Asuransi Karyawan Terbaik di Lifepal
Melindungi kesejahteraan karyawan adalah investasi penting bagi perusahaan. Dengan asuransi karyawan terbaik dari Lifepal, perusahaan dapat memberikan perlindungan kesehatan dan finansial yang komprehensif bagi seluruh karyawan. Lifepal menawarkan asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan.
Mulai dari skala kecil menengah, dengan jumlah karyawan berkisar 10-50 orang. Sampai perusahaan besar tingkat multinasional, yang sudah memiliki banyak karyawan. Sebagai marketplace asuransi terbaik, Lifepal paham bahwa karyawan adalah aset paling berharga bagi bisnis. Lindungi kesejahteraan mereka dan jaga keamanan bisnismu dengan solusi asuransi kesehatan karyawan yang ada di Lifepal.
Manfaat dan Keuntungan Membeli Asuransi Karyawan di Lifepal
Lifepal hadir untuk membantu setiap perusahaan mendapatkan proteksi asuransi karyawan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan anggarannya. Saat ini Lifepal telah bekerjasama dengan Sompo Insurance dalam menghadirkan proteksi asuransi karyawan terbaik di Indonesia. Berikut ini beberapa manfaat asuransi karyawan yang bisa kamu dapatkan di Lifepal.
- Pilihan fleksibel, mulai dari skema asuransi, manfaat polis, dan premi bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
- Manfaat polis asuransi karyawan yang lengkap, plan asuransi yang tersedia di Lifepal juga menyediakan manfaat santunan tunai harian sebagai pelengkap BPJS Kesehatan. Ini bisa didapat sebagai manfaat dasar asuransi karyawan.
- Dukungan ahli, setiap nasabah akan mendapatkan bantuan berkelanjutan, teramasuk layanan klaim, sehingga karyawan dapat dengan mudah memahami manfaat yang mereka dapatkan.
- Technology services, untuk meningkatkan produktivitas perusahaan:
- Human Resources (HR) dan payroll software.
- Aplikasi untuk melihat manfaat dan informasi asuransi.
Catatan! 1. Asuransi karyawan (employee benefit) hanya dapat dibeli oleh perusahaan atau badan usaha yang telah terdaftar dan memiliki legalitas hukum (perseroan terbatas atau PT, perseroan komanditer atau CV, yayasan, dan bentuk badan usaha lain yang memiliki identitas legal). 2. Terdapat syarat total minimum karyawan yang harus didaftarkan, yaitu minimal tiga sampai lima orang. Apabila di bawah jumlah tersebut, maka perusahaan belum bisa membeli produk asuransi untuk karyawan perusahaan. |
Apakah Masih Perlu Asuransi Karyawan Jika Sudah Ada BPJS?
Meskipun BPJS Kesehatan sudah menyediakan perlindungan dasar bagi karyawan, asuransi karyawan dari pihak swasta tetap menjadi pilihan yang relevan bagi banyak perusahaan. Ada beberapa alasan mengapa asuransi karyawan masih dibutuhkan, bahkan jika karyawan sudah terdaftar di BPJS Kesehatan.
1. Fleksibilitas dan pilihan cakupan yang lebih luas
Asuransi karyawan menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi dibanding BPJS. Dengan asuransi swasta, perusahaan dapat memilih paket perlindungan yang mencakup manfaat tambahan, seperti rawat inap kelas premium, layanan kesehatan di rumah sakit internasional, dan perlindungan khusus yang tidak selalu tersedia di BPJS Kesehatan.
2. Proses klaim yang lebih cepat
Salah satu kekurangan BPJS adalah antrean dan proses administrasi yang terkadang memakan waktu lama. Asuransi swasta biasanya menyediakan akses langsung ke rumah sakit rekanan tanpa perlu melalui prosedur panjang, sehingga karyawan dapat memperoleh pelayanan medis lebih cepat dan mudah.
3. Perlindungan tambahan di luar kesehatan
Banyak paket asuransi karyawan yang juga mencakup perlindungan lainnya, seperti asuransi jiwa, kecelakaan, dan cacat tetap. Dengan begitu, karyawan mendapat jaminan finansial lebih lengkap yang akan sangat membantu mereka dalam situasi darurat.
4. Meningkatkan kesejahteraan dan kepuasan karyawan
Memberikan asuransi karyawan sebagai tambahan di luar BPJS juga meningkatkan kepuasan dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Karyawan akan merasa lebih dihargai karena diperhatikan kesejahteraannya secara menyeluruh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka.
Meskipun BPJS sudah memberikan perlindungan kesehatan dasar, asuransi karyawan dari swasta memberikan berbagai manfaat tambahan yang dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan. Dengan adanya asuransi karyawan, perusahaan dapat memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh dan fleksibel, sehingga karyawan merasa lebih aman dan didukung dalam bekerja
Premi Asuransi Karyawan
Lantas, berapa kisaran premi asuransi pegawai? Besaran premi atau biaya asuransi pegawai tentu berbeda antara asuransi swasta dan BPJS Kesehatan. Untuk BPJS Kesehatan, tiap bulannya biaya premi dibebankan sebesar 1 persen dari gaji karyawan yang dibayarkan oleh karyawan dan 4 persen dari gaji karyawan yang dibayarkan oleh perusahaan. Sementara, biaya asuransi karyawan swasta bergantung pada kebijakan perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan tempat kerja mu.
Bagi perusahaan sendiri, umumnya terdapat beberapa faktor yang menentukan besaran premi asuransi karyawan yang harus dibayar, di antaranya:
1. Jenis asuransi
Faktor ini menjadi penentu utama karena biaya asuransi pegawai disesuaikan dengan produk asuransi yang diambil. Misalnya, asuransi jiwa, asuransi kesehatan corporate, atau dana pensiun. Setiap produk asuransi karyawan (employee benefit) perusahaan tersebut tentu memiliki ketentuan harga premi masing-masing.
2. Jumlah karyawan
Asuransi memiliki ketentuan minimal jumlah karyawan yang dapat diasuransikan. Biasanya, semakin banyak jumlah karyawan, maka harga premi per orang akan lebih murah.
3. Demografi karyawan
Demografi atau rata-rata usia dan jenis kelamin yang mendominasi perusahaan akan menentukan besaran biaya asuransi karyawan. Sebab, semakin tua usia karyawan biasanya akan semakin tinggi premi asuransi employee benefit. Ini karena risiko penyakit juga akan meningkat. Sementara itu, asuransi employee benefit juga mengenakan premi yang lebih tinggi apabila memiliki lebih banyak karyawan perempuan.
4. Claim ratio atau rasio klaim
Jika perusahaan sudah memiliki asuransi employee benefit sebelumnya, maka rasio klaim atau jumlah klaim yang dilakukan karyawan turut mempengaruhi harga premi.
5. Jenis industri perusahaan dan pekerjaan karyawan
Semakin tinggi risiko terjadinya kecelakaan akibat industri perusahaan atau jenis pekerjaan karyawan, maka semakin tinggi pula biaya asuransi pegawai yang akan dikenakan. Pasalnya, karyawan yang bekerja di dalam ruangan dan bekerja di lapangan (misal, konstruksi, pertambangan, atau gas) tentu memiliki risiko kecelakaan yang berbeda.
Cara Klaim Asuransi Karyawan
Cara klaim asuransi pegawai bergantung pada jenis asuransi yang diambil. Kemudian, masing-masing jenis asuransi employee benefit tersebut memiliki prosedur dan dokumen yang berbeda-beda. Simak penjelasannya berikut ini:
1. Reimbursement
Reimbursement adalah metode penggantian yang mengharuskan peserta asuransi employee benefit membayarkan tagihan perawatan kesehatannya. Kemudian, peserta asuransi mengirimkan dokumen klaim ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut.
Adapun prosedur dan dokumen persyaratan klaim asuransi karyawan dengan metode reimbursement antara lain:
Prosedur klaim asuransi karyawan/ employee benefit reimbursement
- Peserta mendatangi rumah sakit atau klinik terdekat untuk mendapatkan perawatan medis, baik rawat inap, rawat jalan, atau perawatan medis lain.
- Peserta membayar seluruh biaya administrasi dan biaya perawatan medis.
- Peserta melengkapi seluruh dokumen yang dapat diambil setelah pembayaran di rumah sakit. Dokumen berguna untuk proses klaim, adapun kelengkapan dokumen akan disebutkan di bawah.
- Peserta melakukan klaim sebelum melewati masa kadaluarsa kepada pihak perusahaan melalui HRD.
- Pihak perusahaan akan melanjutkan klaim ke pihak asuransi. Selanjutnya, asuransi akan memproses dokumen klaim dan apabila disetujui, dana akan ditransfer langsung ke rekening karyawan.
Formulir Klaim
- Formulir Pengajuan Klaim asli (diisi oleh peserta asuransi)
- Resume medis (diisi oleh dokter yang merawat, ditandatangani, dan distempel rumah sakit)
- Fotokopi hasil pemeriksaan laboratorium, radiologi, atau pemeriksaan diagnostik lainnya.
- Kuitansi asli disertai dengan rincian biaya perawatan dan fotokopi resep obat
- Fotokopi Paspor (jika berobat/meninggal di luar negeri)
- Fotokopi identitas diri peserta asuransi.
- Surat kuasa permintaan data medis
- Fotokopi SIM dan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari Kepolisian (jika terjadi kecelakaan).
2. Cashless
Cashless adalah metode penggantian biaya asuransi kesehatan corporate dengan menggunakan kartu saja. Untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit atau klinik, biasanya peserta dapat menggesekkan kartu asuransi (swipe card) atau cukup menunjukkan kartu (show card).
Berikut prosedur asuransi karyawan (employee benefit) cashless secara umum:
- Peserta menunjukkan atau menggesek kartu asuransi kerja serta menunjukkan kartu identitas diri pada petugas pendaftaran di rumah sakit.
- Mesin EDC akan mencetak Letter of Authorization (LoA). Dari situ, peserta asuransi kerja akan mendapatkan konfirmasi mengenai klaim cashless disetujui atau ditolak.
- Apabila sudah disetujui, peserta bisa melanjutkan perawatan medis di rumah sakit.
- Provider rumah sakit akan mengirimkan detail klaim ke pihak asuransi. Selanjutnya, asuransi mengeluarkan surat pernyataan klaim disetujui dan detail klaim yang perlu dibayar oleh peserta (apabila ada ekses).
3. Santunan tunai
Metode penggantian berupa uang santunan kepada ahli waris atau keluarga peserta asuransi pekerja yang meninggal dunia karena kecelakaan atau sakit. Santunan tunai juga diberikan kepada peserta yang mengalami cacat total tetap akibat kecelakaan.
Khusus untuk metode penggantian asuransi employee benefit berupa santunan tunai secara umum, kamu perlu menyiapkan dokumen berikut saat melakukan klaim asuransi untuk karyawan perusahaan. Biasanya santunan tunai berupa uang pertanggungan sebagai manfaat asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri, dan dana pensiun.
- Polis asuransi asli.
- Fotokopi semua hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi jika meninggal karena sakit.
- Fotokopi KTP ahli waris yang sah.
- Surat keterangan kematian dari dokter/rumah sakit yang menjelaskan penyebab kematian peserta asuransi pegawai.
- Surat keterangan kematian dari pemerintah setempat bisa diurus di catatan sipil secara gratis dengan membawa KTP peserta asuransi untuk karyawan swasta.
- Surat keterangan kepolisian (BAP) apabila kematian peserta asuransi disebabkan karena kecelakaan lalu lintas.
4. Santunan pensiun
Santunan pensiun adalah uang pertanggungan atau santunan bagi para pensiunan atau karyawan yang sudah tidak bekerja lagi di suatu perusahaan. Biasanya, uang pensiun bisa diambil setiap bulan atau secara sekaligus, sesuai plafon yang ditetapkan.
Tips Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan yang Bagus
Sebelum memilih asuransi karyawan (employee benefit), penting untuk memahami cara memilih polis yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran perusahaan. Berikut empat tips untuk mendapatkan asuransi karyawan terbaik:
1. Plafon dan premi seimbang
Pastikan plafon dan premi sesuai dengan kebutuhan, pilih yang memberikan manfaat lengkap dengan premi terjangkau.
2. Masa tunggu penyakit yang minimal
Pilih asuransi dengan masa tunggu singkat atau tanpa masa tunggu, terutama untuk penyakit yang mungkin kambuh dalam waktu dekat.
3. Pilihan penggantian dan pembayaran
Pilih asuransi yang menawarkan metode klaim reimbursement dan cashless serta fleksibilitas pembayaran tahunan atau bulanan.
4. Layanan purna jual (after-sales service)
Pilih asuransi yang menyediakan akses mudah ke informasi produk, proses klaim yang praktis (reimbursement atau cashless), layanan customer service 24 jam, dan sistem penanganan komplain yang responsif.
Dengan empat hal ini, perusahaan dapat menemukan asuransi karyawan yang tepat dan memberikan manfaat optimal bagi karyawan.
Pertanyaan Seputar Asuransi Karyawan Lifepal
Berikut beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan.
Seperti apa pengecualian klaim asuransi karyawan perusahaan?
Ahli waris harus memahami bahwa klaim asuransi jiwa karyawan akan secara otomatis ditolak oleh perusahaan asuransi dengan alasan-alasan berikut ini:
- Tindakan bunuh diri baik dalam kondisi sadar maupun tidak sadar.
- Data-data yang diserahkan terindikasi tidak benar atau tidak sesuai dengan fakta-fakta yang terjadi.
- Peserta asuransi dihukum mati akibat vonis pengadilan, meninggal dunia karena melakukan tindakan kriminal atau melawan hukum baik berperan secara langsung maupun tidak langsung.
- Peserta asuransi karyawan perusahaan meninggal dunia karena tindak kejahatan yang dilakukan oleh ahli waris dengan tujuan mendapatkan uang pertanggungan asuransinya.
- Hal-hal tersebut akan mengakibatkan klaim asuransi jiwa untuk karyawan ditolak oleh perusahaan asuransi jiwa meskipun peserta asuransi rajin membayarkan preminya.
Apa saja pilihan pembayaran premi asuransi kesehatan karyawan?
Pembayaran premi asuransi karyawan dapat dilakukan melalui transfer bank. Sementara itu, frekuensi pembayaran biaya asuransi karyawan tergantung pada kesepakatan antara perusahaan dan asuransi. Berikut beberapa pilihannya:
- Tahunan
- Semester*
- Kuartal*
*Syarat dan ketentuan berlaku
Apa dasar hukum asuransi karyawan?
Dasar hukum asuransi karyawan (employee benefit) mengacu pada beberapa undang-undang atau peraturan pemerintah. Berikut beberapa dasar hukum asuransi karyawan dan UU asuransi kesehatan:
- Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.
- Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 152/PMK.010/2012 Tentang Tata Kelola Perusahaan yang Baik Bagi Perusahaan Perasuransian.
- Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.
Bagaimana cara membeli asuransi karyawan?
Kamu bisa membeli secara online di Lifepal. Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi online nomor satu yang menyediakan produk asuransi karyawan. Bandingkan berbagai pilihan asuransi karyawan terbaik dan temukan yang cocok untukmu.
Lifepal sebagai teman andalan mu, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi karyawan untuk beberapa proteksi, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri, dan dana pensiun.
Berikut alasan mengapa harus memilih Lifepal sebagai teman andalan asuransi perusahaan mu:
- Memberikan ulasan objektif: Lifepal tidak memaksakan klien perusahaan untuk memilih suatu brand asuransi tertentu. Namun, Lifepal bekerja sama dengan seluruh asuransi terkemuka di Indonesia agar klien perusahaan dapat memilih jenis produk asuransi karyawan sesuai kebutuhan dan bujet.
- Memastikan klien perusahaan mendapatkan harga terbaik di pasaran: Klien perusahaan bisa mendapatkan harga premi lebih murah hingga 50 persen dibandingkan membeli langsung ke asuransi. Lifepal telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan asuransi. Dengan demikian, Lifepal memiliki kesempatan untuk mendapatkan harga lebih murah sebab volume premi lebih besar.
- Operational support dan complaint management: Lifepal membantu klien perusahaan dalam segala kendala terkait asuransi, mulai dari proses administrasi, klaim, dan situasi darurat lain. Sehingga klien perusahaan, dalam hal ini HRD, tidak perlu repot mengajukan komplain kepada pihak asuransi.
- Membantu pengecekan ketentuan dalam polis: Lifepal akan membantu untuk mengecek ketentuan dalam polis sudah sesuai dengan permintaan dan kebutuhan asuransi klien perusahaan.
- Laporan analisis terkait klaim, layanan, dan manfaat: Lifepal akan memberikan laporan terkait produk asuransi karyawan, mulai dari analisis klaim, layanan asuransi, kecukupan benefit atau manfaat, dan perbandingan manfaat. Sehingga pihak perusahaan, dalam hal ini HRD, dapat mengirimkan laporan ke pihak manajemen perusahaan dan segera mengambil keputusan strategis.