Asuransi Mobil AXA

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62

Asuransi mobil AXA adalah produk asuransi kendaraan yang dimiliki oleh PT Asuransi AXA Indonesia. Adapun pertanggungan yang diberikan mencakup risiko kecelakaan, kebakaran, bencana alam, dan lain sebagainya. Sementara objek yang dipertanggungkan adalah mobil jenis kendaraan pribadi. 

Perlu dipahami bahwa asuransi mobil AXA merupakan bagian dan satu-satunya pertanggungan yang ditawarkan oleh asuransi kendaraan bermotor AXA. Asuransi AXA memiliki perluasan jaminan atau rider yang cukup lengkap, yaitu biaya derek, kehilangan kunci mobil, dan lain sebagianya. 

Hanya saja, jika mengacu pada laporan tahunan perusahaan di tahun 2018, PT Asuransi AXA Indonesia memiliki rasio kesehatan yang kurang baik. Sebab, rasio solvabilitas AXA Indonesia hanya mencapai 120 persen, sama dengan ketentuan pemerintah 120 persen. Secara sederhana, solvabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajibannya dengan menggunakan aset perusahaan. 

Asuransi mobil AXA terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan peserta asuransi. Mulai dari asuransi mobil dengan pertanggungan comprehensive dan total loss (TLO). Berikut pilihan polis asuransi mobil AXA yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Mobil AXA
SmartDrive Total Loss (TLO)
Produk asuransi mobil AXA yang memberikan jaminan penggantian atas risiko kerusakan total, yaitu kerusakan minimal 75 persen dari harga mobil.
Asuransi Mobil AXA
SmartDrive Comprehensive
Produk asuransi mobil AXA yang memberikan jaminan penggantian terhadap kerusakan sebagian maupun total.

Pertanggungan asuransi mobil AXA sangat bergantung pada jenis produk asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil AXA. 

Asuransi Mobil AXA SmartDrive Total Loss Only (TLO)

Produk asuransi mobil AXA ini menjamin risiko kerugian akibat tabrakan, benturan, tergelincir, kebakaran, bencana alam, perbuatan jahat, dan huru hara. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut. 

  • Penggantian biaya kerugian akibat kecelakaan seperti tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok. 
  • Penggantian biaya atas perbuatan jahat seperti pencurian, kekerasan, ancaman, dan lain sebagainya. 
  • Penggantian biaya jika terjadi kebakaran akibat sambaran petir dan kerusakan karena air. 
  • Manfaat penggantian total loss only (TLO) atau kerusakan total, yaitu kerusakan minimal 75 persen. 
  • Jaminan pertanggungan biaya atas Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TPL), tanggung jawab hukum penumpang, kecelakaan diri pengemudi, dan kecelakaan diri penumpang (Rider).
  • Pertanggungan biaya atas risiko kecelakaan diri (Rider).

Asuransi Mobil AXA SmartDrive Comprehensive 

Produk asuransi mobil AXA ini menjamin segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut. 

  • Penggantian biaya kerugian akibat kecelakaan seperti tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok. 
  • Penggantian biaya atas perbuatan jahat seperti pencurian, kekerasan, ancaman, dan lain sebagainya. 
  • Penggantian biaya jika terjadi kebakaran akibat sambaran petir dan kerusakan karena air. 
  • Manfaat penggantian all risk atau comprehensive atau segala jenis kerusakan, yaitu kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. 
  • Jaminan pertanggungan biaya atas Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TPL), tanggung jawab hukum penumpang, kecelakaan diri pengemudi, dan kecelakaan diri penumpang (Rider). 
  • Pertanggungan biaya atas risiko kecelakaan diri (Rider). 
  • Penggantian biaya taksi sebesar Rp100 ribu per hari maksimum lima hari (Rider). 
  • selama mobil dalam masa perbaikan (Rider). 
  • Penggantian biaya ambulans sebesar Rp500 ribu setahun (Rider). 
  • Penggantian biaya derek maksimal Rp500 ribu per kejadian (Rider).
  • Manfaat penggantian mobil baru apabila atau new for old untuk kendaraan yang berusia maksimum enam bulan sejak tanggal pembelian (Rider).

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil AXA, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Berikut adalah contoh harga premi asuransi mobil AXA yang bisa Anda pertimbangkan: 

  • SmartDrive Total Loss Only (TLO): Rp494 ribu per bulan. 
  • SmartDrive Comprehensive: Rp2,9 per tahun. 

Untuk informasi terkait ketentuan dan harga premi asuransi mobil AXA dapat menghubungi agen atau broker asuransi terkait. 

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil AXA, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi AXA.

Asuransi mobil AXA bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang AXA di kota Anda. Anda juga bisa membeli asuransi melalui call center AXA 1500733 atau mendaftar melalui situs resmi AXA pada laman mypage.axa.co.id. Setelah itu, AXA akan menghubungi Anda untuk proses pembelian polis yang Anda butuhkan.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Garda Oto saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.

Pengajuan klaim asuransi mobil AXA sebaiknya dilakukan sesegera mungkin sejak terjadinya kerugian. Untuk melakukan klaim, sila hubungi staf klaim asuransi AXA di nomor 1500 733 atau melalui email di [email protected]

Berikut adalah beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk mengajukan klaim: 

Dokumen Klaim Own Damage

  • Formulir klaim asuransi mobil AXA. 
  • Fotokopi laporan polisi. 
  • Hasil laporan surveyor.
  • Bukti foto kerusakan kendaraan dalam bentuk foto. 
  • Fotokopi STNK. 
  • Fotokopi SIM & KTP pengendara. 
  • Surat estimasi dan kuitansi dari bengkel. 
  • Surat yang telah ditandatangani tertanggung berisi konfirmasi kepuasan hasil perbaikan.
  • Fotokopi surat penawaran dari asuransi pihak ketiga terkait penyelesaian dan pembayaran klaim. 

Dokumen Klaim Total Loss 

  • Formulir klaim asuransi mobil AXA. 
  • Hasil laporan surveyor.
  • Hasil laporan investigator.
  • Fotokopi SIM dan KTP pengendara untuk klaim kerusakan.
  • Polis dan sertifikat asuransi AXA asli. 
  • STNK dan BPKB asli. 
  • Fotokopi kuitansi pembelian kendaraan. 
  • 3 rangkap kuitansi kosong beserta data kendaraan. 
  • Surat pembebasan dari perusakan leasing untuk pembelian secara kredit. 
  • Kunci kendaraan. 
  • Surat laporan polisi yang mengkonfirmasi peristiwa pencurian atau kendaraan tidak dapat ditemukan. 
  • Laporan asli dari POLSEK dan KADITSERSE. 
  • Surat asli pemblokiran STNK. 
  • Dokumen yang telah ditandatangani terkait persetujuan pembayaran klaim dan pelepasan tuntutan (claim discharge).

Dokumen Klaim Tuntutan Pihak Ketiga

  • Formulir klaim asuransi mobil AXA. 
  • Invoice dan kuitansi asli dari bengkel atau pihak yang memperbaiki kerusakan kendaraan. 
  • Surat konfirmasi terkait periode proses perbaikan kendaraan. 
  • Invoice dan kuitansi asli penyewaan kendaraan. 
  • Laporan surveyor dan loss adjuster. 
  • Fotokopi STNK dan KTP pihak ketiga atau pemilik kendaraan. 
  • Fotokopi KTP dan SIM pengendara pihak ketiga. 
  • Surat laporan polisi terkait hasil penyidikan. 
  • Dokumen yang telah ditandatangani terkait persetujuan pembayaran klaim dan pelepasan tuntutan (claim discharge).

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil AXA.

Anda dapat menutup polis asuransi mobil AXA, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak AXA akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.
Informasi Umum

Asuransi mobil AXA adalah produk asuransi kendaraan yang dimiliki oleh PT Asuransi AXA Indonesia. Adapun pertanggungan yang diberikan mencakup risiko kecelakaan, kebakaran, bencana alam, dan lain sebagainya. Sementara objek yang dipertanggungkan adalah mobil jenis kendaraan pribadi. 

Perlu dipahami bahwa asuransi mobil AXA merupakan bagian dan satu-satunya pertanggungan yang ditawarkan oleh asuransi kendaraan bermotor AXA. Asuransi AXA memiliki perluasan jaminan atau rider yang cukup lengkap, yaitu biaya derek, kehilangan kunci mobil, dan lain sebagianya. 

Hanya saja, jika mengacu pada laporan tahunan perusahaan di tahun 2018, PT Asuransi AXA Indonesia memiliki rasio kesehatan yang kurang baik. Sebab, rasio solvabilitas AXA Indonesia hanya mencapai 120 persen, sama dengan ketentuan pemerintah 120 persen. Secara sederhana, solvabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajibannya dengan menggunakan aset perusahaan. 

Pilihan Polis

Asuransi mobil AXA terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan peserta asuransi. Mulai dari asuransi mobil dengan pertanggungan comprehensive dan total loss (TLO). Berikut pilihan polis asuransi mobil AXA yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Mobil AXA
SmartDrive Total Loss (TLO)
Produk asuransi mobil AXA yang memberikan jaminan penggantian atas risiko kerusakan total, yaitu kerusakan minimal 75 persen dari harga mobil.
Asuransi Mobil AXA
SmartDrive Comprehensive
Produk asuransi mobil AXA yang memberikan jaminan penggantian terhadap kerusakan sebagian maupun total.
Ulasan Produk

Pertanggungan asuransi mobil AXA sangat bergantung pada jenis produk asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil AXA. 

Asuransi Mobil AXA SmartDrive Total Loss Only (TLO)

Produk asuransi mobil AXA ini menjamin risiko kerugian akibat tabrakan, benturan, tergelincir, kebakaran, bencana alam, perbuatan jahat, dan huru hara. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut. 

  • Penggantian biaya kerugian akibat kecelakaan seperti tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok. 
  • Penggantian biaya atas perbuatan jahat seperti pencurian, kekerasan, ancaman, dan lain sebagainya. 
  • Penggantian biaya jika terjadi kebakaran akibat sambaran petir dan kerusakan karena air. 
  • Manfaat penggantian total loss only (TLO) atau kerusakan total, yaitu kerusakan minimal 75 persen. 
  • Jaminan pertanggungan biaya atas Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TPL), tanggung jawab hukum penumpang, kecelakaan diri pengemudi, dan kecelakaan diri penumpang (Rider).
  • Pertanggungan biaya atas risiko kecelakaan diri (Rider).

Asuransi Mobil AXA SmartDrive Comprehensive 

Produk asuransi mobil AXA ini menjamin segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut. 

  • Penggantian biaya kerugian akibat kecelakaan seperti tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok. 
  • Penggantian biaya atas perbuatan jahat seperti pencurian, kekerasan, ancaman, dan lain sebagainya. 
  • Penggantian biaya jika terjadi kebakaran akibat sambaran petir dan kerusakan karena air. 
  • Manfaat penggantian all risk atau comprehensive atau segala jenis kerusakan, yaitu kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. 
  • Jaminan pertanggungan biaya atas Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TPL), tanggung jawab hukum penumpang, kecelakaan diri pengemudi, dan kecelakaan diri penumpang (Rider). 
  • Pertanggungan biaya atas risiko kecelakaan diri (Rider). 
  • Penggantian biaya taksi sebesar Rp100 ribu per hari maksimum lima hari (Rider). 
  • selama mobil dalam masa perbaikan (Rider). 
  • Penggantian biaya ambulans sebesar Rp500 ribu setahun (Rider). 
  • Penggantian biaya derek maksimal Rp500 ribu per kejadian (Rider).
  • Manfaat penggantian mobil baru apabila atau new for old untuk kendaraan yang berusia maksimum enam bulan sejak tanggal pembelian (Rider).

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil AXA, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Berikut adalah contoh harga premi asuransi mobil AXA yang bisa Anda pertimbangkan: 

  • SmartDrive Total Loss Only (TLO): Rp494 ribu per bulan. 
  • SmartDrive Comprehensive: Rp2,9 per tahun. 

Untuk informasi terkait ketentuan dan harga premi asuransi mobil AXA dapat menghubungi agen atau broker asuransi terkait. 

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil AXA, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi AXA.

Asuransi mobil AXA bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang AXA di kota Anda. Anda juga bisa membeli asuransi melalui call center AXA 1500733 atau mendaftar melalui situs resmi AXA pada laman mypage.axa.co.id. Setelah itu, AXA akan menghubungi Anda untuk proses pembelian polis yang Anda butuhkan.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Garda Oto saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.

Pengajuan klaim asuransi mobil AXA sebaiknya dilakukan sesegera mungkin sejak terjadinya kerugian. Untuk melakukan klaim, sila hubungi staf klaim asuransi AXA di nomor 1500 733 atau melalui email di [email protected]

Berikut adalah beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk mengajukan klaim: 

Dokumen Klaim Own Damage

  • Formulir klaim asuransi mobil AXA. 
  • Fotokopi laporan polisi. 
  • Hasil laporan surveyor.
  • Bukti foto kerusakan kendaraan dalam bentuk foto. 
  • Fotokopi STNK. 
  • Fotokopi SIM & KTP pengendara. 
  • Surat estimasi dan kuitansi dari bengkel. 
  • Surat yang telah ditandatangani tertanggung berisi konfirmasi kepuasan hasil perbaikan.
  • Fotokopi surat penawaran dari asuransi pihak ketiga terkait penyelesaian dan pembayaran klaim. 

Dokumen Klaim Total Loss 

  • Formulir klaim asuransi mobil AXA. 
  • Hasil laporan surveyor.
  • Hasil laporan investigator.
  • Fotokopi SIM dan KTP pengendara untuk klaim kerusakan.
  • Polis dan sertifikat asuransi AXA asli. 
  • STNK dan BPKB asli. 
  • Fotokopi kuitansi pembelian kendaraan. 
  • 3 rangkap kuitansi kosong beserta data kendaraan. 
  • Surat pembebasan dari perusakan leasing untuk pembelian secara kredit. 
  • Kunci kendaraan. 
  • Surat laporan polisi yang mengkonfirmasi peristiwa pencurian atau kendaraan tidak dapat ditemukan. 
  • Laporan asli dari POLSEK dan KADITSERSE. 
  • Surat asli pemblokiran STNK. 
  • Dokumen yang telah ditandatangani terkait persetujuan pembayaran klaim dan pelepasan tuntutan (claim discharge).

Dokumen Klaim Tuntutan Pihak Ketiga

  • Formulir klaim asuransi mobil AXA. 
  • Invoice dan kuitansi asli dari bengkel atau pihak yang memperbaiki kerusakan kendaraan. 
  • Surat konfirmasi terkait periode proses perbaikan kendaraan. 
  • Invoice dan kuitansi asli penyewaan kendaraan. 
  • Laporan surveyor dan loss adjuster. 
  • Fotokopi STNK dan KTP pihak ketiga atau pemilik kendaraan. 
  • Fotokopi KTP dan SIM pengendara pihak ketiga. 
  • Surat laporan polisi terkait hasil penyidikan. 
  • Dokumen yang telah ditandatangani terkait persetujuan pembayaran klaim dan pelepasan tuntutan (claim discharge).

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil AXA.

Anda dapat menutup polis asuransi mobil AXA, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak AXA akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.
Artikel Terkait Lainnya

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal