Cuma dengan 4 Langkah Ini, Dijamin Vespa Matic Bakal Awet dan Gak Boros Jajan!
Vespa matic kini sudah menjadi motor idaman banyak orang di Indonesia. Tentu saja, karena bentuknya yang klasik dan performanya mumpuni dibawa mejeng keren banget deh!
Vespa terbaru ini mulai ramai di Indonesia sekitar tahun 2011-an. Saat itu Vespa mengeluarkan tipe LX dengan lampu depan yang khas berbentuk bulat.
Meski modern, bodinya tetap dibuat seklasik mungkin seperti Vespa pada umumnya, agak kembung dan dengan varian warna-warni.
Kemudian muncul berbagai macam tipe lainnya seperti S, Sprint, Primavera, sampai Super. Masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda, bentuk lampu yang beda, bentuk spion yang beda, atau bodi belakang yang beda.
Tapi, sayangnya banyak mengeluh biaya maintenance-nya yang mahal. Sekali servis bisa sampai Rp 300 ribuan, belum lagi kalau ada spare part yang mesti diganti, bisa sampai jutaan rupiah.
Kamu bisa kok bikin Vespa matic performanya awet dan gak boros jajan saat servis. Berikut ini tips merawatnya yang baik dan benar:
1. Menggunakan bahan bakar yang tepat
Vespa matic telah didesain untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi, paling tidak di atas RON 90. Kalau di Indonesia, kamu bisa menggunakan Pertamax yang memiliki RON 92, Pertamax Turbo RON 98, atau Shell Power RON 95.
Kelebihan menggunakan oktan tinggi, proses pembakarannya akan maksimal, jadi gak bakalan meninggalkan kotoran di selang bensin. Hal ini tentu saja membuat performa mesin terjaga dan tentunya tarikannya tetap enak.
Kalau performa mesin terjaga, intensitas kamu pergi ke bengkel juga bakalan berkurang.
Baca juga: Mengulik Tampilan Anyar Vespa GTS Super 150 yang Makin Gahar
2. Servis rutin setiap 10.000 kilometer
Spare part Vespa matic terbilang mahal bila di bandingkan dengan motor-motor keluaran Jepang. Karena itu, kamu wajib merawatnya dengan benar kalau gak mau keluar duit banyak tiba-tiba.
Cara agar menjaga setiap part-nya tetap awet adalah dengan rajin-rajin servis. Servis bisa meliputi pengecekan kelistrikan, ganti oli, sampai pembersihan CVT. Servis rutin ini dilakukan paling tidak setiap 10.000 kilometer.
3. Jangan kebut-kebutan di jalan yang rusak
Harus diakui, jalanan di Indonesia belum 100 persen mulus, pasti ada aja di beberapa spot yang masih banyak jalanan berlubang, termasuk di Ibu Kota Jakarta.
Untuk para pengendara Vespa matic, jangan asal trabas aja kalau ada jalanan rusak. Sebisa mungkin jalan pelan-pelan kalau perlu dihindari.
Melaju dengan kencang di jalanan rusak berpotensi merusak shockbreaker dan juga soket-soket di dalam bodi.
4. Rajin-rajin cuci motor
Rajin-rajinlah mencuci motor Vespa kesayanganmu kalau sudah kotor. Debu-debu yang menempel di bodi, dan mesin bisa menimbulkan masalah serius nantinya, apalagi kalau abis kena air hujan.
Air hujan dan debu yang menempel di mesin kalau gak segera di bersihkan bisa bikin keropos dan karatan.
Itulah empat tips mudah yang bisa kamu lakukan dalam merawat Vespa matic. Dengan perawatan dan penggunaan yang benar, dijamin kamu gak bakal keluar duit banyak buat ganti-ganti spare part! (Editor: Chaerunnisa)