Asuransi KB Insurance

3.8 / 5.0 (5.402 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
70 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
70 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
70 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
70 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
70 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 30%
 

KB Insurance Indonesia: Review Produk dan Premi

PT KB Insurance Indonesia hadirkan produk asuransi mobil, kesehatan, bisnis, dan jenis asuransi lain. Dapatkan ✓polis terbaik ✓premi termurah

 
 

Review Polis KB Insurance Terbaik 2021

Produk yang dihadirkan oleh KB Insurance berfokus pada asuransi umum seperti asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi kebakaran, dan masih banyak lagi. Simak review polisnya berikut ini!

AsuransiKendaraan
Asuransi Kendaraan Bermotor

Produk asuransi yang memberikan proteksi untuk kendaraan bermotor nasabah, yaitu berupa pertanggungan kerusakan total.

  • Pertanggungan kerusakan kendaraan di atas 75 persen dari nilai kendaraan.

Asuransi Kendaraan
Paket Asuransi Khusus (Kendaraan Bermotor)

Produk asuransi dalam bentuk paket khusus yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor.

  • Perawatan kendaraan pada bengkel resmi.
  • Pertanggungan biaya derek.
  • Pertanggungan kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang.
  • Pertanggungan biaya perawatan medis.
  • Pertanggungan biaya tuntutan pihak ketiga.
  • Pertanggungan kerusakan kendaraan akibat gempa, banjir, terorisme, dan perusakan.

Asuransi Kesehatan
HI Five, Asuransi Kesehatan dengan Lima Manfaat

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan biaya kesehatan dengan lima jenis manfaat.

  • Santunan kematian akibat kecelakaan.
  • Penggantian biaya rawat inap harian akibat kecelakaan.
  • Penggantian biaya rawat inap harian akibat sakit.
  • Manfaat tambahan apabila tertanggung dirawat karena kecelakaan.
  • Manfaat tambahan apabila tertanggung dirawat karena sakit.

Asuransi Proyek
Asuransi Rekayasa

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko yang mungkin terjadi selama kegiatan proyek.

  • Pertanggungan kerugian akibat kerusakan mesin.
  • Pertanggungan kerugian selama pemasangan mesin.
  • Pertanggungan kerugian selama konstruksi.
  • Pertanggungan kerugian akibat kerusakan alat elektronik.
  • Pertanggungan kerugian akibat kerusakan alat berat.

Asuransi Cargo
Asuransi Pengangkutan

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerugian selama barang berada dalam proses pengangkutan.

  • Pertanggungan kerugian karena risiko yang terjadi selama pengangkutan laut.
  • Pertanggungan kerugian karena risiko yang terjadi selama pengangkutan darat.
  • Pertanggungan kerugian karena risiko yang terjadi selama pengiriman uang.
  • Pertanggungan kerugian karena risiko yang terjadi selama pembangunan kapal.

Asuransi Kecelakaan Diri
Asuransi Aneka Kecelakaan

Produk asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi risiko kecelakaan diri terhadap tertanggung.

  • Pertanggungan kerugian akibat kecelakaan diri.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.
  • Pertanggungan kerugian bila uang hilang dalam penyimpanan.
  • Pertanggungan kerugian akibat kerusakan neon sign.

Asuransi TJH
Asuransi Tanggung Gugat Pihak Ketiga

Produk asuransi yang memberikan ganti rugi apabila tertanggung mendapatkan tuntutan hukum dari pihak ketiga yang dirugikan.

  • Pertanggungan biaya tanggung gugat hukum.
  • Pertanggungan pertanggungjawaban kontraktual.
  • Pertanggungan biaya tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga.
  • Pertanggungan biaya tanggung jawab produk.

Asuransi Kebakaran
Asuransi Kebakaran

Produk asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi risiko kebakaran terhadap aset properti milik tertanggung.

  • Pertanggungan kerugian akibat kebakaran.
  • Pertanggungan kerugian atas kerusakan harta benda.
  • Pertanggungan kerugian dalam industri,
  • Pertanggungan kerugian akibat gangguan usaha.

Asuransi Properti
Rumah Aman

Produk asuransi yang menawarkan pertanggungan terhadap risiko kerugian terkait dengan aset rumah milik tertanggung.

  • Pertanggungan biaya kerusakan rumah akibat kebakaran, banjir, dan gempa.
  • Pertanggungan kerugian akibat kecelakaan diri.
  • Pertanggungan biaya tuntutan pihak ketiga.
  • Pertanggungan biaya pemindahan puing dan pembongkara
  • Pertanggungan kerugian kerusakan rumah akibat kerusuhan, huru-hara, pemogokan, dan perusakan.

Asuransi Usaha
Usaha Aman

Produk asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap risiko kerugian pada usaha milik tertanggung.

  • Pertanggungan kerugian akibat kebakaran.
  • Pertanggungan biaya kerugian akibat kecelakaan diri.
  • Pertanggungan biaya tuntutan pihak ketiga.
  • Pertanggungan biaya pemindahan puing dan pembongkaran.
  • Pertanggungan kerugian akibat gangguan usaha.
  • Pertanggungan kerugian akibat pemogokan, kerusakan, dan huru-hara.

Asuransi Kecelakaan Diri
Asuransi Kecelakaan Diri

Produk asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi kerugian yang tidak terduga terhadap fisik tertanggung.

  • Santunan kematian.
  • Pertanggungan biaya pengobatan.
  • Pertanggungan biaya perawatan medis akibat kecelakaan sepeda motor.
  • Santunan untuk cacat tetap.

Asuransi Kecelakaan Diri
Kecelakaan Diri Lagi-lagi

Produk asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi kerugian yang tak terduga selama tertanggung mengendarai kendaraan umum.

  • Santunan kematian akibat kecelakaan kendaraan umum.
  • Pertanggungan biaya pengobatan.
  • Pertanggungan biaya pengobatan patah tulang.
  • Santunan kematian dan cacat tetap.

 

Pilihan Produk KB Insurance

Produk KB Insurance terbagi menjadi sembilan kategori yang dibedakan berdasarkan manfaat pertanggungan polis. Berikut ini pilihan produk yang dapat dipertimbangkan: 

Produk Manfaat
Asuransi Kendaraan Jaminan ganti rugi atas risiko kerusakan hingga kehilangan pada kendaraan yang diasuransikan.
Asuransi Kesehatan Pertanggungan biaya perawatan kesehatan di rumah sakit rekanan maupun non rekanan.
Asuransi Proyek Jaminan ganti rugi atas kerusakan mesin atau alat lainnya yang mengganggu kelangsungan proyek.
Asuransi Cargo Jaminan ganti rugi atas kerusakan hingga kehilangan barang selama proses pengiriman. 
Asuransi Kecelakaan Diri Santunan kematian dan cacat tetap serta biaya pengobatan di rumah sakit akibat kecelakaan.
Asuransi TJH Jaminan ganti rugi jika nasabah mendapatkan tuntutan hukum dari pihak ketiga yang dirugikan. 
Asuransi Kebakaran Jaminan ganti rugi atas risiko kebakaran pada properti yang diasuransikan.
Asuransi Properti Pertanggungan terhadap risiko kerugian pada aset properti perusahaan
Asuransi Usaha Pertanggungan terhadap risiko kerugian dalam berbisnis. Mulai dari TJH, kebakaran, kecelakaan diri, gangguan usaha, dll
 

Cara Klaim KB Insurance

Cara klaim KB Insurance bergantung pada jenis asuransi yang dimiliki nasabah. Untuk memberikan gambaran, berikut cara klaim asuransi kendaraan dan jenis asuransi umum lainnya:

Apabila terjadi kejadian klaim, segera menghubungi perusahaan dengan cara:

  • Datang langsung ke kantor pusat atau kantor cabang perusahaan
  • Memberitahu via SMS atau Whatsapp di nomor 08812345500
  • Menelepon Service Center di (021) 3910004
  • Mengirimkan fax ke: (021) 31904287
  • Mengirimkan email ke [email protected]

Mengirimkan dokumen yang diminta, yaitu:

  • Polis asuransi
  • Fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Fotokopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan faktur kendaraan
  • Formulir klaim
  • Fotokopi SIM, STNK, dan KTP pihak ketiga (untuk klaim tanggung jawab hukum pihak ketiga)
  • Perjanjian damai atau somasi pihak ketiga (untuk klaim tanggung jawab hukum pihak ketiga)
  • Laporan dari kepolisian setempat (untuk klaim tanggung jawab hukum pihak ketiga)

Perusahaan akan mengirimkan surveyor untuk melakukan survey klaim.

Setelah survey, perusahaan akan memberitahu berapa klaim yang akan dibayarkan ke nasabah.

Apabila terjadi kejadian klaim, segera menghubungi perusahaan dengan cara:

  • Datang langsung ke kantor pusat atau kantor cabang perusahaan
  • Memberitahu via SMS di nomor 0818825186
  • Menelepon Service Center di (021) 3910004
  • Mengirimkan fax ke: (021) 31904287
  • Mengirimkan email ke [email protected]

Mengirimkan dokumen yang diminta.

Perusahaan akan mengirimkan surveyor untuk melakukan survey klaim.

Setelah survey, perusahaan akan memberitahu berapa klaim yang akan dibayarkan ke nasabah.

 

Layanan Nasabah & Call Center KB Insurance

Untuk mendapatkan layanan nasabah terkait produk KB Insurance dapat mengunjungi kantor pusat/ cabang atau bisa juga menghubungi call center perusahaan. Berikut informasi selengkapnya! 

Kantor Pusat KB Insurance

Sinar Mas Land Plaza Tower 2,

Lantai 25, Suite 2501, Jl. M.H Thamrin 51, 

Jakarta 10350

Call Center: (021) 3910004

Email: [email protected]

Situs resmi: kbinsure.co.id

  • Jayakarta: Jalan Pangeran Jayakarta No. 129 Blok B 18-20, Jakarta 10370. | Telepon: 021 – 6245848 (Hunting) UP : Bpk. Roliagung.

  • Kebon Jeruk: Jalan Pangeran Jayakarta No. 129 Blok B 18-20, Jakarta 10370. | Telepon: 021 – 6245848 (Hunting), UP : Bpk. Roliagung

 

Bengkel Rekanan KB Insurance di Indonesia

PT KB Insurance Indonesia telah bekerjasama dengan sejumlah bengkel yang tersebar luas di wilayah Indonesia. Berikut ini adalah beberapa di antaranya!

  • Solid: Jalan Meruya Ilir No. 202 Jakarta Barat 11630. Telp: 021-5850187 / 888990.
  • Kreasi Auto Kencana: Jalan Panjang No. 8 Arteri Kedoya, Jakarta Barat. Telp: 021-5663127. 
  • Kia Plaza: Jalan Gunung Sahari Ancol No.17 Jakarta Pusat. Telp: 021-6253378.

  • Setya Jaya Motor: Jalan Raya Jatiwaringin No.45 Jati Cempaka Pondok Gede, Bekasi. Telp. 021-8485932.
  • Kreasi Auto Kencana: Jalan Jend. Sudirman No.74 Babakan Tangerang. Telp. 021-55701819.
  • Hartono Motor: Jalan Daan Mogot KM 1 No 99 Jakarta Barat. Telp. 031-5311306.

  • Hartono Motor: Jalan Demak No. 166 – 168 Surabaya – Jawa Timur.
 

Sekilas Tentang KB Insurance

KB Insurance adalah perusahaan jasa pengelolaan finansial yang berfokus pada produk asuransi umum. Perusahaan asal Korea Selatan ini hadir di Indonesia melalui Sinarmas Group, salah satu perusahaan raksasa di Indonesia.

Pada awal berdirinya, perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini memiliki nama PT LG Simas General Insurance.Nama tersebut diubah pada tahun 1999 menjadi PT LG Insurance Indonesia. Pada tahun yang sama, pemegang saham meningkatkan modal dasar untuk perusahaan.

Pada tahun 2006, manajemen memutuskan untuk mengubah kembali nama perusahaan menjadi PT LIG Insurance Indonesia. Perubahan nama tersebut adalah bentuk kerja sama LIG Insurance Co. Ltd. asal Korea dan PT Asuransi Sinar Mas asal Indonesia.

Selanjutnya, pada tahun 2015, kepemilikan saham mayoritas perusahaan berpindah tangan ke  KB Kookmin Insurance Co. asal Korea Selatan, sehingga berubah nama menjadi PT KB Insurance Indonesia. Hingga kini, KB Kookmin Insurance Co. memegang 70 persen saham KB Insurance. Sebagai informasi, KB Kookmin Insurance adalah anak perusahaan dari KB Finance Group.

KB Insurance telah terdaftar dalam asosiasi yang berada di Indonesia, yaitu Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Perusahaan asuransi ini telah mendapatkan izin usaha dari OJK dengan nomor OJK dengan izin KEP-547/NB.1/2015.

Perusahaan telah meraih berbagai penghargaan bergengsi di Indonesia, antara lain:

  • 2018:  Warta Ekonomi Indonesia Insurance Customer Choice Awards – Best Financial Performance General Insurance Company, Asset Between Rp300-400 Billion.
  • 2017: Warta Ekonomi Indonesia Insurance Customer Choice Awards – Best Financial Performance General Insurance Company, Asset Between Rp200-300 Billion.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada KB Insurance Annual Report 2018, PT KB Insurance Indonesia membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 693 persen.
  • Jumlah aset: Rp384,410 miliar.
  • Ekuitas: Rp178,235 miliar.

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT KB Insurance Indonesia termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

 

Berita Terbaru KB Insurance

Juni 2020 – Kookmin Bank, salah satu anak perusahaan KB Financial Group Inc. yang juga menaungi KB Insurance tercatat sebagai bank dengan pendapatan bersih terbesar di Korea Selatan pada tahun 2019. Pasalnya, perusahaan telah melakukan ekspansi besar-besaran ke Amerika Serikat, Inggris, India, China, Hongkong, Jepang, serta Asia Tenggara.

Per Desember 2019, Kookmin Bank memiliki 31,5 juta nasabah dan mengembangkan aplikasi digital dengan 15,5 juta pengguna. Bank ini juga memiliki 22 persen saham Bank Bukopin di Indonesia.

Juni 2020 – KB Insurance bekerja sama dengan Bukopin untuk memasarkan produk bancassurance: Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Kebakaran.

 

Pertanyaan & Tips Seputar KB Insurance

Apakah kamu memiliki pertanyaan seputar KB Insurance atau terkait asuransi lainnya yang belum terjawabkan? Jangan ragu untuk tanyakan kepada ahli asuransi secara online di Tanya Lifepal!

Apa Itu KB Insurance?

KB Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada tahun 1997 dan berkantor pusat di Jakarta. Perusahaan ini menyediakan berbagai asuransi umum untuk keperluan bisnis, seperti asuransi kendaraan bermotor, asuransi proyek, asuransi kecelakaan, asuransi properti, dan lain-lain.

Apa Kepanjangan KB Insurance?

Kepanjangan dari KB Insurance adalah PT Kookmin Best Insurance Indonesia.

Apa Itu KB Insurance Group?

PT KB Insurance Indonesia adalah bagian dari salah satu perusahaan keuangan dengan aset terbesar di Korea Selatan, KB Financial Group Inc. KB Financial Group awalnya didirikan pada tahun 2000 sebagai hasil kerja sama Kookmin Bank dan Housing & Commercial Bank, dua lembaga yang didirikan pemerintah Korea Selatan pada tahun 1960an.

Manajemen KB Insurance

Berikut ini adalah jajaran manajemen yang mengelola perusahaan KB Insurance.

Dewan Komisaris:

  • Presiden Komisaris: Indra Widjaja
  • Wakil Presiden Komisaris: Hyun Kie Cho
  • Komisaris Independen 1: Jae Young Kang
  • Komisaris Independen 2: Aditiawan Chandra

Dewan Direksi:

  • Direktur Utama: Jeong Lae Cho
  • Direktur Operasional: Hasan
  • Direktur Teknik: Jeon Hak Su
  • Kepala Divisi Teknik: Chatarina Dian

Berapa Harga Premi KB Insurance?

Harga premi asuransi KB Insurance didasarkan pada profil calon nasabah dan produk asuransi yang ditawarkan. Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.

Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Seperti Apa Metode Penggantian KB Insurance?

Metode penggantian biaya KB Insurance terdiri dari dua, yaitu reimbursement dan uang santunan. Berikut penjelasannya.

  • Reimbursement adalah metode penggantian biaya di mana nasabah harus membayar terlebih dahulu biaya kerugian rumah sakit, kemudian pihak asuransi akan mengganti biaya yang sudah dibayarkan. Biasanya metode ini digunakan untuk klaim biaya perawatan medis. 
  • Uang santunan adalah metode pencairan sejumlah uang pertanggungan apabila terjadi klaim asuransi. Umumnya digunakan pada klaim kematian atau kerugian harga benda.

Seperti Apa Cara Pembayaran Premi KB Insurance?

Pembayaran premi asuransi bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Sila menghubungi call center KB Insurance, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Bagaimana Cara Berhenti KB Insurance?

Untuk berhenti dari asuransi KB Insurance, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Menghubungi agen asuransi atau perusahaan langsung untuk menyatakan keinginan untuk berhenti asuransi. 
  • Datang langsung ke kantor Dayin Mitra untuk mengajukan penutupan polis.
  • Menghubungi lewat call center Dayin Mitra.

Persiapkan juga dokumen terkait seperti polis asuransi dan identitas diri. Umumnya pihak asuransi akan mengenakan biaya penutupan polis.

Rekan Bisnis KB Insurance

Berikut ini adalah perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan KB Insurance.

Reasuransi Treaty

  • PT. Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re)
  • PT. Tugu Reasuransi Indonesia (Tugu Re)
  • PT. Reasuransi Nasional Indonesia (Nasre)
  • PT. Maskapai Reasuransi Indonesia (Marein)
  • PT. Asuransi Sinar Mas (ASM)
  • PT. Reasuransi Nusantara Makmur (Nusantara Re)

Reasuransi Facultative

  • PT. Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re)
  • PT. Tugu Reasuransi Indonesia (Tugu Re)
  • PT. Reasuransi Nasional Indonesia (Nasre)
  • PT. Maskapai Reasuransi Indonesia (Marein)
  • PT. Asuransi Sinar Mas (ASM)
  • PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo)
  • PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia (Tokio Marine)

Broker

  • AON Benfield
  • PT. Simas Reinsurance Brokers (Simas Re)
  • PT. Indosurance Broker Utama (IBU Re)
  • PT. Marsh Re (and or Guy Carpenter)

Sistem Layanan Pengaduan KB Insurance

KB Insurance menerapkan sistem pengaduan whistleblowing system, di mana siapa saja bisa melaporkan langsung dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pejabat, karyawan, rekanan, supplier perusahaan.

Beberapa aktivitas yang bisa dilaporkan di antaranya:

  • Kecurangan, penipuan, penggelapan aset, dan pembocoran informasi.
  • Pelanggaran terhadap peraturan perusahaan, etika usaha, serta tata perilaku perusahaan hingga norma-norma kesopanan pada umumnya.
  • Perbuatan melanggar hukum seperti pencurian, kekerasan, pemerasan, narkoba, pelecehan, dan lain-lain.
  • Penyalahgunaan jabatan dan pembalasan dendam terhadap pihak yang melaporkan pelanggaran.
  • Benturan kepentingan atau conflict of interest
  • Korupsi dan suap
  • Perbuatan melanggar hukum lain yang merugikan perusahaan.

Untuk mengajukan pengaduan, perusahaan menyediakan nomor kontak berikut:

  • Website: www.kbinsure.co.id/insurance/contact_us/wbs
  • Email: [email protected]
  • Telepon*: 021-3913101 ext.22509

 *Setiap hari kerja : Senin s/d Jumat mulai Pukul 08.00 – 17.00 WIB

Pada tahun 2019, perusahaan mendapatkan 36 komplain yang semuanya telah diselesaikan.

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.kbinsure.co.id/
  • https://www.cnbcindonesia.com/news/20190724111238-4-87160/perkuat-bancassurance-bukopin-kerja-sama-dengan-kb-insurance
Penulis Ruri Sari Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan