4 Tips Membeli Mobil Baru secara Cash Kalau Ogah Kredit

Seorang wanita membeli mobil baru (Shutterstock).

Ada gak ya tips-tips membeli mobil baru secara cash? Jawabannya, ada lho. Sekarang ini banyak orang yang ogah membeli mobil secara kredit. Alasan kenapa mereka enggan membeli mobil secara kredit bermacam-macam. Entah alasannya itu biaya yang dibayarkan jauh lebih tinggi atau gak mau hidupnya terus-terusan dibayangi utang.

Membeli mobil secara cash pun menjadi dambaan sebagian orang, tapi dalam mewujudkannya ternyata gak seindah yang dibayangkan. Apakah harga mobil menjadi persoalannya?

Mobil LCGC menjadi pilihan membeli secara cash

Mobil LCGC (Shutterstock).
Mobil LCGC (Shutterstock).

Harga mobil emang variatif. Namun, harga murah atau mahal tergantung dari kemampuan seseorang dalam membayarnya.

Sejak aturannya keluar tahun 2013, kehadiran mobil Low Cost Green Car (LCGC) memberi kesempatan bagi sebagian orang yang pengin memiliki mobil. Kehadiran mobil LCGC dapat sambutan hangat karena harga jualnya mulai dari Rp 100 jutaan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut jumlah unit mobil LCGC yang terjual dari Januari – September 2019 mencapai 156.642 unit.

Dengan harganya mulai dari Rp 100 jutaan, mobil LCGC pas banget dijadikan pilihan buat mereka yang mau membeli mobil baru secara cash. Masih bingung mau beli cash atau gak dengan harga segitu? Simak dulu tips-tips di bawah ini.

Ini tips-tips membeli mobil secara cash

Pengajuan kredit mobil (Shutterstock).
Pengajuan kredit mobil (Shutterstock).

Membeli mobil baru perlu didasari sejumlah pertimbangan. Salah dalam mengambil keputusan dapat berakibat fatal terhadap keuangan.

Seperti yang kamu tahu, memiliki mobil bukanlah tujuan keuangan yang wajib dicapai. Masih ada tujuan-tujuan keuangan lainnya yang termasuk kebutuhan dan wajib mendapat perhatian.

Nah, kalau udah kebelet mau punya mobil, tapi bayarnya cash, tips-tips berikut siapa tahu bisa membantu. 

1. Selama setahun sisihkan 50 persen dari penghasilan tiap bulannya

Apa iya menyisihkan 50 persen dari penghasilan cukup buat membeli mobil baru secara cash? Cukup kok dan caranya mudah banget.

Sisihkan Rp 10 juta tiap bulannya buat ditabung sebagai modal buat beli mobil. Tabung Rp 10 juta tiap bulan? Besar banget!

Menyisihkan Rp 10 juta per bulan bukanlah persoalan bagi mereka dengan gaji Rp 20 juta. Jadi, kalau gaji belum segitu angkanya, saatnya temukan pekerjaan lain yang memberi kamu penghasilan sebesar itu.

2. Asal sabar, sisihkan Rp 3 juta tiap bulannya

Karena penghasilan per bulan gak sampai Rp 20 juta, kamu jangan pesimis dulu. Masih ada tips lain yang bisa kamu coba.

Tips lainnya adalah menyisihkan Rp 3 juta tiap bulan. Nabung Rp 3 juta per bulan bisa mewujudkan impianmu membeli mobil baru asalkan kamu sabar menyisihkan Rp 3 juta tersebut selama tiga tahun lebih.

Terus kamu mesti punya gaji di atas Rp 10 juta dan berhenti ambil kredit (gak lagi punya KPR) selama tiga tahun lebih. Sebab Rp 3 juta yang disisihkan sebesar 30 persen dari penghasilan bulananmu.

3. Sisihkan Rp 1 juta tiap bulan juga cukup lho asal…

Kalau Rp 3 juta masih dirasa berat, kamu bisa kok menyisihkan Rp 1 juta per bulannya buat bisa membeli mobil baru secara cash. Masih berpikir mustahil? Gak ada yang mustahil kok.

Tabung berapapun demi membeli mobil cash sebenarnya bergantung dari seberapa lama kamu menyisihkannya. Nabung Rp 10 juta butuh waktu setahun agar dana terkumpul. Sementara nabung Rp 3 juta butuh waktu tiga tahun lebih.

Lalu, berapa lama dengan menabung sebesar Rp 1 juta per bulan? Dihitung-hitung, kamu membutuhkan waktu selama 10 tahun. Itu berarti kamu yang saat ini berusia 30 tahun, baru bisa punya mobil begitu usia 40 tahun. (Jangan lupa hitung inflasi juga ya!).

4. Gak usah nabung, tips ini dijamin ampuh buat beli mobil cash

Punya banyak aset warisan? Jual aja kalau emang merasa mobil itu sebagai kebutuhan yang gak bisa lagi ditunda.

Aset yang dijual dapat berupa tanah atau rumah. Namun, bukan berarti rumah yang kini ditempati sekarang dijual. Jual aja aset tanah ataupun bangunan yang selama ini gak terurus. 

Sebelum menjual, cari tahu dulu harga jual tanah atau bangunan dengan menggunakan NJOP sebagai dasar perhitungan. Misalnya aja aset-aset yang dijual gak tembus Rp 100 jutaan, mau gak mau harus bersabar menunggu nilai jualnya naik.

Susah payah membeli mobil baru secara cash, jangan lupakan hal penting ini!

Tabrakan mobil (Shutterstock).
Tabrakan mobil (Shutterstock).

Memiliki mobil butuh modal besar. Modal yang dikumpulkan tersebut tentu aja gak mudah. Ada sejumlah kebutuhan yang ditunda pemenuhannya hingga kesabaran dalam mengumpulkannya.

Agar pencapaian tersebut gak sia-sia, jangan lupa proteksi keuanganmu dengan membeli asuransi mobil. Pembelian mobil berikut asuransinya cuma berlaku dalam metode pembayaran secara kredit.

Asuransi mobil yang bisa dibeli dapat berupa: All Risk ataupun TLO. Asuransi All Risk memberi penggantian biaya atau menjamin semua jenis risiko (ringan maupun berat) hingga risiko kehilangan kendaraan.

Sementara asuransi TLO memberi jaminan kalau kendaraan hilang akibat pencurian dan terjadi kerusakan yang nilai perbaikannya ≥ 75 persen harga kendaraan saat itu. Bingung mau pilih asuransi yang mana? Temukan pilihannya dan dapatkan tawaran harga yang menarik di Lifepal.co.id. Semua pilihan asuransi mobil dijual di sana. Ditambah lagi kamu bakal dibantu dalam melakukan klaim kalau terjadi apa-apa. Untung banget, bukan? Nah itu tadi beberapa tips membeli mobil baru secara cash. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).