Asuransi Mobil Dayin Mitra

Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Mobil Dayin Mitra

Asuransi mobil Dayin Mitra adalah asuransi kendaraan yang dimiliki oleh Dayin Mitra Insurance  dengan manfaat perbaikan kerusakan mobil. Dayin Mitra Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan PT Asuransi Dayin Mitra Tbk.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Dayin Mitra:

  • (+) Bengkel rekanan Dayin Mitra tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
  • (+) Pertanggungan cukup luas, yaitu menerima klaim kerusakan kendaraan akibat tabrakan, benturan, tergelincir, pencurian, kebakaran, ledakan, dan sambaran petir.
  • (-) Tidak menanggung biaya tuntutan hukum pihak ketiga.

Sekilas tentang Asuransi Mobil Dayin Mitra

Asuransi mobil Dayin Mitra menawarkan dua polis, yaitu asuransi all risk (comprehensive) dan asuransi total loss only (TLO). Kedua polis tersebut menyediakan manfaat penggantian biaya kerugian akibat kerusakan mobil dan manfaat tambahan lain.

Beberapa kelebihan dari asuransi mobil Dayin Mitra adalah jumlah rekanan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. Kendati begitu, manfaat yang diberikan terbilang terbatas karena tidak ada paket khusus selain asuransi all risk dan TLO.

PT Asuransi Dayin Mitra Tbk (Dayin Mitra) adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada tanggal 1 April 1982. Perusahaan dengan kode saham ASDM ini berkantor pusat di Jakarta dan telah menjadi perusahaan terbuka sejak tahun 1989. Selain asuransi mobil Dayin Mitra, terdapat produk asuransi perjalanan, asuransi rumah, asuransi kebakaran, dan asuransi bisnis.

Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan Dayin Mitra. Jika tertarik pada produk asuransi mobil dari Dayin Mitra, sila akses website asuransidayinmitra.com untuk mengetahui rincian pertanggungan dan preminya. Jika tertarik mengetahui produk asuransi mobil lainnya, Lifepal menyediakan perbandingan asuransi dari  berbagai perusahaan lain dengan premi dan pertanggungan terbaik.

 

Asuransi mobil Dayin Mitra terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan peserta asuransi. Berikut pilihan polis asuransi mobil Dayin Mitra yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Comprehensive/All Risk
Produk asuransi mobil Dayin Mitra yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil sebagian atau seluruhnya, mulai dari kerusakan minor (seperti lecet) hingga kerusakan parah.
Asuransi Total Loss Only (TLO)
pertanggungan biaya kerusakan mobil hanya bila kerusakan terjadi secara total. Maksudnya, kerusakan yang terjadi di atas 75 persen atau kasus kehilangan mobil.
 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi asuransidayinmitra.com sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi Dayin Mitra.

Produk asuransi mobil yang memberikan pertanggungan terhadap segala risiko kerusakan mobil bagi individu berupa biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut:

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat benturan, tabrakan, tergelincir, terperosok, dan terbalik.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat ledakan dan sambaran petir.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat kebakaran.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.

Produk asuransi mobil total loss only (TLO) dari Dayin Mitra Insurance memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mobil bagi individu berupa biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut:

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor hanya untuk kerusakan total (di atas 75 persen) akibat kecelakaan.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.
  • Pertanggungan kerugian akibat sambaran petir, kebakaran, atau ledakan.

Untuk mengetahui lebih jelas seputar pertanggungan atau manfaat yang diberikan oleh asuransi mobil Dayin Mitra, bisa mengunduh brosur asuransi mobil Dayin Mitra langsung dari situs resmi Dayin Mitra.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Dayin Mitra, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017. Lebih lanjut mengenai premi, sila pelajari di halaman asuransi mobil Lifepal.

Pembayaran premi asuransi mobil Dayin Mitra bergantung pada polis asuransi yang dibeli. Terdapat beberapa kanal pembayaran yang dapat digunakan oleh nasabah. Jika membeli polis asuransi secara online, umumnya diberikan pilihan pembayaran melalui transfer bank melalui rekening yang dimiliki oleh asuransi mobil Dayin Mitra.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Terdapat dua jenis penggantian biaya asuransi mobil Dayin Mitra yaitu reimbursement dan santunan tunai.

  • Penggantian biaya (reimbursement): Fasilitas penggantian yang dilakukan setelah membayar terlebih dahulu biaya perbaikan mobil.
  • Santunan tunai: Pada kasus kehilangan kendaraan bermotor, perusahaan asuransi Dayin Mitra akan memberikan uang penggantian sesuai yang tertera dalam polis sebagai pengganti kerugian yang dialami.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Terdapat dua jenis penggantian biaya asuransi mobil Dayin Mitra yaitu reimbursement dan santunan tunai.

  • Penggantian biaya (reimbursement): Fasilitas penggantian yang dilakukan setelah membayar terlebih dahulu biaya perbaikan mobil.
  • Santunan tunai: Pada kasus kehilangan kendaraan bermotor, perusahaan asuransi Dayin Mitra akan memberikan uang penggantian sesuai yang tertera dalam polis sebagai pengganti kerugian yang dialami.

Asuransi mobil Dayin Mitra bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang Dayin Mitra di kota terdekat. Calon nasabah juga bisa membeli asuransi melalui telepon call center Dayin Mitra 1500676 atau mendaftar melalui situs resmi Dayin Mitra dengan mengisi formulir.

Atau, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Dayin Mitra saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Adapun cara klaim asuransi kendaraan bermotor Dayin Mitra sebagai berikut:

  • Segera melaporkan klaim ke PT Asuransi Dayin Mitra Tbk.
  • Mengisi dan menandatangani formulir klaim.
  • Mengirimkan laporan klaim tertulis paling lambat lima hari setelah tanggal kejadian klaim. Adapun dokumen yang perlu dilengkapi disesuaikan dengan jenis asuransi mobil yang diambil. Dokumen yang perlu disiapkan akan dijelaskan di bawah ini.
  • Petugas Dayin Mitra akan melakukan survei.

Berikut dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi mobil bagi pemilik polis Dayin Mitra:

Dokumen untuk kerusakan sebagian:

  • Fotokopi SIM pengemudi saat kejadian.
  • Fotokopi STNK.
  • Fotokopi KTP tertanggung.

Dokumen untuk kerusakan atau kerugian total:

  • STNK Asli
  • Buku pemilik kendaraan bermotor asli
  • Faktur pembelian, blanko kuitansi, dan surat penyerahan hak milik yang ditandatangani asli
  • Buku Kir asli
  • Surat keterangan dari kepolisian daerah (bila terjadi pencurian) asli.
  • Surat pemblokiran STNK (bila terjadi pencurian) asli.
  • Fotokopi SIM pengemudi saat kejadian.
  • Fotokopi STNK kendaraan.
  • KTP tertanggung.

Dokumen untuk klaim tuntutan pihak ketiga:

  • Dokumen tuntutan pihak ketiga 
  • Surat dari Polsek
  • Surat Kuasa dari PT Asuransi Dayin Mitra Tbk untuk mengambil alih tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga. 

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Dayin Mitra.

Nasabah dapat menutup polis asuransi mobil Dayin Mitra, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak Dayin Mitra akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Layanan nasabah atau call center Dayin Mitra dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Dayin Mitra, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

  • Customer Care Centre: Wisma Hayam Wuruk Lt. 7, Jl. Hayam Wuruk No. 8, Jakarta 10120
  • Telepon: (021) 80868888 (Hunting), (021) 3500862 (Claim)
  • Faksimile: Fax (021) 3454345 (Marketing)
  • Situs resmi: asuransidayinmitra.com

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman perusahaan asuransi yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://asuransidayinmitra.com/id_ID/
  • https://asuransidayinmitra.com/id_ID/claim-procedures-2/#toggle-id-3