Asuransi MAG

4.3 / 5.0 (2.008 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
29 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
29 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
29 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
29 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
29 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 30%
 

Asuransi MAG: Produk Asuransi Mobil & Kesehatan Terbaik

Asuransi MAG adalah perusahaan asuransi umum dengan asuransi mobil dan kesehatan terbaik. Dapatkan ✓Review produk ✓Bengkel rekanan ✓Klaim
 
 

Polis Asuransi MAG

Berbagai produk Asuransi MAG yang telah disebutkan tentunya memiliki ketentuannya masing-masing. Agar lebih jelas, mari simak apa saja pertanggungan atau manfaat Asuransi MAG berdasarkan jenis produknya.

Asuransi Mobil
MAGNA Mobil

Produk asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan akibat tabrakan, pencurian, kebakaran, dan sambaran petir.

  • Menjamin kerugian atau kerusakan akibat tabrakan, pencurian, kebakaran, dan sambaran petir.
  • Menjamin kerugian atau kerusakan kendaraan hingga 75% atau lebih dari nilai kendaraan pada saat kejadian.
Asuransi Kesehatan
MAGNA Sehat

Produk asuransi yang menjamin perawatan rawat inap, mulai dari biaya pembedahan, kamar, kunjungan dokter, hingga pemakaian ambulans

  • Menjamin perawatan rawat inap, mulai dari biaya pembedahan, kamar, kunjungan dokter, hingga pemakaian ambulans.
  • Menjamin perawatan rawat jalan , mulai dari konsultasi dokter dan biaya berobat sebesar Rp6 juta.
  • Pemberian santunan meninggal dunia Rp750 ribu per hari.
Asuransi Properti
MAGNA Properti

Produk asuransi yang menjamin atas kerugian atau kerusakan atas harta benda yang disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap.

  • Menjamin kerugian atau kerusakan atas harta benda yang di pertanggungkan secara langsung disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap.
  • Memberikan jaminan dengan objek asuransi rumah tinggal, apartemen, kantor, ruko, pabrik, dan rumah sakit.
Asuransi Properti
Asuransi Kebakaran

Produk asuransi yang memberikan jaminan atas kerugian/ kerusakan harta benda yang disebabkan oleh kebakaran.

  • Memberikan pertanggungan yang menjamin kerugian/ kerusakan atas harta benda yang disebabkan oleh kebakaran.
  • Menjamin risiko-risiko pokok yang terdiri dari kebakaran, peledakan, sambaran petir, kejatuhan pesawat, dan sebagainya.
Asuransi Properti
Asuransi Gempa Bumi

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan finansial atas risiko gempa bumi pada kerusakan objek atau properti yang diasuransikan.


Produk asuransi yang menjamin objek pertanggungan terhadap risiko gempa bumi. Menjamin objek pertanggungan terhadap risiko gempa bumi. Memberikan pertanggungan akibat ledakan setelah terjadinya gempa.
Asuransi Properti
Asuransi Properti

Produk asuransi yang menjamin semua risiko kerugian atau kerusakan properti atau industri yang telah diasuransikan secara komprehensif.


Produk asuransi yang menjamin semua risiko kerugian properti/industri secara komprehensif. Menjamin semua risiko kerugian properti/industri secara komprehensif. Menjamin risiko kecuali properti yang masih dalam tahap pembangunan, renovasi, korosi dari sifat barang tersebut, kesengajaan/ ketidakjujuran dan lain sebagainya sesuai yang tercantum dalam polis.
Asuransi Properti
Asuransi Rekayasa

Produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian selama masa proyek.

  • Memberi perlindungan terhadap risiko kerugian selama masa pembangunan.
  • Memberi perlindungan terhadap risiko kerugian pada saat pemasangan mesin.
  • Memberi perlindungan pada saat penggantian atau perbaikan mesin yang mengalami kerusakan.
  • Memberi perlindungan pada peralatan elektronik.
Asuransi Properti
Asuransi Alat Berat

Produk asuransi yang menjamin semua risiko kerusakan atau kerugian fisik yang terjadi secara tiba-tiba dan tak terduga.

  • Menjamin semua risiko kerusakan atau kerugian fisik yang terjadi secara tiba-tiba dan tak terduga.
  • Jaminan bisa berupa pertanggungan gabungan atau kerugian total.
Asuransi Properti
Asuransi Pengangkutan Barang (Marine Cargo)

Produk asuransi dengan pertanggungan meliputi nilai barang itu sendiri, ongkos pengiriman (freight), serta keuntungan yang diharapkan.

  • Proteksi keamanan barang-barang selama berada di perjalanan dari kemungkinan terjadinya kehilangan hingga kerusakan.
  • Pertanggungan meliputi nilai barang itu sendiri, ongkos pengiriman (freight), serta keuntungan yang diharapkan.
Asuransi Properti
Asuransi Kebongkaran

Produk asuransi yang menjamin atas hilangnya barang-barang atau harta benda yang hilang akibat tindakan pencurian hingga pembongkaran.

  • Menjamin atas hilangnya barang-barang atau harta benda yang hilang akibat tindakan pencurian hingga pembongkaran.
  • Tidak termasuk hilangnya perhiasan dan surat berharga.
Asuransi Properti
Asuransi Uang

Produk asuransi yang memberikan perlindungan uang selama disimpan atau dalam perjalanan.

  • Perlindungan uang dalam lemari besi (cash in safe) di lokasi pertanggungan.
  • Perlindungan  uang dalam perjalanan (cash in transit).
Asuransi Perjalanan
MAGNA Wisata Internasional

Produk asuransi yang menjamin perjalanan ke luar negeri. Memberikan santunan kematian hingga USD50 ribu apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan selama melakukan perjalanan.

  • Penggantian biaya rawat inap sampai USD50 ribu apabila tertanggung sakit atau cedera selama perjalanan.
  • Penggantian biaya pembatalan perjalanan maksimal USD2.500.
  • Penggantian biaya keterlambatan pesawat hingga USD250.
Asuransi Perjalanan
MAGNA Wisata Domestik

Produk asuransi yang menjamin perjalanan di dalam negeri. Jaminan santunan meninggal dunia dan cacat tetap total selama perjalanan Rp50 juta.

  • Biaya pengobatan dan rawat inap maksimal Rp25 juta.
  • Evakuasi medis darurat maksimal Rp15 juta.
  • Biaya pembatalan perjalanan maksimal Rp500 ribu.
  • Kompensasi atas perampokan atau kehilangan bagasi Rp500 ribu per item.
  • Biaya penggantian kehilangan dokumen perjalanan maksimal Rp500 ribu.
  • Santunan akibat pembajakan pesawat maksimal Rp2,5 juta.
Asuransi Jiwa
Asuransi Kecelakaan Diri

Produk asuransi yang memberikan jaminan kompensasi keuangan apabila terjadi kecelakaan selama masa pertanggungan yang berakibat kematian, lumpuh atau cacat tetap.

  • Perlindungan terhadap akibat-akibat yang ditimbulkan dari suatu kecelakaan.
  • Pemberian kompensasi keuangan apabila terjadi kecelakaan selama masa pertanggungan yang berakibat kematian, lumpuh atau cacat tetap.
Asuransi Perjanjian
Suretyship

Produk asuransi yang memberikan perlindungan penjaminan atau perjanjian yang melibatkan tiga pihak dalam perjanjian.

  • Perlindungan penjaminan atau perjanjian yang melibatkan tiga pihak dalam perjanjian.
 

Produk Asuransi MAG 

Asuransi MAG menghadirkan berbagai produk asuransi untuk kebutuhan personal dan bisnis. Berikut pilihan produk yang bisa dipertimbangkan.

Produk Manfaat
Asuransi Kendaraan Jaminan kerusakan total saja (TLO) + segala jenis kerusakan (All Risk)
Asuransi Kesehatan Pertanggungan biaya rawat jalan + rawat inap + biaya pembedahan + kamar + kunjungan dokter + ambulans.
Asuransi Properti Pertanggungan atas risiko kerusakan properti akibat kebakaran + gempa bumi + petir + uang + aset perusahaan.
Asuransi Perjalanan Pertanggungan atas risiko ketidaknyamanan selama melakukan perjalanan domestik + internasional.
Asuransi Kecelakaan Santunan meninggal dunia + cacat + biaya perawatan akibat kecelakaan baik di tempat kerja maupun bukan. 
Asuransi Perjanjian Jaminan atas perjanjian kontrak yang melibatkan tiga belah pihak.
 

Cara Klaim Asuransi MAG

Adapun cara klaim Asuransi MAG dibedakan menjadi beberapa cara. Setiap cara yang diberikan bergantung pada jenis produk asuransi yang dipilih/ Berikut penjelasan singkat mengenai cara klaim Asuransi MAG.

Klaim MAGNA Properti

  • Membuat lapor tertulis dalam waktu 7 hari kalender.
  • Memberikan bantuan kepada Asuransi MAG untuk melakukan penelitian atas pertanggungan dan kerugian.
  • Mengamankan harta benda yang masih bernilai.
  • Mengisi formulir Laporan Klaim dan menyerahkan fotokopi polis.
  • Turut melampirkan surat keterangan dari RT/RW//kepala kelurahan/ kepala kepolisian, estimasi kerugian rinci beserta dokumen pendukungnya, laporan BMKG, apabila menyangkut peristiwa alam.

Klaim MAGNA Wisata

  • Membawa polis perjalanan.
  • Mengisi formulir klaim.
  • Fotokopi paspor serta cap keberangkatan.
  • Tiket penerbangan asli.
  • Laporan medis lengkap.
  • Pernyataan tertulis dari agen perjalanan mengenai musibah yang terjadi.
  • Bukti pembayaran asli untuk pembelian barang pribadi, paket perjalanan, hingga tiket perjalanan.

Klaim reimbursement rawat jalan

  • Mengisi formulir rawat jalan yang ditandatangani oleh dokter yang merawat.
  • Jika tidak menggunakan form klaim, harus menyertakan keterangan dari dokter, dibalik kwitansi resmi dari Rumah Sakit/klinik/praktek dokter.
  • Diagnosa dokter wajib dengan bahasa medis.

Klaim kendaraan bermotor

  • Isi formulir pengajuan klaim yang bisa didapat di kantor MAG atau mengunduh di situs resmi.
  • Lapor dalam kurun waktu 3×24 jam.
  • Sebutkan nomor polis.
  • Lengkapi formulir pengajuan klaim (fotokopi SIM, polis, dan STNK yang masih berlaku).
  • Sertakan KTP asli.

Proses klaim reimbursement rawat inap 

  • Mengisi formulir rawat inap (pastikan formulir ditandatangani oleh HRD, karyawan, dokter yang merawat, stempel rumah sakit).
  • Serahkan bukti kwitansi resmi dari rumah sakit (lengkap dengan rincian kamar, obat-obatan, hasil lab, materai 6.000).
  • Proses klaim harus dilakukan 30 hari untuk perawatan di jabodetabek dan 60 hari untuk perawatan di luar jabodetabek. 
 

Layanan Nasabah & Call Center

Customer Care Center

The City Center Batavia, Tower One Lt. 17, 

Jalan K.H. Mas Mansyur Kav. 126, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10220

Call Center: 021-2929 9999

WhatsApp Chat: 088212457999

Email: [email protected] 

Website: www.mag.co.id

Cek Polis Online: http://epolicy.mag.co.id

Facebook: facebook.com/AsuransiMAG/

Twitter: twitter.com/Asuransimag_

Instagram: instagram.com/asuransimag

LinkedIn: linkedin.com/company/pt-asuransi-multi-artha-guna-tbk/

Berikut ini kantor cabang Asuransi MAG yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia:

  • Asuransi MAG Bandung: Gedung Bank Panin, Jalan Asia Afrika No.166 – 170, Tel : (022) 420 0752/1
  • Asuransi MAG Bandar Lampung: Gedung Bank Panin, Jalan R.A Kartini No.97-99, Tel : (0721) 256 855, 241 858
  • Asuransi MAG Banjarmasin: Gedung Bank Panin, Jalan Ahmad Yani KM 4,5 No.31, Tel : (0511) 327 4770
  • Asuransi MAG Batam: Gedung Bank Panin Lt.3, Komplek Palm Spring Blok B2 No.9, Tel : (0-778) 467 744
  • Asuransi MAG Bogor: Gedung Bank Panin, Jalan Pakuan No. 14, Tel : (0251) 8386 918
  • Asuransi MAG Cikarang, Ruko Metro Boulevard Blok A, No.5.Jalan Niaga Raya Jababeka II, Tel : (021) 8983 1623
  • Asuransi MAG Denpasar: Jalan Mahendradata No.5 X, Denpasar, Tel : (0361) 907 1711
  • Asuransi MAG Jakarta Palmerah: Panin Bank Plaza Lt.6, Jalan Palmerah Utara No.52Tel : (021) 8062 6888, 5480 669
  • Asuransi MAG Jakarta Senayan: Gd. Bank Panin Pusat Lt.8, Jl. Jend.Sudirman, Senayan, Tel : (+62-21) 270 0599
  • Asuransi MAG Jakarta Sunter: Panin Bank Plaza lt.6, Jl. Palmerah Utara no.52, Tel : (+62-21) 548 5556
  • Asuransi MAG Makassar: Gd. Bank Panin Syariah lt.2, Jl.Dr.Sam Ratulangi No.15 A, Tel : (+62-411) 858 860
  • Asuransi MAG Manado: Gd. Bank Panin Lt.3, Komp ITC Marina Plaza Blok B No.24-26, Jl.Jend Sudirman No.145, Tel : (+62-431) 888 0468
  • Asuransi MAG Medan: Gd.Bank Panin Jl.Pemuda No.16-22, Tel : (+62-61) 452 4419
  • Asuransi MAG Palembang: Jl. Rajawali B 11 – B 12, Tel : (+62-711) 357 104
  • Asuransi MAG Pekanbaru: Gd. Bank Panin Jl.Jend Sudirman No.145, Tel : (+62-761) 859 336
  • Asuransi MAG Semarang: Gd.Bank Panin Lt.2, Jl. Pandanaran No.6-8, Tel : (+62-24) 841 9219
  • Asuransi MAG Serpong: Rukan Alam  Sutera, Jl. Jalur Sutera 29 A, No.6, Alam Sutera, Tangerang, Tel : (+62-21) 5312 5438
  • Asuransi MAG Surabaya Gubeng: Jalan Raya Gubeng 32F, Tel : (031) 9944 3449
  • Asuransi MAG Surabaya Darmo: Gd.Bank Panin, Jl.Raya Darmo No.139, Tel : (+62-31) 567 8434
 

Bengkel Rekanan MAG

Bengkel rekanan MAG tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga dapat meudahkan nasabah dalam mengunjungi bengkel rekanan yang terdekat denga domisili. Lihat daftar bengkel rekanan mobil MAG selengkapnya!

 

Rumah Sakit Rekanan MAG

Asuransi MAG memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Berikut beberapa daftar rumah sakit dan perusahaan rekanan MAG:

  • Rs Ciputra Hospital Citra Garden, 021-22557888, Jalan Boulevard Blok G1 No. 1 Perumahan Citra 5, Jakarta Barat.
  • Rs Bunda Jakarta, 021-31923344, Jalan Teuku Cik Ditiro No. 21 Menteng, Jakarta Pusat.
  • Rs Agung, 021-8294955, Jalan Sultan Agung No. 67 Manggarai, Jakarta Selatan.
  • Rs Haji, 021-8000695, Jalan Raya Pondok Gede No. 4, Jakarta Timur.
  • Rs Mitra Keluarga Kelapa Gading, 021-45852800, Jalan Bukit Gading Raya Kav. 2 Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara.

  • Rs Advent Bandung, 022-2034386, Jalan Cihampelas No. 161 Bandung.
  • Rs Hermina Arcamanik, 022-87242525, Jalan A.h. Nasution Km No. 50, Atapani, Bandung.
  • Rs Hermina Pasteur, 022-6072525, Jalan Dr. Djunjunan No. 107 Bandung.
  • Rs Immanuel Bandung, 022-5201672, Jalan Kopo No. 161, Bandung.
  • Rs Mitra Kasih, 022-6654852, Jalan Raya Cibabat No. 341 B Bandung.

  • Rs Sentra Medika Cikarang, 021-8904160, Jalan Raya Industri Pasir Gombong-jababeka, Cikarang, Bekasi.
  • Siloam Hospitals Lippo Cikarang, 021-89901088, Jalan M.h. Thamrin Kav. 105, Lippo Cikarang, Bekasi.
  • Klinik Cmc Cikarang, 021-8934371, L. Jababeka Raya, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi.
  • Klinik Dharma Bhakti Medical Center, I 021-8831441, Jalan Bosih Raya Blok A4 No. 23-24 Pondok Tanah Mas, Cibitung.

  • Rs Awal Bros Makassar, 0411-454567, Jalan Urip Sumoharjo No. 43 Makassar.
  • Rs Grestelina, 0411-448855/448852, Jalan Letjen Hertasning No. 51 Makassar.
  • Rs Hermina Makassar, 0411-4091817, Jalan Toddopuli Raya Timur No 7, Borong, Manggala , Makassar.
  • Rs Siloam Hospitals Makassar, 0411-8117555, Jalan Metro Tanjung Bunga Kav. 9 Panambungan, Mariso, Makassar.
  • Rs Stella Maris, 0411-871391, Jalan Somba Opu No. 273 Makassar.

  • Rs Hermina Opi Jakabaring, 0711-3031520, Jalan Gub. H.a Bastari Rt.026 Dusun Ii, Desa Sungai Kedukan Kec. Rambutan, Kab. Banyuasin.
  • Rs Hermina Palembang, 0711-352525, Jalan Basuki Rahmat No. 897 Kelurahan Ilir Ii, Kemuning, Palembang.
  • Rs Islam Siti Khadijah, 0711-356008, Jalan Demang Lebar Daun No. 26, Pakjo, Palembang.
  • Rs Myria, 0711-411610, Jalan Kol. H. Barlian Km. 7 Palembang.

  • Rs Dian Harapan, 0967-572123, Jalan Teruna Bhakti Waena, Jayapura - Papua 99358.
 

Sekilas Tentang Asuransi MAG

Pada awal masa berdirinya, asuransi MAG bekerja sama dengan The RedShield Co. Ltd., Singapura. Kemudian pada tahun 1992, MAG melebarkan pangsa pasarnya dengan membuka kantor cabang di berbagai daerah di Indonesia. Hingga kini, MAG telah memiliki lebih dari 36 cabang dan kantor perwakilan.

PT Panin Investment sempat menjadi induk perusahaan MAG, namun pada Oktober 2016, PT Paninvest Tbk. bersama anak perseroan, PT Panin Geninholdco menjual 80 persen saham yang dimiliki kepada anak perusahaan Fairfax Financial Holdings Limited, yaitu Fairfax Asia Limited dengan total harga Rp1,40 triliun. Dengan begitu menjadikan saham mayoritas berada dalam kepemilikan Fairfax Asia Limited.

Asuransi MAG terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). MAG memiliki izin usaha di bidang asuransi umum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Indonesia Nomor: KEP-3251/MD/1986 tanggal 6 Mei 1986.

Asuransi MAG telah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi. Berikut adalah daftar penghargaan-penghargaan tersebut,

  • Infobank 19th Insurance Awards 2018: Predikat Sangat Bagus Atas Kinerja Keuangan Selama Tahun 2017.
  • Indonesia Human Capital Award (IHCA) IV 2018: Peringkat Gold Kategori Perusahaan Asuransi.
  • Indonesia Human Capital Award (IHCA) IV 2018: Peringkat ke-1 : Asuransi Umum Terbaik.
  • Infobank 19th Insurance Awards 2018: Predikat Sangat Bagus Atas Kinerja Keuangan Selama Tahun 2017.
  • Warta Ekonomi 2018: “Top 5 Prestige Brand Vehicle Insurance Category.
  • Warta Ekonomi 2017: Best Financial Performance General Insurance Company, category asset between Rp.2,5 – 5 trillion.
  • Top Insurance 2017: Piagam Penghargaan – Business News.
  • Warta Ekonomi Juni 2017: Indonesia Digital Innovation Awards 2017 untuk kategori Asuransi Umum dengan aset antara 1 – 5 Triliun.
  • Warta Ekonomi Februari 2017: Indonesia Most Innovative Business Awards 2017 untuk kategori Asuransi.
  • Majalah Investor Awards: Best Listed Companies, sektor asuransi.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standarisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2019, PT Asuransi Multi Artha Guna (Tbk) membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut,

  • Rasio solvabilitas: 314 persen.
  • Jumlah aset: Rp4,626 triliun.
  • Ekuitas: Rp1,951 triliun.

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Multi Artha Guna (Tbk) termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

 

Berita Asuransi MAG

April 2020 – Asuransi Multi Artha Guna berhasil meraup keuntungan laba sebesar Rp73,06 miliar pada tahun 2019 lalu. Laporan keuangan tahun 2019, keuntungan perusahaan ini paling besar didapatkan dari kontribusi premi produk asuransi properti atau kebakaran dan kendaraan. Perolehan laba itu naik sebesar 158 persenan bila dibandingkan dengan tahun 2018 yang hanya meraup Rp28,24 miliar.

Maret 2020 – IHSG pada bulan Maret 2020 sempat mengalami anjlok parah akibat efek dari pandemi Covid19. Namun, terdapat 15 perusahaan asuransi yang menunjukkan kinerja positif di tengah kemerosotan IHSG, salah satunya adalah Asuransi Multi Artha Guna dengan kode emiten AMAG. Pada Januari 2020 AMAG memiliki nilai Rp269 per lembar, namun di tanggal 17 maret, harga sahamnya justru meningkat menjadi Rp298 per lembar.

Januari 2020 – Sebelas perusahaan asuransi yang tergabung dalam Forum Asuransi Kesehatan Indonesia (Formaksi) bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Awal Bros untuk fasilitas coordination of benefit (CoB) BPJS Kesehatan.

CoB kadang disebut oleh awam sebagai double claim, yaitu bentuk kerja sama antara dua/lebih perusahaan asuransi untuk memberikan manfaat maksimal kepada nasabah dari program asuransi yang dipilih. Perusahaan asuransi yang dilibatkan adalah ABDA, Allianz, Avrist, CAR, Equity, Lippo, MAG, Sinarmas, Sinarmas MSIG, dan Tugu Mandiri.

Juli 2018 – PT AA International Indonesia (AAI Indonesia) secara resmi menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Asuransi Multi Artha Guna (Tbk). Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilaksanakan di kantor pusat Asuransi MAG yang bertempat di The City Center Batavia Tower One di kawasan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Melalui kerja sama tersebut, AAI berperan memberikan layanan TPA bagi kebutuhan administrasi medis peserta asuransi MAG. Pelayanan yang diberikan disesuaikan dengan ketentuan polis yang telah ditetapkan dan akan meliputi layanan penjaminan bagi peserta yang ingin melakukan rawat jalan maupun rawat inap di seluruh Indonesia.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi MAG atau Multi Artha Guna (Tbk), baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Asuransi MAG atau Multi Artha Guna (Tbk) merupakan perusahaan asuransi umum yang dirintis di Surabaya. Pada awal pendiriannya tepatnya di tahun 1992, Asuransi MAG bekerjasama dengan perusahaan asal Singapura The RedShield Co. Ltd. Setelah itu, Asuransi MAG juga sempat berada di bawah perusahaan jasa keuangan Panin Group. 

Namun, tahun 2016, Panin menjual saham mayoritas mereka di Asuransi MAG ke Fairfax Asia Limited dengan total harga saham Rp1,4 triliun. Kini Asuransi MAG telah memiliki kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia, dengan produk-produk andalan mulai dari asuransi kesehatan sampai asuransi perjalanan.

Pembayaran premi Asuransi MAG dapat dilakukan dengan lima cara. Berikut adalah langkah-langkahnya.

ATM Panin Bank

  • Masukkan kartu ATM pada mesin ATM Panin Bank.
  • Pilih bahasa.
  • Masukkan nomor PIN, tekan “Enter”.
  • Pilih menu “Pembayaran”.
  • Pilih menu “Pembayaran Lainnya”.
  • Pilih menu “Virtual Account”.
  • Masukkan nomor virtual account, tekan “Benar”.
  • Masukkan jumlah pembayaran, tekan “Benar”.
  • Pilih “Konfirmasi”.
  • Selesai, tekan “Tidak”.

Internet Panin Bank

  • Buka website Panin Bank (www.panin.co.id).
  • Pilih login internet individu.
  • Masukkan user id dan password.
  • Pilih menu “Pembayaran”.
  • Pilih menu “Virtual Account”.
  • Masukkan nomor virtual account, tekan “Lanjutkan”.
  • Masukkan jumlah pembayaran tekan “Lanjutkan”.
  • Siapkan token, masukkan PIN, tekan angka “1”.
  • Ketik angka yang muncul ke kolom “ Response”, tekan “Lanjutkan”.
  • Selesai, tekan “Cetak” atau “Simpan”.

ATM Bersama atau ALTO

  • Masukkan kartu ATM pada mesin ATM Panin Bersama / ALTO.
  • Pilih menu transfer.
  • Masukkan kode bank (019) dan nomor virtual account.
  • (contoh: 0198886_______), tekan “Benar”.
  • Pilih “Konfirmasi”.
  • Selesai, tekan “Tidak”.

Transfer LLG atau SKN

Saat akan melakukan transfer harap cantumkan hal di bawah ini:

  • Nama murid sebagai “Nama Penerima”.
  • Nomor virtual account sebagai “No. Rekening Penerima”.
  • Panin Bank sebagai “Bank Penerima”.

Teller Panin Bank

Kunjungi Bank Panin terdekat, kemudian masukkan “No. Rekening Penerima” pada lembar formulir dengan nomor virtual account.

 

Cara klaim asuransi MAG berbeda-beda, tergantung jenis asuransinya. Nah, ada dua jenis klaim dalam asuransi MAG, reimbursement dan cashless. Umumnya untuk mengajukan klaim, pertama-tama yang perlu dilakukan adalah melaporkan klaim ke perusahaan. Setelah itu, mempersiapkan dokumen seperti identitas diri, kronologis kejadian, hingga kuitansi.  Kirimkan ke perusahaan asuransi dan jika klaim nasabah diterima, uang pengganti akan dicairkan ke rekening nasbaah. Download form Asuransi MAG!

Sementara itu, klaim cashless ada pada asuransi kesehatan dan kendaraan. Nasabah bisa langsung datang ke rumah sakit rekanan atau bengkel rekanan membawa dokumen persyaratan agar bisa mendapatkan perawatan medis atau perbaikan kendaraan.

Demi memberikan kemudahan atas layanan pengajuan maupun klaim asuransi, Asuransi MAG menyediakan beragam formulir yang bisa diunduh nasabah secara mudah di situs mereka. Dalam situs tersebut ada formulir untuk penutupan polis, formulir pembukaan polis dan formulir klaim. Cara mendapatkannya adalah, 

  • Buka situs resmi Asuransi MAG di mag.co.id. 
  • Pilih menu ‘download’ yang ada di atas laman situs tersebut. 
  • Lalu cari daftar formulir untuk pengajuan, penutupan, maupun formulir klaim. 
  • Download form Asuransi Mag di situs resminya.
  • Tinggal unduh formulir yang dibutuhkan, dan diisi untuk kemudian dikirim ke pihak Asuransi MAG. 

Jika ingin berhenti menjadi nasabah Asuransi MAG, cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut,

  • Hubungi call center Asuransi MAG di nomor (021) 2929 9999.
  • Unduh formulir penutupan asuransi di situs resmi..
  • Mengisi formulir dengan lengkap.
  • Fotokopi identitas pemegang polis (KTP/SIM/Paspor)
  • Fotokopi NPWP.
  • Fotokopi KK (khusus penutupan pendaftaran keluarga).
  • Polis asli.
  • Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak dan administrasi bila ada.
  • Menunggu proses pembatalan asuransi.

Sejauh ini, belum ada aplikasi di ponsel pintar, baik untuk perangkat Android maupun iOS yang disediakan oleh Asuransi MAG. Beberapa perusahaan asuransi telah memiliki layanan aplikasi ponsel pintar mereka untuk memudahkan nasabah dan calon nasabah menikmati manfaat dari produk-produk mereka. 

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Asuransi MAG tidak mencantumkan sistem keagenan yang dimiliki pada situs resminya. Apabila ingin mengetahui sistem keagenan dan cara daftar, silakan hubungi call center asuransi MAG.

Selain melalui agen, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi asuransi melalui peran broker asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Asuransi MAG bekerja sama dengan ratusan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui daftarnya, silakan ke tab “Bengkel Rekanan“.

Asuransi MAG bekerja sama dengan ratusan rumah sakit dan klinik yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui daftarnya, silakan ke tab “RS Rekanan“.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id,

  • https://www.mag.co.id/
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan