staf Angkatan Darat AS seperti Jenderal George C. Marshall. 

Ia menggambarkan Jeep Willys ini sebagai kontribusi besar dalam peperangan modern karena memiliki model yang ringkas dan serbaguna.

Bahkan, tipe MB ini sendiri juga masuk dalam penggunaan kendaraan bermotor militer kecil di Angkatan Darat Amerika Serikat. Sehingga semua hal bisa digantikan oleh mobil serbaguna ini.

Untuk spesifikasinya sendiri, mobil ini memiliki senapan mesin kaliber 30 atau 50 untuk pertempuran. Selain itu, desainnya sendiri memiliki banyak modifikasi. 

Bisa digunakan untuk patroli di gurun jarak jauh, pembajakan salju, pemasangan kabel telepon, penggilingan, pompa pemadam kebakaran, ambulans lapangan, hingga bisa digunakan sebagai traktor.

Ukurannya yang sangat ringkas dan kecil membuat Willys MB bisa dimasukkan ke dalam pesawat angkut. Serta bisa dimasukkan ke dalam glider besar saat digunakan untuk invasi ke Eropa.

Meski kendaraan ini bukanlah kendaraan roda empat pertama. Museum Seni Modern New York menyertakan Jeep militer 4×4 ini sebagai koleksi agar tetap bisa dikenang. 

Masa produksi dari mobil ini sendiri berhenti di tahun 1945. Sejalan dengan berakhirnya masa Perang Dunia II.

Harga mobil Jeep Willys

Karena sejarahnya yang cukup panjang dan nilai plusnya sebagai kendaraan militer ketika Perang Dunia II. Mobil ini pun menjadi incaran para kolektor mobil antik. 

Di Indonesia, harga mobil Jeep Willys bekas berkisar antara Rp80 juta sampai dengan Rp125 juta. Tapi, kalau mobilnya memiliki nilai sejarah, harganya bisa lebih mahal. 

Siapapun yang menginginkannya harus mau mengeluarkan kocek yang banyak karena harganya yang mahal. Setiap mobilnya juga dijual dengan harga yang berbeda. Sebagai contoh, simak penjelasan berikut. 

Jeep Willys yang telah digunakan oleh Eisenhower 1943

Contohnya adalah harga Jeep Willys yang diklaim telah digunakan oleh Eisenhower pada tahun 1943. Eisenhower merupakan salah satu pemimpin pasukan sekutu di Eropa ketika menginvasi Jerman.

Sang pemilik jeep mengatakan bahwa pihak mereka telah menyimpan mobil tersebut sebagai koleksi pribadi selama hampir 40 tahun. Pihaknya juga telah melakukan restorasi ulang pada seluruh komponennya ke dalam kondisi asli. 

Surat-surat pendukung kepemilikan  yang membuktikan keaslian mobil jeep tersebut merupakan milik panglima tertinggi pasukan sekutu dalam Perang Dunia II juga masih ada beserta beberapa foto dan dokumen pendukung lainnya.   

Alhasil, Jeep Willys yang bersejarah ini dijual dengan harga sebesar 750 ribu dolar AS atau kira-kira setara dengan Rp9,15 miliar. 

Modifikasi mobil Jeep Willys terbaru

Saat ini, banyak mobil Jeep Willys yang melalui modifikasi sehingga lebih bermanfaat untuk digunakan di masa sekarang. Salah satu modifikasi terbarunya adalah pengembangan Willys jadi mobil listrik. 

Modifikasi mobil ini dilakukan oleh Ai Design, sebuah bengkel asal Amerika Serikat (AS). Mereka mendapatkan mobil Willys asli bekas peninggalan Perang Dunia II. 

Karena bekas dipakai perang dan usianya sudah sangat tua, maka kondisi mobil ini sebenarnya sudah buruk. Tapi, pihak Ai Design membangun ulang body serta komponen dalam mobil dengan bahan stainless steel. Alhasil, eksterior Jeep ini jadi tampak lebih kinclong. 

Kemudian, mesinnya diganti dengan mesin yang dipakai pada mobil listrik Tesla. Selain itu, Jeep ini juga ditambahkan tombol start stop untuk mempermudah dalam menyalakan mesin mobil. 

Gambar Jeep Willys

Kalau kamu ingin tahu lebih detail mengenai penampilan mobil yang satu ini, berikut ini gambar Jeep Willys sebagai contoh. 

jeep willys

Manfaatkan asuransi mobil sebagai perlindungan terbaik

Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. 

Jangan sampai lupa mempersiapkan proteksi diri dan finansial dengan asuransi supaya kantong gak jebol karena kejadian tidak terduga. 

Sebelum membeli produk asuransi online, sebaiknya pelajari dulu fungsi dan pengertian asuransi, istilah-istilah dalam polis serta kenali berbagai jenis asuransi di Indonesia.

Supaya kamu bisa mendapatkan manfaat optimal dari asuransi piilihanmu yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang kamu miliki. 

Tips dari Lifepal! Temukan referensi berbagai perusahaan dan produk asuransi, bandingkan polis, hemat, klaim serta konsultasi secara gratis hanya di Lifepal!

Ikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut jika kamu masih belum juga menemukan produk asuransi yang yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tips mendapatkan asuransi mobil yang tepat

Ada tiga langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik lewat Lifepal. Berikut ketiga langkah tersebut: 

  1. Isi formulir yang telah disediakan
  2. Konsultasi gratis dengan pihak Lifepal selama 5 menit
  3. Pilih asuransi berdasarkan hasil konsultasi

Tips dari Lifepal! Memiliki asuransi mobil bisa membantumu terhindar dari kerugian finansial saat terjadi kecelakaan atau musibah yang tidak terduga. 

Asuransi ini merupakan produk pengelolaan keuangan yang menjamin risiko-risiko seperti biaya perawatan dan perbaikan akibat kerusakan kecil maupun total. 

Dengan jaminan finansial dari asuransi mobil, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mahalnya biaya bengkel. Dana tabungan dan investasi pun jadi aman.

Kamu juga bisa mengandalkan bengkel mobil rekanan dari asuransi mobil pilihanmu yang tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia. 

Selain bisa berkonsultasi dan bertanya tentang kendaraanmu, bengkel mobil terbaik juga bisa diandalkan karena biasanya perusahaan asuransi memilih bengkel dengan reputasi baik sebagai rekanannya. 

Pertanyaan seputar Jeep Willys

Harga Jeep Willys cukup mahal karena menjadi incaran para kolektor. Salah satunya yang diklaim telah digunakan oleh Eisenhower pada tahun 1943, dibanderol sebesar USD750 ribu atau kira-kira setara dengan Rp9,15 miliar.
Asuransi mobil merupakan produk pengelolaan keuangan karena membantu kamu mengurangi risiko finansial dengan menjamin biaya-biaya pengeluaran mendadak yang muncul akibat risiko kecelakaan atau penyebab tertentu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi mobil all risk (comprehensive) dan asuransi mobil TLO (Total Loss Only). Kamu bisa cek, dapatkan, dan bandingkan referensi produk asuransi terlengkap di Lifepal.