Asuransi Mobil Pan Pacific

3.5 / 5.0 (5.318 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 15%
 

Asuransi Mobil Pan Pacific

Asuransi mobil Pan Pacific adalah produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh asuransi Pan Pacific atau PT Pan Pacific Insurance dengan proteksi berupa pertanggungan terhadap berbagai risiko.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Pan Pacific

  • (+) Tersedia fasilitas derek gratis.
  • (+) Hanya satu polis yang tersedia, tetapi memberikan jaminan ganti rugi lengkap, termasuk tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL).
  • (-) Belum tersedia pembelian online di situs resmi perusahaan.

Sekilas tentang Asuransi Mobil Pan Pacific

Asuransi Pan Pacific adalah perusahaan asuransi yang khusus menghadirkan produk-produk asuransi umum. Perusahaan asuransi ini berdiri pada tanggal 17 Februari 1997 dengan nama PT Asuransi Jaya Inti yang kemudian berubah nama menjadi PT Pan Pacific Insurance pada tahun 2007.

Meski masih tergolong baru, asuransi Pan Pacific tidak hanya menghadirkan asuransi kendaraan bermotor saja, tetapi juga asuransi kesehatan, harta benda, pengangkutan, surat jaminan, alat berat, uang, syariah, dan juga asuransi kredit multiguna.

Asuransi Pan Pacific hanya memiliki satu produk asuransi mobil, yaitu Pacific Auto Guard. Produk asuransi tersebut memberikan pertanggungan komprehensif atau menyeluruh. Kendaraan yang ditanggung juga bukan hanya mobil pribadi tetapi juga truk dan bus.

Salah satu keunggulan yang dimiliki asuransi mobil Pan Pacific adalah tersedianya fasilitas mobil derek gratis apabila nasabah mengalami kecelakaan dan membutuhkan layanan derek yang cepat.

 

Asuransi mobil Pan Pacific terdiri dari satu polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil Pan Pacific yang bisa jadi pertimbangan.

Asuransi Mobil Pan Pacific
Pacific Auto Guard
Produk asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan secara menyeluruh untuk kendaraan yang disebabkan oleh tabrakan, terbalik, tindak kejahatan, pencurian dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.
 

Asuransi mobil Pan Pacific memberikan benefit atau manfaat yang dapat disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi mobil Pan Pacific, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi mobil Pan Pacific sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil Pan Pacific berdasarkan jenis produknya.

Produk asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan secara menyeluruh untuk kendaraan, seperti sedan, minibus, mobil pick-up, truk, dan bus. Ada pun manfaat pertanggungan yang diberikan berupa fasilitas mobil derek gratis ketika tertanggung mengalami kecelakaan.

Selain fasilitas mobil derek, adapun jenis pertanggungan yang diberikan terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

Pertanggungan comprehensive (all risk)

Pertanggungan ini diberikan apabila mengalami kerugian sebagian atau total dari risiko yang dijamin polis.

Pertanggungan kerugian total (total loss only/TLO)

Pertanggungan diberikan apabila kerusakan atau kerugian yang dialami sama dengan atau lebih dari 75 persen dari harga kendaraan pada saat itu. Selain itu, pertanggungan juga dapat diberikan apabila kendaraan hilang  karena pencurian dan tidak dapat ditemukan dalam kurun waktu 60 hari sejak terjadinya pencurian.

Adapun pertanggungan dapat diperluas dengan jaminan terhadap hal berikut ini:

  • Tanggung Jawab Hukum (third party liability/TPL) terhadap pihak ketiga.
  • Kecelakaan diri terhadap pengemudi dan atau penumpang maksimal sebesar 0,5 persen dari uang pertanggungan.
  • Kerusuhan, pemogokan dan huru-hara.
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami.
  • Angin topan, badai, hujan es, banjir, dan tanah longsor.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Pan Pacific, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil Pan Pacific, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi Pan Pacific.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar penggantian biaya asuransi mobil Pan Pacific, Anda bisa menghubungi care center Pan Pacific (021) 8098000.

Asuransi mobil Pan Pacific bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang Garda Oto di kota Anda. Anda juga bisa membeli asuransi melalui telepon melalui call center Pan Pacific (021) 8098000. 

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Garda Oto saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.

Pembayaran asuransi mobil Pan Pacvific terbagi menjadi dua metode, antara lain:

  • Tunai, dengan cara datang langsung ke kantor Pan Pacific terdekat.
  • Transfer, dengan mengirimkan ke nomor rekening PT Pan Pacific Insurance yang telah tercantum pada nota debit.
  • Setoran tunai, melalui bank ke nomor rekening PT Pan Pacific Insurance.

Apabila Anda telah melakukan pembayaran, maka segera lakukan konfirmasi dengan memilih salah satu cara di bawah ini.

Konfirmasi pembayaran asuransi mobil melalui telepon

Konfirmasi dilakukan dengan menelepon ke kantor cabang penerbit polis atau ke Care Center  Pan Pacific (021) 8098000. Kemudian sebutkan nomor polis dan jumlah premi yang telah dibayarkan.

Konfirmasi pembayaran asuransi mobil melalui email

Konfirmasi dilakukan melalui email [email protected] dengan menuliskan informasi sebagai berikut:

  • Judul email: Pembayaran Premi.
  • Badan email:
    • Nama pelanggan dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
    • Nomor polis.
    • Jumlah premi yang dibayarkan.
    • Tanggal pembayaran dilakukan.
    • Nama bank tujuan pembayaran.
    • Nomor rekening PT Pan Pacific Insurance yang dituju.

Konfirmasi pembayaran asuransi mobil melalui situs resmi

Konfirmasi pembayaran juga bisa dilakukan melalui situs resmi Pan Pacific di panfic.com. Selanjutnya unduh formulir konfirmasi dan ikuti panduan lengkapnya.

Cara pengajuan klaim asuransi mobil Pan Pacific dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui telepon maupun datang langsung ke kantor Pan Pacific terdekat. Berikut metode klaim asuransi mobil Pan Pacific.

Cara klaim asuransi mobil Pan Pacific melalui telepon

Sebelum mengajukan klaim, pastikan polis masih aktif dan masih dalam durasi pelaporan klaim, yakni 5×24 jam setelah terjadinya kecelakaan.

  • Laporkan keinginan untuk melakukan klaim dengan telepon ke care center melalui nomor (021) 8098000 atau kantor pusat melalui nomor (021) 8370 4309.
  • Lengkapi dokumen yang yang wajib dilampirkan, seperti:
    • Fotokopi polis asuransi.
    • Fotokopi kartu identitas diri (KTP).
    • Fotokopi SIM pengemudi (masih Aktif).
    • Fotokopi STNK (masih aktif).
    • Dokumen lainnya yang diperlukan.
  • Selanjutnya akan dilakukan penjadwalan survei kendaraan.
  • Jika disetujui maka akan dikeluarkan SPK (Surat Perintah Kerja) untuk dilakukannya perbaikan di bengkel rekanan.

Cara klaim asuransi mobil Pan Pacific melalui kantor Pan Pacific

Sama seperti cara klaim melalui sambungan telepon, sebelum mengajukan klaim pastikan polis masih aktif dan masih dalam durasi pelaporan klaim, yakni 5×24 jam setelah terjadinya kecelakaan.

  • Laporkan keinginan untuk melakukan klaim dengan datang langsung ke kantor pusat atau kantor cabang Pan Pacific terdekat.
  • Lengkapi dokumen yang yang wajib dilampirkan, seperti:
    • Fotokopi polis asuransi.
    • Fotokopi kartu identitas diri (KTP).
    • Fotokopi SIM pengemudi (masih Aktif).
    • Fotokopi STNK (masih aktif).
    • Dokumen lainnya yang diperlukan.
  • Selanjutnya, Anda diminta mengisi formulir klaim dengan lengkap.
  • Dilakukan pemeriksaan fisik kendaraan yang mengalami kerusakan.
  • Jika disetujui maka akan dikeluarkan SPK (Surat Perintah Kerja) untuk dilakukannya perbaikan di bengkel rekanan.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Pan Pacific.

Anda dapat menutup polis asuransi mobil Pan Pacific, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak Pan Pacific akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.
Penulis Ruri Sari Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati. Lihat profile penulis