Asuransi Mobil BMW

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 15%
 

Pilihan Terbaik Asuransi Mobil BMW

Mobil BMW sering kita kenal sebagai salah satu brand  mobil mewah yang memiliki harga tinggi dan hanya bisa dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Mobil yang memiliki nama lengkap Bayerische Motoren Werke, atau dalam Bahasa Inggris, Bavarian Motor Works ini hadir di Indonesia sejak tahun 1976.

Mobil ini dianggap mewah bukan hanya bualan semata sebab rata-rata harga jual mobil BMW dibandrol dengan harga Rp1 miliar untuk BMW baru dan Rp500 juta untuk BMW keluaran lama.

Tingginya harga tersebut tentunya membuat biaya perawatan BMW ikut mahal. Sehingga untuk menopang biaya perawatan tersebut dibutuhkanlah asuransi mobil. Dengan adanya asuransi mobil tentunya biaya perbaikan BMW yang rusak akibat banjir maupun kecelakaan akan lebih ringan.

Asuransi mobil sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi all risk yang mampu memberikan jaminan terhadap segala risiko kerusakan serta kehilangan dan asuransi TLO yang memberikan jaminan ganti rugi apabila terjadi kerusakan kendaraan lebih dari 75 persen ataupun kehilangan kendaraan akibat kriminalitas.

Berikut beberapa rekomendasi asuransi mobil untuk BMW dengan cakupan pertanggungan paling luas dengan premi terjangkau.

1. Asuransi mobil Garda Oto

BMW Indonesia menjalin kerja sama dengan PT Astra International untuk kegiatan perakitannya. Hal ini membuat PT Astra International memiliki otoritas dalam mengurus aspek mobil BMW. Sehingga Garda Oto yang merupakan bagian dari grup Astra, menjadi salah satu asuransi resmi untuk menangani seluruh tipe mobil BMW.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Gards Oto adalah jaringan bengkel resmi BMW dan bengkel umum lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total lebih dari 500 bengkel. Selain itu jenis pertanggungan yang diberikan pun tergolong lengkap karena tersedia asuransi mobil TLO dan asuransi mobil All Risk.

Garda Oto juga menyediakan perluasan jaminan untuk pertanggungan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang, tanggung jawab hukum pihak ketiga, kerusuhan, bencana alam, serta terorisme.

Tersedia pula layanan pembelian online dengan polis elektronik terbit maksimal 1×24 jam setelah proses persetujuan survei dan tambahan layanan bantuan darurat gratis untuk mogok dan kecelakaan

2. Asuransi mobil Sinar Mas

Asuransi mobil Sinarmas atau Simas mobil memberikan pertanggungan lengkap mulai dari asuransi gabungan, yaitu asuransi lengkap untuk semua risiko yang dikecualikan untuk TLO.

Tersedia pula TLO + TPL yang memberikan pertanggungan untuk kerusakan dan/atau kerugian karena suatu peristiwa yang dijamin oleh polis. Kemudian tersedia Simas Mobil TPL yaitu menjamin tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dan membawa nama besar Sinarmas Group, Asuransi mobil Sinarmas dapat menjadi salah satu pilihan terbaik dalam berasuransi di Indonesia. Terlebih asuransi mobil Sinarmas menyediakan layanan klaim online yang bisa diakses langsung melalui situs resmi Asuransi Sinar Mas.

3. Asuransi mobil ACA

Produk asuransi mobil BMW yang ditawarkan asuransi ACA difokuskan kepada perlindungan all risk. Yang mana pilihan polis yang dihadirkan meliputi Otomate, Otomate Smart, Otomate Solitaire, dan All Comprehensive.

Salah satu keunggulan layanan yang ditawarkan dari asuransi mobil ACA adalah tersedianya pengganti selama mobil pribadi sedang diperbaiki di bengkel rekanan dan layanan valet service.

4. Asuransi mobil Adira

Asuransi Adira memang sudah tidak asing di dunia perasuransian kendaraan bermotor. Asuransi mobil Adira menghadirkan pertanggungan all risk dan TLO melalui produk Autocillin.

Asuransi Adira memiliki beberapa keunggulan diantaranya jaringan bengkel yang tersebar luas di seluruh Indonesia serta tersedianya jaminan perlindungan atas mobil yang dirakit di luar negeri (built up) dengan syarat dan ketentuan tertentu.

5. Asuransi mobil MSIG

MSIG adalah salah satu asuransi umum yang sudah telah hadir di Indonesia sejak tahun 1996. Asuransi mobil MSIG menghadirkan pertanggungan all risk  dan TLO. Selain itu, tersedia layanan klaim elektronik MSIG [email protected] yang bisa diakses melalui situs resmi.

Salah satu keunggulan dari asuransi ini adalah pada asuransi mobil MSIG all risk, asuransi ini sudah termasuk jaminan ganti rugi pihak ketiga (TPL). Yang mana produk sejenis dari perusahaan lain biasanya jaminan tersebut dimasukkan ke dalam rider (tambahan) dengan adanya biaya tambahan.

Selain produk asuransi mobil di atas, masih banyak produk asuransi lain yang cocok untuk mobil BMW. Sila isi formulir di atas sesuai dengan merek dan tipe mobil yang kamu miliki, tim Lifepal akan membantu kamu mendapatkan pilihan yang tepat. Konsultasi asuransi di Lifepal gratis!

 

Sekilas tentang BMW

BMW adalah merek mobil yang berasal dari Jerman yang didirikan pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp. BMW juga dikenal sebagai salah satu perusahaan mobil mewah dengan performa tinggi.

Sejak tahun 1976 mobil BMW mulai diproduksi di Indonesia. Melihat tanggapan positif yang diberikan per tahun 1993 BMW Group mengalihkan kegiatan perakitan ke PT Astra International melalui anak perusahaannya PT Tjahja Sakti Motor dan PT. Gaya Motor.

Kemudian pada tahun 2001, PT BMW Indonesia mulai didirikan dan produksi BMW pun terus ditangani oleh PT Astra International Tbk. Sepuluh tahun setelah berdirinya BMW Indonesia, BMW Group mulai menanamkan investasi sebesar lebih dari Rp100 miliar di Indonesia untuk memperluas kegiatan produksinya.

Di Indonesia, brand mobil ini kerap dimiliki oleh masyarakat kalangan menengah ke atas sebab harga yang cukup mahal, yakini mulai dari ratusan juta hingga milyaran rupiah. Selain itu, tipe BMW yang paling dijadikan favorit adalah BMW X5, BMW X1, BMW Seri 5 dan All-New BMW 330i M Sport. Dengan kisaran harga berada di range harga Rp700 juta – Rp4 miliar.

Tingginya peminat akan tipe mobil BMW tersebut adalah karena mesin yang dihasilkan memiliki tenaga yang lebih tinggi dan bahan bakar yang dihasilkan pun tetap efisien.

Dengan performa yang dihasilkan amat baik ini, tentu biaya perawatan yang harus dimiliki akan sangat mahal. Ada baiknya berjaga-jaga dengan memiliki asuransi mobil.

 

Tips & Pertanyaan

Premi asuransi mobil bergantung pada jenis pertanggungan, harga mobil, dan wilayah. Misal untuk mobil BMW tipe 330i M Sport seharga Rp879 juta berlokasi di Jakarta untuk pertanggungan all risk adalah Rp9,2 jutaan per tahun. Sedangkan untuk pertanggungan TLO tentu lebih murah, yaitu hanya sekitar Rp1,7 juta. 

Untuk mobil BMW ada baiknya untuk menggunakan asuransi mobil all risk. Sebab BMW memiliki harga yang terpatok mahal seperti halnya pada Mercy, sehingga dengan asuransi all risk jaminan yang diberikan akan lebih luas. Manfaatkan juga perluasan jaminan asuransi yang bisa memberikan jaminan optimal.

Cara klaim asuransi mobil BMW hampir sama dengan brand lain. Pertama, laporkan kejadian, baik kerusakan atau hilang, maksimal tiga sampai lima hari. Setelah kejadian Jangan lupa untuk melaporkan ke kantor kepolisian setempat. Kemudian, membuat kronologi kejadian, dan kerugian yang dialami.

Jika sudah lengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan dna laporkan kepada pihak agen atau perusahaan asuransi.

Di setiap penggunaan asuransi mobil tentu terdapat biaya own risk atau biaya yang ditanggung oleh pemegang asuransi saat akan melakukan klaim. Biaya own risk yang dipatok berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp500 ribu.

Jika berkas sudah disetujui, biasanya pencairan dana klaim akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja.

Lama durasi asuransi mobil BMW sangat bergantung pada jenis produk yang diambil, tetapi pada umumnya durasi asuransi mobil BMW adalah satu tahun.

Sejak proses produksi mobil BMW dipegang oleh Astra Group, Astra turut menjadi asuransi mobil rekanan BMW melalui produk Garda Oto. Meskipun Garda Oto menjadi asuransi mobil rekanan untuk BMW, calon nasabah juga dapat menggunakan asuransi mobil lainnya selama asuransi tersebut memiliki fasilitas dan layanan yang baik dan memudahkan serta kondisi keuangan yang sehat sesuai dengan ketentuan OJK.

Penulis Ruri Sari Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati. Lihat profile penulis