Asuransi Mobil Medan

5.0
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Mobil Medan

Asuransi mobil Medan adalah layanan proteksi terhadap kendaraan mobil yang tersedia di wilayah Medan. Kota Medan merupakan ibu kota dari provinsi Sumatra Utara, juga dikenal sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya.

Bahkan, menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Medan ambil andil penting dalam pertumbuhan utama di Indonesia. Perkembangan kota yang berjalan pesat juga berbanding lurus dengan pertumbuhan pengguna kendaraan sepeda motor dan mobil. 

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Akhyar Nasution selaku Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, pada tahun 2016 rasio jumlah kendaraan pribadi berbanding kendaraan umum di kota Medan adalah 97,8 persen banding 2,2 persen. Sementara kendaraan jenis roda dua mendominasi tingginya jumlah kendaraan pribadi, yaitu sebesar 75,95 persen.

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat Kota Medan lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi. 

Dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun umum, tentu semakin besar pula kemungkinan terjadi kemacetan dan kecelakaan. Untuk itu, asuransi mobil di Kota Medan menjadi kebutuhan mendasar yang sebaiknya dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan. Mengingat kita tidak pernah tahu kapan terjadinya kerugian di tengah padatnya jalanan Kota Medan. 

Mungkin banyak yang belum memahami fungsi dan keuntungan memiliki asuransi mobil di Medan. Perlu dipahami bahwa asuransi mobil memberikan perlindungan atas risiko finansial akibat beban biaya perbaikan atas segala jenis kerusakan yang mungkin terjadi pada kendaraan mobil Anda. Sebab, asuransi mobil bersedia memberikan biaya penggantian atas perbaikan mobil sesuai dengan ketentuan manfaat yang dipilih. 

Berbagai pilihan perusahaan asuransi mobil terbaik juga menghadirkan kantor cabang dan bengkel rekanan di Kota Medan. Ini bertujuan untuk mempermudah proses klaim dan layanan perbaikan mobil untuk peserta asuransi yang berdomisili di Medan. Adapun berbagai perusahaan asuransi besar seperti AXA, Garda Oto, ACA, Tokio Marine, dan Adira Autocillin yang menyediakan jaringan bengkel rekanan untuk asuransi mobil di Kota Medan.

 

Pilihan polis asuransi mobil terbagi atas dua jenis pertanggungan, yaitu asuransi all risk dan asuransi total loss only (TLO). Pelajari kedua pilihan polis asuransi paling umum berikut ini sebagai pertimbangan Anda. 

Asuransi Mobil Medan
Asuransi All Risk
Asuransi kendaraan yang menjamin seluruh risiko yang terjadi pada kendaraan mulai dari kerusakan sebagian atau kerusakan total lebih dari 75%
Asuransi Mobil Medan
Asuransi TLO
Asuransi kendaraan yang memberikan manfaat bagi kerusakan lebih dari 75 persen ataupun kehilangan kendaraan akibat berbagai risiko yang terjadi.
 

Asuransi mobil terbaik di Medan ditentukan oleh beberapa faktor. Berikut ulasan mengenai asuransi mobil Medan, premi, cara pembelian, dan klaim. 

Dicatat oleh Harian Kompas tahun 2018, Kota Medan menempati peringkat enam kota termacet di Indonesia. Bahkan durasi kemacetan mencapai 42 jam dalam setahun. Tingkat kemacetan yang tinggi tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah volume kendaraan pribadi yang meningkat. 

Bayangkan saja, jumlah penduduk kota Medan tercatat sekitar 2,3 juta jiwa, sementara jumlah kendaraan sepeda motor mencapai 84.887 unit, mobil sebanyak 5.106 unit, bus 112 unit, dan truk 2.897 unit. 

Mengacu pada data tersebut, tak heran jika akhirnya pengendara merasa khawatir terhadap risiko kerusakan seperti baret, kecelakaan, pencurian, dan sebagainya. Untuk menekan rasa khawatir tersebut, Anda dapat memanfaatkan asuransi mobil terbaik di Medan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. 

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa asuransi mobil sebenarnya tidak hanya diperuntukkan untuk melindungi kendaraan Anda saja, melainkan juga penumpang dan pengemudi kendaraan yang diasuransikan. Adapun perluasan jaminan manfaat yang bisa Anda ambil, mulai dari pertanggungan jiwa akibat kecelakaan dan masih banyak lagi. 

Dalam data BPS tercatat bahwa angka kecelakaan lalu lintas selama tahun 2017 mencapai angka 1,233, dengan rata-rata  kecelakaan sekitar 100 kejadian setiap bulannya. Melihat indeks kecelakaan tersebut, rasanya asuransi mobil di Medan menjadi suatu kebutuhan yang sebaiknya dimiliki setiap pengendara atau pemilik mobil. 

Perlu dipahami bahwa musibah bisa terjadi kepada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Mungkin saja Anda telah sangat berhati-hati dalam berkendara, namun risiko kerugian tetap selalu ada. Jadi, hal paling bijaksana dalam menjaga kendaraan mobil Anda adalah dengan memilih asuransi mobil Medan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. 

Selain memberikan biaya pertanggungan terhadap risiko kerusakan pada mobil, asuransi kendaraan umumnya juga memberikan manfaat tanggung jawab pihak ketiga. Ini penting untuk dimiliki setiap pengendara, karena saat terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, biasanya Anda akan membutuhkan biaya yang besar untuk memberikan tanggung jawab terhadap pihak tersebut. Biaya tersebut mencakup proses hukum dan pengacara. Apabila Anda telah terlindungi dengan asuransi mobil, maka pengeluaran tersebut akan sepenuhnya ditanggung oleh pihak asuransi, tergantung perjanjian yang tercatat dalam polis. 

Adapun risiko lain selain kecelakaan yang perlu dipertimbangkan, seperti bencana alam, kecelakaan diri, hingga pencurian. Sementara perluasan manfaat atau rider asuransi mobil mencakup uang pertanggungan (UP) atas risiko cedera, cacat, dan meninggal dunia. Tentu saja akan ada biaya premi tambahan untuk perluasan manfaat ini. 

Asuransi mobil pada umumnya dibagi menjadi dua jenis pertanggungan yaitu all risk dan total loss only (TLO). Asuransi mobil all risk atau comprehensive cocok untuk jenis kendaraan yang tergolong baru. Sebab, perbaikan mobil baru relatif lebih tinggi, sekalipun kerusakannya yang terjadi hanya berupa kerusakan kecil saja. 

Ketika mobil memasuki usia satu hingga dua tahun dapat beralih pada asuransi total loss only (TLO). Dengan begitu, Anda akan lebih untung karena premi yang harus dibayarkan setiap tahun atau bulannya lebih ringan. 

Perhitungan harga premi asuransi mobil di Medan sebenarnya sangat sederhana dan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan agen asuransi. Anda bisa cek sendiri harga premi asuransi mobil Anda khususnya yang berdomisili di wilayah Medan dan sekitarnya.

Perhitungan asuransi all risk (Comprehensive) di Medan

Menurut surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang “Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor” pada tahun 2017, adapun penetapan premi asuransi mobil di Medan bisa dilihat pada rincian berikut:

  • Harga mobil kategori 1 yaitu hingga Rp125 juta antara 3,82%-4,20%
  • Harga mobil kategori 2 Rp125-200 juta antara 2,67%-2,94%
  • Harga mobil kategori 3 Rp200-400 juta antara 2,18%-2,40%
  • Harga mobil kategori 4 Rp400-800 juta antara 1,20%-1,32%
  • Harga mobil kategori 5 yaitu lebih dari Rp800 juta antara 1,05%-1,16%

Contoh:

Mobil dengan harga Rp150 juta di Medan. Berdasarkan tabel di atas, berarti mobil Anda termasuk kategori 2 karena berada di angka Rp125 juta sampai Rp200 juta. Berikut simulasi harga premi asuransi mobil di Medan:

Batas bawah kategori 2 (3,82%) x harga mobil

3,82 % x Rp100.000.000 = Rp3.820.000

Dari perhitungan di atas, premi yang harus dibayarkan untuk perlindungan comprehensive atau asuransi all risk adalah minimal Rp3.820.000 per tahun.

2. Perhitungan asuransi total loss only (TLO) di Medan

Masih mengacu pada ketentuan OJK, berikut adalah tabel persentase premi asuransi total loss only (TLO) untuk wilayah Sumatera dan kepulauan di sekitarnya. 

  • Harga mobil kategori 1 yaitu hingga Rp125 juta antara  0,47%-0,56%
  • Harga mobil kategori 2 Rp125-200 juta antara 0,63%-0,69%
  • Harga mobil kategori 3 Rp200-400 juta antara 0,41%-0,46%
  • Harga mobil kategori 4 Rp400-800 juta antara 0,25%-0,30%
  • Harga mobil kategori 5 yaitu lebih dari Rp800 juta antara 0,20%-0,24%

Setelah melihat tabel dari asuransi TLO, berikut simulasi premi asuransi mobil yang harus dibayarkan untuk mobil dengan harga pasar Rp150 juta di Medan.

Persentase premi batas bawah kategori 2 wilayah I (0,47%) x harga mobil

0,47% x Rp100.000.000 = Rp470.000

Dari perhitungan asuransi di atas, biaya asuransi mobil Anda untuk perlindungan TLO adalah minimal Rp470 ribu per tahun.

Pengertian perluasan asuransi mobil di Medan adalah jaminan proteksi tambahan berupa beberapa jenis risiko yang belum di-cover oleh manfaat utama produk asuransi mobil di wilayah Medan yang ada.

Konsekuensi memilih perluasan berarti akan ada peningkatan harga premi tetapi tentu mendapatkan proteksi lebih banyak. Apa saja proteksi yang bisa didapatkan dengan memilih jaminan perluasan? Berikut risiko dari jaminan perluasan asuransi mobil di Medan:

  • Risiko kerusakan/kehilangan akibat banjir termasuk angin topan.
  • Risiko kerugian akibat huru hara dan kerusuhan.
  • Risiko kerusakan/kehilangan akibat gempa bumi dan tsunami.
  • Risiko tuntutan biaya penggantian dari pihak ketiga.
  • Proteksi terhadap penumpang dari risiko kecelakaan.
  • Tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

Adapun tarif jaminan perluasan berdasarkan surat edaran OJK adalah sebagai berikut ini:

  • Banjir, angin topan, gempa bumi, tsunami, huru hara dan kerusuhan (SRCC), terorisme dan sabotase 0,05-0,035% dengan risiko sendiri 10% dari nilai klaim (minimal Rp500 ribu/kejadian).
  • TPL untuk kendaraan penumpang dan sepeda motor: uang pertanggungan (UP) hingga Rp25 juta 1%, UP Rp25-50 juta 0,5%, UP di atas Rp100 juta ditentukan underwriter perusahaan.
  • TPL (kendaraan niaga, truk, dan bus): UP Rp25 juta 1,50%, UP Rp25-50 juta 0,75%, UP Rp50-100 juta 0,375%, UP di atas Rp100 juta ditentukan underwriter perusahaan.
  • Kecelakaan diri penumpang: pengemudi 0,50% dari UP kecelakaan, penumpang 0,10% dari UP kecelakaan untuk setiap tempat duduk penumpang.
  • TPL terhadap penumpang: UP Rp25 juta 0,50%, UP Rp25-50 juta 0,25%, UP Rp500-100 juta 0,125%, UP di atas Rp100 juta ditentukan underwriter perusahaan.

Perhitungan tarif atau premi asuransi mobil di Medan bisa dihitung sendiri berdasarkan tabel yang sudah diterbitkan oleh OJK. Adapun contoh simulasi asuransi Mobil di Medan bisa Anda perhatikan melalui perhitungan berikut ini.

Asuransi All Risk Ditambah Jaminan Perluasan

Harga mobil yang digunakan adalah Rp150 juta.

Berikut perhitungan asuransi all risk dengan menggunakan tarif batas bawah.

  • Premi asuransi all risk di Semarang 0,47% x Rp100.000.000 = Rp470.000
  • Jaminan perluasan banjir Rp100.000.000 x 0,075% = Rp75.000
  • Jaminan perluasan gempa bumi Rp100.000.000 x 0,075% = Rp75.000
  • Jaminan perluasan terorisme Rp100.000.000 x 0.05% = Rp50.000
  • Jaminan perluasan huru-hara Rp100.000.000 x 0.05% = Rp50.000
  • Jaminan perluasan pertanggungan pengemudi Rp100.000.000 x 0.50% = Rp500.000
  • Jaminan perluasan pertanggungan penumpang Rp100.000.000 x 0.10% = Rp100.000

Jika dijumlahkan, maka total premi yang harus dibayarkan adalah Rp4.670.000 per tahun.

Asuransi TLO Ditambah Jaminan Perluasan

Harga mobil yang digunakan adalah Rp150 juta.

Berikut perhitungan asuransi total loss only dengan menggunakan tarif batas bawah.

  • Premi asuransi total loss only di Medan 0,47% x Rp100.000.000 = Rp470.000
  • Jaminan perluasan banjir Rp100.000.000 x 0,05% = Rp50.000
  • Jaminan perluasan gempa bumi Rp100.000.000 x 0,085% = Rp50.000
  • Jaminan perluasan terorisme Rp100.000.000 x 0,035% = Rp35.000
  • Jaminan perluasan huru-hara Rp100.000.000 x 0,035% = Rp35.000
  • Jaminan perluasan pertanggungan pengemudi Rp100.000.000 x 0,50% = Rp500.000.
  • Jaminan perluasan pertanggungan penumpang Rp100.000.000 x 0,10% = Rp100.000

Jika dijumlahkan, maka total premi yang harus dibayarkan adalah Rp1.240.000 per tahun.

Dengan simulasi harga premi di atas, akan lebih mudah untuk Anda mempertimbangkan antara premi asuransi mobil all risk dan TLO di Medan. Pastikan pilih jenis asuransi mobil yang sesuai dengan anggaran Anda

Cara membeli asuransi mobil Medan secara online cukup mudah karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga dapat lebih leluasa memilih asuransi mobil di Medan yang sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk dari perusahaan asuransi yang satu dengan yang lain.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan cukup secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan pembelian asuransi mobil di Medan secara online adalah sebagai berikut ini:

  • Menyiapkan info dan identitas kendaraan. 
  • Menyiapkan identitas diri dan dokumen dalam bentuk softcopy atau foto.
  • Melakukan pendaftaran.
  • Melakukan pembayaran melalui kanal yang disediakan baik secara online maupun offline.
  • Menerima polis asuransi secara online maupun offline. Polis asuransi digital dapat dikirimkan langsung melalui email atau surat elektronik. 

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi kendaraan. Berbagai pilihan asuransi kendaraan, baik asuransi mobil dan asuransi motor terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi mobil dengan tawaran paling menarik.

Salah satu rahasia mengapa asuransi mobil secara online menjadi lebih untung karena harganya bisa lebih murah daripada membeli asuransi secara offline maupun dari agen.

Selain Kota Medan, produk asuransi mobil terbaik juga bisa Anda dapatkan di kota lain di Indonesia. Berikut informasi mengenai layanan asuransi mobil di berbagai kota dan daerah di Indonesia.