Asuransi Mobil Reliance: Review & Daftar Produk
Asuransi Mobil Reliance adalah asuransi mobil yang dimiliki oleh Asuransi Reliance (PT Asuransi Reliance Indonesia) dengan manfaat perbaikan kerusakan mobil dan ganti rugi atas kehilangan kendaraan.
Reliance memiliki dua polis yang sama seperti asuransi kendaraan pada umumnya, yaitu Reli-Oto Premium yang siap memberikan pertanggungan all risk, dan Reli-Oto Standar untuk jenis pertanggungan kerusakan parah dan kehilangan (TLO). Salah satu kelebihan dari Asuransi Mobil Reliance adalah tersedia banyak rider (manfaat yang bisa ditambahkan selain dari manfaat utama) dan jaringan bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Saat ini Lifepal belum bekerjasama dengan Asuransi Reliance Life. Halaman ini bertujuan untuk memberikan ulasan terkait perusahaan. Baca lebih lanjut untuk informasi selengkapnya.
Rangkuman Manfaat Polis Asuransi Mobil Reliance
Asuransi Mobil Reliance cocok bagi yang membutuhkan produk proteksi kendaraan pribadi, baik dengan pertanggungan total maupun sebagian. Berikut adalah rangkuman manfaat polis dari Asuransi Mobil Reliance yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan:
Produk | Manfaat yang Diberikan |
Reli-Oto Premium | Menanggung seluruh kerusakan dari yang kecil hingga berat. |
Reli-Oto Standar | Menanggung kehilangan akibat pencurian dan kerusakan parah yang nilai kerugiannya mencapai lebih dari 75 persen dari harga mobil saat itu. |
Premi Asuransi Mobil Reliance
Ada beberapa faktor yang memengaruhi besaran harga premi Reliance Insurance, antara lain:
- Kota atau wilayah domisili kendaraan
- Nilai kendaraan
- Tipe atau jenis kendaraan
- Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih
- Usia kendaraan
- Jenis penggunaan
- Perluasan jaminan yang dipilih
Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.
Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017. Adapun wilayah dibagi ke dalam tiga bagian yaitu:
- Wilayah I (Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya)
- Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten)
- Wilayah III (Wilayah lainnya yang tidak disebutkan pada wilayah I dan II)
Berikut ini daftar batas bawah (minimal) dan batas atas (maksimal) harga premi berdasarkan lokasi dan kategori kendaraannya:
Wilayah I
Kategori | Uang Pertanggungan | Batas Bawah | Batas Atas |
Kategori 1 | Rp0 s.d. Rp125.000.000 | 3,82% | 4,20% |
Kategori 2 | >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 | 2,67% | 2,94% |
Kategori 3 | >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 | 2,18% | 2,40% |
Kategori 4 | >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 | 1,20% | 1,32% |
Kategori 5 | >Rp800.000.000 | 1,05% | 1,16% |
Wilayah II
Kategori | Uang Pertanggungan | Batas Bawah | Batas Atas |
Kategori 1 | Rp0 s.d. Rp125.000.000 | 3,26% | 3,59% |
Kategori 2 | >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 | 2,47% | 2,72% |
Kategori 3 | >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 | 2,08% | 2,29% |
Kategori 4 | >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 | 1,20% | 1,32% |
Kategori 5 | >Rp800.000.000 | 1,05% | 1,16% |
Wilayah III
Kategori | Uang Pertanggungan | Batas Bawah | Batas Atas |
Kategori 1 | Rp0 s.d. Rp125.000.000 | 2,53% | 2,78% |
Kategori 2 | >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 | 2,69% | 2,96% |
Kategori 3 | >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 | 1,79% | 1,97% |
Kategori 4 | >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 | 1,14% | 1,25% |
Kategori 5 | >Rp800.000.000 | 1,05% | 1,16% |
Wilayah I
Kategori | Uang Pertanggungan | Batas Bawah | Batas Atas |
Kategori 1 | Rp0 s.d. Rp125.000.000 | 0,47% | 0,56% |
Kategori 2 | >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 | 0,63% | 0,69% |
Kategori 3 | >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 | 0,41% | 0,46% |
Kategori 4 | >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 | 0,25% | 0,30% |
Kategori 5 | >Rp800.000.000 | 0,20% | 0,24% |
Wilayah II
Kategori | Uang Pertanggungan | Batas Bawah | Batas Atas |
Kategori 1 | Rp0 s.d. Rp125.000.000 | 0,65% | 0,78% |
Kategori 2 | >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 | 0,44% | 0,53% |
Kategori 3 | >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 | 0,38% | 0,42% |
Kategori 4 | >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 | 0,25% | 0,30% |
Kategori 5 | >Rp800.000.000 | 0,20% | 0,24% |
Wilayah III
Kategori | Uang Pertanggungan | Batas Bawah | Batas Atas |
Kategori 1 | Rp0 s.d. Rp125.000.000 | 0,51% | 0,56% |
Kategori 2 | >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 | 0,44% | 0,48% |
Kategori 3 | >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 | 0,29% | 0,35% |
Kategori 4 | >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 | 0,23% | 0,27% |
Kategori 5 | >Rp800.000.000 | 0,20% | 0,24% |
Layanan Nasabah Asuransi Mobil Reliance
Layanan nasabah atau call center Reliance dapat diakses dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Reliance, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut:
Customer Care Centre: Reliance Building, Jalan Pluit Sakti Raya No.27 AB Jakarta Utara – 14450 Reliance Hotline: 0800 1000 327 (Toll Free/Bebas Pulsa) Telp: (021) 2995 8866 Email: [email protected] Website: www.asuransireliance.com |
Cara Klaim Asuransi Mobil Reliance
Pengajuan cara klaim Asuransi Mobil Reliance bisa dilakukan dengan prosedur berikut ini:
- Melaporkan klaim dalam 3×24 jam setelah kejadian/kecelakaan terjadi
- Lengkapi dokumen yang diminta oleh pihak Reliance
- Setelah dokumen dikirim, Reliance akan menghitung besaran ganti rugi. Besaran ganti rugi ini harus mendapat persetujuan dari tertanggung
- Reliance akan mengirimkan nilai ganti rugi yang telah disetujui kedua belah pihak
- Mengisi dan menandatangani formulir klaim
- Mengisi kronologi kejadian klaim
- Fotokopi polis, sertifikat, dan lampiran
- Fotokopi SIM pengemudi saat kejadian dan KTP, serta STNK kendaraan
- Dokumen pendukung lainnya (jika dibutuhkan)
- Mengisi dan menandatangani formulir klaim
- Mengisi kronologi kejadian klaim
- Fotokopi polis, sertifikat, dan lampiran
- Fotokopi SIM pengemudi saat kejadian dan KTP
- KTP asli, STNK asli, faktur pembelian, blanko kwitansi, dan surat penyerahan hak milik
- Surat keterangan dari kepolisian setempat
- Bukti pemblokiran STNK
- Buku KIR (Pengujian Kendaraan Bermotor)
- Foto kerusakan dan estimasi biaya perbaikan
- Dokumen pendukung lainnya (jika dibutuhkan)
Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Reliance
Bengkel rekanan Asuransi Mobil Reliance terbilang cukup banyak dan tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Berikut daftar bengkel rekanannya:
- Asia Motor Jalan Raya Daan Mogot KM. 11 No. 37 Telepon: 6198718, 021-6198667
- Bintang Bijaksana Jalan Raya Kebayoran Lama PAL VII No. 2 Telepon: 021-5300220, 021-5308335
- Tanjung Perdana Jalan Basuki Rahmat No. 171 Jakarta T : 021 – 2208 9610
- Lief’s 2 Jalan Patra Raya No. 82 Duri Kepa, Kebon Jeruk – Jakarta Barat T : 021 – 5637534; 5638545
- Tripancar Jaya Jalan Bandengan Utara III No.37RT.13/RW.10, Gedong PanjangJakarta Utara 11240 T : 021 – 2269 3534
- Citra Sima Jalan Raya Cipinang Jaya No. 38 Telepon: 021-8199862, 0819-05208008
- Trias Sena Bhakti (Max Motor) Jalan Sultan Iskandar Muda 28A Arteri Pondok Indah Telepon: 021-7290402, 021-7238971
- Fajar Timur Motor Jalan Kemandoran No. 29 B Telepon: 021-5305362, 021-5481852
- Golden Car Center Jalan Raya Cibinong – Bogor KM.42 T : 021 – 8759225/6
- Paint Auto Repair Jalan Raya KSU No. 1 Depok, Telepon:021-77835421;29441308;081385004227
- Gemilang Jaya Motor Jalan KH. Hasyim Ashari No. 44 Cipondoh, Tangeran, T. 021-55701464, 0812-19511010
- Ruby Auto Repair Jalan Raya Kranggan No. 99, Jatisampurna, Bekasi, Telepon: 021-84307823, 021-84307824
- Artha Gemilang Motor Jalan Suroto kunto No. 209 Rawagabus Post, Adiarsa Timur, Karawang Timur Telepon: 0267-8633772
- Wahana Auto Care Jalan Jend. Sudirman, Bandung No. 297 Telepon: 022-6033111, 022-6033112, Faksimile: 022-602239
- Mobil Robper Jalan Terusan Pasir Koja, Bandung No. 223 Telepon: 022-6044899, 022-6070064, Faksimile: 022-6001878
- Auto 2000 Cirebon Jalan Brigjen Darsono No. 14, Cirebon T : 0231 – 232000 ; F : 0231 – 204555
- Karya Agung Otomotif Jalan Seneja No. 45 C Cilegon – Banten T : 0254-389255, 0811-1249899
- Bintang Utama Jalan Wolter Monginsidi, Semarang. No. 45 Telepon: 024-6710415, Faksimile: 024-6733629
- Mitra Kerja Mobilindo (MKM) Jalan Adi Sucipto No. 6 Colomadu, Solo, Telepon: 0271-7653555, Faksimile: 0271-737599
- Nasmoco Brebes Jalan Raya Klampok, Klampok, Wanasari, Kabupaten Brebes, T : 0283 – 6172300
- Autograha Jalan Letjen Panjaitan No. 151, Jember, Telepon: 0812-31691730, 0823-34861826
- Surya Indah Jalan Raya Jong Biru No. 286 , Kediri T : 0354 – 4526107;081216669726
- Surya Indah Jalan Bali No. 113 Telepon: 0351-497305, 0351-491641, 0351-7816125
- Graha Cat Auto Body Repair Jalan Raya Banyu Urip No. 310, Surabaya Telepon: 031-5312449, Faksimile: 031-5312446
- Skip Motor Jalan Menur 34, Surabaya Telepon: 031-5017547, Faksimile: 031-5027547
- Muji Motor Jalan Trengguli Denpasar Telepon: 0361- 464646
- Helios Auto Service Station Jalan Toddopuli Raya Timur No. 84, Makassar, Telepon: 0411-444017, 0853-42499495, Faksimile: 0411-4664052
- Amanda Jaya Jalan Sungai Susu No. 13, Palu Barat, Telepon: 0451-429955, 0813-41040467
- Armada Siaga Jalan Ring Road – Kel. Bumi Nyiur, Manado, Telepon: 0431-8803826, Faksimile: 0431-864082;082296611235
- Sriwijaya Inti Motor Jalan Raya Trikora Manunggal Jaya No.113 Banjarbaru, Banjarmasin, Telepon: 0812-8738204, 0822-51946088
- Auto Mobil Jaya Jalan Purnama 2, Pontianak, Telepon: 0561-731382
- Auto 2000 Banjarmasin Jalan Ahmad Yani KM 19 Kayu Bawang Telepon: 0511-3202000
- Maju Otomotif Jalan Negara No. 71/84, Medan, Telepon: 0812-6590170
- PT Capella Medan – Duri Jalan Raya Duri – Dumai Km. 3,5, Depan Gate 125 DSF, Duri, Riau T : 0765-92784
- International Body Jalan Flamboyan 23 No. 40 SKIP Bengkulu Telepon: 0736-346540
- New ABC (Abadi Bangun Cemerlang) Jalan Yos Sudarso No.170, Sukaraja, Bumi Waras, Lampung. Telepon: 0721-482647, Faksimile: 0721-484467
Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil Reliance
Asuransi Mobil Reliance atau Reli-Oto merupakan salah satu produk asuransi andalan dari Reliance. Sama halnya dengan asuransi mobil pada umumnya, Reli-Oto menawarkan dua jenis pertanggungan, yaitu all risk (Reli-Oto Premium) dan Total Loss Only (Reli-Oto Standar).
Reliance sendiri merupakan sebuah asuransi umum yang didirikan pada tahun 2002. Selain asuransi mobil, Reliance Insurance juga menawarkan produk asuransi lain, seperti asuransi harta benda sampai perlindungan kecelakaan.
Melansir dari situs resmi perusahaan di www.asuransireliance.com, Reliance memiliki dua pilihan polis asuransi mobil, yaitu:
- Reli-Oto Premium (All Risk)
Produk Asuransi Mobil Reliance yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil apa pun, mulai dari kerusakan ringan (seperti lecet) hingga kerusakan berat. - Reli-Oto Standar (Total Loss Only/TLO)
Produk Asuransi Mobil Reliance yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan jika mobil rusak secara total.
Salah satu keuntungan membeli Asuransi Mobil Reliance adalah adanya layanan aplikasi Reli Hit App. Dengan aplikasi ini, nasabah bisa mengetahui informasi polis yang dimiliki, mengecek status klaim yang diajukan, dan mengetahui bengkel rekanan terdekat.
Harga premi Asuransi Mobil Reliance dipengaruhi oleh beberapa faktor. Informasi selengkapnya cek tab Premi.
Apabila Anda ingin membeli asuransi tersebut bisa langsung menghubungi PT Asuransi Reliance Indonesia di nomor (021) 2995 8866 atau mendatangi langsung kantor cabang terdekat.
- Mengisi formulir untuk produk Reli-Oto
- Mengirimkan formulir beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan via email atau langsung ke kantor Reliance
- Sertakan dokumen penting seperti salinan STNK mobil yang ingin diasuransikan dan SIM yang masih berlaku
- Tunggu petugas Reliance datang ke tempat Anda untuk melakukan survei kendaraan dan menentukan besaran premi
Klaim Asuransi Mobil Reliance sangatlah mudah, cek prosedur yang harus dilakukan selengkapnya di tab Klaim.
Untuk nasabah yang ingin mengecek limit Reliance Insurance, bisa langsung menghubungi Hotline Reliance di 0800 1000 32 (Toll Free/Bebas Pulsa).
Penggantian biaya asuransi mobil biasanya akan disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.
Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi all risk dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri (own risk) per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.
Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Biasanya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement.
Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Untuk informasi lebih jelas mengenai metode penggantian Asuransi Mobil Reliance, sila menghubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi terkait.
Ada beberapa perusahaan yang menyediakan asuransi mobil seperti Reliance, di antaranya:
- Asuransi Mobil ABDA
- Asuransi Mobil ACA
- Asuransi Mobil Adira
- Asuransi Mobil Allianz
- Asuransi Mobil Aswata
- Asuransi Mobil Autocillin
- Asuransi Mobil Avrist
- Asuransi Mobil AXA
- Asuransi Mobil AXA Mandiri
- Asuransi Mobil BESS
- Asuransi Mobil Bintang
- Asuransi Mobil Chubb
- Asuransi Mobil Dayin Mitra
- Asuransi Mobil Jasindo
- Asuransi Mobil KSK
- Asuransi Mobil MAG
- Asuransi Mobil Malacca Trust
- Asuransi Mobil MNC Insurance
- Asuransi Mobil MPM Insurance
- Asuransi Mobil Pan Pacific
- Asuransi Mobil Raksa
- Asuransi Mobil Ramayana
- Asuransi Mobil Simas Insurtech
- Asuransi Mobil Sinar Mas
- Asuransi Mobil Sompo
- Asuransi Mobil Tokio Marine
- Asuransi Mobil Zurich
- Asuransi Motor Adira
- Asuransi Oto Jagadiri
Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.
Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- http://asuransireliance.com/id/reli-oto/