Asuransi Mobil MPM

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Asuransi Mobil MPM Insurance

Asuransi mobil MPM adalah asuransi kendaraan yang dimiliki oleh PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPM Insurance) dengan manfaat perbaikan kerusakan mobil. MPM Insurance didirikan tahun 2012 di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil MPM Insurance

  • (+) Dokumen persyaratan yang perlu dilengkapi nasabah tidak begitu banyak, sehingga proses klaim tidak terlalu ribet.
  • (+) Produk asuransi kendaraan relatif lengkap, karena menanggung juga tanggung jawab terhadap pihak ketiga sebagai manfaat utama. 
  • (-) Rekanan bengkel asuransi mobil MPM relatif tidak begitu banyak dibandingkan perusahaan asuransi lain yang memiliki ribuan bengkel rekanan. Total “hanya” 300 bengkel rekanan MPM Insurance di seluruh Indonesia.

Sekilas tentang Asuransi Mobil MPM Insurance

Asuransi mobil MPM menawarkan dua polis, yaitu asuransi Semua Risiko dan Kerusakan Total Saja. Kedua polis tersebut menyediakan manfaat penggantian biaya kerugian akibat kerusakan mobil dan manfaat tambahan lain.

MPM Group sendiri didirikan pada tahun 1987 sebagai perusahaan pemasar oli motor. Perusahaan terus berkembang dan mulai memasarkan kendaraan bermotor. Pada tahun 2011, grup mendirikan anak perusahaan di bidang distributor motor. Setahun kemudian, MPM Group kembali memperluas segmen ke bisnis rental, keuangan, dan asuransi. Termasuk pula merilis produk asuransi kendaraan bermotor.

 

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi mpm-insurance.com, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika.

Asuransi Mobil MPM
Semua Risiko
Produk asuransi mobil MPM yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil sebagian atau seluruhnya, mulai dari kerusakan minor (seperti lecet) hingga kerusakan parah.
Asuransi Mobil MPM
Kerusakan Total Saja
Produk asuransi mobil MPM yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil hanya bila kerusakan terjadi secara total. Maksudnya, kerusakan yang terjadi di atas 75 persen atau kasus kehilangan mobil.
 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi mpm-insurance.com sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi MPM.

Pertanggungan asuransi MPM sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil MPM.

Asuransi Mobil MPM Semua Risiko

Produk asuransi mobil yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mobil bagi individu dengan pertanggungan yang mencakup biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut.

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat benturan, tabrakan, tergelincir, terperosok, dan terbalik.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat perbuatan jahat orang lain.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat kebakaran.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.
  • Pertanggungan gugatan hukum pihak ketiga.

Asuransi Mobil MPM Total Loss Only (TLO)

Produk asuransi mobil total loss only (TLO) dari MPM Insurance memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mobil bagi individu dengan pertanggungan yang mencakup biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut.

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor hanya untuk kerusakan total (di atas 75 persen) akibat kebakaran atau kecelakaan.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.
  • Pertanggungan gugatan hukum pihak ketiga.

Untuk mengetahui lebih jelas seputar pertanggungan atau manfaat yang diberikan oleh asuransi mobil MPM, bisa mengunduh brosur asuransi mobil MPM langsung dari situs resmi MPM.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil MPM Insurance, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Ketahui lebih lanjut mengenai perhitungan premi asuransi untuk mobil melalui halaman asuransi mobil Lifepal.

Buka halaman produk asuransi MPM melalui tautan https://www.mpm-insurance.com/products, kemudian isi formulir yang tersedia pada website tersebut.

Atau, jika ingin lebih berimbang, dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi MPM saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi mobil MPM dapat melalui langkah berikut:

  • Pembayaran melalui transfer ke rekening bank MPM.
  • Pembayaran tunai: dapat dilakukan di kantor pusat atau kantor pemasaran MPM.
  • Pembayaran dengan cek atau giro: ditujukan ke PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPM).
  • Jenis pembayaran tunai/cek/giro tidak berlaku untuk pembayaran premi secara bulanan.
  • Berikut hal yang perlu dilakukan untuk membayar premi via autodebet atau kartu kredit.
    • Mengisi dan menandatangani formulir sesuai dengan bank masing-masing
    • Fotokopi KTP dan buku tabungan/kartu debit/kartu kredit.

Sebelum mengajukan klaim asuransi mobil MPM, dokumentasikan terlebih dahulu kerusakan kendaraan bermotor setelah kejadian yang menyebabkan klaim. Selanjutnya, nasabah perlu melaporkan klaim terlebih dahulu melalui telepon atau email.

Setelah melapor secara lisan, nasabah perlu menambahkan pelaporan klaim secara tertulis paling lambat lima hari setelah tanggal kejadian melalui email [email protected]

Adapun dokumen yang perlu dipersiapkan untuk klaim kerusakan sebagian.

  1. Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani.
  2. Fotokopi polis dan bukti pembayaran premi.
  3. Fotokopi SIM dan STNK.

Sementara itu, berikut dokumen yang perlu dipersiapkan untuk klaim total.

  1. Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani.
  2. Polis dan bukti pembayaran premi asli.
  3. Fotokopi SIM.
  4. Fotokopi KTP.
  5. STNK asli.
  6. Surat Keterangan dari Kepolisian.
  7. Faktur pembelian.
  8. Menandatangani surat subrogasi.
  9. BPKB asli.
  10. Kunci asli dan kunci duplikat kendaraan.
  11. Kuitansi kosong tiga lembar, salah satunya memakai materai dengan tanda tangan nama sesuai STNK.

Apabila terdapat tuntutan pihak ketiga (misalnya menabrak kendaraan orang lain dan orang tersebut menggugat  ke ranah hukum), segera susulkan juga pelaporan klaimnya dengan dokumen sebagai berikut:

  1. Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani.
  2. Fotokopi polis dan bukti pembayaran premi.
  3. Fotokopi SIM.
  4. Fotokopi STNK.
  5. Fotokopi SIM pihak ketiga.
  6. Fotokopi STNK pihak ketiga.
  7. Surat Perdamaian dan Surat Pernyataan Tidak Diasuransikan (pihak ketiga) dengan materai.

Setelah laporan diterima, petugas asuransi MPM akan melakukan survei untuk memastikan klaim benar. Surat Perintah Kerja (SPK) akan dikirimkan kepada bengkel rekanan setelah survei dilaksanakan.

Nasabah dapat menutup polis asuransi mobil MPM, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan SIM. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon. 

Layanan nasabah atau call center MPM dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim MPM, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

  • Customer Care Centre: Wisma Slipi 5th Floor, Jl. Jend. S. Parman Kav 12, Jakarta Barat 11480, Indonesia
  • MPM Call Center: 1500676 beroperasi selama 24 jam.
  • Email: [email protected]
  • Website: mpm-insurance.com

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://asuransiMPM.com/id/reli-oto/

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal