Memahami Untung Rugi Asuransi TLO Mobil Bekas

biaya mengurus STNK baru

Mobil bekas menjadi alternatif bagi kita yang mau membeli mobil, namun memiliki keterbatasan anggaran.

Kendati demikian, bukan berarti tidak berkualitas. Sama halnya dengan mobil baru, mobil bekas juga memiliki nilai dan menghadapi berbagai risiko, seperti risiko dicuri, tertabrak, atau kerusakan karena berbagai sebab tanpa terprediksi.

Nah, salah satu cara mengantisipasi risiko itu adalah dengan cara membeli asuransi mobil. Asuransi mobil ini bukan hanya untuk mobil baru, tapi juga bisa untuk mobil bekas.

Perusahaan asuransi memiliki dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi komprehensif atau yang biasa disebut asuransi All Risk dan Total Loss Only (TLO). Dua jenis asuransi itu memiliki perbedaan yang mendasar.

Artikel ini akan mengupas mengenai asuransi TLO, termasuk mengenai kelebihan dan kekurangannya. Yuk, kita simak!

Pengertian Asuransi TLO

Asuransi TLO

Asuransi TLO adalah asuransi yang memberikan jaminan atas kerugian yang diakibatkan oleh risiko yang disebutkan di dalam polis yang mana pertanggungannya berlaku jika kerusakan berskala lebih besar dari 75 persen atau kendaraan hilang dicuri dan tidak diketemukan dalam waktu 60 hari.

Dengan kata lain, apabila mobil bekas yang kita miliki dicuri atau rusak parah dengan tingkat kerusakan minimal 75 persen, maka perusahaan asuransi akan melakukan penggantian jika terbukti sesuai dengan ketentuan di dalam polis yang disepakati. Nah, pengajuan penggantian ini dilakukan oleh nasabah, disebut sebagai klaim asuransi.

Untuk menjadi nasabah asuransi, kita harus membeli produk asuransi dari agen atau langsung dari perusahaan asuransi. Uang yang kita serahkan kepada perusahaan asuransi itu disebut sebagai premi asuransi.

Pada umumnya, premi asuransi TLO lebih murah daripada asuransi All Risk. Hal itu disebabkan asuransi TLO memiliki ketentuan minimal skala kerusakan dan syarat-syarat tertentu, sedangkan asuransi All Risk pada umumnya menanggung semua kerugian yang terjadi pada kendaraan nasabah kecuali terdapat pengecualian sesuai kesepakatan..

Kelebihan Memiliki Asuransi TLO

Salah satu kelebihan asuransi TLO dibandingkan dengan asuransi All Risk adalah premi yang lebih murah. Tarif asuransi TLO biasanya kurang dari 1 persen dari harga mobil. Sebaliknya, tarif asuransi All Risk bisa mencapai 1-3 persen dari harga mobil.

Sebagai contoh penghitungan, kita memiliki mobil seharga Rp200 juta. Tarif premi asuransi TLO bisa mencapai sebesar 0,6 persen. Dengan demikian, biaya premi asuransi TLO kita adalah Rp1,2 juta tiap tahun. Tidak memandang mobil baru atau bekas, perlakuannya sama saja.

Asuransi TLO bisa kita pilih apabila kita memiliki mobil yang potensi kerusakannya ringan. Misalnya, mobil yang kita punya jarang dipakai, tapi sering diparkir di tempat yang rawan pencurian atau tingkat kriminalitasnya tinggi.

Kekurangan Memiliki Asuransi TLO

Sementara itu, kekurangan asuransi TLO adalah asuransi ini tidak menjamin risiko-risiko lainnya, misalnya mobil bekas yang kita miliki mengalami kecelakaan ringan. Apabila mengalami kasus demikian, perusahaan asuransi tidak menjamin kerugian yang kita alami sebagaimana nilai kerusakan yang ditanggung adalah minimal 75 persen.

Jika kita menginginkan produk asuransi mobil yang menjamin segala risiko, mulai dari kecelakaan ringan sampai kecelakaan parah, maka sebaiknya kita memiliki asuransi All Risk, namun dengan harga premi yang lebih mahal.

Berapa Tarif Asuransi TLO?

TLO

Otoritas Jasa Keuangan sebagai lembaga negara yang mengawasi industri asuransi telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor.6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017. 

Dalam surat edaran itu, OJK sebagai regulator menetapkan tarif batas bawah (minimal) dan batas atas (maksimal) bagi asuransi kendaraan bermotor. Berikut ini tabelnya.

Kategori HargaKendaraan Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Kategori 1 0 s.d.Rp 125 juta 0,47%-0,56% 0,65%-0,78% 0,51%-0,56%
Kategori 2 >Rp 125 juta –Rp 200 juta 0,63%-0,69% 0,44%-0,53% 0,44%-0,48%
Kategori 3 >Rp 200 juta –Rp 400 juta 0,41%-0,46% 0,38%-0,42% 0,29%-0,35%
Kategori 4 >Rp 400 juta– Rp 800 juta 0,25%-0,30% 0,25%-0,30% 0,23%-0,27%
Kategori 5 > Rp 800 juta 0,20%-0,24% 0,20%-0,24% 0,20%-0,24%

Sumber: OJK

Keterangan:

  • Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
  • Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Meski ketentuan asuransi TLO bagi kendaraan baru dan bekas sama, namun bisa berbeda pada segi harga premi. Harga mobil bekas yang lebih murah menjadikan premi yang kita harus bayar tiap tahun menjadi lebih rendah dibandingkan dengan mobil baru.Yuk, cari tahu informasi bermanfaat lainnya yang lebih lengkap tentang asuransi kendaraan di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →