Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi kesehatan dibedakan mulai dari perawatan yang diberikan, keikutsertaan nasabah, tanggungan biaya, peserta asuransi, klaim, dan polis. Berikut jenis-jenis asuransi kesehatan yang umumnya ada di Indonesia:

1. Jenis Perawatan

Berdasarkan perawatannya, jenis asuransi kesehatan dibedakan menjadi dua, yaitu rawat inap (in-patient) dan rawat jalan (out-patient)

  • Asuransi kesehatan rawat inap (in-patient) menanggung biaya perawatan ketika nasabah di rawat inap di rumah sakit. 
  • Asuransi rawat jalan (out-patient) menanggung biaya perawatan medis rawat jalan seperti diagnosa, rehabilitasi, perawatan gigi, dan pengobatan di dokter umum atau rumah sakit lainnya di luar rawat inap. 

2. Jenis Polis

Jenis polis dibedakan menjadi dua, yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi unit link atau investasi.

  • Asuransi kesehatan murni berfokus pada proteksi tanpa embel-embel investasi. Karena dana hanya dikelola untuk proteksi, premi pun biasanya jauh lebih murah dibandingkan jenis asuransi lainnya.
  • Asuransi kesehatan unit link memberikan manfaat asuransi kesehatan dan investasi sekaligus. Jadi premi yang dibayarkan sekian persen akan dialokasikan untuk investasi. Tergantung polis yang dipilih.

3. Jenis Klaim

Proses klaim asuransi kesehatan terbagi menjadi dua jenis, yaitu klaim reimbursement dan cashless. 

  • Reimbursement adalah metode klaim yang mengharuskan peserta asuransi membayarkan biaya perawatan kesehatan terlebih dahulu. Kemudian akan digantikan oleh perusahaan asuransi sesuai perjanjian polis. 
  • Cashless adalah metode klaim yang memungkinkan nasabah untuk langsung mendapatkan perawatan medis hanya dengan memperlihatkan kartu peserta asuransi kepada pihak rumah sakit. Jadi tidak perlu membayar apapun selama menjalani perawatan medis.

4. Jenis Keikutsertaan

Jenis asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi dua kategori keikutsertaan, yaitu bersifat wajib atau sukarela. 

  • Asuransi bersifat wajib artinya diharuskan untuk diberikan kepada peserta asuransi. Salah satunya adalah BPJS Kesehatan yang menjadi program wajib setiap masyarakat Indonesia. 
  • Asuransi bersifat sukarela artinya diberikan kebebasan untuk memilih apakah perlu memiliki asuransi kesehatan atau tidak. Umumnya adalah asuransi kesehatan swasta. 

5. Jenis Tanggungan Biaya

Biaya yang ditanggung dalam asuransi kesehatan terbagi menjadi dua jenis, yaitu tanggungan total dan tanggungan tinggi. 

  • Tanggungan total artinya perusahaan asuransi menanggung seluruh pengeluaran atas biaya pelayanan kesehatan yang didapat oleh peserta asuransi. 
  • Tanggungan tinggi artinya perusahaan asuransi hanya menanggung biaya yang paling tinggi. Jadi, tidak menanggung biaya rawat jalan yang umumnya tidak terlalu besar seperti pemeriksaan, diagnosis, dan lain sejenisnya. 

6. Jenis Peserta Asuransi

Berdasarkan jenis peserta asuransi, juga terbagi menjadi dua kategori yaitu individu atau kelompok. 

  • Asuransi individu diperuntukkan untuk tertanggung perseorangan. Biasanya cocok bagi yang belum punya pasangan dan anak. Bagi nasabah individu, premi murah bisa menjadi acuan utama.
  • Asuransi kelompok diperuntukkan bagi kelompok, baik perusahaan maupun asuransi keluarga. Biasanya ada ketentuan minimal nasabah.

Seusaikan jenis asuransi yang diingingkan dan bandingkan dengan 500+ polis dari perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia!

Bandingkan 500+ pilihan polis terbaik mulai Rp100 ribu/bulan!
+62

Menetapkan Anggaran Premi Asuransi Kesehatan

Jenis polis yang dipilih dapat menentukan besaran premi asuransi kesehatan. Lihat penjelasan penentu premi asuransi kesehatan selengkapnya! Selain itu, lihat juga daftar produk asuransi kesehatan terbaik premi murah di Lifepal.
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan