Asuransi Mobil Yogyakarta

5.0
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 30%
 

Asuransi Mobil Yogyakarta

Asuransi mobil Yogyakarta adalah produk asuransi mobil yang tersedia bagi pengemudi di Kota Yogyakarta. Berdasarkan hasil riset Inrix, Kota Yogyakarta menempati posisi ke-4 sebagai kota termacet di Indonesia pada tahun 2017.

Kota berjulukan Kota Pelajar ini mengalami peningkatan durasi kemacetan. Pada tahun 2017, pengendara kendaraan bermotor menghabiskan waktu hingga 45 jam pada per tahun pada jam sibuk karena kemacetan.

Kemacetan di Yogyakarta ini tidak lepas dari peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang tidak diiringi penambahan ruas jalan. Berdasarkan data Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta di tahun 2017, terdapat peningkatan signifikan jumlah kendaraan bermotor di kota tersebut.

Kendaraan roda empat pada tahun 2017 sebanyak 56.647 unit naik 344 persen dari tahun sebelumnya yaitu 12.746 unit. Sementara, kendaraan roda dua jumlahnya mencapai 222.915 unit atau naik 211 persen dari tahun 2016 sebanyak 71.566 unit.

Berdasarkan data tersebut, kebutuhan asuransi mobil Yogyakarta cukup tinggi. Pasalnya, biaya perbaikan mobil jauh lebih tinggi dibandingkan motor. Selain itu, mobil lebih mudah tergores atau penyok akibat keteledoran pengendara sendiri atau pihak ketiga.

Kecelakaan lalu lintas juga menjadi risiko lainnya bagi pengendara mobil sebagai dampak tingkat kemacetan dan kepadatan kendaraan bermotor tinggi. Dengan memiliki asuransi mobil di Yogyakarta, pengendara akan merasa lebih aman dalam berkendara karena berbagai risiko termasuk kerusakan mobil, tanggung jawab terhadap pihak ketiga (TPL), ataupun biaya perawatan akibat kecelakaan bisa ditanggung perusahaan asuransi mobil.

Beberapa perusahaan asuransi umum yang menyediakan asuransi mobil di Yogyakarta, antara lain Asuransi Astra Buana (Garda Oto), Asuransi Sinar Mas, Asuransi ABDA, Asuransi ASPAN, Asuransi Sompo, Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya, Asuransi Pan Pacific, Asuransi Jasindo, Asuransi BRINS General Insurance, Asuransi Generali, Asuransi Dayin Mitra, Asuransi Tri Pakarta, Asuransi Ramayana, dan Asuransi Multi Artha Guna.

 

Asuransi mobil Yogyakarta umumnya terdiri atas asuransi komprehensif (all risk) dan asuransi kerugian total (TLO). Pelajari masing-masing pilihan polis asuransi mobil paling umum berikut ini sebagai pertimbangan Anda dalam berasuransi.

Asuransi Mobil Yogyakarta
Asuransi All Risk
Asuransi kendaraan yang menjamin seluruh risiko yang terjadi pada kendaraan mulai dari kerusakan sebagian atau kerusakan total lebih dari 75%
Asuransi Mobil Yogyakarta
Asuransi TLO
Asuransi kendaraan yang memberikan manfaat bagi kerusakan lebih dari 75 persen ataupun kehilangan kendaraan akibat berbagai risiko yang terjadi.
 

Asuransi mobil terbaik di Yogyakarta ditentukan beberapa faktor. Berikut ulasan mengenai asuransi mobil Yogyakarta, premi, cara pembelian, dan klaim.

Asuransi mobil di Yogyakarta dibutuhkan mengingat tingginya jumlah kendaraan di kota tersebut. Pada tahun 2017 saja jumlah mobil sudah lebih dari 56 ribu unit. Jumlah ini belum termasuk mobil angkutan, truk, dan bus.

Selain itu, risiko kecelakaan juga tinggi. Pada tahun 2017 dengan jumlah mobil lebih dari 56 ribu, kecelakaan lalu lintas mencapai 373 kasus dan meningkat menjadi 562 kasus pada tahun 2018. Sementara, jumlah korban meninggal dunia pada tahun 2017 sebanyak 25 jiwa dan 22 jiwa pada tahun 2018.

Berdasarkan keterangan Wakapolresta Yogyakarta AKBP Ardiyan Mustakim, total kerugian akibat kecelakaan lalu lintas mencapai Rp310,44 juta pada tahun 2017 dan menjadi Rp318,22 juta pada tahun 2018.

Risiko-risiko berupa tabrakan dan kecelakaan lainnya membuat asuransi mobil all risk yang memberikan pertanggungan komprehensif sangat cocok di kota tersebut. Pertanggungan tambahan seperti tanggung jawab terhadap pihak ketiga (TPL) juga bisa dibeli pemilik mobil di Yogyakarta karena risiko kecelakaan tersebut.

Selain risiko tersebut, tidak menutup kemungkinan terdapat risiko lain yaitu pencurian kendaraan bermotor. Karena itu, asuransi kerugian total (TLO) yang memberikan pertanggungan atas kerusakan kendaraan lebih dari 75 persen atau kehilangan akibat tindak kriminal orang lain juga dibutuhkan.

Pada tahun 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis daftar provinsi dengan tingkat pencurian kendaraan bermotor yang dikutip dari data Biro Pengendalian Operasi Mabes Polri. Berdasarkan data tersebut, jumlah pencurian kendaraan bermotor mencapai 569 kasus.

Dengan adanya berbagai risiko tersebut, salah satu opsi terbaik agar Anda bisa berkendara dengan perasaan nyaman dan tenang adalah dengan memiliki asuransi mobil terbaik di Yogyakarta. Ada banyak pilihan asuransi mobil di kota ini yang memberikan manfaat atau pertanggungan yang dapat disesuaikan baik dengan kebutuhan serta kemampuan finansial Anda.

Pastikan mobil, penumpang, dan pengemudi terlindungi dari berbagai risiko yang akan terjadi. Dengan menggunakan asuransi mobil, kendaraan Anda akan terlindungi dari berbagai risiko serta kerugian yang bisa terjadi tanpa bisa diprediksi. Dengan begitu, Anda tidak mengalami kerugian finansial ketika terjadi risiko berkendara.

Berdasarkan berbagai fakta tentang lalu lintas di Kota Yogyakarta di atas, risiko berkendara selalu ada. Tentunya berbagai risiko itu bisa dihindari dengan menerapkan beberapa langkah pencegahan.

Misalnya saja, berhati-hati dalam berkendara. Bagi pengendara tentu harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Khusus pengendara mobil harus mengenakan seat belt, tidak berkendara dalam keadaan mabuk, mengecek kondisi rem hingga ban sebelum melakukan perjalanan, dan masih banyak lagi.

Untuk mencegah pencurian, tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti kunci ganda, tidak memarkir kendaraan di sembarang tempat, hingga mengetahui medan yang dilalui dan menghindari jalanan sepi dan rawan ketika malam hari.

Namun, risiko kecelakaan ataupun pencurian tetap saja ada dan mengintai pemilik mobil. Untuk mengurangi risiko kerugian lebih banyak, Anda perlu memiliki asuransi mobil. Pasalnya, kecelakaan tidak hanya disebabkan faktor human error pengendara, melainkan ada faktor eksternal. Misalnya saja, faktor kondisi jalan, faktor lingkungan, faktor cuaca, dan beberapa faktor lainnya yang memungkinkan terjadinya kecelakaan. Begitupun dengan kasus pencurian yang sering diberitakan, di mana pencuri semakin lihai dalam beroperasi.

Perhitungan harga premi asuransi mobil di Yogyakarta mengikuti persentase yang telah ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui surat edaran dengan nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor.

Persentase ini berbeda-beda tergantung kondisi mobil, wilayah, produk asuransi yang dipilih, termasuk manfaat tambahan. Kota Yogyakarta yang menjadi bagian dari Provinsi DI Yogyakarta masuk kategori Wilayah III. Berikut ini persentase dan contoh penghitungan asuransi mobil di Kota Yogyakarta.

Persentase asuransi all risk (Comprehensive) di Yogyakarta

  • Harga mobil kategori 1 yaitu hingga Rp125 juta antara 2,53%-2,78%
  • Harga mobil kategori 2 Rp125-200 juta antara 2,69-2,96%
  • Harga mobil kategori 3 Rp200-400 juta antara 1,79-1,97%
  • Harga mobil kategori 4 Rp400-800 juta antara 1,14-1,25%
  • Harga mobil kategori 5 yaitu lebih dari Rp800 juta antara 1,05-1,16%

Berdasarkan rincian tersebut dapat diprediksi besar premi kendaraan dengan persentase batas bawah (terendah). Berikut ini contoh estimasi penghitungan harga premi asuransi mobil komprehensif dengan harga Rp150 juta di Kota Yogyakarta.

2,69% x Rp150.000.000 = Rp4.035.000,-

Dengan demikian, premi yang harus dibayarkan untuk perlindungan komprehensif sebesar di Yogyakarta dengan persentase batas bawah adalah Rp4.035.000 per tahun.

Perhitungan asuransi total loss only (TLO) di Yogyakarta

  • Harga mobil kategori 1 yaitu hingga Rp125 juta antara 0,51-0,56%
  • Harga mobil kategori 2 Rp125-200 juta antara 0,44-0,48%
  • Harga mobil kategori 3 Rp200-400 juta antara 0,29-0,35%
  • Harga mobil kategori 4 Rp400-800 juta antara 0,23-0,27%
  • Harga mobil kategori 5 yaitu lebih dari Rp800 juta antara 0,20-0,24%

Berdasarkan rincian tersebut dapat diprediksi besar premi kendaraan dengan persentase batas bawah (terendah). Berikut ini contoh estimasi penghitungan harga premi asuransi mobil TLO dengan harga Rp150 juta di Kota Yogyakarta.

0,44% x Rp150.000.000 = Rp660.000,-

Dengan demikian, biaya asuransi mobil TLO untuk mobil senilai Rp150 juta di Kota Yogyakarta adalah Rp660 ribu per tahun.

Pengertian perluasan asuransi mobil di Yogyakarta adalah jaminan proteksi tambahan berupa beberapa jenis risiko yang belum ditanggung oleh polis standar asuransi mobil di Kota Yogyakarta. Konsekuensi menambah perluasan pertanggungan berarti akan ada peningkatan harga premi dan tentunya proteksi lebih banyak.

Apa saja proteksi yang bisa didapatkan dengan memilih jaminan perluasan? Berikut adalah risiko dari jaminan perluasan asuransi mobil di Yogyakarta:

  • Risiko kerusakan/kehilangan akibat banjir termasuk angin topan.
  • Risiko kerugian akibat huru hara dan kerusuhan.
  • Risiko kerusakan/kehilangan akibat gempa bumi dan tsunami.
  • Risiko tuntutan biaya penggantian dari pihak ketiga.
  • Proteksi terhadap penumpang dari risiko kecelakaan.
  • Tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

Adapun tarif jaminan perluasan berdasarkan surat edaran OJK adalah sebagai berikut ini:

  • Banjir, angin topan, gempa bumi, tsunami, huru hara dan kerusuhan (SRCC), terorisme dan sabotase 0,05-0,035% dengan risiko sendiri 10% dari nilai klaim (minimal Rp500 ribu/kejadian).
  • TPL untuk kendaraan penumpang dan sepeda motor: uang pertanggungan (UP) hingga Rp25 juta 1%, UP Rp25-50 juta 0,5%, UP di atas Rp100 juta ditentukan underwriter perusahaan.
  • TPL (kendaraan niaga, truk, dan bus): UP Rp25 juta 1,50%, UP Rp25-50 juta 0,75%, UP Rp50-100 juta 0,375%, UP di atas Rp100 juta ditentukan underwriter perusahaan.
  • Kecelakaan diri penumpang: pengemudi 0,50% dari UP kecelakaan, penumpang 0,10% dari UP kecelakaan untuk setiap tempat duduk penumpang.
  • TPL terhadap penumpang: UP Rp25 juta 0,50%, UP Rp25-50 juta 0,25%, UP Rp500-100 juta 0,125%, UP di atas Rp100 juta ditentukan underwriter perusahaan.

Penghitungan asuransi mobil di Yogyakarta bisa Anda ketahui dengan persentase yang telah ditetapkan OJK. Adapun contoh simulasi asuransi mobil di Yogyakarta bisa Anda ketahui melalui penghitungan berikut ini.

Asuransi All Risk + Jaminan Perluasan

Harga mobil yang digunakan adalah Rp195 juta.

Asuransi all risk dengan menggunakan tarif batas bawah.

  • Premi asuransi all risk di Yogyakarta 2,69% x Rp195.000.000 = Rp5.245.500,-
  • Jaminan perluasan SRCC Rp195.000.000 x 0,05% = Rp97.500,-
  • Jaminan perluasan terorisme dan sabotase Rp195.000.000 x 0,05 = Rp97.500,-
  • Jaminan perluasan pertanggungan pengemudi dihitung berdasarkan UP yang dipilih dikalikan persentase iuran premi yang ditetapkan OJK.
  • Jaminan perluasan pertanggungan penumpang dihitung berdasarkan UP yang dipilih dikalikan persentase iuran premi yang ditetapkan OJK.

Asuransi TLO + Jaminan Perluasan

Harga mobil yang digunakan adalah Rp195 juta.

Asuransi total loss only dengan menggunakan tarif batas bawah.

  • Premi asuransi all risk di Yogyakarta 0,44% x Rp195.000.000 = Rp858.000,-
  • Jaminan perluasan SRCC Rp195.000.000 x 0.035% = Rp68.250,-
  • Jaminan perluasan terorisme dan sabotase Rp195.000.000 x 0.035% = Rp68.250,-
  • Jaminan perluasan pertanggungan pengemudi dihitung berdasarkan UP yang dipilih dikalikan persentase iuran premi yang ditetapkan OJK.
  • Jaminan perluasan pertanggungan penumpang dihitung berdasarkan UP yang dipilih dikalikan persentase iuran premi yang ditetapkan OJK.

Demikian simulasi penghitungan premi asuransi mobil all risk dan TLO di Kota Yogyakarta yang bisa dijadikan pertimbangan Anda sebelum memilih produk agar sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Cara membeli asuransi mobil secara online cukup mudah karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga dapat lebih leluasa memilih asuransi mobil di Yogyakarta yang sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk dari perusahaan asuransi yang satu dengan yang lain.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan cukup secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan pembelian asuransi mobil di Yogyakarta secara online adalah sebagai berikut ini:

  • Menyiapkan info dan identitas kendaraan. 
  • Menyiapkan identitas diri dan dokumen dalam bentuk softcopy atau foto.
  • Melakukan pendaftaran.
  • Melakukan pembayaran melalui kanal yang disediakan baik secara online maupun offline.
  • Menerima polis asuransi secara online maupun offline. Polis asuransi digital dapat dikirimkan langsung melalui email atau surat elektronik. 

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi kendaraan. Berbagai pilihan asuransi kendaraan baik itu asuransi mobil dan asuransi motor terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi mobil dengan tawaran paling menarik.

Salah satu keunggulan membeli asuransi mobil secara online adalah lebih untung karena harganya lebih murah daripada membeli asuransi secara offline maupun dari agen.

Selain Yogyakarta, berbagai kota lain di Indonesia telah memiliki asuransi mobil terbaik masing-masing. Berikut informasi mengenai pelayanan asuransi mobil di berbagai kota dan daerah di Indonesia.