Daftar Layanan Roadside Assistance 24 Jam di Indonesia
Keadaan darurat dapat terjadi kapan saja dan dimana saja saat berkendara. Di sinilah peran layanan roadside assistance sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah darurat tersebut.
Banyak pabrikan mobil yang menyediakan layanan ini untuk konsumennya. Untuk mengetahui apa saja layanan roadside assistance di Indonesia, simak artikel berikut ini.
Apa itu layanan roadside assistance?
Roadside assistance merupakan layanan untuk membantu para pengendara dalam keadaan darurat. Tidak hanya untuk mobil saja, beberapa merek motor pun sudah ada layanan sejenis yang tersedia 24 jam.
Biasanya, layanan ini disediakan oleh produsen mobil dan dimanfaatkan oleh konsumennya sesuai merek dan tipe mobil.
Tapi, terkadang layanan ini juga disediakan oleh perusahaan asuransi sebagai salah satu manfaat perlindungan yang diberikan bagi para nasabahnya.
Umumnya, layanan ini dilengkapi dengan layanan call center 24 jam serta penjemputan dan pengantaran hingga bengkel terdekat.
Selain itu, ada pula bantuan darurat yang diberikan, antara lain charge untuk kerusakan elektrik, pengiriman bahan bakar, perbaikan ban, jumper aki, dan derek serta towing.
Layanan roadside assistance di Indonesia
Layanan ini bisa disediakan oleh perusahaan asuransi sebagai salah satu manfaat yang bisa dinikmati oleh nasabahnya.
Namun ada pula perusahaan yang khusus menyediakan jasa roadside assistance dengan syarat pengendara perlu mendaftar dulu sebagai membernya. Berikut ini layanan yang ada di Indonesia.
1. Roadside assistance Allianz
Roadside Assistance Allianz atau RodA merupakan layanan darurat yang menyediakan bantuan mekanik untuk mengatasi gangguan saat berkendara bagi nasabah Allianz. Layanan yang diberikan antara lain:
- Ban kempes atau bocor. Atau malah ban mobil sering kempes tapi tidak bocor.
- Aki tekor atau tidak berfungsi
- Kunci tertinggal di dalam mobil
- Overheat mesin
- Gangguan sistem kelistrikan mobil
- Gangguan sistem transmisi dan kemudi
- Gangguan fungsi mesin
- Gangguan fungsi rem mobil
Selain itu, RodA juga menyediakan layanan derek (towing) darurat bagi kendaraan bermotor dengan tingkat kesulitan yang rumit.
Misalnya ketika mobil mengalami kecelakaan sehingga rusak sebagian maupun keseluruhan. Atau juga ketika kendaraan mogok dan tidak dapat diperbaiki di lokasi.
Untuk mendapatkannya, pastikan kamu adalah nasabah Allianz yang memegang polis Allianz baik itu untuk asuransi jiwa, kesehatan, atau kendaraan.
Kemudian kamu bisa menghubungi Allianz Care di nomor 1500 136, Allianz Care Sharia di nomor 1500 139 untuk mendapatkan layanan ini.
Selain Allianz, beberapa perusahaan asuransi lain juga menyediakan layanan darurat untuk nasabahnya. Misalnya seperti asuransi mobil Adira dan juga perusahaan asuransi lainnya.
2. Roadside assistance Atlas Indonesia
Armada Lintas Khatulistiwa (Atlas Indonesia) adalah perusahaan yang mempunyai spesialisasi dalam menyediakan layanan Emergency Roadside Assistance dengan sistem Membership.
Layanannya tersedia untuk semua kendaraan, baik mobil maupun motor dengan layanan operasional 24 jam di 21 kota Indonesia dari Sumatera, Jawa, dan Bali.
Bagi para anggotanya, layanan ini bisa digunakan secara tidak terbatas selama 1 tahun, dengan jarak pengantaran 30 km untuk motor dan 50 km untuk mobil dari lokasi darurat.
Untuk menjadi member Atlas Indonesia, kamu bisa melakukan langkah berikut:
- Kunjungi website https://www.atlasindonesia.com/member lalu klik tombol “Join Now”
- Kamu akan diberikan pilihan membership yang tersedia yakni membership mobil, motor, dan kendaraan khusus
- Pilih layanan membership yang kamu inginkan, kemudian lakukan pembayaran
- Terakhir, kartu member ATLAS akan dikirimkan ke alamat kamu dan kamu bisa segera mengaktifkan layanan membership ini
Untuk memiliki membership aktif, kamu juga akan diharuskan untuk membayar sejumlah biaya. Berikut ini biaya untuk bisa menggunakan layanan darurat dari Atlas.
- Atlas Membership Mobil: Rp250.000 – Rp400.000
- Atlas Membership Motor: Rp125.000 – Rp275.000
- Atlas Membership Kendaraan khusus: Rp350.000 – Rp500.000
Kendaraan khusus yang dimaksud di sini adalah motor berkapasitas ≥ 250cc dan mobil dengan ground clearance rendah, sekitar ≤ 150mm.
3. Roadside assistance AstraWorld
Emergency Roadside assistance AstraWorld atau disingkat ERA AstraWorld adalah layanan emergency yang disediakan oleh Astra untuk membantu mobil-mobil merk Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot.
Layanan ini diberikan gratis selama 5 tahun, terhitung dari tanggal pembelian untuk mobil-mobil yang terdaftar sebagai anggota AstraWorld.
Jika kamu membeli mobil di Auto2000, Astra International Daihatsu, Astra Isuzu, BMW Astra, atau Astra International Peugeot maka kamu akan secara otomatis dapat menikmati layanan ini.
Layanan yang disediakan oleh ERA AstraWorld antara lain:
- Mobil gendong, untuk membantu membawa mobil kamu ke bengkel resmi terdekat.
- Ganti ban, jika kamu menghadapi kendala mobil kempes atau bocor di jalan.
- Aki drop, bagi kendaraan yang mogok atau tidak dapat distarter karena aki drop.
- Kunci tertinggal, bila kunci mobil kamu tertinggal di dalam dan mobil dalam keadaan terkunci.
Setelah lima tahun dari tanggal pembelian, kamu tetap dapat menikmati layanan ERA AstraWorld dengan cara memperpanjang keanggotaan ERA AstraWorld melalui program ERA Extended Service.
Caranya dengan menghubungi call AstraWorld di nomor 1500898. Nantinya Agent Contact Centre AstraWorld akan membantu kamu untuk pengisian data dan perpanjangan layanan ERA.
Sambil mendapatkan layanan darurat dari AstraWorld, kamu juga bisa menggunakan asuransi mobil all risk terbaik untuk mendapatkan perlindungan tambahan yang lebih maksimal, ya.
Layanan roadside assistance sesuai merek mobil
Ada juga layanan yang secara khusus disediakan oleh pabrikan mobil untuk menangani kondisi darurat pemilik mobil dari merek pabrikan tersebut. Berikut ini daftarnya.
1. Roadside assistance Mercedes
Mercedes Benz Indonesia menyediakan layanan roadside assistance yang siap melayani kamu 24 jam sehari, 7 hari seminggu, termasuk di hari libur nasional. Layanan yang diberikan antara lain:
- Layanan darurat 24 jam untuk kecelakaan dan kerusakan mesin,
- Keluhan pada mobil saat berkendara,
- Servis body & cat bersertifikat, serta
- Bantuan untuk penjualan atau purna jual.
Untuk mendapatkan bantuan Mercedes roadside assistance, kamu bisa langsung menghubungi nomor Customer Care Center di 1500050.
2. Roadside assistance BMW
BMW Accident Assistance siap sedia 24 jam sehari, 365 hari setahun untuk memberikan bantuan dalam keadaan darurat bagi para pemilik mobil BMW.
Cukup hubungi hotline di nomor 021-50880206 atau 08001269269. Tim BMW Service Mobile memiliki beberapa layanan yang bisa membantu kamu di keadaan darurat, seperti:
- Bantuan telepon dan BMW Customer Service Vehicle untuk membantu kamu melakukan perbaikan di tempat
- Layanan jasa derek mobil atau towing mobil ke mitra servis BMW terdekat
- Penggantian kendaraan, akomodasi, dan solusi layanan mobilitas lain sehingga kamu bisa melanjutkan perjalanan atau menunggu dengan nyaman selama mobil diperbaiki
- Layanan mobilitas komprehensif sesuai dengan syarat dan ketentuan
Layanan Accident Assistance ini berlaku dengan jaminan jangka waktu tiga tahun untuk semua kendaraan BMW yang pertama kali didaftarkan.
3. Roadside assistance Toyota
Selain layanan Emergency Road Assistance Auto2000 dan AstraWorld, pemilik kendaraan Toyota juga bisa mendapatkan layanan Roadside Assistance ToyotaCare.
Pasalnya, setiap mobil Toyota baru dilengkapi dengan ToyotaCare, yang mencakup servis normal terjadwal selama 2 tahun atau 25.000 mil dan Roadside Assistance 24 jam selama 2 tahun dengan jarak tempuh tak terbatas.
Adapun layanan darurat dari Toyota Care yang diberikan antara lain:
- Battery jump-starts
- Lockout protection
- Emergency fuel delivery
- Tire service
- Towing
- Winching
Untuk mendapatkan layanan dari Toyota, kamu bisa menghubungi layanan Toyota Customer Care 24 jam di nomor 1500315.
4. Roadside assistance Honda
Layanan darurat yang diberi nama Experience Honda merupakan layanan konsumen saat menemui keadaan darurat di jalan.
Layanan ini beroperasi selama 24 jam setiap hari dan dapat dinikmati di seluruh wilayah kota-kota besar di Indonesia. Layanan darurat yang tersedia meliputi :
- Derek atau towing service 24 jam ke dealer resmi Honda terdekat dari lokasi darurat
- Jumper atau replace battery
- Tyre service
- Electrical service
- Fuel service hingga max. 5 liter
- Layanan konsultasi gratis selama 24 jam yang ditangani langsung oleh teknisi Honda profesional.
Experience Honda ini dapat kamu nikmati apabila kamu menjadi member di dealer resmi Honda tempat kamu membeli mobil Honda baru atau biasa melakukan service berkala rutin.
Nomor Honda Customer Care kini yang beroperasi 24 jam dan bisa kamu hubungi untuk permintaan layanan darurat dan pengaktifan layanan Experience Honda adalah 0-800-14-46632.
5. Roadside assistance Suzuki
Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) merupakan fasilitas yang bisa dinikmati pengguna kendaraan Suzuki selama masa garansi (3 tahun atau 100,000 KM) sejak pembelian.
Layanan ini diberikan gratis ketika terjadi gangguan atau keadaan darurat di jalan pada kendaraan Suzuki yang tersedia 7 hari selama 24 jam.
Untuk mendapatkan layanan ini kamu bisa menelepon Halo Suzuki atau Teknisi Dealer Suzuki di nomor bebas pulsa 0800 1100 800. Adapun layanan darurat yang disediakan antara lain:
- Mengaktifkan baterai atau aki yang lemah (Battery Jumper)
- Penggantian ban dengan ban cadangan
- Layanan kunci mobil tertinggal di dalam
- Pengisian bahan bakar untuk kendaraan yang kehabisan bahan bakar
- Kendaraan mogok yang disebabkan oleh sekring yang terputus.
- Layanan service ringan darurat lainnya yang dapat diatasi kurang dari 1 jam.
- Towing atau derek gendong
Layanan SERA ini dilakukan di lokasi kejadian untuk perbaikan ringan dengan waktu perbaikan ± 1 jam oleh Teknisi Dealer Suzuki Profesional.
Layanan SERA beroperasi 24 jam dengan coverage area secara Nasional sesuai dengan jaringan Bengkel Resmi Suzuki seluruh Indonesia.
Alasan perlu punya asuransi mobil
Tersedianya roadside assistance untuk para pengendara mobil dan motor adalah salah satu keuntungan yang bisa dimanfaatkan agar konsumen dapat merasa aman dan nyaman saat berkendara.
Namun, ada juga satu hal yang penting untuk dimiliki para pengendara yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan berkendara, yaitu asuransi mobil.
Mengapa kamu harus memiliki asuransi kendaraan? Simak jawabannya di video berikut ini.
Risiko kerusakan kendaraan merupakan hal yang sering kali tidak bisa terhindarkan. Bahkan bisa saja kemarin mobil masih dalam kondisi prima namun hari ini ada komponennya yang bermasalah.
Jika tidak menyediakan asuransi mobil, maka kamu harus siap-siap merogoh kocek setiap kali harus membawa mobil ke bengkel.
Asuransi mobil akan memberikan rasa aman karena terhindar dari risiko berkendara saja, serta pertanggungan biaya perbaikan kerusakan di bengkel.
Untuk bisa merasakan manfaat dari asuransi mobil, kamu harus membayar premi terlebih dahulu. Hitung estimasi preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.