Asuransi Mobil Bintang

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Asuransi Mobil Bintang

Asuransi Mobil Bintang adalah asuransi kendaraan khusus mobil pribadi dan perusahaan yang ditawarkan Asuransi Bintang. Asuransi Bintang yang bernama PT Asuransi Bintang Tbk dikenal sebagai salah satu perusahaan asuransi umum yang cukup senior di Tanah Air.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Bintang

  • (+) Tersedia dua jenis polis yaitu comprehensive (all risk) dan total loss only (TLO).
  • (+) Terdapat manfaat tambahan yaitu tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL) hingga Rp100 juta serta asuransi kecelakaan bagi pengemudi dan 4 penumpang.
  • (-) Hanya tersedia pembelian online untuk asuransi kecelakaan diri dan asuransi rumah. Asuransi mobil hanya bisa dipesan online.

Sekilas tentang Asuransi Mobil Bintang

Asuransi mobil Bintang menawarkan beberapa produk, yaitu Perisay Mobil Individual yang masuk kategori asuransi comprehensive (all risk) dan asuransi kerugian total (total loss only/TLO).

Masing-masing produk asuransi memberikan proteksi bagi mobil pribadi ataupun komersial seperti milik perusahaan. Produk asuransi all risk memberikan proteksi menyeluruh dari berbagai risiko. Sementara asuransi TLO memberikan proteksi terhadap kerusakan lebih dari 75 persen dan risiko yang dikecualikan pada asuransi all risk.

Salah satu keunggulan asuransi mobil Bintang adalah terdapat pertanggungan tambahan berupa asuransi kecelakaan (personal accident/PA). Asuransi kecelakaan diri tersebut menanggung hingga empat penumpang dengan limit tertentu. Selain itu, asuransi mobil Bintang juga menawarkan pertanggungan terhadap pihak ketiga hingga Rp100 juta.

Selain asuransi mobil, produk asuransi umum lain yang ditawarkan Asuransi Bintang adalah asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan diri, asuransi pengangkutan, asuransi rekayasa, asuransi rumah, dan masih ada beberapa kategori asuransi lainnya.

 

Asuransi mobil Bintang terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah asuransi. Berikut pilihan polis asuransi mobil Bintang.

Asuransi Mobil All Risk
Perisay Mobil Individual
Produk asuransi mobil pribadi yang memberikan proteksi menyeluruh untuk risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan (mobil).
Asuransi Mobil All Risk
Perlindungan Komprehensif Individu
Produk asuransi mobil yang memberikan perlindungan asuransi menyeluruh terhadap risiko kerusakan sebagian dan atau kerugian total.
Asuransi Mobil All Risk
Perlindungan Komprehensif Bisnis
Produk asuransi mobil komersial yang memberikan perlindungan atas kerugian atau kerusakan sebagian dan total selama penggunaan kendaraan tersebut di perusahaan/kebutuhan komersial lainnya di jalan raya.
Asuransi Mobil TLO
Perlindungan Total Loss Individu
Produk asuransi mobil pribadi yang memberikan proteksi atas risiko kerusakan lebih dari 75 persen atau kehilangan akibat pencurian.
Asuransi Mobil TLO
Perlindungan Total Loss Bisnis
Produk asuransi mobil komersial/bisnis yang memberikan perlindungan atas risiko kerusakan lebih dari 75 persen dari harga pasar mobil atau musnah/hilang akibat pencurian selama penggunaan kendaraan tersebut.
 

Asuransi mobil Bintang memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan pada polis asuransi. Berikut ulasan polis asuransi mobil Bintang berdasarkan pertanggungan, premi, cara beli, dan lain sebagainya.

Asuransi mobil Bintang merupakan salah satu produk asuransi populer dari perusahaan yang telah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini. Agar semakin jelas, berikut penjelasan mengenai pertanggungan polis asuransi mobil Bintang.

Asuransi Mobil Bintang Perisay Mobil Individual

Polis asuransi mobil all risk ini memberikan pertanggungan menyeluruh terhadap berbagai risiko berkendara baik bagi kendaraan, pengendara, penumpang, dan pihak ketiga. Berikut manfaat dan pertanggungan dari Perisay Mobil Individual:

  • Tabrakan, terbalik, atau tergelincir.
  • Perbuatan jahat orang lain.
  • Pencurian.
  • Kebakaran.
  • Petir.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Kerusuhan dan huru-hara.
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, hingga badai.
  • Kecelakaan diri diberikan penggantian perawatan maksimal untuk empat orang penumpang dan satu pengemudi.
  • Tanggung jawab kepada pihak ketiga dengan limit hingga Rp100 juta.

Asuransi Mobil Bintang Perlindungan Komprehensif Individu

Polis asuransi Bintang satu ini memberikan proteksi dari berbagai risiko yang disebutkan dalam Perisay Mobil Individual, yaitu tabrakan, tergelincir, terbalik, perbuatan jahat orang lain, pencurian, kebakaran, dan petir. Selain itu terdapat perluasan jaminan, yaitu:

  • Kerugian total akibat: kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase.
  • Kerugian total akibat bencana alam seperti: gempa bumi, tsunami dan atau letusan gunung berapi.
  • Kerugian total akibat: angin topan, badai, hujan es, banjir dan atau tanah longsor
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga maksimal Rp10 juta.
  • Asuransi kecelakaan untuk lima orang masing-masing Rp5 juta.
  • Biaya pengobatan untuk lima orang masing-masing Rp500 ribu.
  • Penggantian biaya derek akibat kecelakaan maksimal 0,5 persen dari nilai pertanggungan.
  • Santunan tunai Rp500 ribu per kejadian maksimal Rp1 juta.

Asuransi Mobil Bintang Perlindungan Komprehensif Bisnis

Benefit atau manfaat yang diberikan asuransi mobil Bintang Perlindungan Komprehensif Bisnis hampir sama dengan Perlindungan Komprehensif Individu. Perbedaannya terletak pada perluasan jaminan yang terdapat Perlindungan Komprehensif Individu menjadi pertanggungan utama dalam produk ini, yaitu:

  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga maupun penumpang.
  • Kecelakaan diri bagi pengemudi maupun penumpang.
  • Angin topan, badai, banjir, tanah longsor, dan hujan es.
  • Bencana alam yaitu: gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.
  • Tindakan kriminal atau perusakan orang lain seperti: kerusuhan, huru-hara, terorisme dan sabotase.

Asuransi Mobil Bintang Perlindungan Total Loss Individu

Pertanggungan yang diberikan asuransi mobil Bintang Perlindungan Total Loss Individu lebih sedikit dibandingkan produk asuransi komprehensif Bintang. Sesuai penjelasan singkat mengenai polis ini, kerusakan yang ditanggung harus sesuai syarat yaitu lebih dari 75 persen atau hilang karena pencurian. Namun, terdapat perluasan jaminan berupa:

  • Kerugian total akibat: kerusuhan, huru hara, terorisme, dan sabotase.
  • Kerugian total akibat: gempa bumi, tsunami dan atau letusan gunung berapi.
  • Kerugian total akibat: angin topan , badai, hujan es, banjir, dan atau tanah longsor.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga maksimal Rp10 juta.
  • Asuransi kecelakaan untuk lima orang (empat penumpang, satu pengemudi) masing-masing Rp5 juta.
  • Biaya pengobatan untuk lima orang masing-masing Rp500 ribu.

Asuransi Mobil Bintang Perlindungan Total Loss Bisnis

Polis asuransi ini memberikan pertanggungan pada kerugian/kerusakan lebih dari 75 persen atau kehilangan akibat tindak kriminal. Jumlah penggantian yang diberikan sesuai dengan harga pasar mobil tersebut. Berikut pertanggungan utama yang diberikan polis asuransi mobil Perlindungan Total Loss Bisnis dari Bintang:

  • Kecelakaan seperti tabrakan, terbalik, tergelincir, terperosok, hingga benturan keras yang menyebabkan kerusakan lebih dari 75 persen.
  • Pencurian yang menyebabkan hilangnya kendaraan dan tidak ditemukan dalam kurun waktu yang ditetapkan Asuransi Bintang.
  • Kebakaran bukan karena faktor kesengajaan.
  • Perbuatan jahat orang lain yang menyebabkan kerusakan lebih dari 75 persen.

Dalam menentukan harga premi asuransi mobil Bintang ditentukan oleh beberapa faktor. Berikut faktor penentu harga premi asuransi mobil Bintang, antara lain:

  • Nilai kendaraan yaitu harga pembelian mobil yang akan diasuransikan.
  • Usia kendaraan saat akan diasuransikan. Asuransi Bintang membatasi usia kendaraan maksimal delapan tahun.
  • Pilihan besaran risiko sendiri.
  • Perluasan pertanggungan banjir.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Premi untuk asuransi mobil bersifat tahunan, jadi pembayaran premi dilakukan satu kali untuk mendapatkan perlindungan selama setahun. Aturan yang menentukan harga premi untuk asuransi mobil pun akan dipengaruhi oleh berbagai faktor tergantung nilai pertanggungan dan wilayah tempat tinggal.

Untuk informasi terkait harga premi asuransi mobil Bintang, silakan menghubungi call center 24 jam asuransi Bintang melalui 1500481.

Penggantian biaya asuransi mobil Bintang tersedia dalam metode cashless. Metode penggantian ini adalah cara perusahaan asuransi membayar klaim yang diajukan tertanggung saat mobil mengalami kerusakan.

Melalui metode ini, peserta asuransi tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu saat melakukan klaim. Namun, biasanya peserta akan dikenakan biaya administrasi yang ditentukan oleh perusahaan asuransi, dalam hal ini Asuransi Bintang.

Untuk klaim asuransi kecelakaan Bintang, terdapat limit asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga hingga Rp100 juta dan pertanggungan kecelakaan diri pengemudi dan empat orang penumpang dengan limit tertentu. Pertanggungan dengan nominal tersebut diberikan khusus bagi pemegang polis Perisay Mobil Individual.

Klaim kecelakaan dilakukan dengan metode penggantian santunan tunai. Jika kecelakaan yang dialami membuat pengendara, penumpang, dan pihak ketiga dirawat di rumah sakit, baik rawat jalan maupun rawat inap, maka Asuransi Bintang akan memberikan santunan tunai sesuai ketentuan dalam polis.

Asuransi mobil Bintang bisa dibeli secara online sehingga calon nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang terdekat untuk mengetahui harga premi. Namun, pembelian secara online ini hanya bisa dilakukan jika calon nasabah mengisi formulir yang ada di situs resmi perusahaan. Nantinya, calon nasabah akan dihubungi oleh telemarketing atau bagian sales asuransi Bintang.

Selain membeli melalui situs resmi, jangan lupa untuk membandingkan asuransi mobil terbaik melalui situs agregator atau marketplace asuransi semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi mobil Bintang saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi mobil terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.

Pembayaran asuransi mobil Bintang dilakukan dengan fasilitas autodebet dari kartu kredit. Selain itu, nasabah  bisa memilih metode pembayaran yang paling nyaman dan mudah, di antaranya:

  • Transfer bank.
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi.
  • Autodebet rekening atau kartu kredit.

Frekuensi pembayaran asuransi mobil Bintang disesuaikan dengan kesepakatan polis. Namun, rata-rata asuransi mobil memberikan masa perlindungan selama setahun.

Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, penting untuk mengetahui nomor polis yang dibayarkan. Setelah itu informasikan atau input nomor polis. Kemudian lakukan pembayaran premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. 

Jangan lupa simpan bukti pembayaran sebagai arsip apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.Terdapat notifikasi melalui SMS ataupun email di hari yang sama apabila pembayaran premi berhasil.

Prosedur klaim Asuransi Mobil Bintang sangat mudah. Dalam melakukan klaim baik asuransi all risk ataupun TLO Perisay, batas pengajuan klaim adalah 72 jam setelah kejadian. Jika lebih dari waktu yang ditentukan, maka klaim akan ditolak atau tidak layak.

Prosedur Klaim Asuransi Mobil Bintang

Agar lebih mudah dan cepat, peserta diminta menghubungi Asuransi Bintang melalui nomor telepon kantor pusat, kantor cabang, atau kantor perwakilan terdekat. Berikut ini tahapan melakukan klaim asuransi mobil Bintang:

  • Asuransi all risk atau TLO memberikan tenggat waktu pelaporan 5×24 jam setelah kejadian melalui telepon atau email.
  • Peserta melengkapi dan menyerahkan formulir klaim serta dokumen pendukung yang diminta pihak Asuransi Bintang.
  • Verifikasi data pemegang polis serta dokumen pendukung klaim mulai dilakukan.
  • Jika dibutuhkan, Asuransi Bintang akan mengirim tim survei untuk mengecek kondisi mobil.
  • Data dan dokumen yang dinyatakan lengkap akan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu analisis klaim. JIka belum lengkap, Asuransi Bintang akan menginformasikan kembali kepada nasabah agar melengkapi data atau dokumen.
  • Dalam waktu maksimal 30 hari setelah data dan dokumen dinyatakan lengkap, pemegang polis akan diinformasikan mengenai pengajuan klaim diterima atau tidak.
  • Jika klaim diterima, maka mobil yang ditanggungkan akan diarahkan untuk diperbaiki ke bengkel rekanan terdekat. Khusus klaim asuransi TLO, terdapat uang pertanggungan yang disesuaikan dengan harga pasar mobil tersebut.

Pengecualian Klaim Asuransi Mobil Bintang

Bagi peserta asuransi yang mengalami penolakan klaim Asuransi Mobil Bintang, maka ada kemungkinan penolakan tersebut disebabkan hal-hal berikut ini:

  • Ganti rugi berupa uang karena mobil sedang digunakan untuk kepentingan pribadi tanpa ada alasan jelas maupun risiko yang ditanggung dalam polis.
  • Penggelapan.
  • Perbuatan jahat yang dilakukan tertanggung, keluarga tertanggung, atau karyawan tertanggung.
  • Kerugian karena menarik kendaraan lain, balap mobil, perlombaan, pelajaran mengemudi, pawai, tindak kejahatan.
  • Kerugian karena kelebihan muatan dan dijalankan secara paksa.
  • Aus.
  • Mabuk dan tidak memiliki SIM.
  • Memasuki jalan terlarang.
  • Barang-barang yang dimuat melanggar hukum.
  • Nuklir, radioaktif, dan reaksi inti atom.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Silakan menghubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Bintang.

Nasabah dapat menutup polis asuransi mobil Bintang dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak Bintang akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.asuransibintang.com/

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal