Asuransi Kesehatan Generali

5.0
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Kesehatan Generali

Asuransi kesehatan Generali adalah asuransi kesehatan yang dimiliki oleh Generali Indonesia. Generali adalah perusahaan asuransi jiwa berada di bawah naungan PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Generali versi Lifepal

  • (+) Generali memiliki iServices, yaitu layanan berbasis web untuk nasabah, sehingga nasabah bisa mengecek informasi polis, premi, manfaat, kinerja investasi, informasi pasar, hingga kalkulator secara digital. Untuk agen, Generali menyediakan layanan sejenis, yaitu iConnect.
  • (+) Memiliki produk asuransi penyakit kritis terhadap 36 penyakit kritis.
  • (-) Produk asuransi kesehatan individu Generali hanya berupa asuransi tambahan (rider) dari asuransi jiwa.
  • (-) Kebanyakan produk asuransi utama yang dimiliki oleh Generali adalah unit link atau asuransi berbalut investasi. Bagi sebagian orang yang suka dengan produk unit link mungkin tidak menjadi masalah. Namun, bagi yang menginginkan proteksi saja, produk asuransi Generali demikian cukup terbatas.

Sekilas tentang Generali

Generali Group adalah sebuah perusahaan asuransi global yang didirikan tahun 1831 di Trieste, Italia. Saat ini, perusahaan tersebut telah hadir di 60 negara dan fokus beroperasi di Eropa, Timur Tengah, dan Asia Timur. Sebagian besar saham Generali Group dimiliki oleh Mediobanca, bank asal Italia. 

Di Indonesia, Generali Group hadir dengan nama PT Asuransi Jiwa Generali. Hingga saat ini, Generali Indonesia didukung oleh 11 ribu agen pemasar asuransi dengan total aset mencapai Rp7,17 triliun pada tahun 2018.

Asuransi kesehatan Generali terdiri atas pertanggungan individu dan kelompok. Polis asuransi kesehatan dari Generali merupakan produk asuransi tambahan dalam produk asuransi jiwanya. Sementara produk asuransi kumpulan menanggung biaya perawatan medis karyawan.

Salah satu keunggulan asuransi kesehatan Generali adalah tersedia proses klaim cashless dan berbagai jenis plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Asuransi Kesehatan Generali terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Mulai dari asuransi kesehatan untuk personal dan individu. Berikut pilihan polis asuransi kesehatan Generali yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Kesehatan Generali
Asuransi Kesehatan Kumpulan
Produk asuransi kesehatan kumpulan yang menawarkan pertanggungan biaya perawatan medis.
Asuransi Kesehatan Generali
Critical Illness Protection
Produk asuransi penyakit kritis tambahan yang mencakup 36 penyakit kritis. Anda bisa temukan manfaat tambahan ini dari produk We Flexi Pro dan iPLAN.
Asuransi Kesehatan Generali
Health Protection
Produk asuransi tambahan dari asuransi jiwa iPLAN, berupa santunan rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan tindakan lainnya di rumah sakit.
Asuransi Kesehatan Generali
Critical Illness Protection dan Health Protection - iPLAN
Produk asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat investasi berbalut investasi dengan premi kompetitif.
Asuransi Kesehatan Generali
Critical Illness Protection dan Health Protection - We Flexi Pro
Produk asuransi jiwa unit link dengan premi tunggal. Produk ini menawarkan alokasi fleksibel antara investasi dan proteksi.
Asuransi Kesehatan Generali
Critical Illness Protection dan Health Protection - Gemilang
Produk asuransi jiwa untuk konsumen muda, yaitu yang baru memasuki usia produktif. Produk ini menawarkan opsi bila Anda ingin proteksi berbalut investasi.
 

Asuransi Kesehatan Generali memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan masing-masing polis asuransi kesehatan Generali, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi kesehatan Generali sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan asuransi kesehatan Generali berdasarkan jenis plan-nya. 

Asuransi Kesehatan Kumpulan

Produk asuransi kesehatan kumpulan adalah produk asuransi kesehatan untuk karyawan dengan jaminan biaya perawatan di rumah sakit dan pembedahan.

  • Pertanggungan biaya rawat inap per malam.
  • Pertanggungan biaya perawatan intensif.
  • Pertanggungan biaya operasi.
  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter.
  • Pertanggungan rawat jalan darurat.
  • Pertanggungan biaya perawat pribadi.
  • Pertanggungan biaya jasa ambulans.
  • Pertanggungan biaya perawatan sesudah dan sebelum kematian
  • Santunan kematian.

Critical Illness Protection

Produk asuransi penyakit kritis tambahan yang mencakup 36 penyakit kritis. Anda bisa temukan manfaat tambahan ini dari produk We Flexi Pro dan iPLAN.

  • Critical Ilness Additional Plan (CI-Add PLAN): Perlindungan terhadap 36 kondisi kritis dalam We Flexi Pro dan iPLAN.
  • Critical Illness Accelerated (CI Accel PLAN): Perlindungan terhadap 37 kondisi kritis dalam Gemilang dan iPLAN.
  • MCI-PLAN: Perlindungan 36 kondisi kritis secara bertahap dalam iPLAN.

Health Protection

Produk asuransi tambahan dari asuransi jiwa iPLAN, berupa santunan rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan tindakan lainnya di rumah sakit.

  • Health PLAN: Menjamin biaya rawat inap akibat kecelakaan atau penyakit dalam iPLAN.
  • Medical PLAN: Memberikan santunan untuk biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, perawatan medis lain, dan memberikan manfaat kematian akibat kecelakaan dalam iPLAN.

 

Adapun berikut penjelasan asuransi utama dari asuransi tambahan Critical Illness Protection dan Health Protection:

iPLAN adalah produk asuransi jiwa unit link dengan manfaat:

  • Dalam masa pertanggungan sebelum tanggal terbit polis, bila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan, penanggung akan membayarkan uang pertanggungan maksimal Rp25 juta dan 100 persen premi pertama yang sudah dibayarkan. Bila tertanggung meninggal dunia bukan akibat kecelakaan, penanggung membayar 100 persen premi pertama yang sudah dibayarkan. 
  • Dalam masa pertanggungan setelah tanggal terbit polis, bila tertanggung meninggal dunia akibat bukan akibat kecelakaan, penanggung akan membayarkan uang pertanggungan 100 persen.
  • Untuk manfaat investasi, dengan nilai polis yang akan dibayarkan bila tertanggung meninggal, mencapai usia 99 tahun, polis ditebus, atau polis dibatalkan. 
  • Saat tertanggung berusia 85 tahun pada ulang tahun polis tertanggung akan mendapatkan bonus sesuai masa pembayaran premi. 

Gemilang adalah produk asuransi jiwa untuk konsumen muda dengan manfaat:

  • Bila tertanggung meninggal dunia, akan mendapatkan 100 persen uang pertanggungan ditambah dengan hasil investasi (bila ada).
  • Bila tertanggung masih hidup sampai berakhirnya masa pertanggungan, akan mendapat nilai investasi bila ada.
  • Dapat memilih produk berbalut investasi yang beragam.

We Flexi Pro adalah produk asuransi jiwa unit link dengan manfaat:

  • Jika tertanggung meninggal bukan karena kecelakaan, akan mendapatkan 150 persen dari premi dasar pertama ditambah dengan nilai investasi bila ada.
  • Jika tertanggung meninggal karena kecelakaan, akan mendapatkan 150 persen dari premi dasar pertama karena kecelakaan, 150 persen premi dasar pertama lagi karena meninggal dunia, dan nilai investasi bila ada. 
  • Jika tertanggung masih hidup sampai dengan masa pertanggungan berakhir, maka akan mendapatkan nilai tunai. 
  • Uang pertanggungan sampai dengan Rp600 juta.

Untuk mengetahui lebih jelas seputar pertanggungan atau manfaat yang diberikan oleh asuransi kesehatan Generali, Anda bisa mengunduh brosur asuransi kesehatan Generali langsung dari situs resmi Generali.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi kesehatan Generali, antara lain:

  • Usia tertanggung.
  • Jenis kelamin tertanggung.
  • Jenis pekerjaan tertanggung.
  • Jumlah peserta tertanggung.
  • Riwayat kesehatan.
  • Gaya hidup (merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan pola hidup).
  • Plafon atau limit pertanggungan.
  • Jangka waktu pertanggungan.
  • Manfaat tambahan (rider).

Biaya premi asuransi kesehatan Generali, baik per bulan atau per tahun, dapat dilihat di situs resmi Generali.

Asuransi kesehatan Generali bisa dibeli langsung melalui kantor pusat, kantor cabang, atau kantor pemasaran Generali. Namun, Anda juga bisa membelinya secara online melalui broker. 

Anda dapat membandingkan asuransi kesehatan terbaik melalui situs agregator atau marketplace asuransi semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi kesehatan Generali saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Terdapat dua jenis penggantian biaya asuransi kesehatan Generali yaitu reimbursement dan cashless. Keduanya dapat diakses melalui aplikasi Medisclick.

  • Reimbursement adalah metode penggantian yang mengharuskan tertanggung membayarkan tagihan perawatan kesehatannya. Kemudian, tertanggung mengirimkan dokumen klaim ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut. 
  • Cashless adalah metode penggantian biaya asuransi kesehatan dengan menggunakan kartu saja. Untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit atau klinik, biasanya tertanggung dapat menggesekkan kartu (swipe card) atau cukup menunjukkan kartu (show card).

Pembayaran premi asuransi Generali Indonesia bisa dibayar secara tahunan atau diangsur setiap bulan. Anda bisa mendatangi kantor cabang Generali Indonesia terdekat di kota Anda atau melalui ATM dan mobile banking untuk melakukan pembayaran. Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, yang penting Anda mengetahui nomor polis yang dibayarkan. 

Setelah itu, informasikan atau input nomor polis yang sesuai. Kemudian, bayar premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Jangan lupa, simpan bukti pembayaran tersebut sebagai arsip apabila diperlukan di kemudian hari.

Selain itu, pembayaran premi asuransi Generali Indonesia juga dapat dilakukan melalui:

    • Autodebet Kartu Kredit
    • Autodebet Rekening Bank
    • Virtual Account

Pembayaran melalui autodebet kartu kredit dan kartu debit dapat dilakukan melalui bank BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, Danamon, dan Mandiri dengan cara pengajuan:

    • Mengisi dan menandatangani formulir Surat Kuasa Pendebetan Kartu Kredit, atau Surat Kuasa Pendebetan Rekening di situs Generali.
    • Membaca syarat dan ketentuan pada dokumen tersebut.
    • Mengirimkan formulir ke kantor Generali.

Berikut tahapan klaim dengan metode cashless untuk asuransi kesehatan Generali Indonesia di rumah sakit rekanan:

  • Tertanggung atau peserta asuransi datang ke tempat layanan kesehatan rekanan.
  • Tunjukkan kartu identitas diri dan kartu anggota Generali.
  • Tempat layanan kesehatan melakukan proses permintaan jaminan.
  • Surat jaminan diberikan pada tertanggung atau peserta asuransi.
  • Surat jaminan ditandatangani oleh tertanggung/anggota keluarga atau peserta asuransi.
  • Sebelum tertanggung atau peserta asuransi pulang, tempat layanan kesehatan akan memberikan perincian kepada Admedika.
  • Admedika akan mengirim rincian klaim yang ditanggung dan kelebihan biaya.
  • Tertanggung atau peserta asuransi membayar kelebihan biaya.
  • Tertanggung/peserta asuransi bisa pulang.

Berikut ini tahapan klaim dengan metode reimbursement asuransi kesehatan Generali.

  • Tertanggung/peserta asuransi datang ke rumah sakit rekanan dan mendapatkan layanan kesehatan.
  • Tertanggung/peserta asuransi membayar tagihan biaya perawatan medis.
  • Tertanggung/peserta asuransi mengajukan klaim ke Generali dengan waktu maksimum 60 hari (rawat inap dan bersalin) atau 30 hari (rawat jalan, rawat gigi, dan kacamata).

Memberhentikan atau menutup polis asuransi Generali Indonesia umumnya dilakukan dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh Generali Indonesia. Nasabah sebaiknya tidak berhenti dengan cara tidak lagi membayar polis karena akan dianggap menunggak pembayaran asuransi. Berikut tahapan menutup polis Generali Indonesia.

  • Menghubungi kantor cabang Generali Indonesia terdekat di kota terdekat dan menjelaskan keinginan untuk memproses penutupan polis.
  • Mengisi dokumen pernyataan yang menerangkan penutupan polis tanpa paksaan dan berdasarkan inisiatif sendiri secara sadar. Sebaiknya, pahami juga isi dokumen dan minta penjelasan untuk denda dan hal lain yang ditimbulkan dari penutupan polis.
  • Lengkapi persyaratan seperti, surat pengajuan klaim, fotokopi sertifikat asuransi dan kuitansi pembayaran premi, kartu identitas diri, dan lain sebagainya.
  • Menunggu sisa dana jika ada dana investasi atau lainnya yang tersisa.
  • Informasi lainnya terkait asuransi Generali Indonesia, dapat menghubungi call center melalui nomor 1500037.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id: