Asuransi Mobil ACA

4.6
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Mobil ACA 

Asuransi mobil ACA adalah asuransi kendaraan yang ditawarkan oleh PT Asuransi Central Asia dengan pertanggungan terhadap risiko kerusakan total hingga sebagian atas mobil tertanggung. Asuransi mobil ACA dikenal dengan nama Otomate menawarkan manfaat proteksi atas kerugian akibat kerusakan, kehilangan, atas kendaraan. Otomate sendiri terbagi menjadi tiga plan yang berbeda, yaitu Otomate dan Otomate Smart untuk asuransi kendaraan TLO dan Otomate Solitaire untuk asuransi all risk

Kelebihan dan kekurangan asuransi mobil ACA

  • (+) Terdapat manfaat mobil pengganti yang dapat digunakan ketika mobil sedang dalam masa perbaikan. 
  • (+) Manfaat asuransi mobil ACA terbilang cukup lengkap, termasuk mobil dan ambulans. 
  • (+) Terdapat layanan pengambilan dan pengantaran mobil ke tempat nasabah. 
  • (+) Pelayanan survey klaim dapat dilakukan secara langsung di tempat nasabah. 
  • (+) Nasabah dapat mengetahui layanan bengkel rekanan melalui aplikasi ACA New Travel Save.

Sekilas tentang asuransi mobil ACA

Pertanggungan asuransi tersebut mencakup proteksi mobil, penggantian mobil baru, dan tanggung jawab pihak ketiga. Selain proteksi terhadap mobil, terdapat pula pertanggungan kecelakaan diri.

PT Asuransi Central Asia atau dikenal juga sebagai asuransi ACA telah berdiri sejak tahun 1956 dan berfokus pada layanan asuransi umum.

Setelah berdiri selama lebih dari 60 tahun, ACA telah memiliki 41 kantor cabang dan 22 kantor perwakilan yang tersebar luas di wilayah Indonesia. Berdasarkan laporan tahunan per Desember 2018, perusahaan asuransi ACA ditetapkan sebagai salah satu perusahaan asuransi nasional dengan jumlah aset terbesar, yaitu mencapai Rp9,40 triliun. 

Mengacu pada pertanggungan yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa manfaat dasar untuk proteksi kendaraan yang diberikan oleh asuransi mobil ACA terbilang cukup lengkap. Hanya saja, layanan nasabah yang ditawarkannya masih terbilang sangat terbatas, sebab informasi pada laman situs terbilang terbatas sehingga calon nasabah harus menghubungi call center ACA. 

Selain asuransi mobil, terdapat pula asuransi perjalanan ACA dan asuransi kesehatan ACA yang bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan produk perlindungan yang lain.

 

Asuransi mobil ACA terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil Garda Oto yang bisa dipertimbangkan. 

ASuransi Mobil ACA
Otomate
Produk asuransi kendaraan bermotor yang memberikan perlindungan terbaik untuk mobil dan manfaat kecelakaan diri. 
Asuransi Mobil ACA
Otomate Smart
Produk asuransi kendaraan bermotor yang memberikan pertanggungan berupa penggantian mobil baru untuk mobil berusia kurang dari 6 bulan. 
Asuransi Mobil ACA
Otomate Solitaire
Produk asuransi kendaraan bermotor yang memberikan pertanggungan berupa penggantian mobil baru untuk mobil berusia kurang dari 12 bulan. 
 

Asuransi mobil ACA memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan masing-masing polis asuransi mobil ACA, premi, dan cara pembeliannya. 

Pertanggungan asuransi mobil ACA dapat dibedakan berdasarkan jenis plan yang dipilih. Untuk jangka waktu pertanggungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu satu tahun, kurang dari satu tahun, atau bahkan lebih dari satu tahun. Berikut pertanggungan asuransi mobil ACA berdasarkan jenis produknya. 

Asuransi Otomate 

Produk asuransi kendaraan ACA ini memberikan pertanggungan atas risiko kerugian mobil mencakup penggantian mobil, perbaikan darurat, mobil derek, dan layanan ambulans. Berikut manfaat yang diberikan: 

  • Manfaat new for old atau penggantian baru untuk mobil yang berusia kurang dari atau sama dengan 6 bulan atas risiko kehilangan atau kerugian total. 
  • Manfaat jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga hingga Rp50 juta. 
  • Manfaat jaminan kerugian mobil akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase. 
  • Manfaat jaminan kerugian mobil akibat banjir, huru-hara, banjir, angin topan, dan gempa bumi hingga 10 persen dari Uang Pertanggungan (UP). 
  • Manfaat jaminan kecelakaan diri untuk maksimal 5 orang hingga Rp10 juta. 
  • Manfaat layanan ambulans apabila tertanggung mengalami kecelakaan yang menyebabkan adanya korban jiwa hingga Rp1 juta per kejadian. 
  • Manfaat penyediaan mobil pengganti maksimal 5×24 jam. 
  • Manfaat fasilitas pengambilan dan pengantaran mobil saat mobil sebelum dan sudah diperbaiki. 
  • Manfaat fasilitas untuk membantu nasabah menangani keadaan darurat atau kerusakan kendaraan di lokasi. 

Asuransi Otomate Smart 

Produk asuransi kendaraan ACA ini memberikan pertanggungan atas risiko kerugian mobil dengan Uang Pertanggungan (UP) yang lebih rendah dibandingkan plan sebelumnya. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut: 

  • Manfaat new for old atau penggantian baru untuk mobil yang berusia kurang dari atau sama dengan 6 bulan atas risiko kehilangan atau kerugian total. 
  • Manfaat jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga hingga Rp25 juta. 
  • Manfaat layanan ambulans apabila tertanggung mengalami kecelakaan yang menyebabkan adanya korban jiwa hingga Rp1 juta per kejadian. 
  • Manfaat penyediaan mobil pengganti maksimal 5×24 jam. 
  • Manfaat fasilitas pengambilan dan pengantaran mobil saat mobil sebelum dan sudah diperbaiki.
  • Manfaat fasilitas untuk membantu nasabah menangani keadaan darurat atau kerusakan kendaraan di lokasi. 

Asuransi Otomate Solitaire 

Produk asuransi kendaraan ACA ini memberikan pertanggungan atas risiko kerugian mobil secarah menyeluruh dengan jaminan manfaat yang lengkap. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut: 

  • Manfaat new for old atau penggantian baru untuk mobil yang berusia kurang dari atau sama dengan 12 bulan atas risiko kehilangan atau kerugian total. 
  • Manfaat jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga hingga Rp75 juta. 
  • Manfaat jaminan kerugian mobil akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme dan sabotase. 
  • Manfaat jaminan kerugian mobil akibat banjir, huru-hara, banjir, angin topan, dan gempa bumi hingga 100 persen dari Uang Pertanggungan (UP). 
  • Manfaat jaminan kecelakaan diri untuk maksimal lima orang hingga Rp10 juta. 
  • Manfaat layanan ambulans apabila tertanggung mengalami kecelakaan yang menyebabkan adanya korban jiwa hingga Rp1 juta per kejadian. 
  • Manfaat penyediaan mobil pengganti maksimal 5×24 jam. 
  • Manfaat fasilitas pengambilan dan pengantaran mobil saat mobil sebelum dan sudah diperbaiki. 
  • Manfaat fasilitas untuk membantu nasabah menangani keadaan darurat atau kerusakan kendaraan di lokasi. 

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Premi untuk asuransi mobil bersifat tahunan, jadi pembayaran premi dilakukan satu kali untuk mendapatkan perlindungan selama setahun. Aturan yang menentukan harga premi untuk asuransi mobil pun akan dipengaruhi oleh berbagai faktor tergantung nilai pertanggungan dan wilayah tempat tinggal.

Untuk informasi terkait harga premi asuransi mobil ACA, silakan menghubungi call center  perusahaan asuransi ACA melalui nomor (021) 31999100 atau dan isi formulir kontak yang tersedia di situs resmi aca.co.id.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Asuransi mobil ACA menetapkan metode penggantian biaya reimbursement, yaitu nasabah harus terlebih dahulu membayarkan biaya bengkel. Setelah itu, biaya perbaikan akan diganti secara sekaligus atau bertahap oleh pihak perusahaan asuransi ACA. Sesuai dengan yang tertulis dalam polis, pihak perusahaan asuransi ACA akan melunasi pembayaran ganti rugi paling lama 30 hari sejak pengajuan klaim diterima. 

Sementara untuk manfaat asuransi mobil TLO dan comprehensive (all risk), perusahaan asuransi ACA akan mengirimkan timnya untuk melakukan survei terhadap kendaraan nasabah. Lalu, mobil akan dirujuk untuk melakukan proses perbaikan di bengkel rekanan tanpa harus mengeluarkan uang di muka. 

Asuransi mobil ACA dapat dibeli secara online, melalui situs resmi aca.co.id. Mari ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini: 

  • Kunjungi situs resmi ACA. 
  • Pilih “Beli” di bagian laman https://www.aca.co.id/Beli.
  • Lengkapi formulir untuk kemudian dihubungi oleh tim asuransi ACA. 
  • Kemudian ikuti langkah-langkah yang diminta

Untuk informasi terkait produk asuransi yang diinginkan, sila menghubungi call center ACA melalui nomor (021) 31999100.

Atau, jika ingin lebih berimbang dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi mobil ACA saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi mobil ACA dapat dilakukan dengan cara cek, bilyet giro, transfer atau cara lainnya yang disepakati antara nasabah dengan perusahaan, dalam hal ini adalah perusahaan asuransi ACA. Sementara untuk pelunasan pembayaran premi harus dilakukan pada saat polis telah diterbitkan.  

Setelah melakukan pembayaran, simpan bukti pembayaran dan kirim ke pihak asuransi ACA melalui email di [email protected]

Pengajuan klaim asuransi mobil ACA terbagi atas dua kategori yang berbeda dan disesuaikan dengan jenis pertanggungan yang diberikan. Berikut penjelasannya. 

Langkah-langkah klaim untuk kerugian total 

  • Hubungi call center ACA melalui nomor (021) 31999100 selambat-lambatnya lima hari setelah terjadi kerugian. 
  • Mengunjungi kantor cabang ACA untuk melakukan cek fisik dan foto kendaraan.
  • Menandatangani Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor (LKKB). 
  • Menyerahkan segala dokumen yang diperlukan. 
  • Pembayaran klaim akan cair selambatnya 30 hari setelah pengajuan klaim disetujui. 

Langkah-langkah klaim untuk kerugian parsial (sebagian): 

  • Hubungi call center ACA melalui nomor (021) 31999100 selambat-lambatnya lima hari setelah terjadi kerugian. 
  • Mengunjungi kantor cabang ACA untuk melakukan cek fisik dan foto kendaraan.
  • Menandatangani Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor (LKKB). 
  • Menyerahkan segala dokumen yang diperlukan. 
  • Melakukan serah terima Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) ke bengkel rekanan ACA yang ditunjuk. 
  • Tunggu proses perbaikan kendaraan

Perlu dipahami bahwa setiap perusahaan asuransi memiliki aturan yang berbeda terkait cara memperpanjangan polis. Itu sebabnya, sebaiknya pelajari dan tanyakan secara jelas informasi terkait perpanjang polis, dalam hal ini cara perpanjangan polis asuransi mobil ACA.

Secara umum, nasabah hanya perlu menyediakan dana yang sesuai dengan plan yang dipilih. Setelah itu, hubungi agen atau broker asuransi terkait, kemudian polis asuransi mobil ACA tersebut akan secara otomatis kembali berlanjut.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apa pun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika penutupan polis dilakukan saat manfaat pertanggungan telah aktif, maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Silakan menghubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil ACA.

Penutupan polis asuransi mobil ACA dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan yang tertulis pada polis, atau melalui cara umum seperti berikut. 

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak ACA akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.aca.co.id/home