Asuransi Garda Oto

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Astra Garda Oto

Asuransi Garda Oto adalah produk asuransi kendaraan khusus mobil dari PT Asuransi Astra Buana. Perusahaan yang menjadi bagian dari Astra International Tbk, salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, ini semula bernama PT Maskapai Asuransi Buana.

Kelebihan dan Kekurangan Garda Oto

  • (+) Keuangan perusahaan yang sehat berdasarkan laporan keuangan tahun 2018 dengan aset Rp13,207 triliun dan rasio solvabilitas 238 persen.
  • (+) Tersedia bengkel rekanan dan bengkel resmi yang tersebar luas di Indonesia.
  • (+) Tersedia fitur Garda Mobile Otocare yang bisa diandalkan untuk memantau klaim mobil.
  • (+) Tersedia layanan Pickup Delivery Service, layanan antar jemput ke dan dari bengkel.
  • (+) Garansi hasil kerja bengkel dan suku cadang asli.
  • (+) Tersedia metode pembelian dan klaim online.
  • (-) Tidak tersedia polis asuransi yang pertanggungannya termasuk tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL).

Sekilas tentang Astra Buana

Didirikan pada tahun 1956, perusahaan berganti nama setelah saham mayoritas dibeli Astra International pada 1981. Nama PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) resmi digunakan sejak 1990.

Pada tahun 1995 diluncurkan produk asuransi kendaraan khusus mobil yaitu Garda Oto. Polis ini menjadi salah satu pelopor asuransi kendaraan bermotor di Indonesia. Itu sebabnya Garda Oto cukup populer di Tanah Air dan menjadi salah satu produk andalan Asuransi Astra Buana.

Dalam memberikan jaminan ganti rugi bagi nasabah, Garda Oto menawarkan dua polis yaitu Asuransi Comprehensive (All Risk) dan Asuransi Total Loss Only (TLO). Masing-masing polis menawarkan perlindungan atau jaminan asuransi kendaraan bermotor standar dengan jaminan perluasan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan PT Asuransi Astra Buana untuk produk apapun. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Astra Buana, kunjungi situs resmi asuransiastra.com.

Di Lifepal tersedia beragam produk asuransi kendaraan bermotor untuk mobil ataupun motor. Kunjungi situs atau hubungi Lifepal untuk konsultasi gratis dan mendapatkan proteksi terbaik.

 

Produk asuransi mobil dari Astra Buana ini hanya terdiri atas Asuransi Comprehensive (All Risk) dan Asuransi TLO. Untuk perluasan jaminan, kita harus menambah biaya atau premi asuransi

Asuransi Garda Oto Comprehensive
Asuransi Garda Oto Comprehensive
Perlindungan terhadap kebakaran, perlindungan terhadap tabrakan maupun benturan dengan mobil atau kendaraan lainnya, dan lain sebagainya.
Asuransi Garda Oto Total Loss Only
Asuransi Garda Oto Total Loss Only
Perlindungan jika mobil mengalami kecelakaan dengan kerusakan sama dengan atau lebih dari 75% atau tidak bisa digunakan kembali, perlindungan jika mobil hilang karena pencurian, dan lain sebagainya.
 

Asuransi Garda Oto memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat asuransi Garda Oto berdasarkan jenis produk, polis, dan plan yang dapat dipilih.

Berikut ini detail manfaat dasar yang diberikan asuransi Astra Garda Oto sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli polis asuransi mobil Garda Oto.

Jaminan atau Manfaat Keterangan
Pertanggungan & jaminan Polis Comprehensive: menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia

Polis TLO: menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan total dengan biaya perbaikan lebih atau sama dengan 75 persen dari harga sebenarnya sesaat sebelum terjadinya kerugian, serta mobil hilang akibat pencurian

Risiko yang dijamin Kerugian dan/atau kerusakan pada mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir; perbuatan jahat; pencurian; kebakaran; termasuk selama mobil berada di atas kapal untuk penyeberangan yang berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat
Perluasan jaminan
  • Perluasan jaminan: gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi
  • Perluasan jaminan: banjir, angin topan, badai, tanah longsor
  • Perluasan jaminan: huru-hara (SRCC)
  • Perluasan jaminan: terorisme dan sabotase
  • Perluasan jaminan: kecelakaan diri pengemudi dan penumpang
  • Perluasan jaminan: tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL)

Asuransi Garda Oto memiliki aturan tertentu untuk klaim yang diajukan nasabah. Adapun tabel manfaat sebelumnya tidak bisa digunakan jika pengecualian berikut ini terjadi atau dilakukan nasabah.

Pengecualian berikut ini tercantum dalam PDF situs resmi gardaoto.com yang disesuaikan dengan Bab II Pasal 3 pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia:

  1. Kerugian, kerusakan yang disebabkan oleh: kendaraan digunakan untuk menarik atau mendorong kendaraan atau benda lain; memberi pelajaran mengemudi; dan penggunaan selain dari yang dicantumkan dalam polis termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan Kendaraan pribadi menjadi penggunaan komersial (contoh: taksi online, rental); penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya; pencurian dan/atau perbuatan jahat yang dilakukan oleh keluarga atau saudara sekandung orang yang bekerja atau tinggal bersama tertanggung; seluruh karyawan jika tertanggung merupakan badan hukum; orang yang berada di bawah pengawasan tertanggung; kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan.
  2. Kerugian, kerusakan yang disebabkan oleh, barang dan/atau hewan yang sedang berada di dalam kendaraan; zat kimia, air atau benda cair lainnya, yang berada di dalam kendaraan (kecuali merupakan akibat dari risiko yang dijamin polis).
  3. Kerugian, kerusakan dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga disebabkan oleh: kerusuhan, perang dan sejenisnya; gempa bumi, banjir, atau gejala geologi atau meteorologi lainnya; reaksi nuklir.
  4. Kerugian, kerusakan dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika: disebabkan oleh tindakan sengaja tertanggung, pengemudi, orang yang bekerja/orang suruhan tertanggung; pengemudi tidak memiliki SIM yang masih berlaku dan tidak sesuai dengan peruntukannya; dikemudikan oleh seorang yang sedang berada di bawah pengaruh minuman keras, obat terlarang atau sesuatu bahan lain yang membahayakan; dikemudikan secara paksa walaupun kendaraan tidak laik jalan; melanggar rambu lalu lintas.
  5. Kerugian dan/atau kerusakan atas: perlengkapan tambahan yang tidak disebutkan pada polis; ban, velg, dop yang tidak disertai kerusakan pada bagian lain kendaraan; kunci dan/atau bagian lainnya dari Kendaraan pada saat tidak melekat atau tidak berada di dalam kendaraan tersebut; bagian atau material Kendaraan yang aus; STNK, BPKB, dan/atau surat-surat lain kendaraan.
  6. Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang disebabkan oleh: kerusakan atau kehilangan harta benda yang diangkut; kerusakan jalan, dan bangunan sebagai akibat dari getaran, berat kendaraan.
  7. Kehilangan keuntungan, upah, berkurangnya harga atau kerugian keuangan lainnya yang diderita tertanggung.

Cari tahu premi asuransi Garda Oto dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Untuk mendapatkan asuransi mobil Garda Oto ada beberapa cara. Termudah adalah melalui pembelian online melalui situs asuransiastra.com kemudian memilih produk Garda Oto.

Setelah itu ikuti langkah selanjutnya yang terdiri atas:

  • Lengkapi dokumen sesuai dengan data diri tertanggung dan data kendaraan.
  • Perusahaan asuransi akan mengirimkan petugas survei ke tempat yang sudah disepakati.
  • Polis asuransi akan dikirimkan kepada calon tertanggung untuk dipelajari sebelum menyetujui melakukan pembayaran premi sesuai dengan hasil survei.
  • Tertanggung melakukan pembayaran premi secara sekaligus atau secara berkala sesuai dengan mekanisme yang disediakan yaitu dengan metode transfer bank atau transfer melalui virtual account Bank Permata, BCA, atau pembayaran melalui kartu kredit secara online dengan sangat mudah.

Cara lain adalah mengisi kolom penawaran yang terdiri atas informasi mengenai mobil yang akan diasuransikan dan identitas nasabah yang mengasuransikan mobilnya. Setelah itu, kita akan mendapat penawaran premi termasuk fitur atau fasilitas/layanan lain yang akan diterima.

Bila ingin lebih berimbang, kita bisa membandingkan terlebih dahulu produk asuransi mobil yang tersedia di Indonesia melalui Lifepal. Sebagai marketplace asuransi online, Lifepal.co.id menawarkan beragam ulasan brand dan polis asuransi. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan proteksi mobil yang sesuai kebutuhan dan premi ringan.

Pembayaran premi asuransi Garda Oto bergantung pada kanal pembayaran yang dipilih. Nasabah bisa membayar premi menggunakan metode transfer ke bank biasa, virtual account dan juga pembayaran dengan menggunakan kartu kredit secara online

Berikut penjelasan cara pembayaran Garda Oto Digital.

  1. Cara pembayaran premi asuransi Garda Oto melalui kartu kredit (VISA/Mastercard/JCB)
  • Pilih metode pembayaran credit card saat check out.
  • Masukkan data kartu kredit dengan lengkap; 16 digit nomor kartu kredit, bukan, tahun, kadaluarsa kartu, dan CVV.
  • Klik tombol proses akan muncul halaman keamanan bank penerbit kartu.
  • Periksa kembali data transaksi Anda dan selesaikan proses pembayaran dengan menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke handphone.
  1. Cara pembayaran premi asuransi Garda Oto melalui BCA KlikPay
  • Pilih Metode Pembayaran BCA KlikPay pada step 3 Pembayaran.
  • Login di halaman BCA Klikpay.
  • Cek jumlah transaksi dan pastikan nama merchant gardaoto.com, kemudian klik tombol Kirim.
  • Klik Kirim OTP dan selesaikan proses pembayaran dengan menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke handphone.
  • Masukkan kode OTP, lalu klik Bayar.
  1. Cara pembayaran premi asuransi Garda Oto melalui Virtual Account PermataBank
  • Masukkan kartu ATM dan PIN Permata.
  • Pada menu utama, pilih menu ” Transaksi lainnya “.
  • Pilih menu “Transfer” dan kemudian pilih “Rekening Virtual Account“.
  • Masukkan no. Virtual Account Permata & klik “Ok“.
  • Periksa kembali data transaksi dan selesaikan proses pembayaran.
  1. Cara pembayaran premi asuransi Garda Oto melalui ATM BCA/Mandiri/ATM Lain (ATM Bersama, ALTO, & Prima)
  • Gunakan ATM yang memiliki logo ATM Bersama, Alto, Prima.
  • Masukkan PIN ATM.
  • Pada menu utama, pilih menu ” Transaksi Lainnya “.
  • Pilih menu “Transfer” kemudian pilih “Bank Lain”.
  • Masukkan kode bank “013” diikuti dengan 16 digit no. Virtual Account Permata lalu pilih “Benar“.
  • Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar lalu pilih “Benar”.
  • Periksa kembali data transaksi dan selesaikan proses pembayaran.

Ada beberapa metode penggantian biaya asuransi Garda Oto. Bergantung pada produk asuransi yang digunakan.

  • Lump Sum diberikan untuk jenis asuransi Total Loss Only (TLO). Metode penggantian ini akan memberikan seluruh uang pertanggungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penggantian atau pembayaran klaim akan dilakukan jika sudah memenuhi dokumen persyaratan dan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan dalam polis asuransi. Pembayaran klaim akan dilakukan paling lambat selama 14 hari kerja yang akan dikirimkan ke rekening tertanggung.
  • Cashless. Metode penggantian cashless digunakan jika mobil mengalami kerusakan kurang dari 75 persen. Tertanggung hanya perlu melaporkan kejadian dengan mengikuti prosedur klaim yang sudah ditetapkan. Perusahaan asuransi akan memberikan perbaikan di bengkel resmi atau bengkel rekanan setelah nasabah membayar biaya risiko sendiri sebesar Rp300 ribu per kejadian atau klaim.

Adapun cara klaim asuransi Garda Oto dibedakan sesuai dengan jenis produk yang dipilih yaitu Asuransi Comprehensive dan Asuransi Total Loss Only.

1. Klaim asuransi comprehensive

  • Laporkan kejadian kepada Garda Oto.
  • Siapkan dokumen klaim.
  • Mengisi formulir klaim secara online melalui aplikasi Garda Mobile Otocare.
  • Mendatangi kantor cabang Asuransi Astra/Garda Center terdekat dengan membawa kendaraan.
  • Perusahaan asuransi akan menganalisa kerusakan kendaraan.
  • Jika kerusakan dijamin oleh polis asuransi, petugas akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) di bengkel rekanan.
  • Mobil akan dibawa oleh perusahaan ke bengkel rekanan dengan menyertakan SPK.
  • Setelah perbaikan selesai, nasabah membayar biaya risiko sendiri per kejadian sebesar Rp300.000.

2. Klaim asuransi total loss only (TLO)

  • Laporkan kejadian kepada Garda Oto.
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan.
  • Mengirimkan berkas dokumen beserta dengan klaim survei.
  • Investigasi kendaraan hilang dilakukan lembaga independen.
  • Estimasi kendaraan rusak parah dilakukan oleh bengkel rekanan atau loss adjuster.
  • Jika klaim disetujui, nasabah akan diminta mengirimkan dokumen tambahan.
  • Pembayaran klaim akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja sejak dokumen tambahan dinyatakan lengkap dan diterima oleh perusahaan.

Dokumen awal yang diperlukan untuk klaim asuransi TLO

  • Fotokopi SIM Pengemudi
  • Fotokopi STNK
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat
  • Surat Keterangan Kaditserse Kendaraan Hilang dari Polda setempat (untuk kendaraan hilang)
  • Surat blokir STNK (untuk kendaraan hilang)
  • Formulir Interview (untuk kendaraan hilang)
  • Formulir bersedia disurvei (untuk kendaraan hilang)

Dokumen lanjutan (tambahan) jika klaim asuransi TLO disetujui

  • BPKB & faktur asli
  • 3 (tiga) lembar kuitansi
  • Surat Pencabutan Blokir (untuk kendaraan hilang)
  • Surat Abandonment
  • STNK asli
  • Kunci kontak asli & serep

Layanan nasabah atau call center Garda Oto dapat dicapai dengan berbagai media yang tersedia di Asuransi Astra Buana. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk asuransi mobil ini hingga cara klaim bisa menghubungi kontak berikut.

Call Center Astra Buana untuk Garda Oto

Layanan Garda Oto

  • Garda Mobile Otocare adalah layanan informasi dan klaim menggunakan aplikasi di smartphone yang dapat diunduh melalui Google Play Store maupun App Store.
  • Garda Akses 24-Hour adalah layanan yang diberikan selama 24 jam melalui sambungan telepon ke nomor 1-500-112 termasuk layanan klaim dalam kondisi darurat.
  • Online Claim adalah layanan yang memberikan bantuan bagi pelanggan atau nasabah yang ingin mendapatkan berbagai form atau formulir klaim sesuai dengan kebutuhan.
  • Service Points adalah kantor cabang Garda Oto yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan sehingga lebih mudah diakses oleh nasabah maupun pelanggan.
  • Emergency Assistance Service (Garda Siaga) adalah fasilitas yang diberikan kepada pelanggan untuk melayani dalam kondisi darurat seperti mobil derek serta layanan ambulan.
  • 500 bengkel rekanan adalah layanan jaminan perbaikan dengan menggunakan suku cadang asli yang memberikan garansi perbaikan hingga 6 bulan setelah mobil diperbaiki di ebgnkel rekanan.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal