Rekomendasi Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Juta [Review 2021]

Peugeot 306 - mobil bekas murah di bawah 30 juta rupiah

Mobil bekas murah di bawah 30 juta rupiah masih diminati sampai saat ini. Tak sedikit orang memilih menggunakan uang Rp30 juta-nya untuk membeli mobil bekas secara cash daripada hanya untuk uang muka mobil baru.

Tak ada yang salah memang. Apalagi kini ada banyak mobil bekas murah di bawah 30 juta rupiah yang masih dalam kondisi prima selama kita cermat saat memilihnya.

Nah, buat kamu yang sedang mencari mobil bekas murah di bawah 30 juta rupiah, berikut ini pilihannya.

1. BMW E30 318i tahun 1988 – Rp25 juta

Mobil BMW 318i E30 menjadi salah satu pilihan mobil bekas murah di bawh 30 juta rupiah. Mobil ini dijual pertama kali pada tahun 80-an, tetapi masih digemari pecinta mobil klasik. 

Desainnya yang berkelas dan sporty, serta performa mesin yang bertenaga jadi keunggulan mobil ini. 

Selain itu, mobil BMW ini juga sudah mengadopsi fitur canggih pada masanya, seperti power steering dan power window sebagai fitur standar. 

Meski kabinnya tergolong sempit, untuk urusan ruang bagasi, BMW E30 ini mampu menampung barang dengan kapasitas mencapai 404 liter. 

2. Daihatsu Charade CX tahun 1987 – Rp25 juta

Pertama kali hadir pada tahun 1987, Daihatsu Charade CX dikenal memiliki reputasi baik.

Dibekali dapur pacu 1.0 liter (1.000 cc) 3 silinder SOHC 6 katup dengan kode CB-23, bertenaga 52 HP, dan torsi 75 Nm membuat sedan ini cukup bisa diandalkan.

Kelebihan mobil Daihatsu Charade ini adalah irit bahan bakar, perawatan yang mudah, dan murah serta sparepart melimpah menjadikan banyak orang menjatuhkan pilihan pada mobil klasik ini. 

Sayangnya, Daihatsu Charade ini tidak memiliki fitur elektrikal pembantu, seperti power steering, power window, ataupun central lock.

3. Mazda Interplay tahun 1991 – Rp25 juta

Mazda Interplay adalah mobil jenis sedan yang jadi bagian seri dari mobil Mazda 323 yang pertama kali dirilis pada tahun 1989. 

Tampilannya yang jadul yang mampu menampung lima orang penumpang serta bagasi yang luas, menjadi daya tarik tersendiri bagi Mazda Interplay. 

Performa mesinnya cukup responsif karena sudah dilengkapi dengan mesin bertipe karburator 4 silinder segaris 16 katup SOHC yang memiliki kapasitas mesin 1.600 cc. 

Meski banyak keunggulan, kamu harus menghadapi kondisi mobil yang sering mengalami overheat dan sistem kelistrikan yang cukup rumit jika ingin membeli Mazda Interplay. 

4. Toyota Corolla DX tahun 1982 – Rp25 juta

Buat para penggemar mobil retro merek Jepang, Toyota Corolla DX ini bisa menjadi pilihan mobil bekas murah harga 30 jutaan rupiah selanjutnya. Sebab mobil klasik ini sangat mudah dimodifikasi. 

Perawatannya pun bisa dibilang sangat mudah, tak seperti mobil Eropa di zamannya. 

Untuk ketersediaan spare part atau suku cadang, mobil Toyota Corolla DX relatif cukup mudah dijumpai. Bahkan, mobil sedan ini juga bisa dilakukan substitusi dengan beberapa varian Toyota lainnya.

5. Honda Accord Prestige tahun 1986 – Rp25 juta

Honda Accord Prestige dipilih karena dikenal memberikan kenyamanan bagi pengendaranya.

Kabinnya yang luas, daya tampung bagasi yang cukup besar, dan ditambah posisi duduk yang nyaman menjadikan Honda Accord yang dirilis tahun 1986 ini tetap digemari.

Selain itu, mesin Honda Accord juga cukup bertenaga dan suara mesinnya halus.

Bantingan cukup empuk ditambah Power steering ringan juga jadi keunggulan mobil ini. 

Kekurangannya sendiri perawatan dan pajak yang mahal serta konsumsi bahan bakar boros.

Dengan asuransi mobil terbaik, tak cuma ongkos perbaikan di bengkel saja yang ditanggung, tapi tersedianya layanan antar jemput dengan mobil pengganti

6. Suzuki Forsa tahun 1989 – Rp26 juta

Suzuki Forsa pertama kali dikenalkan di tahun 1985 dengan nama Suzuki Swift dengan dua pintu berkode mesin G10A. 

Layaknya mobil klasik, Suzuki Forsa mengadopsi eksterior yang terbilang sederhana dengan model kotak tapi terlihat stylish. 

Untuk sekelas mobil jadul, mobil Suzuki Forsa khususnya tipe GLX memiliki fitur power window, central lock, dan electric mirror

Perawatan yang mudah dan sparepart melimpah juga termasuk kelebihan yang ada pada mobil ini.

Kalau soal mesin, Suzuki Forsa dikenal cukup bertenaga dan irit bahan bakar. 

Meski begitu, Suzuki Forsa gampang overheat jika kelamaan di jalan macet.

7. Daihatsu Zebra Espass tahun 1995 – Rp27 juta

Daihatsu Zebra Espass 1995 jenis minivan yang sempat berjaya di tanah air hingga pernah dijadikan armada angkutan kota, bisnis travel, atau mobil omprengan.

Hal ini lantaran performanya terbilang mumpuni dan kabinnya luas. 

Sebagai mobil jadul, Espass tidak begitu banyak membawa kecanggihan teknologi, terlihat dari penggunaan engkol untuk membuka jendela. 

Selain itu, Daihatsu Zebra Espass 1995 bukanlah mobil yang mengedepankan kenyamanan, terlihat dari tampilan dasbor. 

Fitur keselamatan seperti airbag untuk keselamatan pengemudi dan penumpang pun tidak ada.

Jadi, Zebra Espass memang lebih cocok untuk kebutuhan kargo pada industri kecil dan menengah, atau mobil omprengan ketimbang mobil pribadi.

8. Daihatsu Espass tahun 2004 – Rp27 juta

Daihatsu Espass digolongkan dalam jenis mobil minibus mempunyai desain eksterior persegi panjang mirip bus, tetapi mempunyai bodi yang lebih kecil. 

Keunggulan Daihatsu Espass terkenal karena konsumsi bahan bakar yang irit, daya muat penumpang yang cukup banyak hingga tujuh orang, dan sparepart yang mudah.

Sayang, untuk mobil bekas murah harga 30 juta, mesin Daihatsu Espass cenderung kurang bertenaga dan sering kali rewel. 

9. Toyota Kijang Super tahun 1989 – Rp28 juta

Kijang Super atau disebut juga Kijang Grang Extra merupakan mobil Toyota Kijang 3RD Gen.

Tampilannya yang klasik namun tetap terlihat menarik menjadikan Toyota Kijang masih tetap populer hingga saat ini. 

Mobil ini sudah dilengkapi  fitur-fitur yang standar, seperti AC sebagai penyejuk kabin, Audio sebagai fitur hiburan, dan speedometer.

Bicara soal mesin, Toyota Kijang Grand Extra sudah dilengkapi dengan mesin 7K 1.8 liter karburator 4 silinder segaris SOHC yang memiliki tenaga yang cukup baik dan konsumsi bahan bakar terbilang irit.

10. Mitsubishi Lancer DanGan tahun 1991 – Rp29 juta

Mitsubishi Lancer DanGan adalah mobil sedan murah yang memiliki tampilan sporty dan timeless.

Meski berusia puluhan tahun, mobil ini sudah dilengkapi fitur standar, seperti AC, audio, power steering, power window, central lock, dan electric mirror.

Handling mobil Lancer ini pun dikenal baik dengan tenaga mesin sangat impresif.  

Meski begitu, kamu harus memikirkan perawatan yang mahal serta konsumsi bahan bakar Mitsubishi Lancer DanGan yang boros sebelum membelinya. 

11. Peugeot 306 tahun 2000 – Rp30 juta

Peugeot 306 sempat jadi primadona pecinta otomotif. Dimensinya yang kecil tapi memberikan kenyamanan khas mobil Eropa jadi alasannya.

Ruang kabinnya pun luas walaupun masih mempunyai bantingan yang rada keras.

Selain itu, handling yang lincah dan mesin bandel juga jadi kelebihan Peugeot 306.

Mobil ini juga sudah dilengkapi power window, adjustable steering column, AC, dan central lock menjadi daya tariknya. 

Ini ciri mobil bekas murah di bawah 30 juta yang bagus

Membeli mobil bekas di bawah 30 juta rupiah tentu jadi solusi yang menarik buat yang ingin membutuhkan kendaraan roda empat dengan bujet seadanya.

Meskipun dalam kondisi seken dan harganya murah, bukan berarti kamu mobil yang kamu incar dalam kondisi tidak baik. 

Kalau kamu ingin mendapatkan mobil bekas dengan kondisi masih bagus, berikut ini ciri-cirinya:

  • Kondisi fisik dan bodi mobil tidak lecet dan penyok. Perhatikan juga cat mobilnya pastikan tidak terlihat belang.
  • Fitur-fitur bawaan mobil, seperti AC, lampu mobil, fitur hiburan, dan fitur keselamatan masih berfungsi dengan baik.
  • Jarak tempuh masih normal, rata-rata pemakaian 16.000-24.000 km per tahun.
  • Kondisi mesin kendaraan masih bersih tanpa adanya bercak kotoran maupun kerak.
  • Suara mesin masih halus. 
  • Asap kendaraan tidak berwarna hitam atau putih tebal.

Dengan asuransi mobil terbaik, ongkos perbaikan di bengkel jadi ringan

Berkendara dengan mobil memberikan kenyamanan dan lebih menjamin keamanan kita.

Namun, bagaimana kalau akibat risiko di jalan, kita harus mengeluarkan banyak uang buat perbaikan di bengkel? 

Asuransi untuk mobil bekas justru penting dimiliki dibanding mobil baru. Hal ini dikarenakan kerusakan pada mobil bekas bisa jadi lebih sering terjadi. 

Cari tahu pilihan asuransi mobil terbaik dengan mengikuti kuis berikut ini.

Hitung premi asuransi mobil yang dibayarkan dengan gunakan kalkulator di bawah ini.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi mobil? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal.

Tips beli mobil bekas murah di bawah 30 juta rupiah

Saat berburu mobil bekas, sebagai calon pembeli, sudah sewajarnya kamu memerhatikan beberapa hal agar tidak salah beli. Apalagi jika ini merupakan mobil pertama kamu. 

Berikut ini tips yang harus diperhatikan kalau kamu ingin beli mobil bekas.

1. Cermati riwayat kendaraan

Namanya mobil bekas tentu tidak akan semulus mobil yang dibeli dalam kondisi baru.

Saat hendak beli mobil bekas, pastikan kamu memerhatikan kondisi kendaraan dengan detail.

Test drive adalah cara paling mudah untuk mengetahui kondisi keadaan sebenarnya. 

Selain memerhatikan fisik mobil, kamu juga harus menanyakan riwayat kendaraan mulai dari apakah kendaraan rutin diservis, apakah kendaraan pernah mengalami tabrakan, hingga orisinalitas mobil tersebut.

Mobil yang dimodifikasi, seperti pernah ganti pelek, punya risiko kendala fisik lebih besar.

Apalagi kalau part yang dimodifikasi kualitasnya tidak meyakinkan. Jadi, pastikan menanyakannya secara mendalam ya!

2. Pastikan dokumen lengkap

Selain memeriksa kondisi mobil, penting juga untuk memeriksa kelengkapan surat kendaraan, seperti STNK, BPKB, dan Faktur.

Jika mobil yang ingin kamu beli adalah mobil built-up, tanyakan Form A mobil tersebut.

Cocokkan juga nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan surat-surat. 

Kamu wajib memastikan bahwa mobil yang akan dibeli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya.

Untuk mengetahuinya pun mudah, bahkan kini cara cek BPKB bisa dilakukan secara online.

3. Ajak teman yang mengerti otomotif

Meskipun kamu paham tentang mobil, bantuan dalam pengecekan akan bisa mengurangi kemungkinan adanya kerusakan yang terlewat.

Ada baiknya kamu membawa teman atau mekanik yang mengerti dan berpengalaman dalam memeriksa mobil bekas. 

Saat mobil di depan mata, tak perlu ragu untuk meminta melakukan test drive pada pemilik sebelumnya. 

Sebab test drive sangatlah penting untuk melihat kondisi mesin secara langsung serta mengetahui performa mesin.  

4. Pastikan pajak hidup

Setiap membeli kendaraan, pasti ada biaya pajak pertahun. Jika pajak mobil yang dibeli dalam kondisi mati, kamu harus siap dengan pajak sekaligus denda-nya saat akan mengurus proses balik nama.

Jadi kalau bisa, saat kamu memutuskan membeli mobil bekas murah di bawah 30 juta, usahakan pajak dalam kondisi hidup setidaknya untuk satu tahun kedepan. 

5. Siapkan anggaran lebih buat perbaikan

Harga yang murah menjadi salah satu keputusan kamu ketika membeli mobil seken murah di bawah 30 juta.

Meski murah, jangan lupa untuk melakukan perbaikan mobil. Pasalnya, meski masih terlihat mulus, usia pemakaian tetap mempengaruhi kondisi mobil. 

Kisaran biaya perbaikan awal mobil bekas sendiri berbeda-beda tergantung kondisi mobil.

Namun setidaknya siapkan budget minimal Rp 5 juta-Rp10 jutaan untuk memperbaiki mobil yang kamu beli. 

Tanya jawab seputar mobil bekas murah di bawah 30 juta  

Apa saja mobil bekas murah di bawah 30 juta rupiah?

Berikut ini rekomendasi mobil bekas murah di bawah 30 juta: BMW E30 318i tahun 1988, Daihatsu Charade tahun 1987, Mazda Interplay tahun 1991, Toyota Corolla DX tahun 1982, Honda Accord Prestige tahun 1986, Suzuki Forsa tahun 1989, dan masih banyak lagi dalam artikel ini.

Berapa kisaran biaya perbaikan awal mobil bekas?

Kisaran biaya perbaikan awal mobil bekas sendiri berbeda-beda tergantung kondisi mobil. Setidaknya, siapkan bujet minimal Rp 5 juta-Rp10 jutaan untuk memperbaiki mobil yang kamu beli.

Apa ciri mobil bekas yang masih bagus?

Kalau kamu ingin mendapatkan mobil bekas dengan kondisi masih bagus, berikut ini ciri-cirinya:

  • Kondisi fisik dan bodi mobil tidak lecet dan penyok. Perhatikan juga cat mobilnya pastikan tidak terlihat belang.
  • Fitur-fitur bawaan mobil, seperti AC, lampu mobil, fitur hiburan, dan fitur keselamatan masih berfungsi dengan baik.
  • Jarak tempuh masih normal, rata-rata pemakaian 16.000-24.000 km per tahun.
  • Kondisi mesin kendaraan masih bersih tanpa adanya bercak kotoran maupun kerak.
  • Suara mesin masih halus. 
  • Asap kendaraan tidak berwarna hitam atau putih tebal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →