Asuransi Mobil BESS

4.6 / 5.0 (4.922 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 15%
 

Asuransi Mobil BESS

Asuransi mobil BESS adalah asuransi kendaraan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi PT Bess Central Insurance (Asuransi BESS). Secara umum, manfaat proteksi yang diberikan oleh asuransi mobil BESS tersedia untuk kategori mobil nontruk, seperti sedan, minibus, dan kategori truk, pick up, box, dan bus. 

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil BESS

  • (+) Jenis kendaraan bermotor yang dapat diasuransikan cukup lengkap, seperti motor, mobil, hingga kategori truk, pick up, box, dan bus. 
  • (+) Asuransi BESS memiliki bengkel rekanan yang tersebar luas di wilayah Indonesia. 
  • (+) Asuransi BESS memiliki kantor cabang yang cukup banyak dan tersebar luas di berbagai wilayah. 
  • (-) Tidak tersedia layanan nasabah berbasis aplikasi untuk memudahkan layanan kepada nasabah.. 

Sekilas tentang asuransi mobil BESS

PT Bess Central Insurance (Asuransi BESS) adalah perusahan asuransi umum yang telah berdiri sejak tahun 2016. Pada awalnya, asuransi BESS merupakan anak perusahaan dari Asuransi Central Asia (ACA), salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia yang juga berfokus pada perlindungan asuransi umum. Hanya saja, pada tahun 2017 perusahaan asuransi ACA melepaskan seluruh kepemilikan sahamnya dari perusahaan asuransi BESS guna memenuhi ketentuan pemegang saham pengendali (PSP). 

Perusahaan asuransi BESS menargetkan pasar asuransi individu, ritel, hingga koperasi seperti Usaha Kecil Menengah (UKM). Selain menawarkan asuransi kendaraan mobil, Bess Central Insurance juga memiliki produk asuransi perjalanan, asuransi rumah tinggal, asuransi kecelakaan diri, asuransi rekayasa, asuransi pengangkutan, asuransi terorisme dan sabotase, asuransi alat berat, asuransi kebongkaran, dan asuransi uang. 

Di samping itu, asuransi BESS memiliki layanan digital yang cukup mumpuni. Ini bisa dibuktikan melalui layanan klaim dan cek polis melalui situs resminya. Mengacu pada laporan keuangan BESS 2018 yang dapat diunduh di situs resminya, tercatat pendapatan premi neto perusahaan mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2017, premi neto perusahaan berada di angka Rp198 miliar, sedangkan di tahun 2018 mencapai Rp136 miliar. 

Berdiri sejak tahun 2016, PT Bess Central Insurance masih terbilang baru dalam pasar asuransi kerugian. Meski demikian, produk asuransi umum yang ditawarkan oleh asuransi BESS cukup lengkap, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta asuransi. Layanan nasabah asuransi BESS juga terbilang modern dengan proses klaim dan cek polis yang dapat dilakukan secara online pada situs resminya. Hanya saja, informasi terkait laporan tahunan perusahaan masih sangat terbatas dan belum dapat dilihat oleh umum. 

 

Asuransi mobil BESS terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil BESS yang bisa dipertimbangkan.

 

 

Asuransi Mobil BESS
Asuransi Mobil BESS Comprehensif (All Risk)
Produk asuransi kendaraan BESS memberikan pertanggungan atas segala jenis kerugian, baik kerusakan kecil, sedang, hingga total. 
Asuransi Mobil BESS
Asuransi Mobil BESS Kerugian Total (TLO)
Produk asuransi kendaraan BESS memberikan pertanggungan atas kerusakan mobil lebih dari 75 persen dari harga aktual kendaraan. 
 

Asuransi mobil BESS memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan masing-masing polis asuransi mobil BESS, harga premi, cara klaim, dan cara pembeliannya. 

Pertanggungan asuransi mobil BESS sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil BESS berdasarkan jenis produknya. 

Asuransi Mobil BESS Comprehensif (Gabungan)

Produk asuransi kendaraan BESS ini memberikan perlindungan lengkap terhadap segala jenis risiko kerugian pada kendaraan mobil. Adapun manfaat yang diberikan sebagai berikut:

  • Manfaat penggantian atas kerusakan total dan kerusakan sebagian pada kendaraan mobil. 
  • Manfaat penggantian biaya atas kerusakan mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, dan terperosok. 
  • Manfaat penggantian biaya atas risiko kejahatan, seperti pencurian, baik akibat kekerasan maupun tidak. 
  • Manfaat penggantian biaya atas risiko kebakaran, sambaran petir, dan kemasukan air. 
  • Manfaat penggantian biaya atas kerusakan mobil selama proses penyeberangan kendaraan menggunakan kapal. 
  • Manfaat penggantian biaya derek. 
  • Perluasan manfaat (rider) meliputi penggantian biaya atas kerusakan mobil akibat
    • Kecelakaan diri terhadap pengemudi dan penumpang 
    • Kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase
    • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga 
    • Badai, hujan es, banjir, dan tanah longsor
    • Letusan gunung berapi 
    • Gempa bumi
    • Angin topan 
    • Tsunami

Asuransi Mobil BESS Kerugian Total (TLO)

Produk asuransi kendaraan BESS ini memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian total pada kendaraan mobil. Adapun manfaat yang diberikan sebagai berikut. 

  • Penggantian total loss only (TLO) atau kerusakan total, yaitu kerusakan minimal 75 persen dari harga aktual kendaraan sebelum terjadinya kerugian.
  • Manfaat penggantian biaya atas kerusakan mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, dan terperosok.
  • Manfaat penggantian biaya atas risiko kejahatan, seperti pencurian, baik akibat kekerasan maupun tidak.
  • Manfaat penggantian biaya atas risiko kebakaran, sambaran petir, dan kemasukan air.
  • Manfaat penggantian biaya atas kerusakan mobil selama proses penyeberangan kendaraan menggunakan kapal.
  • Manfaat penggantian biaya derek.
  • Perluasan manfaat meliputi pennggantian biaya atas kerusakan mobil akibat (Rider): 
    • Kecelakaan diri terhadap pengemudi dan penumpang 
    • Kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase
    • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga 
    • Badai, hujan es, banjir, dan tanah longsor
    • Letusan gunung berapi 
    • Gempa bumi
    • Angin topan 
    • Tsunami

 

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil BESS, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Premi untuk asuransi mobil bersifat tahunan, jadi pembayaran premi dilakukan satu kali untuk mendapatkan perlindungan selama setahun. Aturan yang menentukan harga premi untuk asuransi mobil pun akan dipengaruhi oleh berbagai faktor tergantung nilai pertanggungan dan wilayah tempat tinggal.

Untuk informasi terkait harga premi asuransi mobil BESS, silakan menghubungi call center  kantor pusat perusahaan asuransi BESS melalui nomor (021) 6531 0777 atau mengisi formulir pengajuan klaim secara online yang tersedia di situs resmi bessinsurance.co.id.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil BESS, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi BESS.

Penawaran produk asuransi mobil terbaik BESS bisa didapatkan secara online dengan menghubungi call center asuransi BESS melalui nomor (021) 65310777. 

Atau, jika ingin lebih berimbang dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi mobil BESS saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi mobil BESS bergantung pada polis asuransi yang dibeli. Terdapat beberapa kanal pembayaran yang dapat digunakan oleh nasabah. Jika membeli polis asuransi secara online, umumnya diberikan pilihan pembayaran melalui transfer bank melalui rekening yang dimiliki oleh asuransi BESS.

Asuransi BESS menyediakan layanan klaim online yang dapat diakses melalui situs resmi bessinsurance.co.id. Sementara untuk pengajuan klaim umumnya harus dilakukan paling lambat 3×24 jam setelah kejadian. Berikut prosedur klaim asuransi mobil BESS. 

  • Kunjungi situs resmi bessinsurance.co.id. 
  • Klik halaman Layanan dan pilih Klaim Asuransi Kendaraan. 
  • Isi formulir dengan lengkap. 
  • Unduh dokumen yang diminta. 
  • Tunggu persetujuan klaim dari pihak asuransi BESS. 
  • Apabila klaim diterima, biaya penggantian atau pertanggungan akan diberikan sesuai yang tercantum dalam polis. 

Selain melalui situs asuransi BESS, nasabah juga dapat melakukan pengajuan klaim melalui telepon dengan cara berikut.

  • Hubungi customer service asuransi BESS melalui nomor (021) 65310777. 
  • Minta formulir klaim kepada pihak asuransi BESS. 
  • Isi formulir klaim dengan lengkap dan sertakan dokumen penting lainnya. 
  • Mengikuti proses survei yang diminta oleh pihak perusahaan asuransi BESS. 
  • Tunggu persetujuan klaim dari pihak asuransi. 
  • Apabila klaim diterima, biaya penggantian atau pertanggungan akan diberikan sesuai yang tercantum dalam polis. 

Berikut adalah beberapa dokumen yang perlu dilampirkan bersamaan dengan formulir klaim asuransi mobil BESS. 

  • Buku polis asuransi mobil BESS. 
  • Formulir klaim asuransi mobil BESS yang telah diisi lengkap. 
  • Bukti foto kerusakaan kendaraan mobil. 
  • Fotokopi KTP tertanggung atau pemegang polis.
  • SIM pengemudi dan STNK.
  • Laporan kronologis polisi untuk kerusakan mobil berat. 
  • Dokumen lainnya yang diminta oleh pihak asuransi BESS. 

Umumnya, nasabah akan dikenakan biaya pengajuan klaim atas kerugian fisik seperti lecet, penyok, dan sejenisnya. Jadi, sebelum mengajukan klaim, pastikan terlebih dahulu ke pihak asuransi BESS.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika penutupan polis dilakukan saat manfaat pertanggungan telah aktif, maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil BESS. 

Penutupan polis asuransi mobil BESS dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan yang tertulis pada polis, atau melalui cara umum seperti berikut. 

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak BESS akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.bessinsurance.co.id/
  • https://finansial.bisnis.com/read/20180314/215/749605/aca-pastikan-lepas-bess-insurance
  • https://finansial.bisnis.com/read/20190529/89/928805/bess-finan
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis