Asuransi Mobil Raksa

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Asuransi mobil Raksa adalah produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh asuransi Raksa atau RaksaOnline. Produk asuransi mobil yang ditawarkan memberikan manfaat perlindungan terhadap segala risiko seperti kerusakan, kehilangan, maupun tanggung jawab kepada pihak ketiga.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Raksa

  • (+) Asuransi Mobil Raksa memiliki aplikasi online bernama RaksaOnline yang bisa nasabah manfaatkan untuk melihat polis dan kebutuhan kenasabahan lainnya.
  • (+) Pengajuan klaim asuransi mobil MNC Insurance bisa dilakukan secara online.
  • (+) Asuransi mobil MNC Insurance memiliki layanan nasabah 24 jam.
  • (+) Pembayaran premi asuransi mobil MNC Insurance sudah bisa dilakukan secara online.

Sekilas tentang Asuransi Mobil Raksa

Asuransi Raksa atau dikenal sebagai Raksa Asuransi dan kini memiliki nama populer Raksa Online merupakan perusahaan asuransi di bawah naungan PT Asuransi Raksa Pratikara. Perusahaan asuransi ini berkantor di Wisma BSG Lantai 3, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Sebagian karyawan perusahaan asuransi Raksa telah mendapatkan sertifikat dari Swiss Re. Mereka juga didukung oleh Munich Re. Keduanya merupakan reasuradur terbesar di dunia. Reasuradur adalah perusahaan mitra asuransi sebagai penanggung. 

Asuransi ini berfokus pada produk asuransi kerugian, seperti asuransi kendaraan bermotor, asuransi rumah tinggal, dan asuransi ruko, atau tempat usaha seperti restoran. Berdasarkan laporan terakhir bulan Juni 2019 khususnya untuk asuransi kendaraan, Raksa tercatat memiliki nasabah sebanyak 3 juta unit kendaraan.

Asuransi Raksa Pratikara memiliki izin usaha dari OJK dengan nomor KEP-8016/MD/1986 dengan tanggal izin usaha 8 Desember 1996.

Asuransi Raksa berada di bawah naungan perusahaan asuransi PT Asuransi Raksa Pratikara. Perusahaan asuransi umum ini memang hanya fokus pada penyediaan produk asuransi mobil pada kategori asuransi kendaraannya.

Salah satu keunggulan asuransi mobil Raksa adalah proses klaim yang dapat dilakukan melalui aplikasi di smartphone. Aplikasi RaksaOnline tersedia di Google Play Store dan App Store. Dengan aplikasi tersebut, nasabah dapat langsung terhubung ke unit Raksa Emergency Quick Service (REQS)  apabila mengalami masalah kendaraan saat perjalanan.

Ada dua produk terbaik yang ditawarkan oleh Asuransi Mobil Raksa, yaitu produk asuransi mobil TLO dan asuransi all risk atau comprehensive. Namun demikian, calon nasabah dapat memilih paket Raksa Gold Club atau Raksa Silver Club dengan masing-masing keunggulannya.

Layanan yang diberikan bukan hanya proteksi terhadap kendaraan, tetapi juga layanan yang memanjakan nasabah, seperti ruang refleksi, layanan manicure dan pedicure saat mobil diperbaiki, dan layanan 24 jam untuk derek atau gawat darurat.

 

Asuransi mobil Raksa terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil Raksa yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Mobil Raksa
Raksa Gold Club
Produk asuransi mobil yang memberikan nilai pertanggungan di atas US$70 ribu (sekitar Rp987 jutaan) secara otomatis akan tergabung dalam Raksa Gold Club dengan perlindungan sesuai dalam polis.
Asuransi Mobil Raksa
Raksa Silver Club
Produk asuransi mobil yang memberikan nilai pertanggungan di bawah US$70 ribu (sekitar Rp987 jutaan) secara otomatis akan tergabung dalam Raksa Gold Club dengan perlindungan sesuai dalam polis.
 

Asuransi mobil Raksa memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi mobil Raksa, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi Raksa sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Produk asuransi mobil Raksa terdiri dari dua pilihan, seperti halnya asuransi mobil dari perusahaan lain, yaitu asuransi comprehensive (all risk) dan asuransi mobil total loss only (TLO). Namun, Raksa menawarkan dalam bentuk paket Club dengan beberapa layanan tambahan. Berikut ulasan produk asuransi mobil Raksa:

Asuransi Mobil Raksa Gold Club

Paket asuransi mobil Raksa Gold memberikan proteksi dasar asuransi all risk/comprehensive. Proteksi yang diberikan bersifat menyeluruh, yaitu mencakup risiko kerusakan kecil, sebagian, ataupun kerusakan total. 

Adapun manfaat pertanggungan yang diberikan, antara lain:

  • Laporan perkembangan klaim.
  • Asisten pribadi dalam melakukan klaim.
  • Ruang tunggu yang nyaman saat melakukan klaim.
  • Layanan reflexology bagi nasabah.
  • Makanan dan minuman ringan gratis tersedia di ruang tunggu.
  • Layanan manicure dan pedicure bagi nasabah saat menunggu klaim.
  • Bengkel prioritas resmi bagi nasabah.
  • Layanan pelanggan 24 jam.
  • Layanan derek 24 jam.
  • Layanan gawat darurat dari Raksa, yaitu Emergency Quick Service 24 jam.

Asuransi Mobil Raksa Silver Club

Paket asuransi mobil Raksa Silver memberikan proteksi dasar asuransi all risk/comprehensive dengan layanan atau manfaat sebagai berikut:

  • Ruang tunggu yang nyaman saat klaim.
  • Tersedia minuman hangat di ruang tunggu.
  • Tersedia kursi pijat dan refleksi gratis di ruang tunggu.
  • Undian dengan hadiah langsung.
  • Layanan nasabah 24 jam.
  • Layanan gawat darurat dari Raksa, yaitu Emergency Quick Service 24 jam.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Garda Oto, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Dalam menentukan harga premi asuransi mobil, tiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan biaya tersendiri. Meski begitu, tiap perusahaan tetap harus mengikuti batas bawah dan batas atas tarif sesuai dengan ketentuan dari OJK.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil Raksa, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi Raksa.

Asuransi mobil Raksa bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang Raksa terdekat. Calon nasabah juga bisa membeli asuransi melalui telepon ke nomor call center Raksa di nomor  085885558555, (021)7226865, atau mendaftar melalui situs resmi Raksa dengan mengisi formulir yang sudah disediakan. Setelah itu, Raksa akan menghubungi untuk proses pembelian polis yang dibutuhkan.

Atau, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Garda Oto saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi mobil Raksa dapat dilakukan dengan memanfaatkan kanal pembayaran yang disediakan, antara lain:

Rekening Bank Mandiri Raksa 

Cabang Thamrin

Menara BDN 1st Floor

Jalan Kebon Sirih No.83, Jakarta 10340

A/C No.: 103.00.7727613.3 (IDR)

A/C No.: 103.00.9961087.1 (USD)

Rekening Bank BCA Raksa 

Cabang Suryopranoto

Jalan Suryopranoto No. 40, Jakarta 10130

A/C No.: 2613009833 (IDR)

Selain metode transfer, pembayaran premi dapat dilakukan melalui kartu kredit. Caranya adalah dengan menghubungi Raksa Online melalui telepon atau datang langsung ke Raksa untuk transaksi otorisasi kartu kredit. Jangan lupa cantumkan nomor polis dan nomor nota debit/kredit dalam setiap pembayaran.

Pembayaran yang dilakukan dalam mata uang lain yang bukan mata uang asli sebagaimana tercantum dalam nota debit/kredit, akan dikonversikan ke dalam mata uang asli. Kurs yang berlaku adalah sesuai tanggal pembayaran tersebut dicairkan ke dalam rekening bank penerima.

Prosedur klaim asuransi mobil Raksa sangat mudah, berikut adalah prosedur klaim asuransi mobil Raksa.

  • Laporan klaim akibat kecelakaan atau kehilangan dalam waktu maksimal 72 jam setelah kejadian ke kantor cabang terdekat atau nomor customer service Raksa Care Indonesia nomor 085885558555 atau (021)7226865.
  • Melaporkan data-data yang dibutuhkan, seperti nomor polis asuransi, nama pemilik polis, merek kendaraan, nomor polisi kendaraan, tanggal kejadian, tempat kejadian, kerugian benda, dan uraian singkat terjadinya kecelakaan/kerugian.
  • Menyertakan dokumen yang dibutuhkan, seperti formulir klaim, fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan STNK, dan surat keterangan polisi (BAP) untuk kendaraan hilang atau rusak berat atau menyangkut pihak ketiga.
  • Untuk kendaraan hilang atau rusak total, sertakan STNK asli, kunci kontak kendaraan minimal dua, surat keterangan dari KADIT RESERSE POLDA, BPKB asli dan faktur pembelian, blanko kuitansi kosong rangkap tiga, dan pemblokiran STNK.
  • Untuk kendaraan yang melibatkan tanggung jawab pihak ketiga harus menyertakan dokumen BAP kepolisian setempat, fotokopi STNK dan SIM pihak ketiga, surat tuntutan dari pihak ketiga di atas materai yang ditandatangani, foto kerugian dari pihak ketiga, dan surat pernyataan ada atau tidaknya asuransi.
  • Keputusan perbaikan ada di pihak asuransi Raksa dengan bengkel yang ditunjuk (rekanan).

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Raksa.

Nasabah dapat menutup polis asuransi mobil Raksa, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak Raksa akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://raksaonline.com/

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal