Asuransi Mobil BESS

Asuransi Mobil BESS adalah asuransi kendaraan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi PT Bess Central Insurance yang berubah nama menjad PT Asuransi Sahabat Artha Proteksi (Sahabat Insurance). Secara umum, manfaat proteksi yang diberikan oleh Asuransi Mobil BESS terbagi menjadi dua kategori, yaitu non-truk (sedan dan minibus) dan truk (pick up, box, dan bus).
Adapun pilihan polis yang tersedia mencakup All Risk yang menanggung segala jenis kerusakan dan Total Loss Only hanya kerusakan total saja. Selain itu produknya juga banyak dicari orang sebab memiliki manfaat polis dan manfaat tambahan (rider) lengkap.
Selain BESS, masih ada banyak pilihan asuransi mobil terbaik lainnya yang tersedia di Indonesia. Yuk, bandingkan 50+ perusahaan asuransi mobil terbaik lainnya dan dapatkan diskon hingga 25 persen dengan mengisi formulir di atas!
*syarat dan ketentuan berlaku
Pilihan Polis Asuransi Mobil BESS
Ketika ingin menggunakan asuransi Mobil Bess, berikut pilihan polis dan manfaat pertanggungan yang bisa menjadi pertimbangan.
Asuransi Mobil Asuransi Mobil BESS Comprehensive (All Risk)
|
Asuransi Mobil Asuransi Mobil BESS Kerugian Total (TLO) Polis asuransi yang memberikan pertanggungan atas kerusakan mobil total atau menyeluruh.
|
Rangkuman Manfaat Polis Asuransi Mobil Bess
Berikut ini adalah rangkuman daftar pilihan produk dan manfaat yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika memilih asuransi mobil Bess.
Produk | Manfaat |
Asuransi Mobil Bess All Risk | Ganti rugi atas segala jenis kerusakan + penggantian biaya derek + tanggung jawab hukum pihak ketiga |
Asuransi Mobil Bess Total Loss Only (TLO) | Ganti rugi apabila perbaikan lebih dari 75% penggantian biaya derek + tanggung jawab hukum pihak ketiga |
Harga Premi Asuransi Mobil Bess
Harga biaya premi asuransi all risk akan lebih mahal dari pada TLO karena perlindungan lebih menyeluruh. Selain itu, ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi Asuransi Mobil BESS, antara lain:
- Kota atau wilayah domisili kendaraan
- Nilai kendaraan
- Tipe atau jenis kendaraan
- Jenis asuransi yang dipilih
- Usia kendaraan
- Jenis penggunaan
- Perluasan jaminan yang dipilih
Untuk informasi lebih jelas terkait harga premi Asuransi Mobil BESS, silakan menghubungi call center di nomor (021) 6531 0777.
Cara Klaim Asuransi Mobil Bess
Cara klaim Asuransi mobil BESS bisa dilakukan dengan layanan klaim online yang dapat diakses melalui www.bessinsurance.co.id. Sementara untuk pengajuan klaim umumnya harus dilakukan paling lambat 3×24 jam setelah kejadian.
Biasanya, nasabah akan dikenakan biaya pengajuan klaim atas kerugian fisik seperti lecet, penyok, dan sejenisnya. Jadi, sebelum mengajukan klaim, menanyakan terlebih dahulu terkait biaya tersebut ke pihak Asuransi BESS. Untuk prosedur klaim klaim Asuransi BESS adalah sebagai berikut ini.
- Buku polis
- Formulir klaim yang telah diisi lengkap
- Bukti foto kerusakan mobil
- Fotokopi KTP tertanggung atau pemegang polis
- SIM pengemudi dan STNK
- Laporan kronologis polisi untuk kerusakan mobil berat
- Dokumen lainnya yang diminta oleh pihak Asuransi BESS
Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Bess
Bengkel rekanan asuransi mobil Bess tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini tentu akan membantu nasabah ketika ada kerusakan kendaraan. Untuk itu, berikut daftar bengkel rekanan Asuransi mobil Bess selengkapnya.
Sekilas Tentang Asuransi Mobil BESS
PT Bess Central Insurance (Asuransi BESS) adalah perusahaan asuransi umum yang telah berdiri sejak tahun 2016. Awalnya, Asuransi BESS merupakan anak perusahaan dari Asuransi Central Asia (ACA), salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia yang juga berfokus pada perlindungan asuransi umum. Hanya saja, pada tahun 2017 perusahaan Asuransi ACA melepaskan seluruh kepemilikan sahamnya dari perusahaan Asuransi BESS guna memenuhi ketentuan Pemegang Saham Pengendali (PSP).
PT Bess Central Insurance (Asuransi BESS) kini juga sudah berubah nama menjadi PT Asuransi Sahabat Artha Proteksi (Sahabat Insurance). Perubahan nama tersebut menurut Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-131/NB.11/2020 tanggal 31 Maret 2020.
Perusahaan Asuransi BESS sendiri menargetkan pasar asuransi individu, ritel, hingga koperasi seperti Usaha Kecil Menengah (UKM). Selain menawarkan asuransi kendaraan mobil, BESS Central Insurance juga memiliki produk asuransi perjalanan, rumah tinggal, kecelakaan diri, rekayasa, pengangkutan, terorisme dan sabotase, alat berat, kebongkaran, dan uang.
Di samping itu, Asuransi BESS memiliki layanan digital yang cukup mumpuni. Ini bisa dibuktikan melalui layanan klaim dan cek polis melalui situs resminya.Hanya saja, informasi terkait laporan tahunan perusahaan masih sangat terbatas dan belum dapat dilihat oleh khalayak umum.
Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil BESS
Pertanyaan berikut paling sering diajukan oleh calon nasabah maupun nasabah terkait Asuransi Mobil BESS.
Pembayaran premi Asuransi Mobil BESS akan bergantung pada polis yang dibeli. Namun, ada beberapa kanal pembayaran yang dapat digunakan oleh nasabah. Jika membeli polis asuransi secara online, biasanya akan diberikan pilihan pembayaran, baik melalui transfer bank atau melalui rekening yang dimiliki oleh Asuransi BESS.
Harga premi asuransi Mobil Bess akan ditentukan oleh banyak faktor. Untuk mengetahui faktor apa saja yang menentukan harga preminya silakah tab premi.
Asuransi BESS menyediakan layanan klaim online yang dapat diakses melalui www.bessinsurance.co.id. Sementara untuk pengajuan klaim umumnya harus dilakukan paling lambat 3×24 jam setelah kejadian. Untuk mengetahui prosedur klaim Asuransi mobil Bess selengkapnya, Anda bisa tab klaim.
Asuransi Mobil BESS bisa dibeli secara online melalui call center perusahaan di nomor (021) 65310777. Atau, jika ingin lebih berimbang dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk Asuransi Mobil BESS saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dan premi paling ringan pula.
Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan (UP) secara sekaligus kepada nasabah.
Sementara untuk penggantian asuransi comprehensive (all risk) dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan perusahaan asuransi. Selain itu, nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri (own risk) sebesar Rp300 ribu per kejadian.
Jika terdapat manfaat perluasan jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit yang disesuaikan dengan ketentuan dalam polis. Biasanya, penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement.
Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Untuk informasi lebih lanjut terkait metode penggantian Asuransi Mobil BESS, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi terkait.
Penutupan polis asuransi mobil BESS dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan yang tertulis pada polis. Berikut langkah-langkahnya:
- Mengisi dan menandatangani Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA)
- Melengkapi dokumen seperti polis, fotokopi STNK kendaraan bermotor, dan identitas nasabah
- Mengirimkan SPPA melalui fax, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan
- Pihak BESS akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan terlebih dahulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan
Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi mobil seperti BESS, di antaranya:
- Asuransi Mobil ABDA
- Asuransi Mobil ACA
- Asuransi Mobil Adira
- Asuransi Mobil Allianz
- Asuransi Mobil Aswata
- Asuransi Mobil Autocillin
- Asuransi Mobil Avrist
- Asuransi Mobil AXA
- Asuransi Mobil AXA Mandiri
- Asuransi Mobil Bintang
- Asuransi Mobil Chubb
- Asuransi Mobil Dayin Mitra
- Asuransi Mobil Jasindo
- Asuransi Mobil KSK
- Asuransi Mobil MAG
- Asuransi Mobil Malacca Trust
- Asuransi Mobil MNC Insurance
- Asuransi Mobil MPM Insurance
- Asuransi Mobil Pan Pacific
- Asuransi Mobil Raksa
- Asuransi Mobil Ramayana
- Asuransi Mobil Reliance
- Asuransi Mobil Simas Insurtech
- Asuransi Mobil Sinar Mas
- Asuransi Mobil Sompo
- Asuransi Mobil Tokio Marine
- Asuransi Mobil Zurich
- Asuransi Motor Adira
- Asuransi Oto Jagadiri
Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.
Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- https://www.bessinsurance.co.id/
- https://finansial.bisnis.com/read/20180314/215/749605/aca-pastikan-lepas-bess-insurance
- https://finansial.bisnis.com/read/20190529/89/928805/bess-finan