Mencari Asuransi Terbaik?
Masukkan informasi diri dan sistem kami akan merekomendasikan polis terbaik sesuai dengan profil, kebutuhan, dan anggaranmu.

Asuransi Mega Insurance

3.5 / 5.0 (1.964 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Mega Insurance

Mega Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada 1956 di bawah naungan PT Asuransi Umum Mega. Produk yang ditawarkan terdiri atas asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, asuransi properti, dan asuransi kendaraan.

Mega Insurance unggul terutama pada produk asuransi kesehatan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan klaim cashless baik di dalam dan luar negeri. Selain itu, manfaat yang diberikan juga lengkap, mulai dari rawat inap rumah sakit akibat sakit, terdiagnosa penyakit kritis, hingga kecelakaan diri. 

Ringkasan

  • Manfaat dari Asuransi Mega Travel Care sangat lengkap, mulai dari risiko kecelakaan diri dan ketidaknyamanan selama perjalanan.
  • Polis Asuransi Mega International Health Care memberikan manfaat klaim cashless yang dapat digunakan di seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat. 
  • Rumah sakit rekanan perusahaan tersebar luas baik di Indonesia dan 26 kota di wilayah Asia. 
  • Terdapat layanan nasabah berbasis digital, yaitu e-Polis Mega Insurance yang dapat memudahkan nasabah dalam mendapatkan informasi polis di mana dan kapan saja. 

Sejarah Mega Insurance

Mega Insurance merupakan perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan PT Asuransi Umum Mega. Mega Insurance didirikan pada 1956 dengan nama PT Asuransi Republik. Kemudian, adanya pengalihan saham kepada PARA GROUP melalui PT Mega Corpora dan PT Para Rekan Investama yang akhirnya membuat perusahaan asuransi ini berganti nama menjadi PT Asuransi Umum Mega atau dikenal dengan nama Mega Insurance. 

Selang sebelas tahun setelah resmi diakuisisi, Mega Insurance mengalami pertumbuhan nasabah yang sangat tinggi, bahkan mencapai lima ribu hingga enam ribu setiap bulannya. Mega Insurance juga resmi memiliki cabang usaha dengan prinsip syariah pada 2007. 

PT Asuransi Umum Mega telah terdaftar secara resmi dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin usaha KEP-5634/MD/1986 tanggal 29 Maret 1986. Untuk cabang usaha dengan prinsip syariah sesuai dengan surat keputusan menteri keuangan Republik Indonesia No. KEP-095/KM.10/2007.

Selama tahun 2007 hingga 2018, PT Asuransi Umum Mega berhasil menyandang predikat terbaik sebagai Perusahaan Asuransi Umum dari berbagai majalah perbankan ternama di Indonesia, diantaranya adalah Majalan Investor, Majalah Infobank, dan Majalah Media Asuransi.

Laporan keuangan konvensional

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi Mega Insurance. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 187,71 persen.
  • Jumlah ekuitas: Rp315,032 miliar.
  • Jumlah aset: Rp1,068 triliun.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, serta perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Jika dilihat dari laporan tahunan perusahaan Mega Insurance di tahun 2018 mencapai 187,71 persen yang terbilang cukup baik atau mampu memenuhi ketetapan POJK. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Mega Insurance memiliki keuangan perusahaan yang cukup sehat. Namun, rasio keuangan tersebut belum dapat bersaing dengan perusahaan asuransi kerugian pada umumnya yang mampu mencapai rasio sekurangnya 300 persen.

Laporan keuangan syariah

  • Rasio solvabilitas dana perusahaan: 1985 persen.
  • Rasio solvabilitas dana tabarru’ dan dana tanahud: 440,86 persen.
  • Jumlah aset: Rp229,964 miliar.

Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016), ketentuan mengenai rasio solvabilitas dana tabarru’ adalah minimal 120 persen dan rasio solvabilitas untuk dana perusahaan adalah minimal 120 persen.

Rasio solvabilitas dana tabarru’ dan dana tanahud Mega Insurance mencapai 440,86 persen. Pencapaian rasio tersebut terbilang sangat baik jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi syariah pada umumnya yang hanya mencapai kisaran rasio solvabilitas 200 persen.

Perlu dipahami bahwa dana tabarru’ dan dana tanahud berbeda dengan dana perusahaan. Dana tabarru’ dan dana tanahud merupakan dana yang berasal dari kontribusi para pemegang polis atau peserta yang mekanisme pengelolaannya sesuai dengan perjanjian asuransi syariah. Sementara, dana perusahaan adalah kumpulan dana yang dikelola perusahaan, selain dana tabarru’, dana tanahud, dan dana investasi peserta.

 
 

Produk Mega Insurance

Mega Insurance sangat cocok untuk nasabah yang membutuhkan asuransi kendaraan. Sebab, Mega Kendaraan memberikan cakupan solusi finansial kepada penumpang dan pengemudi apabila terjadi risiko kecelakaan. Ini menjadi keunggulan tersendiri untuk Mega Insurance karena perusahaan asuransi pada umumnya hanya memberikan manfaat dasar terhadap kerusakan kendaraan saja.

Produk Mega Insurance menawarkan empat kategori produk asuransi bagi nasabah individu maupun korporasi. Berikut kategori produk yang ditawarkan Mega Insurance.

1. Mega Travel Care

Kategori ini merupakan Asuransi Perjalanan yang terdiri atas dua polis berdasarkan destinasi yaitu Mega Travel Care Domestik dan Mega Travel Care International. Masing-masing polis unggul dari sisi jaminan atau ganti rugi kerugian dari risiko kecelakaan hingga ketidaknyamanan selama perjalanan.

2. Mega International Health Care

Kategori produk ini menawarkan proteksi kesehatan yang optimal yang mana nasabah bisa melakukan klaim cashless di lebih dari 3.000 fasilitas kesehatan se-Asia.

3. Mega Rumah

Kategori asuransi rumah atau properti ini hanya tersedia satu polis yaitu Property All Risk (PAR). Namun, tersedia perluasan jaminan bagi nasabah yang ingin mendapatkan jaminan ganti rugi dari pengecualian risiko.

4. Mega Kendaraan

Kategori asuransi kendaraan dari Mega Insurance terdiri atas asuransi kendaraan comprehensive (all risk) dan asuransi kendaraan total loss only (TLO). pertanggungan atau jaminan ganti rugi yang diberikan sesuai dengan polis yang dibeli nasabah.

 

Daftar Polis Mega Insurance

Mega Insurance memang terbatas dalam produk dan polis sebagai asuransi umum (kerugian). Berikut pilihan polis Mega Insurance.

Asuransi Mega Travel Care

Asuransi Perjalanan Domestik

Polis asuransi perjalanan yang memberikan solusi finansial atas risiko kehilangan bagasi, pembatalan perjalanan, evakuasi medis, dan risiko lainnya yang mungkin terjadi selama perjalanan di dalam negeri.

  • Uang santunan jika terjadi kecelakaan diri yang mengakibatkan meninggal dunia, cacat tetap total, biaya pengobatan, evakuasi medis, dan pengembalian jenazah.
  • Uang penggantian jika terjadi ketidaknyamanan selama perjalanan, seperti kehilangan bagasi, kehilangan deposit, pembatalan perjalanan, pengurangan perjalanan, dan pembajakan pesawat udara.
  • Jaminan perluasan yang memberi perlindungan kepada isi rumah akibat kebakaran dan tanggung jawab hukum pribadi terhadap pihak ketiga.
  • Batasan usia tertanggung adalah 45 hari sampai dengan 70 tahun.
  • Untuk usia tertanggung antara 71 tahun hingga 80 tahun, jaminan menjadi 75% dan dikenakan tambahan premi sebesar 25%.
  • Periode asuransi perjalanan maksimum 90 hari untuk satu kali perjalanan, yang dilakukan bukan untuk perawatan medis.
  • Mega Insurance tidak menjamin rute satu kali perjalanan (one way).
  • Berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).
  • Mega Insurance tidak memberlakukan pengembalian premi untuk polis yang dibatalkan, kecuali dibatalkan dan diganti dengan polis yang baru.
Asuransi Mega Travel Care

Asuransi Perjalanan Internasional

Polis asuransi perjalanan yang memberikan solusi finansial atas risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan ke luar negeri, serta manfaat tambahan Golf Equipment Benefit (kehilangan atau kerusakan peralatan golf). 

  • Uang santunan jika terjadi kecelakaan diri yang mengakibatkan meninggal dunia, cacat tetap total, biaya pengobatan, biaya perawatan lanjutan di dalam negeri, santunan tunai di rumah sakit, santunan tunai rawat inap ICU, evakuasi medis darurat, biaya perjalanan darurat.
  • Uang penggantian untuk kehilangan bagasi, keterlambatan bagasi, keterlambatan penerbangan, biaya akomodasi akibat keterlambatan penerbangan, penundaan perjalanan, penerbangan overbooked.
  • Jaminan pelunasan yang memberi perlindungan kepada isi rumah akibat kebakaran, golf equipment benefit, perpanjangan polis otomatis, perlindungan kartu kredit, dan risiko sendiri asuransi atas penyewaan mobil.
  • Batasan usia tertanggung dewasa adalah maksimum 70 tahun.
  • Batasan usia tertanggung anak adalah 45 tahun hingga 70 tahun.
  • Untuk usia tertanggung antara 71 tahun hingga 80 tahun, jaminan menjadi 75% dan dikenakan tambahan premi sebesar 25%.
  • Periode asuransi perjalanan maksimum
  • Batasan usia tertanggung adalah 45 hari sampai dengan 70 tahun.
  • Untuk usia tertanggung antara 71 tahun hingga 80 tahun, jaminan menjadi 75% dan dikenakan tambahan premi sebesar 25%.
  • Periode asuransi perjalanan maksimum 90 hari untuk satu kali perjalanan, yang dilakukan bukan untuk perawatan medis.
  • Mega Insurance tidak menjamin rute satu kali perjalanan (one way).
  • Berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).
  • Mega Insurance tidak memberlakukan pengembalian premi untuk polis yang dibatalkan, kecuali dibatalkan dan diganti dengan polis yang baru.
Asuransi Mega International Health Care

Asuransi Mega International Health Care

Polis asuransi kesehatan yang memberikan solusi finansial berupa manfaat rawat inap di seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat.

  • Kebebasan dalam memilih cakapan perlindungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.
  • Perlindungan menyeluruh terhadap segala jenis kondisi medis mulai dari penyakit kronis, kecelakaan, hingga biaya kemoterapi.
  • Uang pertanggungan layanan cashless untuk rawat jalan di 3 ribu klinik yang tersebar di 26 kota seluruh Asia.
  • Evakuasi medis dan repatriasi.
Asuransi Mega Rumah

Asuransi PAR

Polis asuransi umum yang memberikan solusi finansial terhadap risiko kerugian pada bangunan dan seluruh isi rumah atau harta benda di dalamnya.

  • Proteksi menyeluruh (PAR) yang mencakup bangunan dan isi di dalamnya apabila terjadi kebakaran, kerusuhan, banjir, kebongkaran, angin topan, gempa bumi, tsunami, hingga kejatuhan pesawat terbang.
  • Perluasan jaminan yang menanggung biaya sewa/akomodasi sementara akibat bencana yang dijamin oleh PAR, yaitu 10% dari jumlah harga pertanggungan maksimum Rp150 juta.
  • Perluasan jaminan yang menanggung tanggung jawab hukum pihak ketiga, yaitu 10% dari jumlah harga pertanggungan maksimum Rp. 50 juta per kejadian dan in aggregate selama periode pertanggungan, radius maksimum 15 meter dari lokasi hanya untuk risiko kebakaran.
  • Perluasan Asuransi Kecelakaan Diri (personal accident) Rp5 juta untuk setiap orang per kejadian dan maksimum Rp25 juta per tahun. Hanya untuk pemilik rumah dan keluarganya maksimal lima orang.
  • Tidak pernah mengalami kerugian selama 5 tahun terakhir, termasuk kerugian karena banjir.
  • Nilai pertanggungan maksimum Rp5 miliar.
  • Tidak Terletak di daerah pasar tradisional.
  • Tidak terletak di daerah rawan banjir.
  • Periode maksimum 1 (satu) tahun
  • Hanya untuk konstruksi kelas I
  • Hanya untuk daerah pemukiman
Asuransi Mega Kendaraan 

Asuransi Kendaraan Total Loss Only (TLO)

Asuransi kendaraan Mega Insurance yang memberikan pertanggungan jika terjadi risiko kerugian mulai dari 75 persen dengan persyaratan maksimum usia kendaraan lima tahun hingga akhir masa asuransi TLO.

  • Uang pertanggungan kendaraan bermotor jika biaya perbaikan di atas 75%.
  • Pertanggungan terhadap pihak ketiga berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Perlindungan untuk penumpang dan pengemudi dalam Personal Accident sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Pertanggungan berupa layanan perbaikan kendaraan terbaik.
  • Maksimum usia kendaraan hingga akhir periode asuransi adalah sepuluh tahun.
  • Hanya untuk penggunaan kendaraan pribadi atau dinas non komersial dengan plat hitam.
  • Untuk polis long term, harga setiap tahunnya disesuaikan dengan kategori harga kendaraan dengan penyusutan harga pertanggungan ditahun yang berjalan.
Asuransi Mega Kendaraan 

Asuransi Kendaraan Comprehensive (All Risk)

Asuransi kendaraan Mega Insurance yang memberikan perlindungan menyeluruh baik kerugian dalam skala kecil ataupun skala besar. Maksimal usia kendaraan adalah sepuluh tahun hingga akhir masa asuransi Comprehensive.

  • Uang pertanggungan kendaraan mobil jika kerusakan menyeluruh (total loss) atau sebagian (partial loss).
  • Pertanggungan terhadap pihak ketiga berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Perlindungan untuk penumpang dan pengemudi dalam Personal Accident sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Pertanggungan berupa layanan perbaikan kendaraan terbaik.
  • Maksimum usia kendaraan hingga akhir periode asuransi adalah lima tahun.
  • Hanya untuk penggunaan kendaraan pribadi atau dinas non komersial dengan plat hitam.
  • Untuk polis long term, harga setiap tahunnya disesuaikan dengan kategori harga kendaraan dengan penyusutan harga pertanggungan ditahun yang berjalan.
 

Berita Terbaru Mega Insurance

Mei 2020 - Mega Insurance menggandeng HaloDoc dalam memberikan layanan kepada nasabah. Kali ini produk Mega Kesehatan Employee Benefit (EB) menjadi hasil kolaborasi tersebut. Asuransi kumpulan (karyawan) ini diharapkan memberi kemudahan karyawan perusahaan dalam mendapatkan akses kesehatan.

Mei 2018 - PT Asuransi Umum Mega Tbk atau Mega Insurance resmi bekerja sama dengan JTrust Olympindo Multifinance untuk menghadirkan tiga produk asuransi multiguna, mencakup asuransi renovasi rumah dan pendidikan, asuransi kendaraan bermotor dan alat pertanian, serta pembiayaan refinancing mobil untuk kendaraan roda empat ke atas.

Dilansir oleh Detik Finance, Kazuyuki Matsuoka selaku President Director JTrust Olympindo Multifinance menjelaskan bahwa dengan hasil kerja sama ini, diharapkan seluruh konsumen dari kedua perusahaan dapat merasakan manfaatnya.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Mega Insurance, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance) merupakan perusahaan asuransi umum yang semula bernama PT Asuransi Republik. Pengalihan saham kepada Para Group melalui PT Mega Corpora meresmikan nama Mega Insurance pada 2014.

Menjadi bagian dari Para Group (kini bernama CT Corpora), Mega Insurance memiliki sister company termasuk Bank Mega, Bank Sulut, Bank Sulteng, PFI Mega Life, Trans TV, Trans 7, Detikcom, hingga jaringan hotel dan restoran.

Produk yang ditawarkan Mega Insurance terbatas dalam 4 kategori yaitu asuransi perjalanan, asuransi kendaraan bermotor, asuransi kesehatan, dan asuransi rumah atau properti.

Mega Insurance dengan PFI Mega Life memiliki keterkaitan perihal induk usaha. Masing-masing perusahaan asuransi ini dinaungi CT Corp, grup perusahaan media di Indonesia. Perbedaan PFI Mega Life dengan Mega Insurance terletak pada produk yang ditawarkan.

PFI Mega Life menawarkan produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, unit link, dan unit link syariah. Mega Insurance menawarkan produk asuransi umum (kerugian) yang secara sederhana diartikan sebagai perusahaan yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan aset.

Mega Insurance telah memiliki produk atau unit syariah dalam melayani nasabah. Pada 7 Mei 2007, PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance) resmi memiliki cabang usaha dengan prinsip syariah sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. KEP-095/KM.10/2007.

Mega Insurance AdMedika adalah provider atau fasilitas kesehatan yang melayani nasabah asuransi kesehatan melalui jaringan AdMedika. Sekadar informasi, AdMedika bukanlah perusahaan asuransi, melainkan pihak ketiga yang mengurus administrasi nasabah asuransi kesehatan Mega Insurance di rumah sakit rekanan.

Keunggulan Mega Travel Insurance, dalam hal ini asuransi perjalanan internasional cukup lengkap. Risiko kecelakaan diri dan ketidaknyamanan selama perjalanan menjadi manfaat atau pertanggungan utama. Hal ini tentu menjadi nilai plus karena rata-rata perusahaan asuransi umum menjadikan ketidaknyamanan perjalanan sebagai manfaat tambahan.

Berikut risiko utama yang ditanggung Mega Travel Care Insurance.

  1. Kecelakaan Diri
  • Meninggal dunia dan cacat tetap akibat kecelakaan
  • Santunan tunai meninggal dan cedera akibat kecelakaan
  • Biaya pengobatan dan perawatan medis
  • Biaya perawatan medis akibat kecelakaan dan sakit
  • Perawatan lanjutan di dalam negeri
  • Santunan tunai di rumah sakit
  • Santunan tunai rawat inap ICU
  • Santunan tunai rawat inap dalam negeri
  • Evakuasi medis darurat dan pengembalian jenazah (repatriasi)
  • Evakuasi medis darurat
  • Pengembalian jenazah
  • Kunjungan perjalanan
  • Kunjungan perjalanan apabila rawat inap lebih 5 hari
  • Kunjungan perjalanan apabila meninggal dunia
  • Pengembalian anak
  • Biaya perjalanan darurat.
  1. Ketidaknyamanan Selama Perjalanan
  • Kehilangan bagasi dan harta benda pribadi
  • Keterlambatan bagasi
  • Keterlambatan penerbangan
  • Biaya akomodasi akibat keterlambatan penerbangan
  • Kehilangan deposit dan pembatalan perjalanan
  • Pengurangan perjalanan
  • Pengurangan perjalanan karena rawat inap lebih dari 5 hari
  • Pembajakan pesawat udara
  • Kehilangan dokumen perjalan dan uang
  • Ketidaksinambungan perjalanan pesawat
  • Penundaan perjalanan
  • Penerbangan overbooked
  • Evakuasi medis dan repatriasi

Syarat dan ketentuan Mega Travel Care Insurance:

  • Batasan usia untuk peserta travel: maksimal 70 tahun (dewasa), anak 45 hari-18 tahun.
  • Peserta usia 71-80 tahun hanya mendapatkan manfaat dari masing-masing sebesar 75% dan dikenakan premi tambahan 25%.
  • Periode asuransi perjalanan maksimum 90 hari untuk satu kali perjalanan yang dilakukan bukan untuk perawatan medis.
  • Tidak ada pengembalian premi untuk polis yang dibatalkan kecuali dibatalkan dan diganti dengan polis yang baru.

Mega Insurance Kesehatan adalah produk asuransi kesehatan dari Mega Insurance. Sebagai perusahaan asuransi umum, Mega Insurance hanya memiliki satu polis asuransi kesehatan yaitu Mega International Health Care. Keunggulan dari produk ini yaitu:

  • Kebebasan bagi nasabah memilih proteksi yang sesuai kebutuhan.
  • Proteksi maksimal yaitu penyakit kronis, kecelakaan, hingga kemoterapi untuk pengobatan penyakit kritis.
  • Rawat jalan di lebih dari 3.000 klinik di 26 kota se-Asia.
  • Tersedia layanan darurat seperti ambulans.

Mega Insurance rawat jalan adalah manfaat asuransi kesehatan dari Mega International Health Care. Manfaat ini adalah jaminan biaya sebelum rawat inap atau pascaoperasi. Nominal rawat jalan disesuaikan dengan yang tercantum dalam polis.

e-Polis Mega Insurance adalah fitur online bagi nasabah asuransi Mega Insurance. Fitur ini menawarkan kemudahan bagi pemilik polis Mega Medical Care, Mega Proteksi Diri, dan Mega Medical Plus.

Lewat e-Polis Mega, nasabah bisa dengan mudah menemukan berbagai informasi termasuk cara klaim.

Asuransi Perjalanan Tahunan (Annual) adalah asuransi perjalanan yang dirancang untuk nasabah yang rutin melakukan perjalanan. Biasanya, asuransi perjalanan tahunan menetapkan minimal perjalanan yang dilakukan yaitu lebih dari tiga kali dalam setahun.

Periode polis asuransi ini berlaku setahun, artinya nasabah akan terlindungi selama setahun dari berbagai risiko perjalanan baik wisata ataupun bisnis.

Meski temponya lebih dari 3 kali perjalanan, tetap ada durasi maksimal yaitu 90 hari per tahun. Melihat ciri-ciri dan ketentuan asuransi perjalanan tahunan ini, maka polis Mega Travel Care Insurance masuk kategori asuransi perjalanan tahunan.

Penggantian biaya setiap produk dan plan yang diambil oleh nasabah Mega Insurance berbeda-beda. Terdapat dua metode penggantian yang ditawarkan oleh Mega Insurance, yaitu cashless dan reimbursement.

Sementara untuk asuransi jiwa dapat dilakukan dengan cara penggantian sekaligus dan berkala, sesuai dengan perjanjian dan yang tercatat dalam polis asuransi.

Pembelian Mega Insurance dapat dilakukan secara online melalui MICC (Mega Insurance Contact Center) (021) 29803333 atau melalui surel di [email protected] Selain melalui MICC, Anda juga bisa mendapatkan produk Mega Insurance melewati broker asuransi berbasis online seperti Lifepal.

Cari tahu premi asuransi Mega Insurance dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi Mega Insurance bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Silakan menghubungi call center Mega Insurance, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Cara klaim asuransi Mega Insurance disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Silakan cek pada situs megainsurance.co.id untuk mengetahui panduan klaim asuransi dari Mega Insurance.

Berikut bengkel rekanan Mega Insurance di beberapa provinsi di Indonesia yang disadur dari situs resmi Mega Insurance. 

Jakarta

  • Mobilindo Putra Sentosa (B2M) Jl. Outer Ring Road Puri Cengkareng Jakarta Barat
  • New Beringin Jl. Panjang ( Arjuna Selatan ) No.10 Samping Tol Kebon Jeruk Jakarta Barat
  • Karyakita Putra Sejahtera, Jl. Gunung Sahari Ancol No. 17, Jakarta Pusat
  • Trieka Sentosa Motor Jl. A Karang Anyar No.3 Jakarta Pusat 10740
  • Buana Sakti Aneka Motor, Jl.Warung Buncit Raya No.109 Jakarta Selatan
  • Gema Mitra Abadi Jl.Tanjung Barat Raya No 145 – B Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • Ben Agung Motor (Daihatsu-Isuzu) Jl. Dewi Sartika No. 298 A Cawang II Jakarta Timur 13630
  • Dua Bintang Sada Arih (Auto Star) Jl. Masjid No.19 Raya Bogor Km 24 Jakarta Timur 13750
  • Bengkel Garasi Jl. Pegangsaan 2 No.88 Kelapa Gading Jakarta Utara

Jawa Barat 

  • Auto Artha Cibening No.22 Samping Kalimalang Residence Bekasi 17136, Bekasi
  • Dharma Motor Jl. Raya Jatibening Estate No. 91 Jati Kramat Pondok Gede 17421, Bekasi
  • Makmur Jaya Motor, Jl.Pajajaran No.15 A Bogor 16142, Bogor

Banten 

  • Cams Jl.Buaran Raya ( Rawa Buntu ) No.8 BSD City, Tangerang
  • Daya Cemerlang Karya Abadi, Jl. Raya Serpong No.188, (Depan RS. Asobirin) BSD, Tangerang
  • Dua Sekawan Motor Jl. Imam Bonjol I No.26 & 39 Karawaci Tangerang

Mega Insurance memiliki 739 rekanan rumah sakit dan klinik yang tersebar di seluruh Indonesia. Berikut sejumlah rumah sakit rekanan Mega Insurance berdasarkan provinsi. 

Jakarta

  • RS Siloam Kebon Jeruk, (021) 25677888/5300889/5300889, Jl. Raya Perjuangan Kav. 8, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 
  • RS Pondok Indah Puri Indah, (021) 25695222/25695200, Jl. Puri Indah Raya Blok S2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. 
  • RS Jantung Harapan Kita, (021) 5684093/5684085, Jl. Letjen S Parman Kav.87, Slipi, Jakarta Barat. 
  • RS Husada, (021) 6260108/6490090, Jl. Raya Mangga Besar 137-139, Jakarta Pusat. 
  • RS Jakarta Eye Center, (021) 29221000021/31935600, Jl. Cik Ditiro 46, Menteng, Jakarta Pusat. 
  • RS Pertamina Jaya, (021) 4204056/4211911, Jl. A. Yani No. 2, Jakarta Pusat. 
  • RS Gandaria, (021) 7250718/ 7203311, Jl. Gandaria Tengah II, No 12-14, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 
  • RS Pusat Pertamina, (021) 7219555, Jl. Kyai Maja 43, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 
  • RS Siloam Simatupang, (021) 2953 1900 ext 22601, Jl. RA Kartini No. 8 Cilandak, Jakarta Selatan. 
  • RS Harapan Jayakarta, (021) 4603916/4601371/46822879, Jl. Bekasi Timur Raya No.6 KM.18, Pulo Gadung, Jakarta Timur. 
  • RS Hermina Jatinegara, (021) 8191223/8504371, Jl. Raya Jatinegara Barat No 126, Jakarta Timur. 
  • RS Omni Medical Center, (021) 4722719/2977 9999, Jl. Pulo Mas Barat VI, No. 20, Jakarta Timur.

Jawa Barat 

  • RSIA Hermina Pasteur, (022) 6072525, Jl. Dr. Djundjunan No. 107, Pasteur, Bandung, Jawa Barat. 
  • RS Citra Harapan, (021) 88870606/88870909/88865792-93, Jl. Raya Harapan Indah Kaw. Sentra Niaga No. 3-5, Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat. 
  • RS Islam Bogor, (0251) 8316822/834713, Jl. Perdana Raya No. 22, Budi Agung, Kedung Badak, Bogor, Jawa Barat. 
  • RS Sumber Kasih, (0231) 203815, Jl. Siliwangi No. 135, Cirebon, Jawa Barat. 
  • RS Citra Sari Husada, (0267) 437507/8617972, Jl. Raya Kosambi, Telagasari, KM. 3, Klari, Karawang Timur, Jawa Barat. 

Jawa Tengah

  • RS Permata Medika, (024) 7625005/7618800/7626571, Jl. MR. Moch. Ichsan, No. 93-97, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah. 
  • RS Islam Surakarta, (0271) 7105710271/725134, Jl. A. Yani Pabelan Kartasura, Solo, Jawa Tengah. 
  • RS Nahdlatul Ulama Jombang, (0321) 878700, Jl. KH. Hasyim Ashari No. 211, Jombang, Jawa Tengah. 
  • RS Hermina Tangkuban Perahu Malang, (0341) 325082/ 354845/460341/354844/8, Jl. Tangkuban Perahu No. 33, Malang, Jawa Tengah. 
  • RS Bunda Surabaya, (031) 7442220/7440077/7400694, Jl. Raya Kandangan No. 23-24, Benowo, Surabaya, Jawa Tengah. 

Jawa Timur

  • RS Permata Bunda Malang, (0341) 487487/407462, Jl. Soekarno Hatta No. 75, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur. 
  • RS Mitra Keluarga Waru, (031) 8543111/8542111, Jl. Raya Letjen S. Parman No. 8, Sidoarjo, Jawa Timur. 
  • RS Bhakti Rahayu Surabaya, (031) 8295922/8291799/8299217/23, Jl. Ketintang Madya I, Surabaya, Jawa Timur. 
  • RS Semen Gresik, (031) 3987840/3989478/3975847, Jl. RA Kartini No. 280, Gresik, Jawa Timur. 
  • RS Bina Sehat, (0331) 422701/424304/421713, Jl, Jayanegara No. 7, Jember, Jawa Timur.

Sumatera 

  • RS Selaguri, (0751) 33010/21953, Jl. A Yani. No. 26, Padang, Sumatera Barat.
  • RS Latersia, (061) 8829588/8829788, Jl. Soekarno Hatta, KM. 18, No. 451, Binjai, Sumatera Utara. 
  • RS Bunda Thamrin Medan, (061) 4553928,88813615/4557318/4557218,4553918, Jl. Sei Batang Hari No. 28/30, Medan, Sunggal, Sumatera Utara. 
  • RS Pusri, (0711) 712222/712111, Jl. Mayor Zen, Komplek Pusri No. 1, Palembang, Sumatera Selatan. 
  • RS Santo Antonio, (0735) 320395/322418/324700, Batu Raja, Sumatera Selatan. 

Kalimantan

  • RS Mitra Medika Pontianak, (0561) 584888, Jl. Sultan Abdurrahman No. 25, Pontianak, Kalimantan Barat. 
  • RS Santo Vincentius Singkawang, (0562) 631108, Jl. P. Diponegoro No. 5, Singkawang, Kalimantan Barat. 
  • RS Islam Banjarmasin, (0511) 3350332/3354896/3350335, Jl. Let Jen S Parman GG. Purnama No. 1, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 
  • RS Ciputra Mitra Hospital, (0511) 6743999, Jl. A. Yani. KM 7,8, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 
  • RS Pertamina Balikpapan, (0542) 7517485/734020/21, Jl. Jendral Sudirman No. 1, Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Sulawesi

  • RS Stella Maris Makassar, (0411) 871391/873346, Jl. Somba Opu No. 273, PO Box 122, Makassar, Sulawesi Selatan. 
  • RS Advent Manado, (0431) 847950/858429, Jl. 14 Februari No. 1, Teling Atas, Manado, Sulawesi Utara. 
  • RS AT Medika, (0471) 21596, Jl. Andi Jemma No.09, Palopo, Sulawesi Selatan. 
  • RS Fatima Pare-Pare, (0421) 21847, Jl. Ilhamv Kontak Pos 12, Pare Pare, Sulawesi Selatan. 
  • RS Siloam Hospitals Manado, (0431) 7290900, Jl. Sam Ratulangi No.22, Manado, Sulawesi Utara. 

Maluku 

  • RS Bhakti Rahayu Ambon, (0911) 342746, Jl. Batu Kerb Au, Belakang RRI, Maluku, Ambon. 

Papua

  • RS Pertamina Sorong, (0951) 321362,/321581, Jl. Ahmad Yani No. 13, Sorong, Papua. 
  • RS Mutiara Sorong, (0951) 327433/324593/332061, Jl. Maleo, No. 2-A, Sorong, Papua.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menutup Mega Insurance, diantaranya adalah dengan:

  • Pengajuan penutupan polis asuransi melalui agen atau broker Mega Insurance yang dulu membantu Anda. 
  • Pengajuan penutupan polis asuransi dengan datang langsung ke kantor cabang atau kantor pusat Mega Insurance. 
  • Hubungi call center Mega Insurance untuk mengajukan penutupan polis.

Sebelum mengajukan penutupan polis, siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Umumnya Anda akan dikenakan biaya apabila penutupan polis dilakukan sebelum jatuh tempo.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Mega Insurance. Hanya saja, Mega Insurance tidak mencantumkan informasi mengenai keagenan perusahaan asuransi dalam situs resminya. 

Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Mega Insurance dengan calon nasabah.

Layanan nasabah atau call center Mega Insurance dapat dicapai dengan berbagai media. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai produk-produk Mega Insurance, pengajuan klaim Mega Insurance, dan hal-hal terkait lainnya, hubungi kontak berikut.

  • Customer Care Centre:  Menara Bank Mega lt. 18 | Jl. Kapt. Tendean 12-14A, Jakarta Selatan, 12790
  • Mega Insurance Call Center (MICC): (021) 29803333
  • Email: [email protected]
  • Website: megainsurance.co.id
  • Faksimili: (021) 29958866

Layanan Mega Insurance 

  • E-Polis: Layanan informasi terkait polis Mega Insurance dapat diakses secara online melalui e-polis.megainsurance.co.id.

Mega Insurance memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di wilayah Indonesia. Hingga 2018, Mega Insurance berkantor pusat di Jakarta dan memiliki sejumlah kantor cabang di wilayah lainnya.

Alamat Kantor Pusat Mega Insurance 

PT ASURANSI UMUM MEGA 

Menara Bank Mega Lt. 18,

Jl. Kapten Tendean 12-14 A, 

Jakarta Selatan 12790 – Indonesia

Telp: (021) 7917 5588 / 7917 5024 / 7917 5018

www.megainsurance.co.id. 

Alamat Kantor Cabang Mega Insurance

  • Mega Insurance Surabaya Ruko Embong Kemiri Square,  Jl. Embong Kemiri No. 2G-2H, RT 002/RW 004, Surabaya 60271 (031) 547 9990 / 535 99901. 
  • Mega Insurance Medan Komp. Grand Jati Junction No.T3A,  Jl. Perintis Kemerdekaan,  Medan 20218 (061) 4531316 / 4531318 / 4531387. 
  • Mega Insurance Bandung Menara Bank Mega Bandung, Jl. Gatot Subroto No. 283, Bandung (022) 8734 0968 / 8734 0969
  • Mega Insurance Pekanbaru Bank Mega KC Pekanbaru Lt. 5,  Jl. Jend. Sudirman No. 351,  Pekanbaru 28115 (0761) 35 594 / 36 930. 
  • Mega Insurance Lampung  Bank Mega KC Lampung Lt.3, Jl.Laksamana Malahayati No. 8 Bandar Lampung (0721) 240 501 / 266 753. 

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.megainsurance.co.id/
  • https://www.megainsurance.co.id/po-content/files/FINANCE-REPORT-20190429110900.pdf
  • https://news.detik.com/berita/d-5033881/gandeng-halodoc-mega-insurance-permudah-layanan-asuransi-karyawan
  • https://finance.detik.com/moneter/d-4543380/gandeng-jtrust-olympindo-mega-insurance-tawarkan-3-produk-menarik?_ga=2.211961040.590954090.1580378272-2062412526.1579057045
Avatar
Penulis Clara Naomi Penulis artikel lifestyle yang terjun ke dunia finansial. Di sini memiliki satu tujuan, yaitu menulis untuk menginspirasi pembaca agar merdeka secara finansial Lihat profile penulis