Asuransi Mobil ACA
Rekomendasi Asuransi Mobil ACA Terbaik dan Termurah
suransi Mobil ACA bekerja sama dengan Lifepal melalui polis Otomate Smart, Otomate, Otomate Solitaire, Comprehensive, dan Total Loss Only (TLO).
Masing-masing pilihan polisnya memiliki manfaat yang berbeda-beda, di mana untuk pilihan Otomate Smart, Otomate, dan Otomate Solitaire selain menanggung kerusakan mobil juga memberikan manfaat Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga hingga Rp75 juta sebagai manfaat dasar. Sementara untuk Comprehensive atau All Risk, memberikan ganti rugi atas kerusakan kendaraan, baik kerusakan kecil dan besar. Untuk asuransi Total Loss Only memberikan manfaat dasar berupa pertanggungan atas kerusakan total kendaraan.
Simak lebih lanjut untuk informasi manfaat polis selengkapnya di bawah ini atau isi formulir di atas untuk lihat besaran premi asuransi mobil sesuai dengan profil kendaraanmu!
Manfaat Dasar Asuransi Mobil ACA
Berikut ini beberapa manfaat asuransi mobil ACA berdasarkan jenisnya:
Asuransi Comprehensive ACA
Asuransi mobil comprehensive atau all risk, memberikan manfaat jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan atau kerusakan sebagian, maupun keseluruhan pada kendaraan. Baik akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampokan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya.
Otomate Smart
Memiliki manfaat jaminan Comprehensive, ditambah dengan Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga Max 25 Juta.
Manfaat lainnya: New for old 6 bulan, adanya mobil pengganti maksimum 5 hari, emergency service, valet service, authorized workshop (Rekanan).
Otomate
Terdiri dari jaminan Comprehensive, Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga Max 50 Juta, Kecelakaan Diri 10 Juta (5 Orang), Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, Sabotase. Banjir, Angin Topan dan Gempa Bumi (Max 10% dari Uang Pertanggungan) .
Manfaat lainnya: New for old 6 bulan, mobil pengganti maksimum 5 hari, emergency service, valet service, authorized workshop (Rekanan).
Otomate Solitaire
Terdiri dari jaminan Comprehensive, Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga Max 75 Juta, Kecelakaan Diri 10 Juta (5 Orang), Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, Sabotase. Banjir, Angin Topan dan Gempa Bumi (Max 100% dari Uang Pertanggungan) .
Manfaat lainnya : New for old 12 bulan, mobil pengganti maksimum 5 hari, emergency service, valet service, authorized workshop (rekanan), authorized workshop (non rekanan), stolen by valet parking.
Asuransi TLO (Total Loss Only) ACA
Memberikan ganti rugi atas kerugian karena kehilangan kendaraan maupun kerusakan total (lebih dari 75%).
Premi Asuransi Mobil ACA
Besaran premi Asuransi Mobil ACA telah diatur dan merujuk pada Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017. Mengacu pada ketentuan OJK, besaran premi ditentukan pada jenis asuransi yang dipilih, wilayah domisili, dan besaran harga kendaraan yang diasuransikan.
Premi untuk asuransi mobil bersifat tahunan, jadi pembayaran premi dilakukan satu kali untuk mendapatkan perlindungan selama setahun. Aturan yang menentukan harga premi untuk asuransi mobil pun akan dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain:
- Kota atau wilayah domisili kendaraan
- Nilai kendaraan
- Tipe atau jenis kendaraan
- Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih
- Usia kendaraan
- Jenis penggunaan
- Perluasan jaminan yang dipilih
Untuk memudahkan kamu melakukan perhitungan Asuransi Mobil ACA sesuai dengan wilayah dan jenis mobilmu, silahkan isi formulir di atas.
Cara Klaim Asuransi Mobil ACA
Tata cara klaim Asuransi Mobil ACA terbagi atas dua kategori yang berbeda dan disesuaikan dengan jenis pertanggungan yang diberikan. Berikut penjelasan prosedur klaim Asuransi ACA Mobil.
Langkah-langkah cara klaim total:
- Hubungi hotline Asuransi Mobil ACA melalui nomor (021) 31999100 atau ajukan klaim secara online melalui situs resmi https://www.aca.co.id/Klaim selambat-lambatnya lima hari setelah terjadi kerugian.
- Mengunjungi kantor cabang ACA Asuransi untuk melakukan cek fisik dan foto kendaraan.
- Menandatangani Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor (LKKB).
- Menyerahkan segala dokumen klaim Asuransi ACA Mobil yang diperlukan.
- Pembayaran klaim akan cair selambatnya 30 hari setelah pengajuan klaim disetujui.
Langkah-langkah cara klaim kerusakan parsial:
- Hubungi hotline Asuransi Mobil ACA melalui nomor (021) 31999100 atau ajukan klaim secara online melalui situs resmi https://www.aca.co.id/Klaim selambat-lambatnya lima hari setelah terjadi kerugian.
- Mengunjungi kantor cabang ACA Asuransi untuk melakukan cek fisik dan foto kendaraan.
- Menandatangani Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor (LKKB).
- Menyerahkan segala dokumen klaim Asuransi ACA Mobil yang diperlukan.
- Melakukan serah terima Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) ke bengkel rekanan ACA yang ditunjuk.
- Tunggu proses perbaikan kendaraan.
Dokumen syarat klaim Asuransi Mobil ACA kerusakan sebagian
- Salinan polis Asuransi ACA Mobil.
- Salinan sertifikat.
- Salinan Surat Izin Mengemudi milik pengemudi saat kejadian kerusakan.
- STNK kendaraan.
- Salinan Kartu Tanda Penduduk milik tertanggung atau nasabah.
Dokumen syarat klaim Asuransi Mobil ACA kerusakan
- Laporan kehilangan atau kronologis kejadian dari pihak berwenang (polisi).
- Dokumen asli polis Asuransi ACA Mobil.
- Dokumen asli sertifikat.
- Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).
- Faktur pembelian kendaraan.
- Blanko kuitansi dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditanda-tangani oleh tertanggung.
- Buku Kir (khusus kendaraan yang wajib Kir).
- Salinan Surat Izin Mengemudi milik pengemudi saat kejadian kerusakan.
- STNK kendaraan.
- Salinan Kartu Tanda Penduduk milik tertanggung atau nasabah.
- Bukti telah memblokir STNK (apabila kehilangan seluruhnya)
Terdapat Biaya Own Risk Sebesar Rp300 Ribu
Sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), setiap perusahaan asuransi mobil wajib memberlakukan biaya Own Risk (OR) minimum Rp300 ribu per kejadian. Artinya, setiap nasabah yang mengajukan klaim wajib membayarkan biaya OR tersebut.
Tujuannya untuk menjaga kestabilan premi setiap tahunnya. Sebab tanpa diberlakukan OR, perusahaan asuransi akan mengahadapi biaya finansial yang sangat besar. Hal ini akan berdampak pada kenaikan premi yang signifikan.
Meski dikenakan biaya own risk, perlu dipahami bahwa proteksi asuransi mobil masih sangat dibutuhkan dan dapat memberikan solusi finansial jika terjadi kerugian pada mobil kendaraan kesayangan kamu.
Proses pembayaran ganti rugi klaim Asuransi ACA Mobil berlangsung dalam waktu 30 hari kalender. Penghitungan waktu itu dimulai sejak disepakatinya nilai ganti rugi yang harus dibayarkan antara penanggung (ACA) dengan tertanggung (nasabah).
Keunggulan Asuransi Mobil ACA
Asuransi ACA Mobil adalah salah satu produk asuransi mobil unggulan yang dimiliki oleh perusahaan Asuransi ACA. Untuk kamu yang tertarik dengan produknya, simak review Asuransi Mobil ACA berikut ini:
1. Premi Terjangkau
Harga premi asuransi mobil di Indonesia umumnya berkisar mulai dari Rp50 ribuan untuk TLO dan Rp250 ribuan untuk All Risk. Sementara Asuransi Mobil ACA Otomate TLO preminya mulai dari Rp48 ribuan per bulan dan Rp218 ribuan untuk All Risk. Artinya, premi yang ditawarkan terbilang murah jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi mobil lainnya di Indonesia.
2. Layanan Mobil Pengganti
Asuransi ACA Mobil juga memberikan pilihan rider atau manfaat tambahan berupa fasilitas mobil pengganti. Artinya, selama mobil mu diperbaiki di bengkel rekanan, nasabah akan diberikan mobil pinjaman maksimal selamam 5 hari. Ada juga pilihan polis tambahan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan premi murah.
3. Limit Rider Polis Tanggung Jawab Pihak Ketiga Tinggi
Manfaat limit tanggung jawab hukum untuk pihak ketiga yang dihadirkan oleh Asuransi ACA Mobil terbilang cukup tinggi. Di mana sebagian besar perusahaan asuransi mobil menawarkan polis Tanggung Jawab Hukum Pihak ketiga dengan limit hingga Rp50 juta saja.
Namun, polis ACA memberikan limit hingga Rp75 juta. Polis ini fungsinya memberikan ganti rugi jika kamu mengalami kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. Misal, menabrak kendaraan lain, kecelakaan yang melibatkan korban cedera hingga meninggal dunia.
4. Layanan Roadside Assistance 24 Jam
Tidak perlu takut jika mengalami kondisi darurat seperti mobil mogok dan ban kempes di jalan. Asuransi ACA mobil sudah memiliki layanan roadside assistance yang bisa kamu hubungi saat kondisi darurat.
Jika sudah menjadi nasabah asuransi mobil ACA, kamu bisa menghubungi layanan 24 jam di nomor 081617999100 (Telegram dan WhatsApp) atau menghubungi nomor telepon (021) 31-999-100.
5. Otomate Valet Service
Khusus untuk pengguna Otomate, kamu bisa menikmati fasilitas antar jemput mobil yang akan masuk atau keluar bengkel. Layanan ini tentu akan sangat bermanfaat sekali untuk kamu yang sibuk.
6. New For Old
Salah satu keunggulan asuransi mobil ACA adalah memiliki fasilitas penggantian mobil hilang dengan mobil yang baru. Namun, perlu diingat layanan ini hanya berlaku untuk kehilangan kendaraan antara 0-6 bulan masa kesertaan. Jika lebih dari 6 bulan perusahaan akan mengganti sesuai harga pasar.
7. Layanan Mobil Derek
Asuransi mobil ACA memiliki fasilitas mobil derek yang nasabah bisa manfaatkan bila kendaraan mereka mengalami kerusakan dan harus dibawa ke bengkel. Layanan ini tentu akan sangat bermanfaat terutama bila kamu sedang mengalami kondisi darurat di jalan.
8. Mobile Claim
Asuransi ACA memiliki layanan survey klaim secara langsung di tempat nasabah oleh Officer ACA. Dengan adanya fasilitas ini, proses klaim menjadi lebih cepat dan mudah. Namun, fasilitas ini hanya berlaku di hari kerja, ya.
9. Service Warranty
Perbaikan kendaraan di bengkel rekanan asuransi mobil ACA dijamin aman dan berkualitas. Ada jaminan garansi maksimal 6 bulan setelah mobil keluar dari bengkel.
10. Authorized Workshop
Pelanggan dapat melakukan perbaikan di Bengkel Resmi yang telah ditunjuk sebagai mitra khusus.