Asuransi ACA: Review Pilihan Polis hingga Cara Klaimnya
PT Asuransi Central Asia (ACA) adalah perusahaan asuransi umum yang telah mendapatkan izin usaha Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan ini memiliki sejumlah produk asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi properti hingga perjalanan. Lifepal telah bekerja sama dengan ACA Indonesia untuk menyediakan proteksi asuransi mobil terbaik. Kamu bisa mendapatkannya dengan formulir di atas.
Asuransi mobil merupakan salah satu polis unggulan dari Asuransi ACA yang memiliki dua jenis manfaat, yaitu jaminan pertanggunan All Risk dan Total Loss Only (TLO). Selain itu, ada juga pilihanAsuransi ACA Syariah untuk muslim yang menginginkan produk asuransi berbasis hukum Islam.
Pilihan Polis ACA Asuransi Terbaik
ACA Asuransi menghadirkan pilihan polis yang cukup lengkap, termasuk termasuk Asuransi Mobil ACA seperti Otomate Smart, Otomate, dan Otomate Solitaire. Anda bisa cek polis Asuransi ACA selengkapnya berikut ini:
Rangkuman Produk Asuransi ACA
ACA Asuransi menghadirkan berbagai produk, mulai dari asuransi mobil, aneka, pengangkutan, properti, hingga rangka kapal. Berikut rangkuman manfaat dari masing-masing produknya.
Produk | Manfaat |
Asuransi Mobil ACA | Pertanggungan kerusakan sebagian (all risk) + total + kecelakaan diri s/d Rp50 juta + tanggung jawab hukum s/d Rp75 juta |
Asuransi Kesehatan ACA | Asuransi kesehatan karyawan + asuransi mikro DBD |
Asuransi Properti | Pertanggungan risiko kebakaran + pencurian + gempa bumi |
Asuransi ACA Syariah | Asuransi perjalanan ibadah haji dan umrah + kecelakaan diri berbasis syariah |
Asuransi Rangka Kapal | Asuransi dikhususkan untuk bisnis dan proyek |
Asuransi Pengangkutan | Ganti rugi atas risiko kerugian pada barang yang dibawa transportasi darat, laut, dan udara |
Asuransi Rekayasa | Ganti rugi atas kerugian pada alat dan bahan proyek konstruksi + tanggung jawab hukum |
Asuransi Aneka | Asuransi perjalanan + kebakaran + gempa + asuransi kecelakaan + tanggung jawab hukum + asuransi kredit |
Tentang Asuransi ACA Indonesia
Asuransi ACA adalah salah satu perusaahan umum yang sudah memiliki reputasi bagus di industri. Awalnya, perusahaan yang berdiri pada 29 Agustus 1956 ini memiliki nama Maskapai Asuransi Oriental N.V, yang kemudian berubah menjadi nama yang sekarang pada tanggal 5 Agustus 1958.
Saat berdiri, ACA Asuransi berkantor di Jl. Asemka no. 28 Jakarta. Setelah berpindah kantor beberapa kali, ACA akhirnya menetap di Wisma Asia pada tahun 1998 hingga saat ini.
Setelah 67 tahun beroperasi, ACA kini sudah memiliki lebih dari 76 kantor cabang dan perwakilan, serta 1400 karyawan, yang membuat Anda tidak akan kesulitan mencari kantor asuransi ACA terdekat. Per September 2023, ACA mencatatkan aset sebesar 14.31 triliun yang membuat perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan asuransi umum dengan aset terbesar di Indonesia.
Suatu perusahaan asuransi dapat dinyatakan memiliki finansial yang sehat jika mampu memenuhi ketentuan Otoritas Jasa Keuangan, salah satunya dari segi rasio solvabilitas atau risk based capital (RBC). RBC sendiri adalah salah satu bagian dari laporan keuangan yang dapat dijadikan tolak ukur kemampuan perusahaan asuransi dalam memenuhi seluruh kewajibannya, termasuk pembayaran klaim nasabah. Minimal rasio yang diwajibkan oleh OJK adalah 120 persen, artinya di bawah itu perusahaan asuransi dapat dinyatakan memiliki finansial yang tidak sehat. Berdasarkan penjelasan tadi ACA Asuransi memperlihatkan performa finansial perusahaan melalui laporan keuangan pada bulan April 2024. Berikut rinciannya: Jika berkaca pada laporan keuangan di atas bisa disimpulkan bahwa ACA Asuransi memiliki tingkat rasio solvabilitas yang melampaui ketentuan minimum OJK. Sementara dari sisi jumlah ekuitas dan aset, ACA Asuransi juga telah memenuhi standar minimum yang telah ditetapkan oleh OJK, yaitu Rp100 miliar untuk ekuitas dan Rp150 miliar untuk aset. Layanan nasabah perusahaan dapat dicapai dengan bisa menghubungi nomor telepon ACA. Atau, bisa juga mengunjungi langsung alamat ACA Asuransi kantor pusat atau cabang terdekat. Berikut informasi selengkapnya mengenai ACA Call Center yang bisa kamu hubungi. Wisma Asia Lt. 10, 12-15 Jl. Letjen S. Parman Kav.79, Jakarta 11420 No telepon: (021) 31999100 WhatsApp: 081617999100 Telegram: 081617999100 Line: @hotlineaca Telp: (021) 56998288 Fax: (021) 5638029 Email: cust-aca@aca.co.id. Website: www.aca.co.id Instagram: instagram.com/acainsurance/ Twitter: twitter.com/acaasuransi/ Facebook: PT. Asuransi Central Asia Linkedin: PT Asuransi Central AsiaLaporan Keuangan ACA Asuransi Terbaru
Layanan Nasabah Call Center ACA
Alamat Kantor PT Asuransi Central Asia (ACA) Jakarta
Cara Klaim Asuransi ACA
Cara klaim Asuransi ACA terbagi menjadi lima kategori, yaitu klaim asuransi mobil, kesehatan, meninggal dunia, kecelakaan, dan asuransi kerugian lainnya. Berikut penjelasan dari masing-masing kategori prosedur klaim Asuransi ACA:
1. Cara Klaim Asuransi Mobil ACA
Berikut adalah langkah-langkah cara klaim Asuransi Mobil ACA bagi Anda yang memiliki polis tersebut.
- Melaporkan klaim setelah terjadi kerugian (maksimal 3×24 jam).
- Siapkan dokumen klaim: SIM, STNK, polis, formulir klaim, foto kerugian mobil, dan lainnya.
- Tim asuransi akan melakukan survei untuk menghitung estimasi kerugian.
- Tunggu hasil survei untuk mengetahui apakah klaim disetujui.
- Jika disetujui, nasabah bisa langsung mendapatkan penggantian klaim.
- Nasabah akan dikenakan biaya risiko sendiri (own risk) sekitar Rp300 ribu per kerjadian
Sebagai informasi, biaya klaim asuransi mobil di atas sesuai dengan Surat Edaran OJK Nomor 6 /SEOJK.05/2017 Tentang Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017. Adanya biaya risiko sendiri bertujuan untuk mendorong agar pengemudi lebih berhati-hati lagi dalam berkendara meskipun risiko sudah teralihkan ke perusahaan asuransi.
2. Cara Klaim Asuransi Kesehatan ACA
Untuk asuransi kesehatan ACA, ada dua cara yakni cashless dan reimbursement. Berikut langkah-langkah pengajuan klaim Asuransi ACA Kesehatan:
Klaim Cashless
- Kunjungi rumah sakit rekanan ACA Asuransi terdekat.
- Tunjukkan kartu peserta asuransi dan KTP kepada petugas administrasi.
- Tunggu petugas melakukan verifikasi data ke perusahaan asuransi.
- Jika sudah, Anda akan mendapatkan antrian untuk medapatkan layanan kesehatan
Klaim Reimbursement
- Kunjungi rumah sakit terdekat, baik rekanan/non rekanan ACA Asuransi.
- Jika sudah mendapatkan layanan kesehatan, bayarkan tagihan dengan dana pribadi.
- Ajukan klaim kepada pihak asuransi dengan menyertakan bukti pembayaran rumah sakit.
- Isi dan serahkan formulir yang diminta.
- Jika diterima, pihak asuransi akan menggantikan uang nasabah
3. Cara Klaim Asuransi Meninggal Dunia ACA
Risiko meninggal dunia yang terjadi akibat kecelakaan juga bisa mendapatkan pertanggungan ganti rugi, dengan cara mengajukan klaim lewat prosedur klaim Asuransi ACA berikut.
- Siapkan polis asuransi yang asli.
- Formulir klaim meninggal dunia.
- Surat keterangan meninggal dunia dari pihak berwenang.
- Surat keterangan dokter untuk klaim meninggal dunia.
- Salinan catatan medis tertanggung.
- Fotokopi identitas tertanggung, pemegang polis, dan ahli waris.
- Surat Berita Acara (BA) dari pihak kepolisian apabila meninggal dunia karena kecelakaan.
- Dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan asuransi.
- Bukti identitas ahli waris yang akan menerima uang pertanggungan.
4. Cara Klaim Asuransi Kecelakaan ACA
Klaim Asuransi ACA untuk risiko kecelakaan yang menyebabkan cedera dan membutuhkan perawatan medis dapat diajukan dengan langkah berikut.
- Unduh formulir klaim melalui situs resmi ACA Asuransi.
- Siapkan surat rekam medis asli.
- Surat keterangan dokter asli dan sudah ditandatangani dan stempel.
- Tanda terima pembayaran.
- Salinan pemeriksaan medis.
- Salinan kartu identitas diri (KTP) tertanggung atau pemegang polis.
- Serahkan ke pihak perusahaan asuransi.
5. Cara Klaim Asuransi Kerugian Lainnya
Berikut adalah cara klaim Asuransi ACA untuk jenis pertanggungan lainnya secara umum. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa simak di bagian buku polis masing-masing.
- Lakukan penyelamatan sebisa mungkin.
- Menghubungi aparat keamanan jika terjadi risiko yang ditanggung untuk meminimalkan kerusakan atau kerugian yang terjadi.
- Melaporkan kerusakan/kerugian/kehilangan kepada pihak asuransi dalam waktu singkat.
- Mengisi formulir klaim.
- Melengkapi dokumen yang dibutuhkan secara lengkap dari pihak berwenang.
- Mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi.
- Menunggu petugas menyelesaikan survei dan pemeriksaan tempat kejadian bersama dengan pemeriksa independen.
- Menunggu status klaim disetujui atau tidak oleh pihak perusahaan asuransi.
- Menerima ganti rugi dari perusahaan asuransi sesuai dengan yang dijanjikan dalam polis asuransi yang dimiliki.
Informasi lebih lanjut seputar prosedur klaim ACA Asuransi bisa mendatangi kantor pusat atau cabang ACA terdekat atau menghubungi call center perusahaan di nomor (021) 31999100.
Daftar Bengkel Rekanan Asuransi ACA
ACA Asuransi memiliki bengkel rekanan yang tersebar luas hampir di seluruh wilayah di Indonesia yang siap melayani nasabahnya. Berikut ini daftar rekanan bengkel ACA Asuransi yang bagus:
Informasi terkait daftar bengkel rekanan Asuransi ACA dapat berubah sewaktu-waktu. Anda dapat mengunjungi langsung website resmi ACA untuk melihat daftar lengkap serta informasi terbarunya.
Daftar Rumah Sakit Rekanan Asuransi ACA
ACA Asuransi telah bekerja sama dengan AdMedika guna menyediakan rumah sakit rekanan tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Berikut ini adalah daftar selengkapnya:
Informasi di atas berasal dari website resmi AdMedika dengan update terakhir Februari 2018. Informasi mengenai rumah sakit rekanan Asuransi ACA dapat berubah sewaktu-waktu. Anda dapat mengetahui rumah sakit rekanan selengkapnya dengan menghubungi call center ACA atau memanfaatkan aplikasi Medi+ yang bisa di download di smartphone.
Pertanyaan Seputar ACA Asuransi
Berikut pertanyaan yang sering diajukan calon nasabah maupun nasabah terkait ACA Asuransi.
Berikut beberapa manfaat yang diberikan oleh Asuransi Mobil ACA:
- Uang pertanggungan atas kerugian apabila kendaraan bermotor mengalami benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, kebakaran akibat sambaran petir.
- Uang pertanggungan atas kerugian bila kendaraan bermotor rusak/hilang akibat perbuatan jahat orang lain; pencurian dan lain-lain.
- Kerusakan selama pengiriman dengan kapal feri.
- Penggantian biaya kerugian tuntutan hukum pihak ketiga.
Detail manfaat mengenai Asuransi Mobil ACA bisa dilihat di tab Polis.
ACA Asuransi Mobil terbagi menjadi empat jenis, yaitu:
- Otomate
- Otomate Smart
- Otomate Solitaire
- Comprehensive atau All Risk
Asuransi Kesehatan ACA tersedia dalam empat pilihan polis, yaitu:
- Asuransi Demam Berdarah ACA
- ACA Medi+
Informasi detail mengenai manfaat ketiga polis ACA Asuransi Kesehatan di atas bisa dilihat di tab Polis.
Berikut manfaat pertanggungan yang diberikan ACA Asuransi Mobil All Risk:
- Uang penggantian kendaraan 100 persen apabila mobil (maksimal berusia 6 bulan dari pembelian) mengalami kerusakan 100 persen atau kehilangan.
- Uang pertanggungan atas kerugian apabila kendaraan bermotor mengalami benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, kebakaran akibat sambaran petir.
- Uang pertanggungan atas kerugian bila kendaraan bermotor rusak/hilang akibat perbuatan jahat orang lai, pencurian, dan lain-lain.
- Kerusakan selama pengiriman dengan kapal feri.
- Penggantian biaya kerugian tuntutan hukum pihak ketiga.
Pada dasarnya, seluruh bengkel rekanan Asuransi ACA bagus. Ini karena ACA Asuransi telah melakukan seleksi kepada seluruh bengkel yang akan dijadikan sebagai rekanan untuk memberikan manfaat terbaik bagi para nasabahnya. Cek daftarnya di tab Bengkel.
Pada awal tahun 2000-an, PT Bank Central Asia (BCA) adalah pemilik Asuransi ACA (PT Asuransi Central Asia). Namun sayangnya, Asuransi ACA dan BCA sudah terpisah semenjak ACA Asuransi diambil alih oleh Salim Group.
PT ACA Asuransi bergerak di bidang asuransi umum yang sudah berdiri sejak 29 Agustus 1956. Saat awal berdiri ACA Asuransi menempati kantor yang berada di Jalan Asemka No.28, lalu beberapa kali mengalami perpindahan sebelum akhirnya menetap di Wisma Asia sejak 1998 sampai sekarang.
Saat ini, ACA Asuransi dimiliki oleh Salim Group. Salim Group sendiri merupakan salah satu perusahaan konglomerat asal Indonesia yang didirikan pada 4 Oktober 1972. Selain ACA Asuransi, Salim Group juga memiliki beberapa anak perusahaan lain, termasuk Indofood, Indomaret, Intikom Berlian Mustika, Kentucky Fried Chicken, Super Indo, dan masih banyak lagi.
Besaran premi ACA Asuransi tentunya berbeda-beda, baik pada asuransi mobil, asuransi properti maupun asuransi lainnya. Biasanya, perbedaan premi tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:
- Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
- Usia tertanggung.
- Jenis kelamin tertanggung.
- Riwayat penyakit yang dimiliki tertanggung.
- Jenis dan nilai harta benda yang diasuransikan.
- Manfaat polis dasar hingga rider atau manfaat tambahan.
Besaran premi Asuransi Kesehatan ACA tentu berbeda-beda dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Khusus untuk Asuransi Mikro Demam Berdarah ditetapkan premi sebesar Rp50 ribu untuk perlindungan selama satu tahun dan premi sebesar Rp10 ribu untuk perlindungan selama 3 bulan.
Biaya premi Asuransi Mobil All Risk ACA bisa berbeda-beda tiap nasabah. Perbedaan tersebut telah tertuang dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 mengenai Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi Pada Lini Usaha Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor.
Call center ACA Asuransi dapat dihubungi di nomor (021) 31-999-100. Sementara untuk no telepon ACA Asuransi bisa dihubungi di nomor (021) 56998288, 56998222.
Selain kedua nomor telepon ACA Asuransi yang sudah disebutkan di atas, perusahaan tersebut juga memiliki hotline yang bisa dihubungi oleh para nasabahnya. Berikut hotline ACA Asuransi yang siap melayani selama 24 Jam:
- WhatsApp: 081617999100
- Telegram: 081617999100
- Line: @hotlineaca
Durasi klaim Asuransi Mobil ACA akan cepat bila nasabah mengirimkan data secara lengkap. Laporan klaim harus diberikan maksimal 3×24 jam setelah kejadian. Selanjutnya jika dokumen belum lengkap maka ACA akan menghubungi kembali nasabah agar melengkapi dokumen tersebut. Proses klaim sendiri dapat menghabiskan waktu dalam hitungan hari, pekan, maupun bulan, bergantung pada kelengkapan dokumen dan juga jenis kerusakan.
Cara mengecek polis Asuransi ACA bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut, yaitu:
- Datang langsung ke kantor pusat atau cabang ACA Asuransi terdekat
- Menghubungi hotline ACA Asuransi 24 Jam berikut ini:
- Telp: (021) 31-999-100
- WhatsApp: 081617999100
- Telegram: 081617999100
- Line: @hotlineaca
Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.
Berikut ini daftar laman perusahaan asuransi yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- https://www.aca.co.id/home