Premi Asuransi Kesehatan

Premi asuransi kesehatan adalah biaya yang harus dibayarkan secara berkala atau sekaligus oleh pemegang polis (tertanggung) kepada perusahaan asuransi (penanggung). Besaran premi sendiri bervariasi dengan kisaran Rp100 ribuan – Rp2 jutaan (atau lebih) per bulan.

Agar tidak salah pilih, coba lakukan simulasi asuransi kesehatan dengan membandingkan lebih dari 500 polis terbaik secara online!

Bandingkan 500+ pilihan polis terbaik mulai Rp100 ribu/bulan!
+62

Faktor Penentu Harga Premi Asuransi Kesehatan

Premi asuransi kesehatan beragam, tergantung pada profil calon nasabah dan luas pertanggungan polis yang dipilih. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menentukan biaya asuransi kesehatan:

1. Manfaat Polis Asuransi

Semakin lengkap manfaat polis yang diberikan, maka akan semakin tinggi pula premi asuransinya. Sebagian besar asuransi kesehatan memberikan manfaat dasar rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan. Nah, jika ingin mendapatkan manfaat asuransi yang lebih lengkap, calon nasabah bisa beli polis rider (manfaat tambahan) yang akan dikenakan premi tambahan. 

Selain itu, polis asuransi yang menanggung klaim hingga jangkauan luar negeri preminya biasanya juga lebih mahal. Karena itu, untuk menekan harga premi dan mendapatkan asuransi kesehatan murah, pastikan manfaat polis yang dibeli sesuai kebutuhan. 

2. Usia dan Jenis Kelamin

Profil nasabah juga berperan penting sebagai penentu harga asuransi kesehatan. Misal, simulasi premi asuransi kesehatan nasabah usia 20 tahun tentu akan lebih murah ketimbang nasabah lanjut usia atau di atas 30 tahun. Ini dikarenakan semakin bertambahnya usia, kemungkinan jatuh sakit juga lebih tinggi. 

Tidak hanya itu saja, jenis kelamin juga menjadi salah satu faktor penentu premi. Faktanya, laki-laki 19 persen lebih rentan terserang stroke dan serangan jantung ketimbang perempuan. Karena itu, umumnya premi asuransi kesehatan untuk tertanggung laki-laki lebih mahal. 

3. Riwayat Kesehatan

Sebelum pendaftaran polis, beberapa perusahaan asuransi mewajibkan medical check up untuk mengetahui riwayat kesehatan tertanggung. Jika hasilnya menunjukan ada penyakit bawaan atau pernah mengalami sakit yang cukup parah sebelumnya, biasanya preminya akan lebih mahal. 

Selain medical check up, biasanya perusahaan asuransi juga akan menanyakan gaya hidup tertanggung, misal apakah memiliki kebiasaan merokok, olahraga ekstrem, dan sejenisnya. Jika kemungkinan terjadi risiko kesehatan cukup tinggi, maka preminya akan lebih mahal. 

4. Terdapat Manfaat Pengembalian Premi

Dalam asuransi kesehatan terdapat istilah pengembalian premi atau no claim bonus. Artinya, jika tidak ada klaim sampai masa asuransi berakhir, sekian persen (sesuai perjanjian polis) dari premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan kepada peserta asuransi. 

Polis yang memberikan manfaat no claim bonus, biasanya premi asuransi kesehatan-nya lebih mahal. 

5. Jenis Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi kesehatan terbagi menjadi dua kategori, asuransi kesehatan murni dan unit link. Asuransi kesehatan murni adalah produk yang memberikan manfaat asuransi tanpa embel-embel investasi. Sementara asuransi kesehatan unit link adalah produk asuransi yang dilengkapi dengan manfaat investasi sekaligus. 

Premi asuransi kesehatan unit link umumnya lebih mahal ketimbang asuransi murni. Sebab, premi yang dibayarkan akan dibagi untuk  manfaat asuransi dan sebagian untuk instrumen investasi. 

Cara Mendapatkan Premi Asuransi Kesehatan Murah

Perlu dipahami bahwa dalam mencari polis sebaiknya tidak hanya fokus pada premi murah saja. Sebab, percuma jika preminya murah tapi limit asuransinya tidak cukup untuk menanggung biaya perawatan ketika jatuh sakit. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mendapatkan premi bersahabat: 

1. Memiliki Manfaat CoB

Cara kerja Coordination of Benefit (CoB) adalah jika BPJS Kesehatan tidak mencakup keseluruhan biaya perawatan, maka nasabah bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi kesehatan swasta. Dengan manfaat ini, calon nasabah tidak perlu mencari polis dengan limit yang terlalu tinggi agar preminya tidak terlalu mahal, karena klaim-nya bisa dibagi dengan BPJS Kesehatan. 

2. Pilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Dari pada mendaftarkan masing-masing anggota keluarga dalam asuransi kesehatan individu, lebih baik polis asuransi kesehatan keluarga agar preminya lebih murah. Memang sih sekilas harga asuransi kesehatan keluarga akan terkesan mahal. Tapi jika dikalkulasikan dengan premi asuransi individu untuk tiap anggota keluarga, premi kumpulan sebenarnya lebih murah karena satu polis bisa untuk lima anggota keluarga sekaligus. 

3. Beli Asuransi Sejak Usia Dini 

Harga premi asuransi kesehatan umumnya akan semakin mahal jika calon nasabah telah memasuki usia 30 tahun ke atas. Ini dikarenakan semakin bertambahnya usia, semakin rentan tubuh terserang penyakit dan jatuh sakit. Karena itu, sebaiknya memiliki asuransi kesehatan sedini mungkin agar preminya lebih murah. 

Ketahui Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Sudah dapat premi asuransi kesehatan murah? Pelajari dua cara klaim asuransi yang ada di Indonesia. Kenali perbedaaan klaim asuransi kesehatan di Indonesia. Sedang mencari produk asuransi yang tepat? Produk asuransi kesehatan terbaik bisa didapatkan di sini.
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan