Asuransi Adira Syariah

Asuransi Adira Syariah

4.2 / 5.0 (3.739 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Cashback 10% +
Diskon 25%
  • ACA_43_1_D
64 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Adira Syariah: Bebas Riba, Premi Murah, Klaim Mudah

Adira Syariah adalah salah satu produk asuransi yang ditawarkan oleh PT Asuransi Adira Dinamika. Salah satu produk unggulannya adalah asuransi mobil syariah yang hadir dengan pilihan polis Total Loss Only (TLO) dan All Risk dengan premi yang terbilang bersahabat!

Untuk premi yang lebih murah, Anda bisa memanfaatkan diskon tambahan dari Lifepal dan bandingkan pilihan polis asuransi mobil syariah terbaik lainnya di Indonesia. Yuk, cek polis asuransi mobil terbaiknya sekarang!

Pilihan Polis Terbaik Adira Syariah

Berikut pilihan produk Asuransi Adira Syariah yang bisa dipertimbangkan:

Rangkuman Manfaat Asuransi Adira Syariah

Berbagai macam manfaat dari Asuransi Adira Syariah yang dapat menjadi pertimbangan Anda, antara lain:

ProdukManfaat yang Diberikan
Asuransi Mobil SyariahGanti rugi kerusakan/kehilangan mobil.
Asuransi Mikro SyariahProteksi dengan premi di bawah Rp50 ribu.
Asuransi Perjalanan SyariahGanti rugi terhadap kerugian selama di perjalanan.
Asuransi Kecelakaan SyariahGanti rugi terhadap kerugian akibat kecelakaan.

Premi Asuransi Adira Syariah

Harga premi Asuransi Adira Syariah didasarkan pada profil calon peserta, produk asuransi yang ditawarkan serta obyek yang diasuransikan. Adapun harga premi masing-masing produk asuransi yang telah disebutkan, antara lain:

  • Autocillin Ikhlas disesuaikan dengan obyek pertanggungan.
  • Asuransi Motor Mikro Syariah disesuaikan dengan obyek pertanggungan
  • Paket Travellin Syariah (Platinum,Gold,Silver) mulai dari Rp10 ribu sampai dengan Rp43 ribu.  
  • Salaam Sehat Syariah sesuai dengan perjanjian polis asuransi.
  • Salaam Card Syariah sesuai dengan perjanjian polis asuransi.

Kenapa Beli Asuransi Adira Syariah di Lifepal?

Lifepal telah bekerjasama dengan perusahaan Asuransi Mobil Adira Syariah. Artinya, Anda bisa mendapatkan polis asuransi mobil terbaiknya dan memafaatkan promo diskon + cashback dari Lifepal sekaligus. Berikut ini adalah beberapa keunggula lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan beli Asuransi Adira Syariah melalui Lifepal!

1. Layanan Pengajuan Klaim Online

Asuransi Adira Syariah juga menawarkan kemudahan klaim online melalui Autocillin App. Melalui aplikasi ini, nasabah dapat mengajukan klaim hingga menyertakan dokumen syarat klaim secara online. Jika terjadi kendala pada pengajuan klaim polis, Lifepal siap membantu melalui layanan telepon dan WhastApp. 

2. Harga Asuransi Mobil Terbaik

Lifepal menawarkan premi asuransi mobil termurah dengan promo cashback 10% + diskon 25%! Adapun premi Asuransi Mobil Syariah bisa didapat dengan harga mulai dari Rp550 ribu per tahun (belum termasuk diskon)! Selain itu, Anda juga bisa membandingkan polis dan preminya dengan perusahaan asuransi lain di Indonesia. Semua ini bisa dilakukan secara online! 

Cara Daftar Asuransi Adira Syariah di Lifepal

Di Lifepal, beli Asuransi Adira Syariah sangatlah mudah. Tinggal isi profil nasabah secara online, bandingkan dan pilih polis yang diinginkan, kemudian lakukan checkout. Tim Lifepal akan segera menghubungi Anda untuk melakukan penawaran dan menjelaskan secara detail terkait informasi polis yang telah dipilih. Tertarik? Yuk, lihat pilihan polis dan daftar sekarang melalui formulir di atas!

Cara Klaim Asuransi Adira Syariah

Tiap produk Asuransi Adira Syariah memiliki cara klaimnya masing-masing. Berikut ini cara mengajukan klaim berdasarkan produknya:

Layanan Nasabah Adira Syariah

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan lengkap mengenai Asuransi Adira Syariah, Anda dapat menghubungi layanan call center maupun mendatangi kantor pusat atau cabang terdekat secara langsung. Berikut daftarnya:

Alamat Kantor Pusat PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance)

Graha Adira
Jl. MT Haryono Kav. 42 Jakarta Selatan
Adira Care: 1500 456
Telp: (021) 29667373
SMS: 08121113456
Fax: (021) 29667345
Website: asuransiadira.co.id
Email: [email protected]

Bengkel Rekanan Adira Syariah

Untuk bengkel rekanan, baik Adira konvensional maupun Adira Syariah memiliki bengkel yang sama. Berikut ini daftar beberapa bengkel rekanan yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya:

Rumah Sakit Rekanan Adira Syariah

Perusahaan juga memiliki rumah sakit rekanan yang terbilang lengkap. Berikut ini daftar rumah sakit rekanannya:

Sekilas Tentang Adira Syariah

Adira Syariah merupakan unit bisnis syariah dari PT Asuransi Adira Dinamika atau Adira Insurance, yang berfokus pada asuransi umum syariah seperti asuransi mobil, kesehatan, jiwa, dan juga asuransi perjalanan.

Zurich telah mengakuisisi 80 persen saham Adira Insurance termasuk unit syariahnya. Baru-baru ini, Adira Insurance berganti nama menjadi PT Zurich Asuransi Indonesia, yang kini juga mendirikan asuransi umum syariah pengganti Adira Syariah di bawah pengawasan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah).

Berita Terbaru Asuransi Adira Syariah

Pertanyaan Seputar Asuransi Adira Syariah

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Adira Syariah, baik informasi profil perusahaan, produk, harga premi, cara klaim, dan lain sebagainya.

Apa itu Asuransi Adira Syariah?

Adira Syariah adalah salah satu produk asuransi yang ditawarkan oleh PT Asuransi Adira Dinamika. Asuransi Adira Dinamika terkenal sebagai salah satu perusahaan asuransi umum dengan produk proteksi kendaraan. 

Produk-produk asuransi syariah yang dimiliki oleh Adira Insurance terbilang lengkap yaitu ada asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, dan asuransi kecelakaan diri. Berbeda dengan produk-produk asuransi konvensionalnya, produk asuransi syariahnya dijalankan dengan prinsip syariat Islam, tentu dengan pengawasan Dewan Syariah. 

Apa itu Adira Finance?

Adira Finance yang masih berada di bawah bendera PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan. Mulai dari pembiayaan mobil, motor, barang elektronik, hingga kredit multiguna.

Beroperasi sejak 1991, Adira Finance sudah melayani lebih dari tiga juga konsumen dan rekan usaha.

Apa Bedanya Adira Syariah dan Adira Finance?

Adira Syariah dan Adira Finance adalah produk yang dimiliki oleh PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. Adira Syariah merupakan produk pembiayaan yang berlandaskan syariat Islam. Sebaliknya, Adira Finance adalah produk pembiayaan yang menerapkan prinsip konvensional. Itulah yang membuat kedua produk ini berbeda antara satu dengan yang lain.

Apa Keunggulan Menggunakan Kredit Mobil Adira Syariah?

Ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan bila membeli kendaraan dengan Kredit Mobil Adira Syariah, di antaranya:

1. Cicilan Tetap

Jumlah cicilan yang dibayarkan akan tetap sama alias flat hingga selesai. Ini karena produk Kredit Mobil Adira Syariah menggunakan akad murabahah, yang mana pokok pembiayaan serta keuntungan sudah dijelaskan di awal oleh perusahaan yang memberikan kredit.

2. Keterlambatan pembayaran disalurkan untuk dana kebaikan

Bila Anda mengalami keterlambatan pembayaran cicilan, maka Anda wajib mengeluarkan ta’zir. Ta’zir sendiri adalah dana yang dikeluarkan jika Anda terlambat membayar angsuran atau cicilan dengan tujuan agar Anda bisa lebih disiplin untuk melunasinya.

Namun, ta’zir dibayarkan tidak akan diambil oleh  perusahaan, melainkan disalurkan sebagai dana kebaikan.

3. Halal

Karena berada di bawah pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS), maka bisa dipastikan operasional kredit mobil yang dijalankan Adira Syariah Kredit Mobil halal statusnya.

4. Transparan

Adira Syariah Kredit Mobil juga transparan mengenai pembiayaannya. Ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa terjadi sewaktu-waktu antara pihak Adira Syariah Kredit Mobil dengan para nasabahnya.

5. Menyediakan layanan nasabah

Adira Syariah Kredit Mobil juga menyediakan layanan nasabah yang dapat diakses dengan berbagai media. Baik melalui SMS Care di nomor 0811 811 5811 atau Email Care di [email protected]

Apa Perbedaan Adira Syariah dan Konvensional?

Adira Insurance memiliki asuransi konvensional dan syariah. Terdapat perbedaan antara keduanya dalam segi pengelolaan dana dan pelaksanaan asuransi. 

Perbedaan pengelolaan dana 

Dari segi pengelolaan dana, Adira Syariah mengedepankan konsep dasar dan cara pengelolaan dana sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam. Prinsip dasar syariat adalah asuransi dijalankan dengan niat untuk saling tolong menolong dan melindungi sesama peserta melalui bentuk kontribusi ke dalam rekening bersama atau yang disebut Dana Tabarru. 

Masing-masing nasabah sudah harus sepakat bahwa dana yang berhasil dikumpulkan di dalam Dana Tabarru itu digunakan untuk membantu sesama bila terjadi risiko di antara mereka. Dana dikelola secara syariat Islam di bawah pengawasan Dewan Syariah. 

Segi pelaksanaan asuransi 

Perbedaan mendasar lainnya ada pada pelaksanaan asuransinya yang meliputi kontrak, kepemilikan dana, surplus underwriting, pengelolaan investasi, hingga pengawasan asuransi. Dalam asuransi syariah, ada transaksi yang tidak boleh dilakukan, yaitu gharar atau ketidakpastian dan riba.

Apa Saja Pertanggungan Asuransi Adira Syariah?

Adira Syariah memiliki berbagai produk yang memberikan perlindungan serta manfaat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Adapun produk asuransi syariah yang ditawarkan mencakup kendaraan, perjalanan, hingga kesehatan mikro. Cek selengkapnya pada tab Polis.

Berapa Harga Premi Asuransi Adira Syariah?

Harga premi Asuransi Adira Syariah didasarkan pada profil calon peserta, produk asuransi yang ditawarkan serta obyek yang diasuransikan. Untuk mengetahui harga premi dari masing-masing polisnya, silakan cek tab Premi.

Seperti Apa Metode Penggantian Biaya Asuransi Adira Syariah?

Penggantian biaya atau cara pembayaran manfaat Asuransi Adira Syariah akan dilakukan berdasarkan produk serta plan yang dipilih oleh nasabah.

  • Untuk penggantian asuransi kendaraan seperti asuransi motor dan mobil ditentukan oleh jenis produk yang dipilih. Untuk produk asuransi All Risk diberikan penggantian melalui perbaikan yang dilakukan di rekanan Adira Insurance, sementara untuk total loss only (TLO) diberikan dalam bentuk tunai sesuai dengan perjanjian polis dan ketentuan yang berlaku. 
  • Untuk penggantian asuransi kesehatan dilakukan dengan sistem pembayaran reimbursement dan cashless.
  • Untuk penggantian asuransi perjalanan disesuaikan dengan klaim yang diajukan. Untuk klaim meninggal dunia diberikan dalam bentuk tunai, klaim kesehatan dalam bentuk cashless dan reimbursement tergantung plan dan produk yang dipilih.
  • Untuk asuransi kecelakaan dengan klaim kematian diberikan secara tunai, sedangkan untuk biaya pengobatan perawatan karena kecelakaan diberikan dalam bentuk reimbursement.
Apa pembiayaan syariah?

Pembiayaan syariah merupakan jenis transaksi pembelian yang sesuai dengan prinsip syariah. Pembiayaan syariah terdiri dari pembiayaan jual-beli, pembiayaan investasi, dan pembiayaan jasa.

Berbeda dengan pembiayaan konvensional, tiap kegiatan usahanya harus merujuk pada akad dari fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI). Selain itu juga harus berlandaskan akad syariah, baik individu dan/atau kelompok serta wajib melaporkan kegiatan usahanya dan harus mendapatkan izin dari OJK.

Salah satu anak perusahaan Bank Danamon yang sama seperi Asuransi Adira Syariah, yakni Adira Syariah Finance, termasuk salah satu Perusahaan Pembiayaan Syariah (PP Syariah) yang menawarkan fasilitas tersebut, sesuai dengan POJK Nomor 31/POJK.05/2014 tentang Penyelenggaraan Usaha Pembiayaan Syariah yang mengatur mengenai kegiatan usaha dari Perusahaan Pembiayaan Syariah.

Pada tahun 2021, Adira Finance Syariah menyediakan produk baru yaitu Adira Multi Dana Syariah (AMANAH) yang berupa pembiayaan dana syariah untuk berbagai kebutuhan yang bersifat produktif maupun konsumtif, dengan menggunakan akad Al bai wa Al Isti’jar, sesuai fatwa Dewan Syariah Nasional mengenai pembiayaan ulang (refinancing) syariah.

Bagaimana Cara Membeli Asuransi Adira Syariah Secara Online?

Membeli produk Asuransi Adira Syariah secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tak perlu mendatangi kantor cabang Asuransi Adira terdekat sekalipun. Dengan agen asuransi yang mencapai ratusan, cukup mudah bagi Anda membeli Asuransi Adira melalui mereka.

Adapun beberapa produk yang dapat dibeli secara online melalui situs resmi Adira Insurance, seperti produk:

  • Asuransi Mobil
  • Asuransi Motor
  • Asuransi Travel (Perjalanan)
  • Asuransi Kecelakaan

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan asuransi Adira dengan produk asuransi lain secara online melalui situs aggregator asuransi seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan berbagai produk asuransi saja, tetapi juga membeli produk asuransi yang sesuai kebutuhan dan anggaran. 

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling menguntungkan. Beli asuransi online di Lifepal mudah dan cepat, cek caranya di sini!

Bagaimana Cara agar Pengajuan Kredit Mobil Syariah Adira Disetujui?

Agar pengajuan Kredit Mobil Syariah Adira disetujui, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut:

1. Pahami persyaratannya

Sebelum mengajukan kredit syariah di Adira, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu persyaratan yang diminta. Dengan memahami persyaratannya, pengajuan kredit mobil syariah Anda pun akan lebih cepat diproses.

2. Siapkan DP (Down Payment)

Setelah memahami persyaratannya, kini Anda perlu menyiapkan uang muka alias DP. Biasanya, Down Payment (DP) yang harus  disetorkan untuk mendapatkan pembiayaan kredit mobil syariah berkisar antara 25 hingga 30 persen.

3. Disiplin membayar cicilan

Hal lain yang membuat Kredit Mobil Syariah Adira disetujui adalah disiplin dalam membayar cicilan. Dengan disiplin membayar cicilan secara tepat waktu, peluang Anda untuk mendapatkan pembiayaan kredit mobil syariah dari Adira pun akan semakin besar.

4. Pastikan kendaraan yang diinginkan tersedia

Terakhir, memastikan unit kendaraan yang dinginkan tersedia. Jadi, sebelum melakukan pengajuan Kredit Mobil Syariah Adira, pastikan Anda telah menemukan kendaraan yang diinginkan. Bila kendaraan yang diinginkan tersedia, barulah Anda bisa melakukan pengajuan kredit mobil syariah di Adira sesegera mungkin.

Bagaimana Cara Melakukan Pembayaran Premi Asuransi Adira Syariah?

Informasi pembayaran premi dapat disimak di tab Premi.

Bagaimana Cara Mengajukan Klaim Asuransi Adira Syariah?

Asuransi Adira Syariah memiliki tiga produk, yaitu Asuransi Adira Syariah mobil (Autocillin Ikhlas), Asuransi Adira Syariah motor (Asuransi Motor Mikro Syariah), Asuransi Adira Syariah perjalanan (Travellin Syariah), dan asuransi kecelakaan (Salaam Sehat Syariah). Untuk mengetahui prosedur klaim masing-masing produk, silakan cek tab Klaim.

Bagaimana Cara Berhenti Menjadi Nasabah Asuransi Adira Syariah?

Jika Anda ingin berhenti membayar polis Asuransi Adira bisa mengikuti prosedur berikut ini:

  • Hubungi call center Asuransi Adira di nomor 1500-456.
  • Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender.
  • Mengisi formulir dengan lengkap.
  • Mengembalikan buku polis asuransi.
  • Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan,
  • Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak, dan administrasi bila ada.
  • Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
  • Cara berhenti Asuransi Adira Syariah juga bisa dilakukan langsung lewat agen asuransi Anda.
Berapa Nomor Call Center Adira Syariah?

Informasi produk-produk inovatif dari Asuransi Adira. pelaporan klaim, renewal, complaint, dan yang berkaitan dengan Adira Syariah. Permintaan bantuan akan ERA, Derek, dan juga Ambulan. Sila hubungi kontak di tab Layanan.

Bengkel Rekanan Adira Syariah

Untuk bengkel rekanan, baik Adira konvensional maupun Adira Syariah memiliki bengkel yang sama. Berikut ini daftar beberapa bengkel rekanan yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Silakan cek tab Rekanan untuk melihat daftar lengkapnya.

Rumah Sakit Rekanan Adira Syariah

Untuk bengkel rekanan, baik Adira konvensional maupun Adira Syariah memiliki RS rekanan yang sama. Berikut ini daftar beberapa bengkel rekanan yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Silakan cek tab Rekanan untuk melihat daftar lengkapnya.

Perusahaan Lain yang Menyediakan Asuransi Seperti Adira Syariah
Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tentang Adira Syariah tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://asuransiadira.com/
  • https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20647https://www.adira.co.id/pembiayaan-baru-adira-finance-syariah-dengan-akad-bai-wal-istijar/
  • https://finansial.bisnis.com/read/20210716/89/1418589/pembiayaan-syariah-adira-finance-tumbuh-70-persen-semester-i2021
  • https://finansial.bisnis.com/read/20210825/215/1434137/adira-insurance-resmi-ganti-nama-jadi-zurich-asuransi-indonesia
  • https://investor.id/finance/peroleh-izin-ojk-zurich-syariah-resmi-beroperasi
Chat Bantuan