Asuransi Mobil MPM

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62

Asuransi mobil MPM adalah asuransi kendaraan yang dimiliki oleh PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPM Insurance) dengan manfaat perbaikan kerusakan mobil. MPM Insurance didirikan tahun 2012 di Indonesia.

Asuransi mobil MPM menawarkan dua polis, yaitu asuransi Semua Risiko dan Kerusakan Total Saja. Kedua polis tersebut menyediakan manfaat penggantian biaya kerugian akibat kerusakan mobil Anda dan manfaat tambahan lain.

Beberapa kelebihan dari asuransi mobil MPM adalah dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim tidak ribet. Kendati begitu, rekanan bengkel asuransi mobil MPM relatif tidak begitu banyak dibandingkan perusahaan asuransi lain yang memiliki ribuan bengkel rekanan. Total “hanya” 300 bengkel rekanan MPM Insurance di seluruh Indonesia.

Asuransi mobil MPM terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil MPM yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Mobil MPM
Semua Risiko
Produk asuransi mobil MPM yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil sebagian atau seluruhnya, mulai dari kerusakan minor (seperti lecet) hingga kerusakan parah.
Asuransi Mobil MPM
Kerusakan Total Saja
Produk asuransi mobil MPM yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil hanya bila kerusakan terjadi secara total. Maksudnya, kerusakan yang terjadi di atas 75 persen atau kasus kehilangan mobil.

Asuransi mobil MPM memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi mobil MPM, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi MPM sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil MPM.

Asuransi Mobil MPM Semua Risiko

Produk asuransi mobil yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mobil bagi individu dengan pertanggungan yang mencakup biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut.

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat benturan, tabrakan, tergelincir, terperosok, dan terbalik.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat perbuatan jahat orang lain.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat kebakaran.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.
  • Pertanggungan gugatan hukum pihak ketiga.

Asuransi Mobil MPM Total Loss Only (TLO)

Produk asuransi mobil total loss only (TLO) dari MPM Insurance memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mobil bagi individu dengan pertanggungan yang mencakup biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut.

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor hanya untuk kerusakan total (di atas 75 persen) akibat kebakaran atau kecelakaan.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.
  • Pertanggungan gugatan hukum pihak ketiga.

Untuk mengetahui lebih jelas seputar pertanggungan atau manfaat yang diberikan oleh asuransi mobil MPM, Anda bisa mengunduh brosur asuransi mobil MPM langsung dari situs resmi MPM.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil MPM Insurance, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Asuransi mobil MPM bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang MPM di kota Anda. Anda juga bisa membeli asuransi melalui telepon ke nomor hotline MPM di 1500676 atau mendaftar melalui situs resmi MPM dengan mengisi formulir.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi MPM saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil MPM Insurance, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi MPM Insurance.

Pembayaran premi asuransi mobil MPM dapat melalui langkah berikut:

Pembayaran Asuransi Mobil MPM melalui Transfer Bank

Pembayaran melalui transfer ke rekening bank MPM.

Pembayaran Asuransi Mobil MPM melalui Tunai/Cek/Giro

  • Pembayaran tunai: dapat dilakukan di kantor pusat atau kantor pemasaran MPM.
  • Pembayaran dengan cek atau giro: ditujukan ke PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPM).
  • Jenis pembayaran tunai/cek/giro tidak berlaku untuk pembayaran premi secara bulanan.

Pembayaran Asuransi Mobil MPM melalui Autodebit/Kartu Kredit

Berikut hal yang perlu dilakukan untuk membayar premi via autodebit atau kartu kredit.

  1. Mengisi dan menandatangani formulir sesuai dengan bank masing-masing
  2. Fotokopi KTP dan buku tabungan/kartu debit/kartu kredit.

Sebelum mengajukan klaim asuransi mobil MPM, dokumentasikan terlebih dahulu kerusakan kendaraan bermotor setelah kejadian yang menyebabkan klaim. Selanjutnya, Anda perlu melaporkan klaim terlebih dahulu melalui telepon atau email.

Setelah melapor secara lisan, Anda perlu menambahkan pelaporan klaim secara tertulis paling lambat lima hari setelah tanggal kejadian melalui email [email protected]

Cara Klaim Asuransi Mobil MPM untuk Kerusakan Sebagian

Adapun dokumen yang perlu Anda persiapkan untuk klaim kerusakan sebagian.

  1. Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani.
  2. Fotokopi polis dan bukti pembayaran premi.
  3. Fotokopi SIM dan STNK.

Cara Klaim Asuransi Mobil MPM untuk Kerusakan Total

Sementara itu, berikut dokumen yang perlu Anda persiapkan untuk klaim total.

  1. Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani.
  2. Polis dan bukti pembayaran premi asli.
  3. Fotokopi SIM.
  4. Fotokopi KTP.
  5. STNK asli.
  6. Surat Keterangan dari Kepolisian.
  7. Faktur pembelian.
  8. Menandatangani surat subrogasi.
  9. BPKB asli.
  10. Kunci asli dan kunci duplikat kendaraan.
  11. Kuitansi kosong tiga lembar, salah satunya memakai materai dengan tanda tangan nama sesuai STNK.

Cara Klaim Asuransi Mobil MPM untuk Tuntutan Pihak Ketiga

Apabila terdapat tuntutan pihak ketiga (misalnya Anda menabrak kendaraan orang lain dan orang tersebut menggugat Anda ke ranah hukum), segera susulkan juga pelaporan klaimnya dengan dokumen sebagai berikut:

  1. Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani.
  2. Fotokopi polis dan bukti pembayaran premi.
  3. Fotokopi SIM.
  4. Fotokopi STNK.
  5. Fotokopi SIM pihak ketiga.
  6. Fotokopi STNK pihak ketiga.
  7. Surat Perdamaian dan Surat Pernyataan Tidak Diasuransikan (pihak ketiga) dengan materai.

Setelah laporan Anda diterima, petugas asuransi MPM akan melakukan survei untuk memastikan klaim Anda benar. Surat Perintah Kerja (SPK) akan dikirimkan kepada bengkel rekanan setelah survei dilaksanakan.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil MPM.

Anda dapat menutup polis asuransi mobil MPM, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan SIM. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon. 
Informasi Umum

Asuransi mobil MPM adalah asuransi kendaraan yang dimiliki oleh PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPM Insurance) dengan manfaat perbaikan kerusakan mobil. MPM Insurance didirikan tahun 2012 di Indonesia.

Asuransi mobil MPM menawarkan dua polis, yaitu asuransi Semua Risiko dan Kerusakan Total Saja. Kedua polis tersebut menyediakan manfaat penggantian biaya kerugian akibat kerusakan mobil Anda dan manfaat tambahan lain.

Beberapa kelebihan dari asuransi mobil MPM adalah dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim tidak ribet. Kendati begitu, rekanan bengkel asuransi mobil MPM relatif tidak begitu banyak dibandingkan perusahaan asuransi lain yang memiliki ribuan bengkel rekanan. Total “hanya” 300 bengkel rekanan MPM Insurance di seluruh Indonesia.

Pilihan Polis

Asuransi mobil MPM terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil MPM yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Mobil MPM
Semua Risiko
Produk asuransi mobil MPM yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil sebagian atau seluruhnya, mulai dari kerusakan minor (seperti lecet) hingga kerusakan parah.
Asuransi Mobil MPM
Kerusakan Total Saja
Produk asuransi mobil MPM yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil hanya bila kerusakan terjadi secara total. Maksudnya, kerusakan yang terjadi di atas 75 persen atau kasus kehilangan mobil.
Ulasan Produk

Asuransi mobil MPM memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi mobil MPM, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi MPM sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil MPM.

Asuransi Mobil MPM Semua Risiko

Produk asuransi mobil yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mobil bagi individu dengan pertanggungan yang mencakup biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut.

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat benturan, tabrakan, tergelincir, terperosok, dan terbalik.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat perbuatan jahat orang lain.
  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk kerusakan sebagian maupun total akibat kebakaran.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.
  • Pertanggungan gugatan hukum pihak ketiga.

Asuransi Mobil MPM Total Loss Only (TLO)

Produk asuransi mobil total loss only (TLO) dari MPM Insurance memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mobil bagi individu dengan pertanggungan yang mencakup biaya perbaikan. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut.

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor hanya untuk kerusakan total (di atas 75 persen) akibat kebakaran atau kecelakaan.
  • Pertanggungan kerugian akibat pencurian.
  • Pertanggungan gugatan hukum pihak ketiga.

Untuk mengetahui lebih jelas seputar pertanggungan atau manfaat yang diberikan oleh asuransi mobil MPM, Anda bisa mengunduh brosur asuransi mobil MPM langsung dari situs resmi MPM.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil MPM Insurance, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Asuransi mobil MPM bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang MPM di kota Anda. Anda juga bisa membeli asuransi melalui telepon ke nomor hotline MPM di 1500676 atau mendaftar melalui situs resmi MPM dengan mengisi formulir.

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi MPM saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil MPM Insurance, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi MPM Insurance.

Pembayaran premi asuransi mobil MPM dapat melalui langkah berikut:

Pembayaran Asuransi Mobil MPM melalui Transfer Bank

Pembayaran melalui transfer ke rekening bank MPM.

Pembayaran Asuransi Mobil MPM melalui Tunai/Cek/Giro

  • Pembayaran tunai: dapat dilakukan di kantor pusat atau kantor pemasaran MPM.
  • Pembayaran dengan cek atau giro: ditujukan ke PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPM).
  • Jenis pembayaran tunai/cek/giro tidak berlaku untuk pembayaran premi secara bulanan.

Pembayaran Asuransi Mobil MPM melalui Autodebit/Kartu Kredit

Berikut hal yang perlu dilakukan untuk membayar premi via autodebit atau kartu kredit.

  1. Mengisi dan menandatangani formulir sesuai dengan bank masing-masing
  2. Fotokopi KTP dan buku tabungan/kartu debit/kartu kredit.

Sebelum mengajukan klaim asuransi mobil MPM, dokumentasikan terlebih dahulu kerusakan kendaraan bermotor setelah kejadian yang menyebabkan klaim. Selanjutnya, Anda perlu melaporkan klaim terlebih dahulu melalui telepon atau email.

Setelah melapor secara lisan, Anda perlu menambahkan pelaporan klaim secara tertulis paling lambat lima hari setelah tanggal kejadian melalui email [email protected]

Cara Klaim Asuransi Mobil MPM untuk Kerusakan Sebagian

Adapun dokumen yang perlu Anda persiapkan untuk klaim kerusakan sebagian.

  1. Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani.
  2. Fotokopi polis dan bukti pembayaran premi.
  3. Fotokopi SIM dan STNK.

Cara Klaim Asuransi Mobil MPM untuk Kerusakan Total

Sementara itu, berikut dokumen yang perlu Anda persiapkan untuk klaim total.

  1. Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani.
  2. Polis dan bukti pembayaran premi asli.
  3. Fotokopi SIM.
  4. Fotokopi KTP.
  5. STNK asli.
  6. Surat Keterangan dari Kepolisian.
  7. Faktur pembelian.
  8. Menandatangani surat subrogasi.
  9. BPKB asli.
  10. Kunci asli dan kunci duplikat kendaraan.
  11. Kuitansi kosong tiga lembar, salah satunya memakai materai dengan tanda tangan nama sesuai STNK.

Cara Klaim Asuransi Mobil MPM untuk Tuntutan Pihak Ketiga

Apabila terdapat tuntutan pihak ketiga (misalnya Anda menabrak kendaraan orang lain dan orang tersebut menggugat Anda ke ranah hukum), segera susulkan juga pelaporan klaimnya dengan dokumen sebagai berikut:

  1. Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani.
  2. Fotokopi polis dan bukti pembayaran premi.
  3. Fotokopi SIM.
  4. Fotokopi STNK.
  5. Fotokopi SIM pihak ketiga.
  6. Fotokopi STNK pihak ketiga.
  7. Surat Perdamaian dan Surat Pernyataan Tidak Diasuransikan (pihak ketiga) dengan materai.

Setelah laporan Anda diterima, petugas asuransi MPM akan melakukan survei untuk memastikan klaim Anda benar. Surat Perintah Kerja (SPK) akan dikirimkan kepada bengkel rekanan setelah survei dilaksanakan.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil MPM.

Anda dapat menutup polis asuransi mobil MPM, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan SIM. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon. 

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal