• 2021-09-10-15.47.32
Cicilan 0%
Diskon 10%

Asuransi Kesehatan Cashless

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Pilihan Asuransi Kesehatan Cashless Terbaik 2021

Asuransi kesehatan cashless adalah asuransi yang menggunakan layanan klaim cashless (non tunai) ketika tertanggung harus mendapatkan perawatan di rumah sakit rekanan.

Untuk membantu calon nasabah mendapatkan asuransi cashless terbaik, tim Lifepal telah membandingkan ratusan polis yang tersedia dan berikut beberapa rekomendasinya:

Apa Itu Asuransi Kesehatan Cashless

Asuransi kesehatan cashless adalah produk asuransi dengan metode klaim tanpa perlu uang tunai di muka. Biasanya, nasabah hanya perlu menunjukkan/menggesek kartu asuransi kesehatan. Bahkan, beberapa asuransi sudah memiliki aplikasi mobile untuk klaim.

Catatan:

Apabila tagihan rumah sakit melebihi plafon/limit pertanggungan yang tertera di polis, maka tertanggung harus membayar selisih tagihan secara tunai ke rumah sakit.

Asuransi kesehatan dengan fitur cashless ini memudahkan nasabah untuk mendapatkan layanan kesehatan yang cepat, serta mengurangi lamanya proses pendaftaran, dan pembayaran administrasi di rumah sakit. Jenisnya terbagi menjadi tiga kategori, yaitu: asuransi kesehatan cashless keluarga, asuransi kesehatan cashless perorangan, asuransi kesehatan cashless murni

Keuntungan Asuransi Kesehatan Cashless

Memang antara asuransi cashless dan reimburse memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi, layanan klaim cashless  atau non-tunai layak dipertimbangkan ketika memilih asuransi kesehatan. Berikut alasannya:

Asuransi Kesehatan Cashless Keluarga

Asuransi kesehatan cashless keluarga adalah salah satu jenis polis asuransi kesehatan dengan fasilitas klaim non tunai di rumah sakit rekanan untuk 5 anggota keluarga sekaligus. Artinya, satu polis dapat menanggung maksimal 5 anggota keluarga sekaligus.

Polis jenis asuransi ini biasanya akan dilengkapi dengan kartu kepesertaan kepada setiap anggota keluarga. Kemudian, ketika ingin mengajukan klaim, tertanggung tinggal menunjukkan kartu peserta asuransi ke pihak rumah sakit rekanan dan bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan sesuai perjanjian polis.

Selain itu, premi asuransi kesehatan cashless keluarga juga terbilang lebih murah ketimbang harus mendaftarkan masing-masing tertanggung ke dalam plan individu.

Dengan menyisihkan Rp100 ribuan per bulan, seluruh anggota keluarga (maksimal 5 orang) sudah dapat terlindungi asuransi. Yuk, bandingkan polisnya secara online di Lifepal!

Asuransi Kesehatan Cashless Perorangan

Asuransi kesehatan cashless perorangan adalah salah satu jenis asuransi kesehatan yang memberikan kemudahan klaim non tunai di rumah sakit rekanan kepada tertanggung individu. Karena itu, jenis asuransi kesehatan cashless ini sangat cocok untuk calon nasabah yang belum berkeluarga.

Cara kerja asuransi kesehatan cashless perorangan terbilang sederhana, di mana tertanggung tinggal menunjukkan kartu peserta asuransi ke pihak rumah sakit rekanan, kemudian bisa langsung mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai perjanjian polis.

Premi Asuransi Kesehatan Cashless

Asuransi kesehatan cashless murah bisa didapatkan jika mendaftarkan diri dalam plan asuransi sejak usia dini. Untuk memberikan gambaran, premi asuransi kesehatan cashless berkisar mulai Rp100 ribuan – Rp2 jutaan (atau lebih) per bulan. Bandingkan premi dari berbagai pilihan perusahaan asuransi di Indonesia!

Faktor yang Menentukan Besaran Premi

Terdapat beberapa faktor yang jadi penentu besaran premi asuransi kesehatan cashless. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Cara Mendapatkan Asuransi Kesehatan Cashless Premi Murah

Untuk mendapatkan asuransi kesehatan cashless dengan premi murah, pertama-tama ketahui terlebih dahulu kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Kemudian, bandingkan dengan pilihan polis dari perusahaan asuransi lainnya. Selain itu, pertimbangkan untuk mencari polis dengan manfaat:

1. Coordination of Benefit (CoB)

Jadi, jika BPJS Kesehatan tidak mencakup seluruh biaya perawatan rumah sakit, maka tertanggung bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi kesehatan swasta. Karena itu, tidak perlu mencari limit yang terlalu tinggi, yang penting sebanding dengan biaya perawatan rumah sakit saat ini. Jadi, preminya juga tidak akan terlalu mahal.

2. Pilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Jika sudah berkeluarga, sebaiknya pilih plan asuransi kesehatan cashless keluarga. Meski awalnya terkesan lebih mahal, namun jika dikalkulasikan sebenarnya preminya lebih murah dibandingkan mendaftarkan masing-masing anggota keluarga ke dalam polis asuransi kesehatan perorangan/ individu.

3. Beli Asuransi Sejak Usia Dini

Semakin bertambahnya usia, maka premi asuransi kesehatan cashless juga akan semakin mahal. Karena itu, sebaiknya miliki asuransi kesehatan sejak usia dini agar preminya murah. Secara umum, premi asuransi kesehatan akan melambung ketika nasabah memasuki usia 30 tahun.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Cashless

Terlepas dari segala keunggulannya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika memberikan asuransi kesehatan cashless. Mulai dari rumah sakit rekanan asuransi, ketentuan polis, hingga dokumen yang dibutuhkan. Agar lebih jelas, mari simak ulasan berikut ini: 

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan Cashless

Berikut pertanyaan yang sering diajukan calon nasabah maupun nasabah terkait Asuransi Kesehatan Cashless.

Chat Bantuan