Asuransi Kesehatan

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Gunakan promo cicilan 0%?
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menanggung biaya medis saat kita harus ke dokter atau rumah sakit. Pertanggungannya bisa berupa penggantian biaya medis atau santunan tunai. Nasabah cukup membayarkan premi ke pihak asuransi untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Adapun manfaat utama mencakup biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up. Kemudian, manfaat tambahan (rider) meliputi melahirkan, perawatan gigi, dan mata.

Penjelasan lengkap mengenai asuransi kesehatan, sila tonton video berikut atau lanjut baca halaman ini.

 
 

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Berdasarkan fungsinya, berikut jenis-jenis asuransi kesehatan yang umumnya ada di Indonesia:

Terdapat dua jenis perawatan yang bisa didapat oleh peserta asuransi, yaitu asuransi kesehatan rawat inap (in-patient) dan asuransi kesehatan rawat jalan (out-patient).

  • Asuransi kesehatan rawat inap (in-patient) menanggung biaya perawatan ketika nasabah di rawat inap di rumah sakit.
  • Asuransi rawat jalan (out-patient) menanggung biaya perawatan medis rawat jalan seperti diagnosa, rehabilitasi, perawatan gigi, dan pengobatan di dokter umum atau rumah sakit lainnya di luar rawat inap.

Asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi dua jenis keikutsertaan, yaitu bersifat wajib atau sukarela.

  • Asuransi bersifat wajib artinya diharuskan untuk diberikan kepada peserta asuransi. Salah satunya adalah BPJS Kesehatan yang menjadi program wajib setiap masyarakat Indonesia.
  • Asuransi bersifat sukarela artinya diberikan kebebasan untuk memilih apakah perlu memiliki asuransi kesehatan atau tidak. Umumnya adalah asuransi kesehatan swasta.

Biaya yang ditanggung dalam asuransi kesehatan terbagi menjadi dua jenis, yaitu tanggungan total dan tanggungan tinggi.

  • Tanggungan total artinya perusahaan asuransi menanggung seluruh pengeluaran atas biaya pelayanan kesehatan yang didapat oleh peserta asuransi.
  • Tanggungan tinggi artinya perusahaan asuransi hanya menanggung biaya yang paling tinggi. Jadi, tidak menanggung biaya rawat jalan yang umumnya tidak terlalu besar seperti pemeriksaan, diagnosis, dan lain sejenisnya.

Berdasarkan jenis peserta asuransi, juga terbagi menjadi dua kategori yaitu individu atau kelompok.

  • Asuransi individu diperuntukkan untuk tertanggung perseorangan. Biasanya cocok bagi yang belum punya pasangan dan anak. Bagi nasabah individu, premi murah bisa menjadi acuan utama.
  • Asuransi kelompok diperuntukkan bagi kelompok, baik perusahaan maupun asuransi keluarga. Biasanya ada ketentuan minimal nasabah.

Proses klaim asuransi kesehatan terbagi menjadi dua jenis, yaitu klaim reimbursement dan cashless.

  • Reimbursement adalah metode klaim yang mengharuskan peserta asuransi membayarkan biaya perawatan kesehatan terlebih dahulu. Kemudian akan digantikan oleh perusahaan asuransi sesuai perjanjian polis.
  • Cashless adalah metode klaim yang memungkinkan nasabah untuk langsung mendapatkan perawatan medis hanya dengan memperlihatkan kartu peserta asuransi kepada pihak rumah sakit. Jadi tidak perlu membayar apapun selama menjalani perawatan medis.

Jenis polis dibedakan menjadi dua, yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi unit link atau investasi.

  • Asuransi kesehatan murni berfokus pada proteksi tanpa embel-embel investasi. Karena dana hanya dikelola untuk proteksi, premi pun biasanya jauh lebih murah dibandingkan jenis asuransi lainnya.
  • Asuransi kesehatan unit link memberikan manfaat asuransi kesehatan dan investasi sekaligus. Jadi premi yang dibayarkan sekian persen akan dialokasikan untuk investasi. Tergantung polis yang dipilih.
 

Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia 2020

Ada ratusan pilihan polis asuransi kesehatan yang tersedia di Indonesia. Untuk membantu calon nasabah dalam memilih, tim Lifepal membandingkan pilihan polis asuransi kesehatan yang bagus.

Adapun kriteria yang digunakan yaitu klaim termudah, jaringan rumah sakit luas, serta plafon dan harga premi yang sebanding. Berikut ini rekomendasi terbaiknya: 

1. Cigna Proteksi Sehat

  • Besaran premi mulai dari Rp150 ribu per bulan
  • Usia masuk nasabah utama: 21-59 tahun
  • Usia masuk nasabah pasangan: 18-59 tahun
  • Usia masuk nasabah anak: 6 bulan-17 tahun
  • Besaran premi mulai dari Rp150 ribu per bulan
  • Klaim cashless di lebih dari 800 rumah sakit di Indonesia.
  • Cocok bagi yang menginginkan santunan rawat inap cukup besar.

  • Santunan harian atas biaya rawat inap mulai dari Rp300 ribu-1,5 juta per hari
  • Pertanggungan biaya ambulans
  • Pertanggungan biaya pembedahan mulai dari Rp3-15 juta

2. AXA Mandiri Smartcare Executive

  • Besaran premi mulai dari Rp170 ribu per bulan
  • Masa tunggu: 30 hari
  • Cocok bagi yang menginginkan limit tahunan tinggi dengan premi ringan

  • Pertanggungan biaya rawat inap ICU sesuai tagihan rumah sakit
  • Pertanggungan biaya dokter umum / spesialis
  • Pertanggungan biaya dokter sebelum dan sesudah rawat inap
  • Pertanggungan biaya pembedahan
  • Pertanggungan biaya darurat rawat jalan
  • Pertanggungan biaya kamar rawat inap di rumah sakit mulai dari Rp250 ribu - Rp2 juta per hari
  • Pertanggungan biaya ambulans mulai dari Rp150-500 ribu
  • Limit manfaat asuransi dalam setahun mulai dari Rp100 ribu-Rp500 juta
  • Pertanggungan biaya rawat jalan general mulai dari Rp350-500 ribu
  • Santunan atas risiko meninggal dunia hingga Rp3 juta

3. Lippo HealthPlus Family 

  • Usia masuk nasabah: 0-60 tahun
  • Polis dapat diperpanjang hingga 65 tahun
  • Harga premi asuransi kesehatan keluarga murah yaitu Rp416 ribu per bulan
  • Satu polis untuk seluruh anggota keluarga sekaligus

  • Pertanggungan biaya kamar Rp550 ribu-1,4 juta per hari
  • Pertanggungan biaya rawat inap sesuai tagihan
  • Limit manfaat tahunan Rp150-300 juta
  • Memiliki 884 rumah sakit rekanan yang tersebar luas di wilayah Indonesia

4. Simas Sehat Gold 

  • Besaran premi asuransi kesehatan Sinar Mas murah Rp171 per bulan
  • Menanggung hingga usia 75 tahun
  • Manfaat peninjauan polis: 15 hari
  • Cocok bagi yang butuh santunan rawat inap dan rawat jalan sekaligus

  • Pertanggungan biaya konsultasi dokter umum / spesialis sesuai tagihan rumah sakit
  • Pertanggungan biaya rawat jalan darurat sesuai tagihan rumah sakit
  • Santunan harian rawat inap di rumah sakit
  • Limit tahunan mulai dari Rp100-Rp400 juta
  • Memberikan santunan meninggal dunia Rp10 juta

5. BRI Life Simply HealthCare

  • Besaran premi mulai dari Rp227 ribu per bulan
  • Usia masuk nasabah utama: 21-65 tahun
  • Usia masuk nasabah tambahan dewasa: 21-55 tahun
  • Usia masuk nasabah tambahan anak: 1-21 tahun
  • Cocok bagi yang menginginkan asuransi kesehatan dengan premi murah untuk keluarga

  • Santunan harian rawat inap di rumah sakit Rp300 ribu-1,5 juta per hari
  • Pertanggungan biaya ICU Rp1,8 juta per hari
  • Pertanggungan biaya pembedahan hingga Rp3 juta
  • Pertanggungan biaya aneka perawatan lainnya Rp1,5 juta
  • Terdapat layanan konsultasi dokter online gratis
  • Pertanggungan biaya rawat jalan Rp1,5 juta
  • Memiliki sekitar 626 rumah sakit rekanan di Indonesia

6. Chubb Hospital Cashback Protection

  • Harga premi asuransi kesehatan murah yaitu Rp165 ribu per bulan
  • Cocok bagi yang menginginkan asuransi kesehatan dengan premi murah

  • Santunan harian rawat inap di rumah sakit Rp300-900 ribu per hari
  • Pertanggungan biaya ICU Rp600 ribu-1,8 juta per hari
  • Manfaat pengembalian premi 50% di tahun ke 3 dan 50% lagi di tahun ke-5

Dapatkan promo asuransi kesehatan di atas dengan isi formulir di sini!  

7. PRUPrime HealthCare

  • Usia masuk nasabah utama: 1-65 tahun
  • Polis dapat diperpanjang hingga: 85 tahun
  • Cocok bagi yang menginginkan asuransi kesehatan orangtua yang menjangkau hingga luar negeri

  • Pertanggungan biaya kamar rumah sakit dan akomodasi hingga Rp8 juta per hari
  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter spesialis
  • Limit manfaat tahunan hingga Rp1,5 miliar
  • Terdapat manfaat pengembalian premi hingga 50% jika tidak ada klaim selama setahun polis berjalan
  • Polis asuransi dapat digunakan di seluruh dunia kecuali Amerika Serikat

8. Allianz SmartHealth Maxi Violet

  • Usia masuk nasabah utama: 15 hari-60 tahun
  • Polis dapat diperpanjang hingga: 70 tahun
  • Cocok bagi yang menginginkan manfaat asuransi kesehatan + rawat jalan + asuransi jiwa sekaligus

  • Pertanggungan biaya kamar ketika rawat inap mulai dari Rp100 ribu-1 juta per hari
  • Pertanggungan biaya kamar ICU: Rp300 ribu-1,3 juta per hari
  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter: Rp50-300 ribu per hari
  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter spesialis: Rp75 ribu, Rp87 ribu-350 ribu per hari
  • Pertanggungan biaya pembedahan mulai dari Rp4,5-160 juta
  • Pertanggungan biaya sebelum dan sesudah rawat inap: Rp400 ribu - Rp4 juta
  • Pertanggungan rawat jalan dan rawat gigi: Rp1-10 juta
  • Santunan atas risiko meninggal dunia: Rp2-11,5 juta
  • Manfaat pengembalian premi asuransi kesehatan Allianz hingga 20%
  • Usia masuk peserta asuransi 15 hari hingga 60 tahun
  • Polis asuransi dapat diperpanjang hingga tertanggung usia 70 tahun

9. Manulife MiUltimate HealthCare

  • Usia masuk nasabah utama: 18-70 tahun
  • Usia masuk nasabah anak: 30 hari-17 tahun
  • Cocok bagi yang menginginkan limit tahunan asuransi kesehatan tinggi dan lengkap

  • Pertanggungan biaya kamar rawat inap rumah sakit di Indonesia dan Malaysia mulai dari Rp500 ribu-3 juta per hari
  • Pertanggungan biaya kamar rawat inap rumah sakit di luar Indonesia dan Malaysia mulai dari Rp3 juta-9 juta
  • Pertanggungan biaya kamar ICU sesuai tagihan
  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter sesuai tagihan
  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter spesialis sesuai tagihan
  • Pertanggungan biaya pembedahan sesuai tagihan
  • Pertanggungan biaya akomodasi pendamping tertanggung anak mulai dari Rp500 ribu-1,2 juta per hari
  • Pertanggungan biaya penyuluhan psikologis mulai dari Rp1 juta-2,5 juta per tahun

10. BNI Life Optima Cash Plan

  • Merupakan asuransi kesehatan karyawan
  • Minimum karyawan perusahaan 5 orang
  • Usia masuk nasabah utama: 17-70 tahun
  • Usia masuk nasabah anak: 15-16 tahun

  • Santunan harian atas rawat inap akibat sakit dan kecelakaan mulai dari Rp100 ribu-2 juta per hari
  • Santunan rawat jalan 80-100% dari kuitansi
  • Memberikan santunan atas pembedahaan akibat sakit atau kecelakaan
  • Santunan dana melahirkan normal maupun caesar

11. AIA Premier Hospital & Surgical

  • Polis bersifat sebagai tambahan atau rider
  • Polis dasar yang harus dimiliki AIA ProLink Assurance
  • Usia masuk nasabah utama: 0-70 tahun
  • Polis dapat diperpanjang hingga 88 tahun
  • Cocok bagi yang menginginkan manfaat asuransi kesehatan dan jiwa sekaligus

  • Pertanggungan biaya kamar rawat inap di rumah sakit
  • Manfaat yang diberikan mencakup rawat inap, rawat jalan, pembedahan, akibat kecelakaan

12. Takafulink Salam Community

  • Polis asuransi kesehatan syariah dikelola di bawah pengawasan Majelis Ulama Indonesia (MUI)
  • Minimum peserta asuransi 10 orang
  • Cocok bagi yang menginginkan manfaat asuransi kesehatan syariah

  • Santunan meninggal dunia dan nilai investasi akibat sakit maupun kecelakaan diri
  • Santunan meninggal dunia dan nilai investasi jika terjadi risiko cacat tetap total
  • Santunan meninggal dunia dan nilai investasi jika terdiagnosa salah satu dari 49 penyakit kritis
  • Santunan rawat inap
  • Nilai investasi diberikan jika peserta hidup hingga polis berakhir
Untuk mengetahui penawaran lebih lanjut terkait asuransi kesehatan terbaik, klik di sini agar tim Lifepal bisa membantu kamu. Lanjutkan baca informasi berikut untuk mengerti lebih dalam tips dan klausul asuransi kesehatan.
 

Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Terdapat dua metode penggantian klaim asuransi kesehatan, yaitu cashless (menunjukkan/gesek kartu asuransi) dan reimbursement (mengirimkan dokumen klaim ke pihak asuransi).

Cashless

Metode penggantian cashless memungkinkan nasabah cukup menunjukkan atau menggesekkan kartu peserta saja. Kemudian, nasabah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit tanpa uang jaminan. Jadi, rumah sakit dan pihak asuransi yang melakukan koordinasi.

Prosedur Klaim Cashless
Peserta membawa kartu saat di rumah sakit/klinik → Gesek kartu → Rumah sakit mengkonfirmasi ke pihak perusahaan → Peserta mendapatkan pelayanan medis.

Reimbursement

Sementara reimbursement membutuhkan uang jaminan dan nasabah harus membayarkan tagihan rumah sakit terlebih dahulu. Setelah itu, nasabah melakukan klaim ke pihak asuransi. Barulah dia mendapatkan penggantian.

Prosedur Klaim Reimbursement
Peserta mengirimkan dokumen klaim → Datang langsung ke kantor perusahaan asuransi/Kurir/Lifepal → Perusahaan mengecek dokumen dan analisis → Pembayaran klaim → Selesai.

Khusus untuk prosedur klaim reimbursement, berikut dokumen klaim asuransi kesehatan yang harus disiapkan:

  • Polis asli
  • Mengunduh dan mengisi formulir klaim
  • Bukti general check-up
  • Surat keterangan dokter
  • Hasil laboratorium dan/atau radiologi
  • Kuitansi rumah sakit asli
  • Surat keterangan polisi apabila dirawat karena kecelakaan.

Kenapa Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak?

Banyak terjadi kasus penolakan klaim akibat nasabah kurang memahami isi dokumen polis. Apa saja yang membuat hal tersebut terjadi? Beberapa alasan berikut bisa menyebabkan klaim ditolak.

Ada beberapa kondisi yang termasuk ke dalam pengecualian pertanggungan, misalnya cedera akibat melukai diri sendiri. Penyebab lainnya bisa kita temukan pada poin sebelumnya.
Polis bisa jadi tidak aktif (biasa disebut dengan istilah lapse) apabila nasabah tidak atau terlambat membayar premi ke penyedia asuransi. Apabila ini terjadi, sebaiknya segera menghubungi agen terkait.
Pada metode pengajuan klaim reimburse, ada batas waktu pengajuan klaim yang perlu kita catat. Pasalna, jika melewati masa itu maka klaim menjadi kadaluwarsa.
Penyedia asuransi membutuhkan dokumen yang lengkap untuk mengonfirmasi keabsahan klaim. Oleh sebab itu, jangan lewatkan satu pun dokumen yang diminta.
Setelah mendaftar asuransi, umumnya nasabah harus menunggu selama beberapa waktu dulu sampai polis benar-benar aktif. Selama periode ini, kita belum bisa mengajukan klaim.
Pengajuan klaim dengan cara curang seperti membuat surat keterangan dokter yang palsu tentu saja akan membatalkan klaim.
Pre-existing condition adalah kondisi di mana nasabah sudah mengidap penyakit tertentu pada saat mendaftarkan asuransi bisa membatalkan klaim. Pastikan apakah asuransi menanggung ini atau tidak.
Dalam melindungi nasabah, asuransi memiliki wilayah pertanggungan tertentu. Jika polis hanya mengcover wilayah Indonesia, tentu tidak bisa diklaim ketika membutuhkan perawatan medis di luar negeri.
Sama seperti kartu kredit, askes juga memiliki sistem limit. Jika kita telah mengajukan klaim sampai melewati batas limit, tentu klaim selanjutnya akan ditolak.
 

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Dengan ratusan pilihan polis dan brand, calon nasabah perlu lebih cermat memilih manfaat asuransi kesehatan yang dibeli. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan: 

Dengan sistem klaim cashless nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan medis.

Contohnya adalah rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigma semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement.

Biaya perawatan pra dan pasca rawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. Dari rekomendasi Lifepal, Asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi.
Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya 20-100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

Dengan manfaat Coordination of Benefit (CoB), jika asuransi BPJS tidak mencakup semua biaya perawatan, maka kita bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi swasta.

Saat ini, ada 11 perusahaan asuransi swasta yang bersedia jalankan koordinasi klaim dengan BPJS, yaitu asuransi kesehatan Avrist, Arthagraha General Insurance, Astra Buana, Mega, CAR, Takaful Keluarga, Bina Dana Arta, Sinarmas MSIG, Generali Indonesia, Tugu Pratama, dan Multi Artha Guna (MAG).

Pre-existing condition adalah kondisi di mana calon nasabah sudah menderita penyakit tertentu saat mendaftar asuransi. Sebagian besar produk mengecualikan hal ini dalam klaim, tetapi ada yang tidak mengecualikannya dengan atau tanpa syarat. Salah satunya adalah polis Maestro Optima Care dari AXA.

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, di tahun-tahun mendatang dengan kenaikan biaya medis 7-15 persen, nilai pertanggungan tersebut akan berkurang.

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti Manulife, Prudential, dan BNI Life.

Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. Oleh karena itu, pastikan premi tidak kemahalan apalagi melebihi kemampuan. Standarnya alokasi asuransi minimal sekitar 3-5 persen dari penghasilan.
Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim bisa saja sulit dilakukan sendiri. Belum lagi jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut.
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan atau dicari mengenai asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan adalah jaminan perlindungan finansial yang diberikan kepada peserta asuransi ketika harus mendapatkan perawatan medis akibat sakit atau kecelakaan.

kenaikan-biaya-medis

Pada tahun 2018 saja, inflasi biaya rumah sakit mencapai 11 persen. Artinya, misal pada tahun sebelumnya biaya kesehatan rawat inap di rumah sakit berkisar Rp500 ribuan per hari, maka nominalnya akan naik menjadi Rp555 ribu di tahun 2018. Angka tersebut akan terus meningkat di tahun selanjutnya.

Daripada menghabiskan tabungan atau investasi untuk biaya medis, asuransi akan membantu cashflow-mu menjadi lebih aman saat sakit. Klik di sini untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik dari Lifepal!

Manfaat pertanggungan asuransi terbagi menjadi dua, yaitu manfaat utama dan manfaat tambahan. Manfaat utama meliputi rawat inap, pembedahan, rawat jalan. Sementara manfaat tambahan mencakup medical check-up, maternity, perawatan gigi, dan mata.

Berikut penjelasan lebih detail mengenai masing-masing manfaat tersebut:

  1. Rawat inap

Pertanggungan asuransi untuk rawat inap mencakup biaya kamar di rumah sakit.

  1. Pembedahan

Pertanggungan asuransi untuk tindakan pembedahan, seperti pembedahan reseksi, amputasi, atau rekonstruktif.

  1. Rawat jalan

Pertanggungan asuransi untuk tindakan medis yang tidak mengharuskan menginap di rumah sakit. Baik pra-opname atau pasca-opname maupun sekadar diagnosis dan pengobatan rawat jalan.

  1. Medical check-up

Pertanggungan asuransi untuk medical check-up atau pemeriksaan kondisi kesehatan.

  1. Maternity

Pertanggungan asuransi untuk proses melahirkan, mulai dari check-up, proses persalinan secara operasi atau normal, dan perawatan setelahnya.

  1. Perawatan gigi

Pertanggungan asuransi untuk perawatan kesehatan gigi, mulai dari pemeriksaan, pembersihan, tambal, atau pencabutan gigi.

  1. Perawatan mata

Pertanggungan asuransi untuk perawatan kesehatan mata, mulai dari pemeriksaan dan termasuk kacamata.

Di Indonesia, terdapat asuransi kesehatan dari pemerintah (BPJS Kesehatan) dan asuransi kesehatan swasta. Beberapa contoh asuransi swasta yang menyediakan proteksi kesehatan, antara lain asuransi kesehatan Prudential, asuransi kesehatan Allianz, dan asuransi kesehatan Manulife. 

Sementara untuk pilihan asuransi kesehatan syariah terbaik adalah Takaful Keluarga. Asuransi berbasis syariah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

Usia masuk tertanggung dalam asuransi kesehatan adalah mulai dari 6 bulan sampai 17 (anak-anak), 17 tahun hingga 70 tahun (dewasa), dan manfaat melahirkan mulai dari 20-43 tahun.

Biasanya usia yang lebih muda maka semakin mudah untuk diterima oleh asuransi. Sementara usia semakin tua akan semakin sulit mendapatkan produk asuransi kesehatan yang meng-cover untuk orang tua.

Biaya asuransi kesehatan per bulan berbeda-beda tergantung dari polis yang dipilih. Namun, umumnya harga premi askes per bulan berkisar di antara ratusan hingga jutaan ribu rupiah.

Pada dasarnya BPJS Kesehatan merupakan program asuransi kesehatan yang dihadirkan oleh pemerintah. BPJS Kesehatan ini bersifat wajib atau harus dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia (WNI).

Saat ini ada begitu banyak pilihan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat nilai investasi sekaligus. Jenis asuransi ini dikenal juga dengan istilah asuransi kesehatan unit link. Untuk cara kerjanya pun sederhana, yaitu biasanya premi akan dialokasikan ke proteksi sebesar 60 persen dan 40 persen untuk dana investasi. Beberapa rekomendasi polis terbaik asuransi kesehatan unit link dapat dilihat pada tab Informasi Umum

Sebenarnya tidak dapat dicairkan. Namun, ada beberapa polis asuransi yang memberikan manfaat no claim bonus. Artinya, jika tidak ada klaim selama periode yang ditentukan, maka nasabah bisa mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan senilai perjanjian yang tertulis dana polis. 

Menurut pandangan Islam, proteksi ini diperbolehkan asalkan dana yang terkumpul dikelola sesuai dengan syariat Islam. Syariat Islam yang dimaksud adalah mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No: 21/DSN-MUI/X/2001 terkait pedoman asuransi syariah.

Manfaat yang diberikan oleh kedua jenis proteksi tersebut secara garis besar sama. Perbedaannya, asuransi syariah mengikuti prinsip syariah atau sesuai syariat Islam, alias akad tolong menolong. Sementara perusahaan konvensional lebih berfokus pada akad jual beli.

Asuransi kesehatan diatur oleh undang-undang asuransi seperti UU No. 40 Tahun 2014. Selain undang-undang tersebut, asuransi juga merupakan bagian dari bentuk perjanjian, sehingga bisa batal atau dibatalkan.

Berikut beberapa dasar hukum tentang asuransi kesehatan yang perlu diperhatikan:

  • Pasal 251 KUHD: Dasar hukum ini mengatur tertanggung untuk memberi keterangan yang benar dan tidak keliru. Jika tidak, maka perjanjian dalam asuransi dapat batal. 
  • Pasal 269 KUHD: Dasar hukum yang mengatur bahwa tidak ada kerugian yang terjadi sebelum penandatanganan perjanjian tetapi diklaim setelahnya.
  • Pasal 282 KUHD: Dasar hukum yang mengatur agar tertanggung tidak melakukan kecurangan atau penipuan. Jika dilakukan maka akan berakibat pada perjanjian batal.

Saat ini kita bisa membeli asuransi kesehatan online, seperti melalui Lifepal sebagai marketplace asuransi terbaik di Indonesia. Caranya mudah saja, cukup mengisi formulir di bagian atas halaman ini dan tim kami akan segera menghubungi kamu.

Perlu dicatat bahwa membeli asuransi secara online relatif lebih murah 30 persen dari pembelian lewat jalur lain. Selain itu, kamu juga dapat lebih mudah membandingkan berbagai polis dari merek-merek asuransi ternama di Indonesia sehingga lebih mudah memilih asuransi kesehatan yang bagus.

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan:

  • Aktuaris: Orang profesional yang telah menjalani sekolah atau pelatihan tertentu di bidang asuransi. Sehingga memiliki pengetahuan mengenai asuransi secara detail dan akurat. Pekerjaannya adalah menghitung besaran premi calon peserta.
  • Copayment: Copayment adalah biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).
  • Premi: Premi asuransi adalah jumlah uang yang harus disetorkan 
  • Polis: Perjanjian tertulis antara Tertanggung (nasabah) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait polis yang dibeli.
  • Klaim asuransi: Permintaan secara resmi dari pihak peserta untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Masa tenggang: Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi namun polis asuransi masih berlaku. 
  • Masa tunggu: Periode setelah polis diterbitkan namun benefit belum dapat digunakan oleh nasabah. Atau, periode antara satu benefit telah digunakan dan harus menunggu waktu tertentu hingga benefit yang sama bisa dimanfaatkan.
  • Penanggung: Pihak yang sah tertulis di polis sebagai orang yang membayarkan premi atas polis tersebut.
  • Tertanggung: Pihak yang sah tertulis di polis sebagai orang yang menerima manfaat atau benefit atas suatu produk asuransi.
  • Risiko: Kerugian yang dialami oleh pihak yang dipertanggungkan oleh asuransi.
  • Benefit/manfaat: Manfaat atau perlindungan adalah hak baik berupa fasilitas ataupun penggantian biaya yang akan diterima oleh pihak tertanggung atau nasabah.
  • Secondary Benefit: Manfaat tambahan dari manfaat utama yang bisa didapatkan oleh nasabah. Akan tetapi, biasanya harus menambahkan nominal premi.
  • Coordination of Benefit (COB): Sering disebut sebagai double klaim, COB adalah proses dimana dua perusahaan asuransi menanggung nasabah yang sama agar peserta  bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk asuransi yang digunakan. Namun, total biaya yang akan dibayarkan tidak akan melebihi biaya  medis yang ditagihkan.
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis