Mobil Kijang Kapsul Bisa Jadi Ladang Duit, Nih Buktinya

mobil kijang

Mobil Kijang kapsul besutan Toyota itu bisa bikin kamu untung. Soalnya, mobil ini meski usianya udah tua tetap bisa dimanfaatkan buat membuka usaha baru. Pokoknya, sesuai dengan slogannya deh Kijang emang tiada duanya…”

Kijang kapsul meluncur tahun 1997. Ada varian LX, LGX, dan LSX buat yang sasis panjang, sementara itu yang sasis pendek ada SX, SGX, dan SSX.

Memasuki tahun 2000an, Toyota melakukan penyegaran terhadap model ini. Tampan depannya diubah jadi makin bagus dan modern. Mobil Kijang keluaran 2001-2002 ini sekarang harga bekasnya masih tinggi. Ada di kisaran Rp 80 hingga Rp 110 jutaan, tergantung kondisi.

Jadi, setelah paham sejarahnya, apa kira-kira usaha yang bisa dilakukan dengan mobil yang satu ini? Yuk cari tahu lebih lanjut.

1. Mobil angkot

mobil kijang
Angkot KIjang (Okezone)

Gak sedikit angkot alias angkutan kota yang masih menggunakan mobil Kijang kapsul. Kijang emang sengaja dipilih karena mesinnya kuat dan perawatannya relatif mudah. Selain itu, Kijang ini juga mengonsumsi BBM paling murah seperti Premium.

Selain memodifikasi mobil, tentu aja buat menjalankan usaha ini kamu butuh izin trayek. Besarnya biaya trayek udah diatur di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Dalam PP tersebut, disebutkan bahwa biaya membuka trayek buat jasa angkutan jalan adalah Rp 5 juta. Izin ini berlaku lima tahun dan setelah itu bisa diperpanjang.

2. Dagang makanan

mobil kijang
Dagang makanan (Tripadvisor)

Jika berniat mencoba metode dagang makanan ala pendiri Sambal Bu Rudy, maka kamu bisa memanfaatkan mobil Kijang itu buat dagang makanan. Dulu Bu Rudy menjajakan makanan dengan memanfaatkan mobil, cuma aja mobilnya Suzuki Carry bukan Toyota Kijang.

Meski demikian, Kijang juga bisa kok dimanfaatkan buat aktivitas yang sama. Jika kamu punya Kijang versi S atau sasis pendek, maka bangku belakangnya yang mirip kursi angkot lebih gampang dilipat. Di sana kamu bisa menyimpan dagangan sekaligus jadi etalase.

Kalau pengin cepat laris, usahakan membuka lapak saat keadaan ramai, misalnya waktu car free day. Buat yang di Jakarta, gak perlu ke Bundaran HI juga bisa kok, masih ada Kelapa Gading, Rawamangun, dan wilayah lain. Atau buka aja di jogging track terdekat.

Emang sih, saat ini udah jarang orang pakai mobil Kijang buat dagang. Soalnya, biasanya pengusaha punya mobil-mobil baru yang emang dibuat demi kebutuhan niaga. Tapi gak apa-apa kok, jika di garasimu cuma ada Kijang kapsul. Daripada keluar modal lagi.

3. Dagang pakaian

mobil kijang
Dagang baju (Pos Kota)

Selain makanan, kamu juga bisa memanfaatkan mobil Kijang buat dagang pakaian. Apa aja kok pakaiannya, tapi akan lebih pas kalau pakaian olahraga aja.

Mengapa pakaian olahraga? Karena seperti yang udah disebut di atas, usaha ini cenderung laku keras jika kamu buka lapaknya di car free day atau di dekat jogging track.

Hampir semua orang yang ke car free day atau jogging track datang buat berolahraga. Minimal jalan kaki deh. Otomatis, mereka bisa aja tertarik beli pakaian olahraga yang kamu jajakan di mobil. Apalagi kalau harganya murah, bisa-bisa diborong tuh dagangan kamu.

Gak susah kok buat mencari supplier pakaian olahraga murah. Kamu tinggal cek Instagram aja dan ketik hashtag #kaosfitnessmurah. Setelah itu pasti bakal muncul akun-akun supplier yang menerima reseller.

Kalau bisa pakai sistem konsinyasi malah lebih enak, kamu gak perlu keluar modal dan terhindar dari yang namanya rugi.

4. Dagang sayur di mobil kijang

mobil kijang
Mobil sayur (Kompasiana)

Tinggal gak jauh dari pasar dan masih menyimpan mobil Kijang kapsul lawas? Pakai aja buat dagang sayur di pinggir jalan.

Dagang sayur zaman now tentu gak cuma bisa dilakukan dengan menggunakan gerobak motor. Pakai mobil juga bisa. Malah lebih enak pakai mobil seperti Kijang lho, kenapa? Karena kamu bisa mencopot bangku belakang dan tengah. Jadi interiornya lapang banget.

Manfaatkan bagian bagasi belakang sebagai etalase. Sementara bagian tengah bisa dijadikan tempat menaruh peralatan-peralatan lain. Praktis, kan?

5. Mobil kijang ikut kontes modifikasi

mobil kijang
Kijang kapsul modif (Gettin Low)

Kalau yang terakhir ini khusus buat mereka yang dompetnya udah tebal atau kelebihan duit.

Meski udah uzur, mobil Kijang tetap keren lho buat dimodifikasi. Asalkan modifkasinya emang terkonsep dengan baik dan dilakukan dengan rapi, bukan asal pasang aksesoris dan sound system biar kelihatan ramai dan siap dipakai jedag-jedug aja.

Modifikasi itu seni. Pemasangan aksesoris hingga penataan sound system di bagasi juga ada penilaiannya. Maka dari itu, selain punya kantong tebal, tentunya kamu juga harus cerdas dalam memilih rumah modifikasi.

Atau pengin coba modif-modif sendiri? Silahkan aja kalau emang kamu tahu caranya.

Kenapa kontes modifikasi bisa jadi pilihan buat dapat uang dari mobil Kijang? Jelas aja, karena masih banyak penggemar mobil modifikasi yang rela merogoh kocek besar buat membeli sebuah mobil proyek modif yang mereka sukai.

Kamu masih ingat mobil Vios bermuka dua, kan? Mobil itu ditawar ratusan juta Rupiah lho di acara Indonesia International Motor Show 2018.

Bukan gak mungkin mobil Kijang kapsul kamu bernasib sama.

Mobil Kijang emang tiada duanya….

Emang deh, sampai kapan pun Kijang emang gak ada duanya. Setua apa pun Kijang tetap aja masih jadi mobil terlaris di pasaran dan harga jualnya juga gak jatuh.

Cuma, jika emang kamu berniat menggunakan mobil ini buat kepentingan usaha, maka pahami bahwa ada kendala-kendala yang bakal kamu hadapi.

Beberapa di antaranya adalah bensin tergolong agak boros meski kapasitas mesinnya cuma 1.8 liter. Ini malah jadi kendala utama buat mereka yang pengin memanfaatkan Kijang kapsulnya buat jadi angkot. Belum lagi suspensinya yang keras.

Kemudian, jangan lupa juga buat rajin-rajin tune-up dan mengecek kaki-kaki mobil ini secara rutin. Maklum aja, mobil Kijang kan udah tua, jadi perawatannya juga mesti ekstra, apalagi kalau pemakaiannya cukup intens.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →