Asuransi Mobil Jasindo

3.5 / 5.0 (5.532 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 15%
 

Asuransi Mobil Jasindo

Asuransi Mobil Jasindo adalah asuransi kendaraan khusus mobil yang dimiliki PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero). Perusahaan asuransi pelat merah alias BUMN ini dikenal sebagai salah satu perusahaan asuransi yang memiliki banyak pilihan asuransi umum, termasuk kendaraan.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Jasindo

  • (+) Tersedia tiga pilihan polis asuransi mobil untuk kebutuhan nasabah.
  • (+) Polis asuransi comprehensive (all risk) menanggung mobil dengan usia maksimal 12 tahun.
  • (+) Tersedia pembelian asuransi mobil online.

Sekilas tentang Asuransi Mobil Jasindo

PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau yang biasa dikenal dengan Jasindo merupakan sebuah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan BUMN. Jasindo berdiri pada tahun 1845 dengan nama NV Assurantie Maatschappij de Nederlander.

Pada awalnya, perusahaan asuransi umum tersebut dimiliki oleh dua negara, yaitu Belanda dan Inggris. Setelah Indonesia merdeka, pemerintah memutuskan untuk melakukan nasionalisasi dan diberi nama  PT Asuransi Bendasraya yang bergerak di bidang asuransi umum dengan pembayaran menggunakan rupiah serta PT Umum Internasional Underwriters (UIU) yang bergerak pada bidang asuransi umum dalam valuta asing.

Pada tahun 1972, pemerintah Indonesia memutuskan untuk melakukan merger dan nama perusahaan diubah menjadi PT Asuransi Jasa Indonesia. 

Asuransi mobil Jasindo menawarkan dua pilihan polis, baik untuk individu maupun bisnis. Dua produk asuransi mobil yang ditawarkan, yaitu OTO Plus dan OTO. Masing-masing produk memberikan pertanggungan sesuai kategori polis yang dipilih, yaitu pertanggungan comprehensive (all risk) dan kerugian total (TLO).

Salah satu keunggulan dari asuransi mobil Jasindo adalah usia mobil yang ditanggung untuk polis asuransi all risk maksimal 12 tahun. Rata-rata perusahaan asuransi kendaraan membatasi usia maksimal mobil yang akan diasuransikan adalah 10 tahun.

Sebagai salah satu perusahaan asuransi BUMN, Jasindo menghadirkan banyak pilihan produk asuransi. Selain asuransi mobil Jasindo, terdapat produk asuransi ritel maupun asuransi korporasi.

 

Dilansir dari laman resmi perusahaan, berikut produk asuransi mobil Jasindo yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Mobil Jasindo
OTO Plus
Produk asuransi mobil untuk pribadi dan bisnis yang memberikan proteksi lengkap yaitu komprehensif, risiko kerugian total (TLO), hingga proteksi kecelakaan bagi pengemudi dan penumpang.
Asuransi Mobil Jasindo
OTO Comprehensive
Produk asuransi mobil untuk pribadi atau bisnis yang memberikan solusi perlindungan menyeluruh bagi mobil dengan batas usia maksimal 12 tahun.
Asuransi Mobil Jasindo
OTO TLO
Produk asuransi mobil untuk pribadi atau bisnis yang memberikan proteksi atas kerugian atau kerusakan di atas 75 persen atau kehilangan akibat pencurian dengan manfaat tambahan.
 

Asuransi Mobil Jasindo memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut pertanggungan, harga premi, cara membeli, hingga cara klaim dan tutup polis asuransi mobil Jasindo.

Pertanggungan asuransi mobil Jasindo tergantung pada jenis produk dan polis yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil Jasindo berdasarkan jenis polis.

Asuransi Mobil Jasindo OTO Comprehensive

Sesuai penjelasan singkat sebelumnya, polis OTO Comprehensive memberikan ganti rugi atas kerugian sebagian atau keseluruhan mobil akibat kecelakaan atau hal yang tidak disengaja. Pertanggungan utama dari polis ini adalah kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan, serta segala bentuk kerusakan akibat kecelakaan lalu lintas lainnya.

Di samping itu terdapat perluasan manfaat yang bisa diperoleh peserta dengan cara menambah iuran premi sesuai ketentuan Jasindo. Manfaat tambahan yang diberikan, yaitu:

  • Banjir, angin topan, dan angin ribut.
  • Gempa bumi dan tsunami.
  • Huru-hara dan kerusuhan
  • Terorisme dan sabotase.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third Party Liability/TPL).
  • Kecelakaan diri pengemudi dan penumpang.
  • Tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

Terdapat pula tambahan manfaat berupa perluasan non standard yang bisa diajukan peserta. Perluasan non standard ini dapat dibeli peserta dengan mengisi daftar barang-barang dalam mobil yang ingin dijaminkan beserta harga pembelian. Biasanya, perluasan non standard memberikan pertanggungan untuk harta-benda di dalam mobil yang berisiko dicuri.

Asuransi Mobil Jasindo OTO TLO

Produk OTO TLO hanya memberikan ganti rugi jika mobil mengalami kerusakan total atau di atas 75 persen. Namun, Anda bisa membeli perluasan manfaat dengan cakupan pertanggungan lebih luas, yaitu:

  • Banjir, angin topan, dan angin ribut.
  • Gempa bumi dan tsunami.
  • Huru-hara dan kerusuhan.
  • Terorisme dan sabotase.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third Party Liability/TPL).
  • Kecelakaan diri pengemudi dan penumpang.
  • Tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

Sama seperti asuransi mobil Jasindo OTO Comprehensive, terdapat pula perluasan jaminan non standard seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Asuransi Mobil Jasindo OTO Plus

Polis asuransi ini memberikan pertanggungan terlengkap yaitu gabungan antara asuransi all risk, TLO, dan TPL. Meski harga premi paling mahal di antara dua polis sebelumnya, OTO Plus memberikan sederet pertanggungan komplit, yaitu:

Kerugian (rusak/hilang) yang disebabkan:

  • Tabrakan/benturan/terbalik/tergelincir, perbuatan jahat orang lain, kebakaran, pencurian kerusuhan dan huru-hara.
  • Banjir, letusan gunung berapi, angin topan, tsunami, badai, hingga gempa bumi.

Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL) yang berdampak:

  • Kerusakan harta benda.
  • Santunan cedera badan hingga kematian.
  • Biaya perkara.
  • Biaya bantuan ahli.

Santunan kecelakaan:

  • Pengemudi (satu orang).
  • Penumpang (maksimal tiga orang).

Manfaat tambahan:

  • Penggantian menyeluruh jika kerusakan lebih dari 80 persen harga pasaran.
  • Pertanggungan atas perlengkapan atau peralatan non standard.
  • Bengkel rekanan dan bengkel resmi (authorized) berdasarkan paket.
  • Suku cadang asli.
  • Biaya transportasi ketika mobil diperbaiki.
  • Constructive total loss jika biaya perbaikan lebih tinggi dari harga mobil (bila nilai kerusakan lebih dari 70 persen harga pasaran).
  •  Penyelesaian klaim 30 hari.

Pengecualian Klaim Asuransi Mobil Jasindo

Dalam hal pengecualian klaim, Jasindo menetapkan beberapa poin, seperti yang tercantum dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Indonesia. Berikut ini beberapa pengecualian yang membuat klaim tidak disetujui oleh Jasindo:

  • Penggelapan dan penipuan.
  • Pengemudi sedang dalam keadaan mabuk atau tidak memiliki lisensi mengemudi (SIM).
  • Kendaraan digunakan memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, atau jalan yang tidak diperuntukkan bagi mobil yang diasuransikan.
  • Banjir, letusan gunung berapi, angin topan, tsunami, badai, dan gempa bumi (kecuali otomatis dijamin, atau ada perluasan jaminan), dan genangan air.
  • Perang, nuklir, dan radioaktif.

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Jasindo. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui terkait penetapan harga premi asuransi mobil Jasindo.

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Namun pada dasarnya, penentuan harga premi asuransi mobil harus merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Dalam asuransi mobil Jasindo terdapat dua metode penggantian tergantung jenis polis yang dimiliki dan klaim yang diajukan. Jika klaim yang diajukan adalah kerusakan sebagian dengan polis OTO Comprehensive, maka metode penggantian yang diberikan adalah cashless.

Metode cashless memungkinkan peserta asuransi memperbaiki kendaraan mobil di bengkel tanpa harus membayar terlebih dahulu. Sebab, perusahaan asuransi sudah memberikan surat perintah kerja kepada bengkel rekanan. Peserta hanya perlu membayar risiko yang ditanggung sendiri berupa biaya administrasi. Biasanya perusahaan asuransi menetapkan biaya ini sebesar Rp300 ribu per kejadian atau klaim.

Sementara klaim asuransi TLO dan kecelakaan digantikan dengan santunan tunai. Persentase santunan yang diberikan disesuaikan dengan kebijakan Jasindo yang tercantum dalam polis. Untuk kecelakaan, baik bagi pengemudi, penumpang, atau pihak ketiga, maka akan mendapatkan santunan perawatan di rumah sakit/fasilitas kesehatan dan santunan apabila terjadi risiko meninggal dunia.

Asuransi mobil Jasindo bisa dibeli secara online sehingga calon nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang terdekat untuk mendapatkan penawaran. Berikut ini tahapan membeli asuransi mobil Jasindo secara online.

  • Tahap pertama adalah mengisis kolom Pilihan yang berisi informasi mengenai kendaraan, yaitu tahun produksi, jenis kendaraan, brand, tipe, wilayah plat, harga pasaran, risiko atau polis yang ingin dibeli (TLO, Comprehensive, atau OTO Plus), perluasan manfaat (opsional), dan perluasan non standard (opsional).
  • Tahap kedua adalah mengisi kolom informasi yang memberikan harga premi dari data kendaraan yang dimasukan pada tahap pertama. Kemudian, klik Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.
  • Tahap ketiga yaitu mengisi data diri pribadi (pemilik kendaraan), KTP, SIM, STNK, dan foto mobil dari beberapa sisi.
  • Tahap keempat adalah pembayaran yang bisa dilakukan melalui berbagai cara.

Selain membeli melalui situs resmi, calon nasabah bisa membandingkan asuransi mobil terbaik melalui situs agregator atau marketplace asuransi semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi mobil dari satu perusahaan, melainkan dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi yang ringan pula.

Pembayaran premi asuransi mobil Jasindo bisa dibayar secara tahunan atau disesuaikan dengan masa pertanggungan yang diinginkan biasanya untuk asuransi mobil perusahaan. Nasabah bisa mendatangi kantor cabang Jasindo terdekat atau bayar melalui teller bank, ATM, mobile banking, dan internet banking untuk melakukan pembayaran. 

Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, penting untuk mengetahui nomor polis yang dibayarkan. Setelah itu informasikan atau input nomor polis. Kemudian lakukan pembayaran premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. 

Jangan lupa simpan bukti pembayaran sebagai arsip apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.Terdapat notifikasi melalui SMS ataupun email di hari yang sama apabila pembayaran premi berhasil.

Dalam melakukan klaim asuransi mobil Jasindo sama seperti klaim asuransi kendaraan dari perusahaan lain. Paling pertama yang harus dilakukan adalah membuat laporan klaim atas kejadian yang menimpa. Selain itu, pastikan bahwa klaim yang diajukan sesuai dengan polis yang dibeli.

Jika tidak, tentu klaim tidak akan disetujui. Misalnya saja seorang nasabah membeli asuransi OTO dan melakukan klaim atas kecelakaan yang dialami. Jika kecelakaan tersebut tidak menyebabkan kerusakan lebih dari 75 persen, maka klaim yang diajukan tidak akan disetujui.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai tahapan pengajuan klaim asuransi mobil Jasindo:

  • Setelah membuat laporan, isi formulir klaim di kantor pusat atau kantor cabang terdekat.
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan yaitu salinan polis asuransi, fotokopi SIM, fotokopi STNK, dan surat keterangan kepolisian (untuk klaim kecelakaan dan kehilangan).
  • Sertakan juga foto-foto bagian kendaraan yang rusak.
  • Jika dirasa perlu, pihak Jasindo akan mengirim surveyor untuk melihat kerusakan dan menandai bagian mobil yang rusak dan akan diperbaiki oleh bengkel rekanan/resmi.
  • Setelah itu, mobil akan dibawa ke bengkel rekanan/resmi.
  • Nasabah hanya perlu menunggu perbaikan selesai.
  • Untuk klaim kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, hanya perlu melengkapi surat tuntutan dari pihak ketiga.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apa pun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika calon nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Jasindo.

  • Menghubungi call center Jasindo atau mendatangi kantor Jasindo terdekat dan jelaskan alasan penutupan polis.
  • Mengisi dokumen pernyataan yang menerangkan penutupan polis. Sebaiknya, pahami isi dokumen dan minta penjelasan untuk denda dan hal lain yang ditimbulkan dari penutupan polis.
  • Lengkapi persyaratan seperti,formulir penutupan polis, buku polis, kartu identitas diri, STNK, dan lain sebagainya.
  • Membayar kewajiban yang belum diselesaikan (jika ada).

Untuk informasi lebih lengkap, nasabah dapat menghubungi call center Jasindo melalui nomor 1500073.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.jasindo.co.id/
Penulis Hanifah Nurul Eks jurnalis bidang moneter, keuangan, dan gaya hidup yang memberikan pencerahan finansial lewat tulisan sederhana. Lihat profile penulis