Asuransi Motor Terbaik di Indonesia dan Tips Membelinya

Asuransi motor terbaik

Asuransi motor terbaik menjadi salah satu pilihan tepat buat menangkal risiko kerugian finansial saat berkendara. Apalagi, kepadatan lalu lintas kian bertambah dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Asuransi untuk sepeda motor adalah jenis asuransi kendaraan bermotor yang menanggung kerugian yang diderita pemilik kendaraan akibat risiko-risiko tidak terduga. Di Indonesia asuransi ini terdiri dari TLO dan all risk

Nah, memilih asuransi motor terbaik perlu dilakukan secara cermat. Salah memilih asuransi untuk kendaraan roda dua, justru dapat mendatangkan kerugian finansial di masa yang akan datang. Belum lagi jika proses klaim yang tidak dipersulit ataupun ganti rugi yang tidak tepat dengan kebutuhan.

Yuk simak ulasan lengkap tentang Asuransi motor di bawah ini

Daftar asuransi motor terbaik

Nah, setidaknya ada beberapa perusahaan penyedia asuransi motor terbaik yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini Lifepal rangkum daftar perusahaannya.

  1. Asuransi Adira
  2. Asuransi Astra
  3. Allianz
  4. Asuransi Sinar Mas
  5. Avrist General Insurance
  6. Asuransi Astra Buana
  7. Asuransi Lippo Insurance
  8. Asuransi Cakrawala

1. Asuransi Adira

Produk Asuransi Adira untuk sepeda motor, yaitu Motorpro dianggap sebagai salah satu asuransi motor terbaik. Motorpro merupakan asuransi jenis Total Loss Only (TLO) yang akan memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan di atas 75 persen ataupun bila terjadi kehilangan.

Saat ini terdapat dua produk asuransi motor terbaik dari Motorpro yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pertama, Motorpro Classic (konvensional) dan kedua yaitu Motorpro ikhlas (syariah).

Tiap-tiap produk terbagi lagi menjadi dua paket dengan layanan perlindungan yang berbeda, yaitu Paket Motorpro dan Paket Motorpro Plus.

Untuk Paket Motorpro, jaminan hanya berupa penggantian terhadap kerugian total. Sementara itu, Paket Motorpro plus mendapat jaminan penggantian kerugian total, serta jaminan kecelakaan diri (personal accident), biaya pengobatan (medical expense) dan bencana alam, termasuk angin topan, banjir, badai, hujan es dan tanah longsor.

Jika pemilik motor merasa tidak cukup dengan paket tersebut, maka dapat menambah perluasan pertanggungan dengan biaya tambahan. Paket Motorpro dapat menambah poin-poin di dalam paket Motorpro Plus hanya yang sekiranya dibutuhkan.

Selain itu, kedua jenis paket dapat menambah perluasan pertanggungan berupa tanggung jawab pihak ke-3 atau Third Party Liability.

Khusus untuk produk Motorpro syariah maka terdapat manfaat bagi hasil untuk nasabah, dengan syarat tidak pernah melakukan klaim selama masa asuransi berlangsung. Besaran bagi hasil dari produk tersebut tergantung dari surplus dana tabarru.

2. Asuransi Astra

Produk asuransi motor terbaik dari Asuransi Astra adalah Garda Motor. Sebagaimana Motorpro dari Adira, Garda Motor termasuk jenis asuransi TLO yang memberikan jaminan kendaraan bermotor terhadap kerugian atau kerusakan total, dengan biaya perbaikan lebih dari 75 persen atau kehilangan akibat pencurian. Nilai penggantian kerugian sesuai dengan harga kendaraan sesaat sebelum terjadinya risiko.

Risiko yang dijamin pada Garda Motor termasuk saat sepeda motor masuk atau ikut serta ke dalam kapan penyeberangan yang berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Risiko yang dijamin termasuk kerusakan saat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, kebakaran, maupun perbuatan jahat dan pencurian.

Ada pula pengecualian risiko yang tidak dijamin oleh Garda Motor, misalnya:

  • Kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh kendaraan digunakan menarik atau mendorong kendaraan lain.
  • Digunakan untuk memberi pelajaran mengemudi.
  • Penggunaan melawan hukum.
  • Disebabkan barang atau hewan dalam kendaraan bermotor.
  • Tindakan sengaja.
  • Pengemudi sedang mabuk atau dikemudikan dengan paksa.

Demikian juga, risiko kerusakan atau kerugian dari peristiwa gempa bumi, banjir atau gejala geologi lain, serta kerusuhan perang dan sejenisnya, tidak akan dijamin oleh asuransi Garda Motor.

Oleh karena itu, penting bagi calon nasabah membaca premi dengan hati-hati sebelum menyetujui agar dapat memperoleh layanan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Garda Motor juga membuka peluang perluasan jaminan pada nasabah yang ingin menambah layanan perlindungan. Misalnya perluasan jaminan kecelakaan diri pengemudi dan perluasan jaminan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang. Tentunya untuk layanan jaminan ini akan dikenakan biaya tambahan.

3. Asuransi motor terbaik Allianz

Agak berbeda dengan dua produk sebelumnya, Asuransi Umum Allianz Indonesia memiliki asuransi TLO dan all-risk.

Sebagaimana layanan jaminan asuransi TLO pada umumnya, produk dari Allianz akan menjamin risiko kerusakan lebih dari 75 persen atau akibat pencurian. Namun, asuransi Allianz juga memiliki asuransi all risk yang akan memberikan perlindungan secara menyeluruh, yaitu dimulai dari kerusakan kecil hingga total, termasuk risiko yang diakibatkan bencana alam.

Harga premi dari asuransi kendaraan bermotor Allianz juga memperhitungkan wilayah nasabah, selain data umum, seperti spesifikasi sepeda motor, merek, tipe, tahun pembuatan dan harga kendaraan.

Pembagian wilayah dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Wilayah 1 untuk Sumatera dan sekitarnya.
  • Wilayah 2 untuk Jakarta, Jawa Barat dan Banten.
  • Wilayah 3 untuk kawasan yang belum termasuk dua wilayah sebelumnya.

Dengan berbagai kelengkapan layanan jaminan, biaya premi dari asuransi kendaraan bermotor Allianz kemungkinan akan lebih tinggi dari asuransi yang lain. Pertimbangkan apakah ini sesuai dengan budget kita.

4. Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas menghadirkan Simas Motor. Dengan jaminan dasar total loss only (TLO), Simas Motor akan mengganti seluruh biaya kerusakan yang mencapai 75 persen.  

Dengan maksimal usia kendaraan 10 tahun, Simas Motor memberlakukan nilai pertanggungan sesuai dengan harga pasar saat penutupan atau harga perolehan sesuai faktur untuk kendaraan baru. Namun, kendaraan yang bisa diajukan hanya sebatas kendaraan pribadi atau dinas kantor.

5. Avrist General Insurance

Sebagai salah satu perusahaan asuransi besar di Indonesia, asuransi Avrist General Insurance juga menyediakan asuransi untuk kendaraan roda dua yang cukup berkualitas.

Asuransi kendaraan Avrist memberikan perlindungan secara menyeluruh untuk kendaraan dengan memberikan jaminan biaya perbaikan atas kerusakan/kerugian pada kendaraan kamu akibat tabrakan, tubrukan, tergelincir, kebakaran, perbuatan jahat orang lain, pencurian, perampasan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Menariknya, Avrist General Insurance menawarkan produk asuransi motor terbaik dengan objek pertanggungan beragam. Mulai dari kendaraan bermotor pengangkut penumpang, bus dan kendaraan pariwisata, kendaraan bermotor pengangkut penumpang, hingga sepeda motor. 

Namun, ada beberapa pengecualian yang harus kamu ketahui:

  • Kerugian akibat tidak dapat dipakainya kendaraan.
  • Pencurian alat-alat nonstandar.
  • Penggelapan
  • Kerugian atau kerusakan karena digunakan untuk menarik/mendorong kendaraan lain, kelebihan muatan dan dijalankan dengan paksa, dan dijalankan dalam keadaan rusak.

6. Lippo Insurance

Asuransi Lippo menawarkan asuransi terbaik untuk motor juga. Dengan produk motor protection, asuransi Lippo memberikan perlindungan asuransi motor terbaik terhadap risiko kehilangan dan kerusakan total sekaligus risiko kecelakaan yang kamu alami saat berkendara.

Soal jenis pertanggungannya, Lippo Insurance menawarkan asuransi TLO. Sistem ini akan melindungi motor kamu dari kerusakan dan atau kerugian yang mana biaya perbaikan, penggantian atau pemulihan ke keadaan semula sesaat sebelum terjadinya kerugian, dan atau kerusakan sama dengan atau lebih tinggi dari 75 persen dari harga pasar kendaraan.

Selain itu, asuransi ini juga melindungi kamu dari pencurian dan tidak ditemukan dalam waktu 60 (enam puluh) hari sejak terjadinya pencurian. Semua jaminannya bisa kamu perluas, meliputi:

  • Kerusuhan, pemogokan, huru-hara, terorisme, dan sabotase terhadap kendaraan bermotor yang dipertanggungkan.
  • Perluasan jaminan untuk menjamin risiko-risiko bencana alam semisal gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, angin topan, badai, banjir, hujan es, dan tanah longsor terhadap kendaraan bermotor yang dipertanggungkan
  • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ke III/ Third Party Liability (TPL).

7. Asuransi Cakrawala

Jika kamu ingin asuransi dengan kelengkapan manfaat yang lebih, asuransi Cakrawala Proteksi bisa jadi pertimbangannya.

Produk asuransi kendaraan ini menawarkan perlindungan maksimal terhadap kendaraan kamu, seperti mobil, sepeda motor, truk dan bus serta aksesoris atau perlengkapan tambahan pada kendaraan-kendaraan tersebut.

Jaminan risiko yang siap ditanggung pun cukup lengkap, antara lain: 

  • Tabrakan
  • Terbalik
  • Tergelincir
  • Kebakaran
  • Niat jahat orang lain
  • Biaya Derek
  • Pencurian
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga
  • Kerusuhan, pemogokan, huru hara
  • Kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang.

Untuk memuaskan para nasabahnya, asuransi Cakrawala Proteksi menghadirkan jaminan asuransi yang komprehensif, yaitu menjamin kerugian atau kerusakan akibat risiko-risiko yang dijamin. 

Selain itu, asuransi ini juga menjamin kerugian atau kerusakan dengan nilai kerugian minimal 75 persen dari harga kendaraan. Adapun kriteria yang harus dipenuhi agar dapat dijamin asuransi ini, antara lain:  

  • Penggunaan kendaraan
  • Usia kendaraan
  • Kondisi jaminan yang diasuransikan
  • Nilai pertanggungan

Jenis asuransi motor

Sebelum kamu memilih mana asuransi motor terbaik, wajib untuk mengetahui jenis perlindungannya. Sebab gak semua perusahaan asuransi memiliki atau menawarkan jenis perlindungan yang sama.

  • Total loss only (TLO)
  • All risk

1. Asuransi total loss only (TLO)

Jenis asuransi total loss only (TLO) akan memberikan perlindungan dan biaya pertanggungan hanya jika kendaraan hilang akibat pencurian atau terjadi kerusakan dengan nilai perbaikan sama atau lebih dari 75 persen dari harga motor pada saat itu. Lebih tepatnya adalah ketika motor tersebut mengalami kerusakan parah dan tidak bisa digunakan sama sekali.

2. Asuransi all risk

Jenis asuransi all risk lebih fleksibel. Sebab asuransi all risk memberi perlindungan dan penggantian biaya atas semua jenis risiko, baik kerusakan ringan seperti lecet maupun berat. Asuransi ini juga menanggung risiko atas kehilangan kendaraan akibat pencurian.

Beberapa asuransi motor terbaik dari perusahaan asuransi di atas dapat menjadi pilihan kita, khususnya sebagai pemilik motor. Jangan pernah ragu bertanya mengenai jaminan perlindungan dari asuransi yang akan kita beli demi memastikan manfaatnya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mendapat informasi lebih lengkap soal asuransi, kamu bisa kunjungi lifepal.co.id. Penawaran menarik berbagai produk asuransi motor terbaik tersedia lengkap. Bahkan, kamu bisa berkonsultasi mengenai asuransi apa yang pas untukmu dan keluargamu.

Syarat membeli asuransi motor

Untuk membeli asuransi buat kendaraan sepeda motor, kamu wajib memenuhi beberapa persyaratan dokumen. Nantinya dokumen ini digunakan sebagai data calon nasabah yang bakal diajukan kepada pihak penyedia asuransi.

Syarat dokumen membeli polis asuransi ini, terdiri dari:

  • Surat Identitas Mengemudi (SIM)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan surat keterangan.

Tips membeli asuransi motor

Sebelum membeli asuransi kendaraan, sebaiknya kamu mempertimbangkan tips berikut ini. Tujuannya, agar manfaat asuransi yang kamu terima ketika klaim sesuai dengan kebutuhan kamu.

Apa saja tipsnya? Simak ulasan berikut!

1. Sesuaikan kebutuhan dan bujet

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan ketika membeli asuransi motor adalah kebutuhan dan bujet. Untuk pertimbangan pertama, kamu harus tahu jenis asuransi kendaraan.

Dengan mengetahui jenis asuransi kendaraan, kamu bisa menetapkan produk yang sesuai kebutuhan apakah all risk atau TLO.

Setelah itu cari tahu preminya. Premi ini biasanya per tahun. Selain itu, premi juga dipengaruhi jenis asuransi, manfaat tambahan, serta kategori wilayah tempat tinggal kamu.

2. Hitung premi dan klaim yang diterima

Setelah mengetahui kebutuhan dan bujet, kamu perlu menghitung preminya. Lewat Kalkulator Premi Asuransi Kendaraan berikut, kamu bisa mendapatkan estimasi preminya!

3. Cek kredibilitas perusahaan

Kredibilitas perusahaan asuransi juga perlu kamu ketahui. Caranya bisa melihat pemberitaan di media nasional. Selain itu, cek rasio keuangan perusahaan. Salah satu yang jadi patokan kesehatan perusahaan asuransi berdasarkan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah rasio solvabilitas minimal 120 persen.

4. Bengkel rekanan

Sebaran bengkel rekanan yang luas juga harus jadi pertimbangan kamu. Apalagi jika kamu sering berkendara ke berbagai tempat. Perusahaan biasanya menampilkan daftar bengkel rekanan.

Semakin banyak sebaran bengkel rekanan, tentunya semakin bagus perusahaan asuransi tersebut dalam melayani nasabah.

5. Pahami isi polis

Ketika kamu membeli polis asuransi kendaraan bermotor, kamu harus paham isi polis. Salah satunya nominal klaim dan pengecualian klaim asuransi kendaraan bermotor.

Tujuannya agar kamu terhindar dari kerugian yang bakal mengurangi manfaat asuransi. Kamu juga bisa menanyakan kepada broker asuransi atau agen mengenai detail polis tersebut.

6. Layanan 24 jam

Layanan 24 jam juga perlu kamu pertimbangkan. Pasalnya, kita gak pernah tahu kapan risiko berkendara dialami. Jika perusahaan tidak memiliki layanan 24 jam, sebaiknya kamu tidak memilihnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai asuransi kendaraan bermotor terbaik! Jika kamu punya pertanyaan seputar asuransi, kamu bisa ajukan kepada tim ahli di Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar asuransi motor terbaik

Apa itu asuransi motor?

Asuransi motor adalah produk asuransi yang memberikan penggantian kerugian finansial akibat motor rusak atau hilang. Produk ini terdiri atas perlindungan TLO (kehilangan atau rusak parah) dan all risk (semua risiko kerusakan).

Bagaimana memilih asuransi sepeda motor yang bagus?

Cara memilih asuransi terbaik untuk kendaraan roda dua adalah sesuai dengan kebutuhan motor. Motor dengan harga yang cukup mahal dan apalagi masih baru tentu butuh asuransi all risk. Sementara, asuransi dengan harga yang cukup murah bisa menggunakan TLO saja.

Apa saja pilihan asuransi terbaik untuk kendaraan roda dua?

Banyak pilihan asuransi terbaik untuk kendaraan roda dua dari berbagai brand ternama. Ada Allianz, Sinar Mas, Avrist General, Asuransi Adira, dan Asuransi Astra.

Di mana membeli asuransi kendaraan bermotor terbaik?

Membeli asuransi kendaraan bisa dilakukan secara online melalui situs resmi perusahaan. Tapi, kamu bisa membandingkan terlebih dahulu asuransi yang mau dibeli di Lifepal. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan asuransi kendaraan yang sesuai kebutuhan dan bujet.

Dapatkan Promo