Klaim Asuransi Kesehatan Murni

Klaim asuransi kesehatan murni bisa dilakukan dengan metode cashless dan reimbursement. Perbedaan keduanya ada pada prosedur klaim yang dilakukan.

Pada metode cashless, nasabah bisa langsung mendapatkan perawatan di rumah sakit tanpa harus terlebih dahulu membayar tagihan rumah sakit. Sementara itu, pada metode reimbursement, nasabah harus menalangi dulu tagihan rumah sakitnya. 

Metode klaim cashless

Metode klaim cashless adalah cara mengajukan klaim asuransi kesehatan murni tanpa uang tunai. Nasabah bisa langsung mendatangi rumah sakit dan menunjukkan kartu/aplikasi asuransi tanpa perlu membayar tagihan lebih dulu. 

Nah, meski memberikan manfaat kemudahan klaim, bukan berarti preminya mahal. Bandingkan 500+ polis asurasi kesehatan murni cashless terbaik dengan premi hanya Rp100 ribu per bulan!

Bandingkan 500+ pilihan polis terbaik mulai Rp100 ribu/bulan!
+62

Nah, untuk mengajukan klaim cashless, nasabah harus datang ke rumah sakit rekanan asuransi. Oleh sebab itu penting mengetahui di mana saja rekanan asuransi sebelum memutuskan untuk membeli produk askes.

Berikut prosedur klaim cashless:

  • Mendatangi rumah sakit rekanan asuransi dengan membawa kartu asuransi.
  • Mendatangi meja registrasi untuk mengisi formulir klaim dan menunjukkan kartu asuransi.
  • Mendapatkan perawatan kesehatan.
  • Kembali ke meja registrasi untuk konfirmasi ulang dan membayar kelebihan biaya (ekses) jika ada.

Metode klaim reimbursement

Metode klaim reimbursement adalah cara mengajukan klaim asuransi kesehatan murni dengan penggantian. Nasabah harus membayar tagihan rumah sakit terlebih dahulu, setelah itu baru mengajukan penggantian ke asuransi.

Untuk menggunakan metode ini, nasabah tidak perlu datang ke rumah sakit rekanan, karena bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik manapun.

Berikut prosedur klaim reimbursement:

  • Mendatangi rumah sakit manapun.
  • Mendapatkan perawatan kesehatan.
  • Membayar tagihan rumah sakit (simpan kuitansi, resep dokter).
  • Menyiapkan dokumen berupa data diri, kartu asuransi, kuitansi, resep dokter, dan dokumen pendukung lainnya.
  • Mengirimkan dokumen ke perusahaan asuransi.
  • Jika klaim diterima, sejumlah uang penggantian akan dikirimkan ke rekening nasabah.

Apa Saja Jenis Asuransi Kesehatan Murni yang Ada?

Itulah penjelasan tentang klaim asuransi kesehatan murni. Tertarik mendapatkan asuransi ini? Temukan pilihan produk asuransi kesehatan murni terbaik di Lifepal! Ketahui juga jenis asuransi kesehatan murni sebelum memilih!
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan