Asuransi Mobil Dayin Mitra

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62

Asuransi mobil Dayin Mitra adalah asuransi kendaraan yang dimiliki oleh Dayin Mitra Insurance  dengan manfaat perbaikan kerusakan mobil. Dayin Mitra Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan PT Asuransi Dayin Mitra Tbk.

Asuransi mobil Dayin Mitra menawarkan dua polis, yaitu asuransi all risk (comprehensive) dan asuransi total loss only (TLO). Kedua polis tersebut menyediakan manfaat penggantian biaya kerugian akibat kerusakan mobil Anda dan manfaat tambahan lain.

Beberapa kelebihan dari asuransi mobil Dayin Mitra adalah jumlah rekanan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. Kendati begitu, manfaat yang diberikan terbilang terbatas karena tidak ada paket khusus selain asuransi all risk dan TLO.

Asuransi mobil Dayin Mitra terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan peserta asuransi. Berikut pilihan polis asuransi mobil Dayin Mitra yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Comprehensive/All Risk
Produk asuransi mobil Dayin Mitra yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil sebagian atau seluruhnya, mulai dari kerusakan minor (seperti lecet) hingga kerusakan parah.
Asuransi Total Loss Only (TLO)
pertanggungan biaya kerusakan mobil hanya bila kerusakan terjadi secara total. Maksudnya, kerusakan yang terjadi di atas 75 persen atau kasus kehilangan mobil.

Asuransi mobil Dayin Mitra memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi mobil Dayin Mitra, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi Dayin Mitra sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil Dayin Mitra.

Asuransi Mobil Dayin Mitra All Risk

Produk asuransi mobil yang memberikan pertanggungan terhadap segala risiko kerusakan mobil bagi individu berupa biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut:

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat benturan, tabrakan, tergelincir, terperosok, dan terbalik.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat ledakan dan sambaran petir.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat kebakaran.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.

Asuransi Mobil Dayin Mitra Total Loss Only (TLO)

Produk asuransi mobil total loss only (TLO) dari Dayin Mitra Insurance memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mobil bagi individu berupa biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut:

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor hanya untuk kerusakan total (di atas 75 persen) akibat kecelakaan.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.
  • Pertanggungan kerugian akibat sambaran petir, kebakaran, atau ledakan.

Untuk mengetahui lebih jelas seputar pertanggungan atau manfaat yang diberikan oleh asuransi mobil Dayin Mitra, Anda bisa mengunduh brosur asuransi mobil Dayin Mitra langsung dari situs resmi Dayin Mitra.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Dayin Mitra, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Terdapat dua jenis penggantian biaya asuransi mobil Dayin Mitra yaitu reimbursement dan santunan tunai.

  • Penggantian biaya (reimbursement): Fasilitas penggantian yang dilakukan setelah Anda membayar terlebih dahulu biaya perbaikan mobil Anda.
  • Santunan tunai: Pada kasus kehilangan kendaraan bermotor, perusahaan asuransi Dayin Mitra akan memberikan uang penggantian sesuai yang tertera dalam polis sebagai pengganti kerugian yang Anda alami.

Asuransi mobil Dayin Mitra bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang Dayin Mitra di kota Anda. Anda juga bisa membeli asuransi melalui telepon call center Dayin Mitra 1500676 atau mendaftar melalui situs resmi Dayin Mitra dengan mengisi formulir.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Dayin Mitra saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi mobil Dayin Mitra bergantung pada polis asuransi yang Anda beli. Terdapat beberapa kanal pembayaran yang dapat digunakan oleh nasabah. Jika Anda membeli polis asuransi secara online, umumnya diberikan pilihan pembayaran melalui transfer bank melalui rekening yang dimiliki oleh asuransi mobil Dayin Mitra.

Adapun cara klaim asuransi kendaraan bermotor Dayin Mitra sebagai berikut:

  • Segera melaporkan klaim ke PT Asuransi Dayin Mitra Tbk.
  • Mengisi dan menandatangani formulir klaim.
  • Mengirimkan laporan klaim tertulis paling lambat lima hari setelah tanggal kejadian klaim. Adapun dokumen yang perlu Anda lengkapi disesuaikan dengan jenis asuransi mobil yang diambil. Dokumen yang perlu disiapkan akan dijelaskan di bawah ini.
  • Petugas Dayin Mitra akan melakukan survei.

Dokumen untuk kerusakan sebagian:

  • Fotokopi SIM pengemudi saat kejadian.
  • Fotokopi STNK.
  • Fotokopi KTP tertanggung.

Dokumen untuk kerusakan atau kerugian total:

  • STNK Asli
  • Buku pemilik kendaraan bermotor asli
  • Faktur pembelian, blanko kuitansi, dan surat penyerahan hak milik yang ditandatangani asli
  • Buku Kir asli
  • Surat keterangan dari kepolisian daerah (bila terjadi pencurian) asli.
  • Surat pemblokiran STNK (bila terjadi pencurian) asli.
  • Fotokopi SIM pengemudi saat kejadian.
  • Fotokopi STNK kendaraan.
  • KTP tertanggung.

Dokumen untuk klaim tuntutan pihak ketiga:

  • Dokumen tuntutan pihak ketiga 
  • Surat dari Polsek
  • Surat Kuasa dari PT Asuransi Dayin Mitra Tbk untuk mengambil alih tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga. 

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Dayin Mitra.

Anda dapat menutup polis asuransi mobil Dayin Mitra, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak Dayin Mitra akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.
Informasi Umum

Asuransi mobil Dayin Mitra adalah asuransi kendaraan yang dimiliki oleh Dayin Mitra Insurance  dengan manfaat perbaikan kerusakan mobil. Dayin Mitra Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan PT Asuransi Dayin Mitra Tbk.

Asuransi mobil Dayin Mitra menawarkan dua polis, yaitu asuransi all risk (comprehensive) dan asuransi total loss only (TLO). Kedua polis tersebut menyediakan manfaat penggantian biaya kerugian akibat kerusakan mobil Anda dan manfaat tambahan lain.

Beberapa kelebihan dari asuransi mobil Dayin Mitra adalah jumlah rekanan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. Kendati begitu, manfaat yang diberikan terbilang terbatas karena tidak ada paket khusus selain asuransi all risk dan TLO.

Pilihan Polis

Asuransi mobil Dayin Mitra terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan peserta asuransi. Berikut pilihan polis asuransi mobil Dayin Mitra yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Comprehensive/All Risk
Produk asuransi mobil Dayin Mitra yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil sebagian atau seluruhnya, mulai dari kerusakan minor (seperti lecet) hingga kerusakan parah.
Asuransi Total Loss Only (TLO)
pertanggungan biaya kerusakan mobil hanya bila kerusakan terjadi secara total. Maksudnya, kerusakan yang terjadi di atas 75 persen atau kasus kehilangan mobil.
Ulasan Produk

Asuransi mobil Dayin Mitra memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi mobil Dayin Mitra, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi Dayin Mitra sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil Dayin Mitra.

Asuransi Mobil Dayin Mitra All Risk

Produk asuransi mobil yang memberikan pertanggungan terhadap segala risiko kerusakan mobil bagi individu berupa biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut:

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat benturan, tabrakan, tergelincir, terperosok, dan terbalik.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat ledakan dan sambaran petir.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat kebakaran.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.

Asuransi Mobil Dayin Mitra Total Loss Only (TLO)

Produk asuransi mobil total loss only (TLO) dari Dayin Mitra Insurance memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mobil bagi individu berupa biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut:

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor hanya untuk kerusakan total (di atas 75 persen) akibat kecelakaan.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.
  • Pertanggungan kerugian akibat sambaran petir, kebakaran, atau ledakan.

Untuk mengetahui lebih jelas seputar pertanggungan atau manfaat yang diberikan oleh asuransi mobil Dayin Mitra, Anda bisa mengunduh brosur asuransi mobil Dayin Mitra langsung dari situs resmi Dayin Mitra.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Dayin Mitra, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Terdapat dua jenis penggantian biaya asuransi mobil Dayin Mitra yaitu reimbursement dan santunan tunai.

  • Penggantian biaya (reimbursement): Fasilitas penggantian yang dilakukan setelah Anda membayar terlebih dahulu biaya perbaikan mobil Anda.
  • Santunan tunai: Pada kasus kehilangan kendaraan bermotor, perusahaan asuransi Dayin Mitra akan memberikan uang penggantian sesuai yang tertera dalam polis sebagai pengganti kerugian yang Anda alami.

Asuransi mobil Dayin Mitra bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang Dayin Mitra di kota Anda. Anda juga bisa membeli asuransi melalui telepon call center Dayin Mitra 1500676 atau mendaftar melalui situs resmi Dayin Mitra dengan mengisi formulir.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Dayin Mitra saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi mobil Dayin Mitra bergantung pada polis asuransi yang Anda beli. Terdapat beberapa kanal pembayaran yang dapat digunakan oleh nasabah. Jika Anda membeli polis asuransi secara online, umumnya diberikan pilihan pembayaran melalui transfer bank melalui rekening yang dimiliki oleh asuransi mobil Dayin Mitra.

Adapun cara klaim asuransi kendaraan bermotor Dayin Mitra sebagai berikut:

  • Segera melaporkan klaim ke PT Asuransi Dayin Mitra Tbk.
  • Mengisi dan menandatangani formulir klaim.
  • Mengirimkan laporan klaim tertulis paling lambat lima hari setelah tanggal kejadian klaim. Adapun dokumen yang perlu Anda lengkapi disesuaikan dengan jenis asuransi mobil yang diambil. Dokumen yang perlu disiapkan akan dijelaskan di bawah ini.
  • Petugas Dayin Mitra akan melakukan survei.

Dokumen untuk kerusakan sebagian:

  • Fotokopi SIM pengemudi saat kejadian.
  • Fotokopi STNK.
  • Fotokopi KTP tertanggung.

Dokumen untuk kerusakan atau kerugian total:

  • STNK Asli
  • Buku pemilik kendaraan bermotor asli
  • Faktur pembelian, blanko kuitansi, dan surat penyerahan hak milik yang ditandatangani asli
  • Buku Kir asli
  • Surat keterangan dari kepolisian daerah (bila terjadi pencurian) asli.
  • Surat pemblokiran STNK (bila terjadi pencurian) asli.
  • Fotokopi SIM pengemudi saat kejadian.
  • Fotokopi STNK kendaraan.
  • KTP tertanggung.

Dokumen untuk klaim tuntutan pihak ketiga:

  • Dokumen tuntutan pihak ketiga 
  • Surat dari Polsek
  • Surat Kuasa dari PT Asuransi Dayin Mitra Tbk untuk mengambil alih tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga. 

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Dayin Mitra.

Anda dapat menutup polis asuransi mobil Dayin Mitra, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak Dayin Mitra akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal