Asuransi Mobil KSK

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Asuransi Mobil KSK

Asuransi mobil KSK adalah asuransi kendaraan yang dimiliki oleh KSK Insurance dengan manfaat perbaikan kerusakan mobil. Adapun KSK Insurance atau asuransi KSK berada di bawah naungan PT KSK General Insurance Indonesia yang merupakan perusahaan asuransi lokal dengan pengalaman 30 tahun di industri asuransi. 

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kesehatan Manulife versi Lifepal:

  • (+) Menanggapi musibah banjir 2020 lalu dengan melakukan pembayaran klaim di muka atas klaim asuransi mobil nasabah yang terdampak banjir.
  • (+) Pertanggungan yang luas meski dari satu polis saja. 
  • (+) Kendati begitu, rekanan bengkel asuransi mobil KSK tidak menyebar rata; dominan berlokasi di pulau Jawa, dan tidak tersedia bengkel rekanan di Papua dan Sulawesi.
  • (-) Laporan tahunan perusahaan KSK Insurance melalui situs resminya terakhir diperbarui pada tahun 2015 silam
  • (-) Rasio ekuitas perusahaan KSK Insurance pada tahun 2018 masuk dalam kategori cukup. Artinya meski mampu melampaui ketentuan POJK, namun total ekuitas masih berada di bawah rata-rata jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi kerugian lainnya yang umumnya mampu mencapai sekurangnya Rp200 miliar. 

Sekilas tentang Asuransi Mobil KSK

Asuransi mobil KSK menawarkan satu polis saja, yaitu asuransi kendaraan bermotor dengan nama Motor Insurance. Polis tersebut menyediakan manfaat penggantian biaya kerugian akibat kerusakan mobil dan manfaat tambahan lain.

KSK atau KSK Insurance didirikan pada tahun 1988 dan telah beberapa kali berganti nama sebelum diakuisisi oleh KSK Group Berhad. Pada tahun 2012, akhirnya KSK diberi nama  PT KSK Insurance Indonesia sebagai bentuk usaha rebranding perusahaan. KSK memiliki cabang perusahaan di Thailand dengan nama KSK Insurance Thailand Public Company Limited sejak tahun 2001.

Lifepal belum bekerja sama dengan KSK Insurance. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai produk asuransi mobil dari KSK, sila menuju website resmi mereka. Namun, calon nasabah dapat membandingkan terlebih dahulu asuransi mobil terbaik melalui marketplace asuransi Lifepal. Sila isi formulir pada bagian atas untuk mendapatkan rekomendasi asuransi terbaik.

 

Asuransi mobil KSK terdiri dari polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah asuransi. Berikut pilihan polis asuransi mobil KSK yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Mobil KSK
Motor Insurance
Produk asuransi yang memberikan perlindungan berupa jaminan ganti rugi untuk kerusakan kendaraan bermotor.
 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan bengkel rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi kskinsurance.co.id sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi KSK.

Produk asuransi mobil yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mobil bagi individu dengan pertanggungan yang mencakup biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut.

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat tabrakan/benturan, termasuk tergelincir, terperosok, dan terbalik.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat perbuatan jahat orang lain.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat kebakaran. Adapun risiko kebakaran yang ditanggung oleh asuransi KSK adalah karena alasan berikut:
    • Kebakaran karena lokasi motor berdekatan dengan kejadian kebakaran.
    • Kebakaran karena tersambar petir.
    • Kerusakan akibat terkena air untuk menghentikan kebakaran.
    • Kendaraan dimusnahkan atas instruksi pihak berwenang untuk mencegah menjalarnya kebakaran.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.
  • Pertanggungan kerugian harta benda atau perawatan medis pihak ketiga yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.
  • Pertanggungan kerugian akibat kerusakan yang terjadi selama kendaraan berada di atas kapal di penyeberangan yang ada di bawah pengawasan Dirjen Perhubungan Darat.
  • Pertanggungan kerugian akibat risiko lainnya, misalnya kerusuhan, letusan gunung berapi, tsunami, tanah longsor, banjir, atau gempa bumi.

Untuk mengetahui lebih jelas seputar pertanggungan atau manfaat yang diberikan oleh asuransi mobil KSK, sila brosur asuransi mobil KSK langsung dari situs resmi kskinsurance.co.id.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil KSK Insurance, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017. Silakan merujuk ke halaman asuransi mobil Lifepal untuk mengetahui perhitungan premi asuransi kendaraan KSK.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil KSK, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi KSK Insurance.

Asuransi mobil KSK bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang KSK di kota terdekat. Calon nasabah juga bisa membeli asuransi melalui telepon melalui nomor call center KSK Insurance (021) 5203003 atau mendaftar melalui situs resmi KSK dengan mengisi formulir.

Atau, jika ingin lebih berimbang, bandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Garda Oto saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi mobil KSK Insurance bergantung pada polis asuransi yang dibeli. Terdapat beberapa kanal pembayaran yang dapat digunakan oleh nasabah. Jika ingin membeli polis asuransi secara online, umumnya diberikan pilihan pembayaran melalui transfer bank melalui rekening yang dimiliki oleh asuransi KSK Insurance.

Sebelum mengajukan klaim asuransi mobil KSK, dokumentasikan terlebih dahulu kerusakan kendaraan bermotor setelah kejadian yang menyebabkan klaim. Selanjutnya, perlu melaporkan klaim terlebih dahulu melalui telepon (021) 5203003 atau datang ke kantor KSK. 

Setelah itu, berikut tahapan klaim yang perlu diketahui:

  • Mengisi formulir klaim asuransi mobil KSK dan informasikan kronologi kejadian yang menyebabkan klaim.
  • Lengkapi juga dengan dokumen pendukung.
  • Petugas KSK akan menghubungi untuk melakukan survei kendaraan yang ditanggung.
  • Tidak diperkenankan untuk memperbaiki kendaraan tanpa keputusan dari KSK.
  • Nasabah perlu melengkapi dokumen surat kuasa apabila yang mengajukan klaim bukan pemegang polis atau pihak tertanggung.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil KSK.

Nasabah dapat menutup polis asuransi mobil KSK, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak KSK Insurance akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Layanan nasabah atau call center KSK dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim KSK, khususnya asuransi mobil KSK, sila hubungi kontak berikut.

  • Customer Care Centre: Central Park (APL) Office Tower, Centennial Tower, 15th Floor Unit E-G, Jalan Jend. Gatot Subroto Kav. 24 & 25, Jakarta 12930, Indonesia
  • KSK Call Center: +62 21 520 3003
  • Email: [email protected]
  • Faksimile: +62 21 520 3002
  • Situs resmi: kskinsurance.co.id

Bengkel rekanan asuransi mobil KSK tersebar di berbagai kota besar Indonesia. Berikut ini daftar beberapa bengkel rekanan asuransi KSK.

DKI Jakarta

  • JNS, Jalan Hadiah no.15 Daan Mogot, Telepon:  (021) 565-9511(021) 565-9511, 560-4355
  • Chung Service, Jalan Duri (TSS) No. 54-56, Jembatan V, Telepon: (021) 631-0789(021) 631-0789, 631-3255
  • Jasa Motor, Jl Palmerah Utara No 15,Telepon:  (021) 5485554(021) 5485554 : 5346333
  • Kota Baru Motor, Jalan Cideng Barat 47F, Telepon: (021) 63863777(021) 63863777
  • King Ford, Jalan Suprapto no.78A Cempaka Putih, Telepon: (021) 425.4033
  • Buana Sakti Aneka Motor, JalanWarung Buncit Raya no.109, Telepon: (021) 7996171(021) 7996171
  • Cahaya Utama, Jalan Ciledug Raya No. 9, Telepon: (021) 586 1546(021) 586 1546
  • Ben Agung, Jalan Dewi Sartika no.298, Cawang, Telepon: (021) 8093251(021) 8093251
  • Abadi Jaya Motor, Jalan Semut No. 49A – Penjaringan, Telepon: (021) 6918747(021) 6918747 – 6904318 – 6930159

Jawa Barat

  • Astrido Bekasi, Jalan Jend. Sudirman No. 10, Kranji, Bekasi, Telepon: (021) 889-3760(021) 889-3760
  • Makmur Jaya Motor,Jalan Pajajaran No. 15, Bogor, Telepon: (0251) 310-166(0251) 310-166
  • Marga Jaya, Jl MH Thamrin No 8 Cikokol, Tangeran, Telepon: (021) 55753375(021) 55753375
  • Megah Jaya, Jalan BKR No. 25 Bandung, Telepon: (022) 7312766(022) 7312766
  • Bonti Prima, Jalan Holis No. 222, Bandung, Telepon: (022) 6034090(022) 6034090

Jawa Tengah

  • New ABECE, Jalan Prambanan Raya No. 10 Pasadena, Telepon: (024) 761-5073(024) 761-5073, 707-00318, 7614112  
  • Serodja Jalan Bandarharjo No. 12A, Telepon: (024) 354-6567(024) 354-6567, 354-4705  
  • Champion,Jalan Puspowarno Tengah No. 3, Semarang, Telepon: (024) 7603534(024) 7603534

Jawa Timur

  • Mischan, Jalan Kalijudan No.254 Surabaya, Telepon: (031) 3810404(031) 3810404 & (031) 3810606(031) 3810606
  • Hutan Alam, Jalan Kenjeran No.615 Surabaya, Telepon: (031) 3892336(031) 3892336 & (031) 3894858(031) 3894858

Sumatera

  • Car Station, Jalan Letda Sujono No. 35 Medan, Telepon: (061) 7342546
  • Tekun Jaya, Jalan Bilal No 173/17 Medan.
  • Istana Mobil, Jalan Sisingamangaraja No. 40 Tebing Tinggi.
  • Autoline, Jalan Gatot Subroto No.104, Garuntang, Telepon: (0721) 485222-485589
  • Sumber Teknik Jambi, Jalan Kapten Zaidi Saleh Kec.Paal V-Kec.Kota Baru -Jambi, (0741) 41535.

Kalimantan

  • Dolphin, Jalan Parit Makmur No. 8-9., Pontianak, Telepon: (0561) 886450  
  • Karya Warna, Jalan Putri Dara Hitam No. 17B Pontianak, Telepon: (0561) 572508 – HP.081952680007

Sulawesi

  • Astra International-Isuzu, Jalan Wolter Monginsidi No. 123A, Malalayang 1 Barat Telepon: 827000,837187,834806,834796

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://kskinsurance.co.id/files/Brochure%20Motor%20Insurance.pdf

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal