Asuransi Mobil Terbaik Sesuai Anggaranmu

DISKON HINGGA 20% Temukan ratusan produk pilihan dari brand ternama, harga terjangkau!

+62

Pengertian Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan terhadap risiko-risiko yang menimpa kendaraan roda empat. Dengan adanya asuransi mobil diharapkan kerugian finansial yang terjadi karena risiko-risiko tertentu bisa diminimalisasi.

Bayangkan saja, apabila pemilik mobil tidak memiliki asuransi mobil dan terjadi kerusakan pada kendaraan, yang ada pemilik mobil harus merogoh kocek lebih untuk biaya perbaikan. Belum lagi bila terjadi kerusakan total, pemilik mobil harus merelakan kendaraannya dan bahkan membeli baru yang pastinya membutuhkan banyak dana.

Dibandingkan mengeluarkan banyak dana untuk biaya perbaikan, tentu memiliki asuransi kendaraan bisa menjadi solusi efektif. Jika dihitung-hitung, biaya preminya pun termasuk ringan.

Tingkat kecelakaan di Indonesia setiap tahun terus meningkat

Menurut data BPS Indonesia, jumlah kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya mengalami kenaikan sebanyak 3,30 persen. Berikut jumlah kasus kecelakaannya selama lima tahun terakhir.

kasus kecelakaan di indonesia

 

Dari diagram mengenai kasus kecelakaan lalu lintas yang ditampilkan di atas, kita bisa melihat bahwa grafiknya naik. Dari yang awalnya di tahun 2014 hanya 95 ribu kasus, angka tersebut meningkat menjadi 109 ribu kasus pada tahun 2018.

Sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan tersebut terjadi. Kepolisian Republik Indonesia telah merangkum faktor penyebab terbesar kecelakaan lalu lintas. Faktor tersebut terbagi tiga, yaitu kelalaian si pengemudi, prasarana dan lingkungan atau jalanan yang memang kurang bagus, dan kendaraan yang kurang layak pakai. 

Jadi, meskipun kita sudah mengemudi dengan cara sebaik dan seaman mungkin, kemungkinan terjadi kecelakaan atau sekadar tersenggol tetap ada.

Biaya ke bengkel tanpa asuransi ternyata lebih mahal

Masih merasa premi asuransi mahal dna hanya buang-buang uang saja? Nyatanya pakai asuransi justru mempermudah dan menghemat dana ketika melakukan perbaikan di bengkel. Lebih jelasnya, simak tabel berikut ini.

Sebagai contoh, kita memiliki mobil harga Rp150 juta di Jakarta. Katakanlah biaya perbaikan bengkel per kerusakan adalah Rp3 juta.

Yang namanya lecet, keserempet, atau kecelakaan kadang tidak terelakkan. Misalnya, dalam setahun mobil harus empat kali ke bengkel. Nah, sekarang mari kita bandingkan total biaya yang harus dikeluarkan kalau pakai asuransi dan tidak pakai asuransi.

perbandingan asuransi di bengkel

Dari tabel di atas, bisa kita lihat, jika kita membayar sendiri tanpa asuransi maka total biaya bengkel selama setahun yang harus kita bayarkan adalah Rp12 juta. Sedangkan kalau pakai asuransi justru lebih murah lebih dari dua kali lipat. Selama perbaikan, kita hanya mengeluarkan biaya own risk saja. Biaya own risk adalah biaya yang diwajibkan pada nasabah bila mobil harus ke bengkel.

Bandingkan Asuransi Mobil Terbaik

Mendapatkan asuransi mobil terbaik memang gampang-gampang susah, apalagi terdapat puluhan asuransi mobil di Indonesia. Padahal salah satu cara terbaik mendapatkan asuransi mobil yang cocok adalah dengan membandingkan produk asuransi yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan platform online yang bisa memudahkan kita dalam urusan membandingkan asuransi terbaik.

Untuk menjawab permasalah tersebut, Lifepal hadir sebagai platform asuransi yang dapat membantu nasabah untuk bandingkan dan beli asuransi mobil secara online. Melalui Lifepal.co.id, calon nasabah dapat dengan mudah membandingkan harga premi dan manfaat asuransi mobil yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi. 

Lifepal telah merangkum beberapa rekomendasi asuransi mobil terbaik di Indonesia berdasarkan beberapa kategori. Mari cek menu-tab Pilihan Terbaik atau klik di sini!

Daftar Isi

Pertimbangkan:

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Produk Asuransi mobil pun bermacam-macam disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun beberapa jenis yang ditawarkan oleh perusahaan Asuransi mobil pada dasarnya hanya ada dua jenis, yaitu asuransi all risk (comprehensive) dan asuransi TLO (Total Loss Only).

Asuransi All Risk (Comprehensive)

Jenis asuransi ini akan terima apapun klaim kerusakan mobil dari yang ringan macam lecet 1cm sampai yang rusak parah. Artinya, apapun masalahnya jenis asuransi ini siap membantu. Jenis asuransi ini cocok buat kita yang baru beli mobil baru biar ketika lecet datang kita bisa langsung ajukan klaim.

Asuransi yang memberikan perlindungan atau penggantian biaya atas semua risiko yang terjadi pada mobil, seperti:

  • Kerusakan ringan sampai berat.
  • Kehilangan mobil.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Kecelakaan diri pengemudi dan penumpang.

Karena menanggung segala kerusakan tentunya premi asuransi all risk lebih besar. Misalnya saja, besaran premi minimal wilayah Jakarta adalah 3,26 persen dari harga mobil. Persentase premi tersebut jauh lebih besar ketimbang premi termahal TLO yang berada di angka 0,78 persen saja!

Asuransi TLO (Total Loss Only)

Asuransi yang memberikan jaminan atau biaya pertanggungan hanya jika mobil hilang akibat pencurian atau terjadi kerusakan dengan nilai perbaikan sama atau lebih dari 75 persen dari harga mobil pada saat itu.

Kalau jenis asuransi ini, cuma terima klaim kalau kerusakan mobil sudah 75 persen. Artinya, mobil harus benar-benar tidak bisa dipakai baru kita bisa mengajukan klaim. Jadi, kalau mobil cuma lecet satu sentimeter, jangan berharap klaim disetujui.

Karena baru bisa mengajukan klaim ketika mobil rusak parah tentunya besaran preminya pun lebih ringan dibanding asuransi all risk. Bahkan besaran preminya bisa tiga kali lipat lebih kecil dari all risk. Untuk premi minimal wilayah Jakarta saja cuma 0,44% dari harga mobil.

Pilih Mana Asuransi All Risk atau TLO?

Jadi pilih yang mana, asuransi all risk atau TLO? Biar kita tidak makin bingung, simak tabel di bawah ini ya.

All Risk TLO
Usia kendaraan maks. 10 tahun Usia kendaraan maks. 15 tahun
Biaya premi lebih tinggi Biaya premi lebih rendah
Semua kerusakan, bahkan lecet Kerusakan min. 75 persen/hilang
Sama-sama punya jaminan perluasan (tambah premi), pada risiko seperti:

  • Banjir termasuk angin topan.
  • Gempa bumi dan tsunami.
  • Huru hara dan kerusuhan.
  • Terorisme dan sabotase.
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.
  • Kecelakaan diri untuk penumpang.
  • Tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

Perhitungan Premi Asuransi Mobil

Besaran premi asuransi mobil sangat bergantung pada tiga hal, yaitu:

  • Kisaran harga mobil
  • Wilayah tempat kita tinggal
  • Perluasan yang diinginkan

Jika sudah mengetahui hal-hal diatas, cara hitungan mudah, cukup cari besaran persentase premi yang akan dijabarkan di bawah ini. Kemudian kalikan dengan harga mobil. Jelasnya seperti ini:

Persentase premi x Harga Mobil

Hasil dari perhitungan di atas itulah besaran premi yang harus kita bayarkan ke perusahaan asuransi. Sekarang mari ketahui berapa persentase premi asuransi mobil di bawah ini.

Menurut surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang “Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor” pada tahun 2017, wilayah untuk penghitungan premi asuransi mobil terbagi menjadi tiga,yaitu:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Selebihnya mari simak tabel berikut.

Premi Asuransi All Risk (Komprehensif)

Kategori & Harga Mobil Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Batas Bawah Batas Atas Batas Bawah Batas Atas Batas Bawah Batas Atas
Kat. 1, Maks. Rp125 juta 3,82%  4,20% 3,26%  3,59% 2,53% 2,78%
Kat. 2, Rp125-200 juta 2,67% 2,94%  2,47% 2,72% 2,69% 2,96%
Kat. 3, Rp200-400 juta 2,18% 2,40% 2,08%  2,29% 1,79%  1,97%
Kat. 4, Rp400-800 juta 1,20% 1,32% 1,20%  1,32%  1,14%  1,25%
Kat. 5, lebih dari Rp800 juta 1,05% 1,16%  1,05%  1,16%  1,05% 1,16%

Untuk lebih jelasnya mengenai perhitungan premi, simak simulasi di bawah ini.

Jika Pak Eko memiliki mobil dengan harga Rp150 juta dan berlokasi di wilayah Banten. Maka, premi asuransi all risk yang harus dibayarkan adalah:

2,47 % x Rp150.000.000 = Rp3.705.000

Dengan demikian, premi yang harus dibayarkan untuk perlindungan dari asuransi all risk (comprehensive) sebesar Rp3.705.000 per tahun.

Premi Asuransi TLO

Kategori & Harga Mobil Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Batas Bawah Batas Atas Batas Bawah Batas Atas Batas Bawah Batas Atas
Kat. 1, Maks. Rp125 juta 0,47% 0,56%  0,65% 0,78%  0,51%  0,56%
Kat. 2, Rp125-200 juta 0,63% 0,69%  0,44% 0,53% 0,44% 0,48%
Kat. 3, Rp200-400 juta 0,41% 0,46%  0,38% 0,42%  0,29%  0,35%
Kat. 4, Rp400-800 juta 0,25% 0,30% 0,25%  0,30% 0,23% 0,27%
Kat. 5, lebih dari Rp800 juta 0,20% 0,24%  0,20%  0,24%  0,20%  0,24%

Agar lebih mudah dalam mengetahui besaran premi. Simak simulasi asuransi TLO di bawah ini.

Jika Pak Eko memutuskan untuk membeli asuransi TLO dengan mobil seharga pasar Rp150 juta dan bertempat tinggal di Banten. Maka premi yang harus dibayarkan adalah:

0,44% x Rp150.000.000 = Rp660.000

Dengan demikian, biaya asuransi mobil Pak Eko untuk TLO sebesar Rp660 ribu per tahun.

Cakupan Pertanggungan Asuransi Mobil

Risiko yang ditanggung

Ketika membeli asuransi kendaraan, tentu kita harus mengetahui hal apa saja yang akan kita dapatkan ketika menggunakan produk asuransi mobil. Berdasarkan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), berikut hal-hal yang ditanggung asuransi mobil.

  • Pemberian ganti rugi atau biaya perbaikan apabila terjadi risiko kerusakan yang disebabkan oleh:
    • Tabrakan, benturan, tergelincir, dan terperosok.
    • Perbuatan jahat.
    • Pencurian yang diikuti dengan kekerasan atau ancaman.
    • Kebakaran akibat terbakarnya benda lain yang berdekatan dengan tempat disimpannya mobil.
    • Kebakaran akibat sambaran petir.
    • Kerusakan karena air yang digunakan untuk memadamkan kebakaran.
    • Dimusnahkannya kendaraan atas perintah pihak berwenang dalam upaya pencegahan kebakaran.
  • Mobil yang berada di atas kapal yang mengalami kecelakaan.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga, akibat terjadinya kecelakaan yang menyebabkan kematian, cedera, dan kerusakan properti.

Pengecualian dalam asuransi mobil

Pertanggungan asuransi mobil juga memiliki beberapa pengecualian. Berikut adalah daftar selengkapnya. 

  • Kecelakaan kendaraan yang melibatkan pengemudi di bawah umur.
  • Kerusakan mobil tidak ditanggung jika digunakan untuk:
    • Memberi pelajaran mengemudi.
    • Mengikuti perlombaan, kampanye, atau unjuk rasa.
    • Dijadikan transportasi dalam aksi penggelapan, penipuan, dan hipnotis.
  • Hilangnya mobil akibat kejahatan yang dilakukan keluarga atau kerabat sendiri.
  • Membawa muatan yang melebihi kapasitas.
  • Kerusakan akibat zat kimia atau benda cair lainnya yang berada di dalam mobil.
  • Dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku.
  • Dikemudikan oleh seseorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras dan obat terlarang.
  • Melanggar rambu lalu lintas.

Ciri-Ciri Asuransi Mobil yang Layak untuk Dipilih

Banyaknya perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi mobil seringkali membuat kita bingung untuk memilih mana yang cocok. Salah pilih asuransi yang ada kita tidak bisa mendapatkan pertanggungan yang diinginkan.Untuk itu, kita perlu lebih teliti memilih manfaat asuransi mobil yang akan dibeli. Berikut ini adalah beberapa kriteria asuransi mobil yang layak untuk dipilih nasabah: 

  • Premi yang sepadan. Beberapa perusahaan asuransi mungkin menawarkan premi asuransi mobil yang besar. Mungkin terkesan memberatkan, tapi kalau proteksi yang diberikan lebih beragam kenapa tidak. Siapa tahu juga, perusahaan tersebut memiliki bengkel rekanan yang sangat banyak, sehingga ketika akan melakukan klaim dan perbaikan jadi lebih mudah.

Tapi juga bukan berarti asuransi mobil yang memiliki premi murah tidak bagus. Sebab banyak juga perusahaan asuransi yang kredibel memberikan premi asuransi mobil yang murah. Bahkan manfaat yang diberikan tidak jauh berbeda dengan yang mahal.

  • Manfaat yang beragam. Manfaat yang beragam dapat seperti, nilai pertanggungan akan risiko kerusakan dan kehilangan yang besar, jumlah dan bengkel rekanan yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, dan prosedur klaim yang mudah dan bisa dilakukan secara online.
  • Menjelaskan apa yang dikecualikan. Perusahaan asuransi yang baik tentunya akan memberitahu nasabah apa saja pengecualian yang tercantum pada polis. Dengan mengetahui pengecualian tersebut, tentunya ketika klaim ditolak nasabah tidak akan merasa seperti zonk, karena sudah mengetahui informasi ini di awal.
  • Metode pembayaran premi. Umumnya pembayaran premi asuransi mobil dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti melalui teller, transfer bank, auto debet atau kredit, e-banking, pusat perbelanjaan, marketplace, virtual account, bahkan hingga kantor POS dan Pegadaian. Usahakan cari perusahaan asuransi yang menyediakan metode pembayaran premi paling lengkap. 
  • Masa tunggu. Masa tunggu adalah periode tertentu setelah polis diterbitkan. Pada umumnya perusahaan asuransi akan menetapkan masa tunggu normalnya 30 hari setelah menandatangani klausul.

Mengacu pada kriteria di atas, mari lihat rekomendasi Lifepal pada menu-tab Pilihan Terbaik!

Mungkin terdengar ribet untuk memilih satu produk terbaik dari puluhan produk asuransi mobil di Indonesia. Coba isi formulir di bagian atas dengan melengkapi informasi merek, tipe mobil, tahun keluaran, dan wilayah. Dari situ, Lifepal bakal bisa segera generate produk yang cocok untuk mobil kamu! 

Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Indonesia memiliki kurang lebih 70 perusahaan asuransi umum yang menghadirkan pilihan produk asuransi mobil. Dari banyaknya pilihan tersebut, berikut ini adalah beberapa asuransi mobil terbaik yang telah berhasil Lifepal kumpulkan.

Ada begitu banyak pilihan asuransi mobil di Indonesia yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran kita. Berikut ini beberapa di antaranya: 

Asuransi mobil dengan jaringan bengkel yang luas

Dengan bengkel rekanan yang luas, ini memudahkan nasabah untuk melakukan klaim saat kendaraan mereka lecet atau rusak. Sebab, nasabah tidak Berikut ini tiga perusahaan dengan jumlah bengkel rekanan terbanyak.

Brand Jumlah Bengkel Rekanan
Asuransi Adira Autocillin 900+
Asuransi Jasindo 572+
Asuransi ACA 304

Asuransi Adira Dinamika
3.3

Asuransi Jasindo
3.1

Asuransi mobil terbaik berdasarkan layanannya

Tentu ketika membeli asuransi mobil, kita ingin perusahaan yang memiliki fasilitas dan layanan yang baik dan memudahkan. Mulai dari tersedianya hotline 24 jam, aplikasi untuk nasabah, dan metode pembayaran yang beragam. Berikut ini tiga perusahaan asuransi mobil dengan layanan terbaik rekomendasi Lifepal.

Brand Layanan yang dihadirkan
Asuransi Astra Buana Tersedia layanan, seperti Garda Mobile, Garda Mobile, Garda Center, Garda Siaga Emergency Roadside Assistance (ERA), Garda Akses, dan hotline 24 jam.
Asuransi Raksa Hotline Service 24 jam, Raksa Emergency Quick Service, Pelayanan Derek, dan jaringan klaim luas.
MNC Insurance Layanan beli asuransi via online.

Asuransi MNC Insurance
3.8

Asuransi mobil terbaik berdasarkan cakupan pertanggungan paling lengkap

Akan menjadi nilai plus kalau asuransi yang kita pilih memiliki pilihan polis yang variatif dengan pertanggungan lengkap pula. Di bawah ini lima perusahaan asuransi mobil dengan pilihan polis paling variatif dan paling lengkap.

Brand Polis
Asuransi Adira Dinamika Tersedia tiga jenis polis: Paket Autocillin Comprehensive; Paket Autocillin Comprehensive Plus; Paket Autocillin TLO
Asuransi Sinar Mas Tersedia tiga jenis polis: Gabungan ( Comprehensive) + TPL; Total Loss Only + TPL; Simas Mobil TPL ( TPL Only)
Asuransi Wahana Tata Tersedia  dua pilihan polis, yaitu Aswata oto A+ dan Aswata Ladies Car Protection A+ untuk wanita.
Asuransi ACA Tersedia dua pilihan polis, yaitu Comprehensive (Gabungan) dan Otomate yang dilengkapi fasilitas mobil pengganti dan valet service.

Asuransi Adira Dinamika
3.3

Asuransi Sinar Mas
3.7

Asuransi Wahana Tata
3.8

Cara klaim asuransi mobil mudah untuk dilakukan selama berkas yang kita siapkan lengkap dan sesuai dengan syarat ketentuannya. Pada dasarnya ada tiga tahap yang harus dilakukan untuk klaim asuransi mobil yaitu melaporkan kejadian, melakukan tindakan yang perlu dilakukan, dan mengajukan klaim dengan menyiapkan berkas-berkas. 

Jika berkas sudah disetujui, biasanya pencairan dana klaim akan memakan waktu 14 hari kerja.

Biasanya cara klaim asuransi mobil dilakukan dengan cara cashless artinya tertanggung tidak perlu mengeluarkan dana pribadi untuk melakukan perbaikan di bengkel. Tapi, seringnya cara ini dilakukan untuk jenis asuransi mobil all risk (comprehensive).

Tapi perlu diingat, penggantian yang dilakukan tidak 100 persen, melainkan tertanggung perlu membayar biaya risiko sendiri atau own risk per kejadian.

Saat melakukan klaim, biasanya tertanggung harus membayar biaya own risk atau risiko sendiri. Secara sederhana biaya own risk adalah sejumlah biaya yang harus dibayar pemilik polis asuransi jika dia mengajukan klaim. Biasanya ini ada jika mengambil asuransi mobil All Risk. 

Untuk besaran biayanya tentu saja bervariasi karena besarnya tergantung premi yang dibayarkan.Tapi, rata-rata biaya own risk berada di kisaran Rp300 ribu. Adanya biaya ini bukan tanpa sebab, melainkan sebagai pengingat biar ke depannya lebih hati-hati ketika membawa mobil.

Asuransi mobil bekas tentu bisa dibeli. Namun, perlindungan yang bisa dipilih tentu berbeda dengan asuransi mobil baru. Kalau asuransi mobil baru, kita bisa memilih antara asuransi all-risk (komprehensif) atau asuransi TLO. Sedangkan di asuransi mobil bekas biasanya hanya punya satu jenis, yakni asuransi TLO saja. Namun ini tergantung merek dan usia mobil serta kebijakan penyedia asuransi ya.

Tentu saja bisa, asalkan mobil yang dimiliki memiliki usia maksimal 10 tahun jika ingin mengajukan asuransi all risk dan maksimal 15 tahun jika ingin mengajukan asuransi TLO.

Akan tetapi, ada juga perusahaan asuransi yang menyediakan pertanggungan khusus mobil antik, dengan usia lebih dari 40 Tahun dan syarat kondisi mobil dan aksesoris sesuai bawaan awal.

Tersedia juga asuransi mobil yang menanggung mobil klasik dengan usia antara 20 – 40 tahun, dengan syarat boleh mengalami perbaikan dan perawatan tetapi tidak mengubah desain dan spesifikasi awal.

Berdasarkan fatwa MUI No.21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Asuransi Syariah, asuransi mobil diperbolehkan karena asuransi dianggap sebagai bentuk perlindungan, mengandung unsur tolong menolong, dan memiliki unsur kebaikan (akad tabarru).

Pada dasarnya setiap produk asuransi memiliki dasar hukumnya termasuk asuransi mobil. Dasar hukum asuransi dilindungi oleh Undang-undang, antara lain:

  • Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 1320 dan Pasal 1774 tentang pertanggungan dan perjanjian dua belah pihak serta persetujuan tentang perkara suatu kejadian yang belum pasti.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian.
  • Surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017 yang mengatur tentang penetapan tarif premi atau kontribusi pada lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermobil tahun 2017.

Ada tiga hal pokok yang menjadi ukuran Asuransi mobil yang baik, yaitu:

  • Menawarkan harga premi sesuai dengan tabel batas atas dan batas bawah yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Memberikan jaminan perlindungan dasar dengan jangkauan yang lebih luas di seluruh Indonesia.
  • Menawarkan premi sepadan dengan layanan dan pertanggungan yang diberikan.

Masyarakat yang baru mengenal asuransi tentu akan mencari Asuransi mobil dengan premi murah agar tidak mengganggu pengeluaran bulanan.

Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang bagaimana cara mendapatkan Asuransi mobil yang murah dan terjangkau.

  • Pilih jenis asuransi mobil TLO agar premi yang dibayarkan lebih rendah dibandingkan dengan asuransi mobil all risk atau comprehensive.
  • Pilih asuransi mobil yang memberikan perlindungan dasar tanpa embel-embel jaminan perluasan atau asuransi tambahan (rider).
  • Pilih asuransi yang memberikan value lebih seperti proteksi terhadap pengemudi dan penumpang.

Membeli asuransi mobil secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga dapat lebih leluasa memilih asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan cukup secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan pembelian secara online adalah sebagai berikut ini:

  • Menyiapkan info dan identitas kendaraan.
  • Menyiapkan identitas diri dan dokumen dalam bentuk softcopy atau foto.
  • Melakukan pendaftaran.
  • Melakukan pembayaran melalui kanal yang disediakan baik secara online maupun offline.

Menerima polis asuransi secara online maupun offline. Polis asuransi digital dapat dikirimkan langsung melalui email atau surat elektronik.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi kendaraan. Berbagai pilihan asuransi kendaraan baik itu asuransi mobil dan asuransi motor terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi mobil dengan tawaran paling menarik.

Salah satu rahasia mengapa asuransi mobil secara online menjadi lebih untung karena harganya bisa lebih murah daripada membeli asuransi secara offline maupun dari agen.

Ada beberapa istilah dalam asuransi mobil. Tentu istilah ini tidak terlepas dari bahasa asing sehingga perlu dijelaskan maknanya agar bisa dipahami oleh semua peserta atau penerima manfaat yang terdaftar atau berniat untuk membeli asuransi mobil.

  • Comprehensive/All Risk adalah istilah jenis asuransi mobil yang memberikan proteksi untuk semua risiko kerugian yang mungkin terjadi.
  • Deductible/Own Risk adalah biaya yang harus dibayarkan oleh tertanggung atau peserta asuransi mobil dari setiap kejadian yang dialami. Besarannya adalah Rp300 ribu per kejadian.
  • Endorsement  adalah perjanjian asuransi yang dikeluarkan oleh peserta asuransi atas persetujuan perusahaan asuransi untuk mengubah polis asuransi.
  • Harga pertanggungan adalah nilai kendaraan sepeda mobil saat didaftarkan menjadi obyek asuransi. Harga di dalam polis asuransi menjadi acuan untuk harga maksimal yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Umumnya harga pertanggungan disesuaikan dengan harga pasar sepeda mobil pada periode tersebut.
  • Harga pasar adalah nilai jual pasar sepeda mobil yang menjadi objek jaminan 
  • Premi adalah nilai uang yang harus dibayarkan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi sebagai imbalan layanan yang diberikan. Premi dapat dibayarkan sesuai dengan cara dan periode yang disepakati oleh kedua belah pihak. 
  • Polis asuransi adalah kontrak tertulis antara perusahaan asuransi dengan peserta asuransi yang berisi pengalihan risiko dan syarat-syarat yang harus dipatuhi kedua belah pihak. Polis umumnya mencantumkan informasi jumlah pertanggungan, jenis risiko yang ditanggung, pengecualian, jangka waktu perjanjian dan lain sebagainya.
  • Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) adalah surat tertulis yang harus diajukan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi untuk menanggung risiko yang terjadi sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi. 
  • Total Loss Only adalah istilah jenis asuransi mobil yang memberikan proteksi atau jaminan pertanggungan jika terjadi kehilangan total atau kerusakan lebih dari 75%.

Penipuan asuransi mobil tetap harus diwaspadai. Hal ini bisa dilakukan dengan memahami produk asuransi mobil, cara kerja, cara klaim serta pertanggungan yang dilindungi oleh asuransi mobil.

Anda juga tetap harus bisa membedakan mana yang benar-benar murni merupakan modus penipuan asuransi mobil atau pemahaman Anda yang kurang tepat tentang pengecualian dalam asuransi mobil. Pelajari polis asuransi mobil agar Anda memahami apa saja yang menjadi pengecualian dari polis asuransi mobil yang Anda miliki.

Berikut ini adalah beberapa poin penting agar terhindari dari modus yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan asuransi mobil.

  • Pahami secara jelas apa bedanya antara asuransi all risk dan TLO agar bisa memahami manfaat perlindungan yang didapatkan.
  • Harga premi mobil sudah diatur dengan ketentuan batas atas dan batas bawah yang disesuaikan dengan harga pertanggungan atau harga mobil. Agar tidak membayar premi lebih mahal, pastikan juga Anda memahami cara menghitung premi asuransi all risk maupun TLO agar bisa membandingkan produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.
  • Jangan pernah merekayasa identitas diri maupun identitas kendaraan bermobil yang berakibat pada penolakan asuransi.
  • Pilihlah bengkel resmi yang menjadi rekanan asuransi mobil Anda. Jangan sampai menjadi korban penipuan dari beberapa oknum bengkel nakal yang hanya bertujuan untuk memperoleh manfaat lebih besar klaim asuransi.
  • Perkirakan biaya perbaikan di bengkel lain sebagai perbandingan harga yang wajar.
  • Berkendaraan dengan mentaati aturan seperti membawa surat-surat lengkap seperti SIM dan STNK serta mengenakan helm. Jika mengalami kejadian yang tidak diinginkan dan terbukti tidak menggunakan alat standar keamanan dan atau tidak melengkapi dengan dokumen yang lengkap, asuransi mobil berpotensi tidak bisa diklaim.
  • Jangan gunakan mobil untuk membawa barang melebihi kapasitasnya.
  • Mobil yang dimodifikasi pada masa asuransi berjalan akan berpotensi kehilangan perlindungan.
  • Pengendara mabuk sehingga berkendara dalam keadaan dipengaruhi alkohol berlebihan sehingga klaim asuransi bisa ditolak.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui. Penipuan asuransi mobil bisa terjadi lebih banyak karena produk asuransi mobil lebih mudah dijual dibandingkan dengan produk asuransi lainnya.

Informasi Umum

Pengertian Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan terhadap risiko-risiko yang menimpa kendaraan roda empat. Dengan adanya asuransi mobil diharapkan kerugian finansial yang terjadi karena risiko-risiko tertentu bisa diminimalisasi.

Bayangkan saja, apabila pemilik mobil tidak memiliki asuransi mobil dan terjadi kerusakan pada kendaraan, yang ada pemilik mobil harus merogoh kocek lebih untuk biaya perbaikan. Belum lagi bila terjadi kerusakan total, pemilik mobil harus merelakan kendaraannya dan bahkan membeli baru yang pastinya membutuhkan banyak dana.

Dibandingkan mengeluarkan banyak dana untuk biaya perbaikan, tentu memiliki asuransi kendaraan bisa menjadi solusi efektif. Jika dihitung-hitung, biaya preminya pun termasuk ringan.

Tingkat kecelakaan di Indonesia setiap tahun terus meningkat

Menurut data BPS Indonesia, jumlah kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya mengalami kenaikan sebanyak 3,30 persen. Berikut jumlah kasus kecelakaannya selama lima tahun terakhir.

kasus kecelakaan di indonesia

 

Dari diagram mengenai kasus kecelakaan lalu lintas yang ditampilkan di atas, kita bisa melihat bahwa grafiknya naik. Dari yang awalnya di tahun 2014 hanya 95 ribu kasus, angka tersebut meningkat menjadi 109 ribu kasus pada tahun 2018.

Sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan tersebut terjadi. Kepolisian Republik Indonesia telah merangkum faktor penyebab terbesar kecelakaan lalu lintas. Faktor tersebut terbagi tiga, yaitu kelalaian si pengemudi, prasarana dan lingkungan atau jalanan yang memang kurang bagus, dan kendaraan yang kurang layak pakai. 

Jadi, meskipun kita sudah mengemudi dengan cara sebaik dan seaman mungkin, kemungkinan terjadi kecelakaan atau sekadar tersenggol tetap ada.

Biaya ke bengkel tanpa asuransi ternyata lebih mahal

Masih merasa premi asuransi mahal dna hanya buang-buang uang saja? Nyatanya pakai asuransi justru mempermudah dan menghemat dana ketika melakukan perbaikan di bengkel. Lebih jelasnya, simak tabel berikut ini.

Sebagai contoh, kita memiliki mobil harga Rp150 juta di Jakarta. Katakanlah biaya perbaikan bengkel per kerusakan adalah Rp3 juta.

Yang namanya lecet, keserempet, atau kecelakaan kadang tidak terelakkan. Misalnya, dalam setahun mobil harus empat kali ke bengkel. Nah, sekarang mari kita bandingkan total biaya yang harus dikeluarkan kalau pakai asuransi dan tidak pakai asuransi.

perbandingan asuransi di bengkel

Dari tabel di atas, bisa kita lihat, jika kita membayar sendiri tanpa asuransi maka total biaya bengkel selama setahun yang harus kita bayarkan adalah Rp12 juta. Sedangkan kalau pakai asuransi justru lebih murah lebih dari dua kali lipat. Selama perbaikan, kita hanya mengeluarkan biaya own risk saja. Biaya own risk adalah biaya yang diwajibkan pada nasabah bila mobil harus ke bengkel.

Bandingkan Asuransi Mobil Terbaik

Mendapatkan asuransi mobil terbaik memang gampang-gampang susah, apalagi terdapat puluhan asuransi mobil di Indonesia. Padahal salah satu cara terbaik mendapatkan asuransi mobil yang cocok adalah dengan membandingkan produk asuransi yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan platform online yang bisa memudahkan kita dalam urusan membandingkan asuransi terbaik.

Untuk menjawab permasalah tersebut, Lifepal hadir sebagai platform asuransi yang dapat membantu nasabah untuk bandingkan dan beli asuransi mobil secara online. Melalui Lifepal.co.id, calon nasabah dapat dengan mudah membandingkan harga premi dan manfaat asuransi mobil yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi. 

Lifepal telah merangkum beberapa rekomendasi asuransi mobil terbaik di Indonesia berdasarkan beberapa kategori. Mari cek menu-tab Pilihan Terbaik atau klik di sini!

Daftar Isi

Pertimbangkan:

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Produk Asuransi mobil pun bermacam-macam disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun beberapa jenis yang ditawarkan oleh perusahaan Asuransi mobil pada dasarnya hanya ada dua jenis, yaitu asuransi all risk (comprehensive) dan asuransi TLO (Total Loss Only).

Asuransi All Risk (Comprehensive)

Jenis asuransi ini akan terima apapun klaim kerusakan mobil dari yang ringan macam lecet 1cm sampai yang rusak parah. Artinya, apapun masalahnya jenis asuransi ini siap membantu. Jenis asuransi ini cocok buat kita yang baru beli mobil baru biar ketika lecet datang kita bisa langsung ajukan klaim.

Asuransi yang memberikan perlindungan atau penggantian biaya atas semua risiko yang terjadi pada mobil, seperti:

  • Kerusakan ringan sampai berat.
  • Kehilangan mobil.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Kecelakaan diri pengemudi dan penumpang.

Karena menanggung segala kerusakan tentunya premi asuransi all risk lebih besar. Misalnya saja, besaran premi minimal wilayah Jakarta adalah 3,26 persen dari harga mobil. Persentase premi tersebut jauh lebih besar ketimbang premi termahal TLO yang berada di angka 0,78 persen saja!

Asuransi TLO (Total Loss Only)

Asuransi yang memberikan jaminan atau biaya pertanggungan hanya jika mobil hilang akibat pencurian atau terjadi kerusakan dengan nilai perbaikan sama atau lebih dari 75 persen dari harga mobil pada saat itu.

Kalau jenis asuransi ini, cuma terima klaim kalau kerusakan mobil sudah 75 persen. Artinya, mobil harus benar-benar tidak bisa dipakai baru kita bisa mengajukan klaim. Jadi, kalau mobil cuma lecet satu sentimeter, jangan berharap klaim disetujui.

Karena baru bisa mengajukan klaim ketika mobil rusak parah tentunya besaran preminya pun lebih ringan dibanding asuransi all risk. Bahkan besaran preminya bisa tiga kali lipat lebih kecil dari all risk. Untuk premi minimal wilayah Jakarta saja cuma 0,44% dari harga mobil.

Pilih Mana Asuransi All Risk atau TLO?

Jadi pilih yang mana, asuransi all risk atau TLO? Biar kita tidak makin bingung, simak tabel di bawah ini ya.

All Risk TLO
Usia kendaraan maks. 10 tahun Usia kendaraan maks. 15 tahun
Biaya premi lebih tinggi Biaya premi lebih rendah
Semua kerusakan, bahkan lecet Kerusakan min. 75 persen/hilang
Sama-sama punya jaminan perluasan (tambah premi), pada risiko seperti:

  • Banjir termasuk angin topan.
  • Gempa bumi dan tsunami.
  • Huru hara dan kerusuhan.
  • Terorisme dan sabotase.
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.
  • Kecelakaan diri untuk penumpang.
  • Tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

Perhitungan Premi Asuransi Mobil

Besaran premi asuransi mobil sangat bergantung pada tiga hal, yaitu:

  • Kisaran harga mobil
  • Wilayah tempat kita tinggal
  • Perluasan yang diinginkan

Jika sudah mengetahui hal-hal diatas, cara hitungan mudah, cukup cari besaran persentase premi yang akan dijabarkan di bawah ini. Kemudian kalikan dengan harga mobil. Jelasnya seperti ini:

Persentase premi x Harga Mobil

Hasil dari perhitungan di atas itulah besaran premi yang harus kita bayarkan ke perusahaan asuransi. Sekarang mari ketahui berapa persentase premi asuransi mobil di bawah ini.

Menurut surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang “Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor” pada tahun 2017, wilayah untuk penghitungan premi asuransi mobil terbagi menjadi tiga,yaitu:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Selebihnya mari simak tabel berikut.

Premi Asuransi All Risk (Komprehensif)

Kategori & Harga Mobil Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Batas Bawah Batas Atas Batas Bawah Batas Atas Batas Bawah Batas Atas
Kat. 1, Maks. Rp125 juta 3,82%  4,20% 3,26%  3,59% 2,53% 2,78%
Kat. 2, Rp125-200 juta 2,67% 2,94%  2,47% 2,72% 2,69% 2,96%
Kat. 3, Rp200-400 juta 2,18% 2,40% 2,08%  2,29% 1,79%  1,97%
Kat. 4, Rp400-800 juta 1,20% 1,32% 1,20%  1,32%  1,14%  1,25%
Kat. 5, lebih dari Rp800 juta 1,05% 1,16%  1,05%  1,16%  1,05% 1,16%

Untuk lebih jelasnya mengenai perhitungan premi, simak simulasi di bawah ini.

Jika Pak Eko memiliki mobil dengan harga Rp150 juta dan berlokasi di wilayah Banten. Maka, premi asuransi all risk yang harus dibayarkan adalah:

2,47 % x Rp150.000.000 = Rp3.705.000

Dengan demikian, premi yang harus dibayarkan untuk perlindungan dari asuransi all risk (comprehensive) sebesar Rp3.705.000 per tahun.

Premi Asuransi TLO

Kategori & Harga Mobil Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Batas Bawah Batas Atas Batas Bawah Batas Atas Batas Bawah Batas Atas
Kat. 1, Maks. Rp125 juta 0,47% 0,56%  0,65% 0,78%  0,51%  0,56%
Kat. 2, Rp125-200 juta 0,63% 0,69%  0,44% 0,53% 0,44% 0,48%
Kat. 3, Rp200-400 juta 0,41% 0,46%  0,38% 0,42%  0,29%  0,35%
Kat. 4, Rp400-800 juta 0,25% 0,30% 0,25%  0,30% 0,23% 0,27%
Kat. 5, lebih dari Rp800 juta 0,20% 0,24%  0,20%  0,24%  0,20%  0,24%

Agar lebih mudah dalam mengetahui besaran premi. Simak simulasi asuransi TLO di bawah ini.

Jika Pak Eko memutuskan untuk membeli asuransi TLO dengan mobil seharga pasar Rp150 juta dan bertempat tinggal di Banten. Maka premi yang harus dibayarkan adalah:

0,44% x Rp150.000.000 = Rp660.000

Dengan demikian, biaya asuransi mobil Pak Eko untuk TLO sebesar Rp660 ribu per tahun.

Cakupan Pertanggungan Asuransi Mobil

Risiko yang ditanggung

Ketika membeli asuransi kendaraan, tentu kita harus mengetahui hal apa saja yang akan kita dapatkan ketika menggunakan produk asuransi mobil. Berdasarkan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), berikut hal-hal yang ditanggung asuransi mobil.

  • Pemberian ganti rugi atau biaya perbaikan apabila terjadi risiko kerusakan yang disebabkan oleh:
    • Tabrakan, benturan, tergelincir, dan terperosok.
    • Perbuatan jahat.
    • Pencurian yang diikuti dengan kekerasan atau ancaman.
    • Kebakaran akibat terbakarnya benda lain yang berdekatan dengan tempat disimpannya mobil.
    • Kebakaran akibat sambaran petir.
    • Kerusakan karena air yang digunakan untuk memadamkan kebakaran.
    • Dimusnahkannya kendaraan atas perintah pihak berwenang dalam upaya pencegahan kebakaran.
  • Mobil yang berada di atas kapal yang mengalami kecelakaan.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga, akibat terjadinya kecelakaan yang menyebabkan kematian, cedera, dan kerusakan properti.

Pengecualian dalam asuransi mobil

Pertanggungan asuransi mobil juga memiliki beberapa pengecualian. Berikut adalah daftar selengkapnya. 

  • Kecelakaan kendaraan yang melibatkan pengemudi di bawah umur.
  • Kerusakan mobil tidak ditanggung jika digunakan untuk:
    • Memberi pelajaran mengemudi.
    • Mengikuti perlombaan, kampanye, atau unjuk rasa.
    • Dijadikan transportasi dalam aksi penggelapan, penipuan, dan hipnotis.
  • Hilangnya mobil akibat kejahatan yang dilakukan keluarga atau kerabat sendiri.
  • Membawa muatan yang melebihi kapasitas.
  • Kerusakan akibat zat kimia atau benda cair lainnya yang berada di dalam mobil.
  • Dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku.
  • Dikemudikan oleh seseorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras dan obat terlarang.
  • Melanggar rambu lalu lintas.

Ciri-Ciri Asuransi Mobil yang Layak untuk Dipilih

Banyaknya perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi mobil seringkali membuat kita bingung untuk memilih mana yang cocok. Salah pilih asuransi yang ada kita tidak bisa mendapatkan pertanggungan yang diinginkan.Untuk itu, kita perlu lebih teliti memilih manfaat asuransi mobil yang akan dibeli. Berikut ini adalah beberapa kriteria asuransi mobil yang layak untuk dipilih nasabah: 

  • Premi yang sepadan. Beberapa perusahaan asuransi mungkin menawarkan premi asuransi mobil yang besar. Mungkin terkesan memberatkan, tapi kalau proteksi yang diberikan lebih beragam kenapa tidak. Siapa tahu juga, perusahaan tersebut memiliki bengkel rekanan yang sangat banyak, sehingga ketika akan melakukan klaim dan perbaikan jadi lebih mudah.

Tapi juga bukan berarti asuransi mobil yang memiliki premi murah tidak bagus. Sebab banyak juga perusahaan asuransi yang kredibel memberikan premi asuransi mobil yang murah. Bahkan manfaat yang diberikan tidak jauh berbeda dengan yang mahal.

  • Manfaat yang beragam. Manfaat yang beragam dapat seperti, nilai pertanggungan akan risiko kerusakan dan kehilangan yang besar, jumlah dan bengkel rekanan yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, dan prosedur klaim yang mudah dan bisa dilakukan secara online.
  • Menjelaskan apa yang dikecualikan. Perusahaan asuransi yang baik tentunya akan memberitahu nasabah apa saja pengecualian yang tercantum pada polis. Dengan mengetahui pengecualian tersebut, tentunya ketika klaim ditolak nasabah tidak akan merasa seperti zonk, karena sudah mengetahui informasi ini di awal.
  • Metode pembayaran premi. Umumnya pembayaran premi asuransi mobil dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti melalui teller, transfer bank, auto debet atau kredit, e-banking, pusat perbelanjaan, marketplace, virtual account, bahkan hingga kantor POS dan Pegadaian. Usahakan cari perusahaan asuransi yang menyediakan metode pembayaran premi paling lengkap. 
  • Masa tunggu. Masa tunggu adalah periode tertentu setelah polis diterbitkan. Pada umumnya perusahaan asuransi akan menetapkan masa tunggu normalnya 30 hari setelah menandatangani klausul.

Mengacu pada kriteria di atas, mari lihat rekomendasi Lifepal pada menu-tab Pilihan Terbaik!

Mungkin terdengar ribet untuk memilih satu produk terbaik dari puluhan produk asuransi mobil di Indonesia. Coba isi formulir di bagian atas dengan melengkapi informasi merek, tipe mobil, tahun keluaran, dan wilayah. Dari situ, Lifepal bakal bisa segera generate produk yang cocok untuk mobil kamu! 

Pilihan Terbaik

Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Indonesia memiliki kurang lebih 70 perusahaan asuransi umum yang menghadirkan pilihan produk asuransi mobil. Dari banyaknya pilihan tersebut, berikut ini adalah beberapa asuransi mobil terbaik yang telah berhasil Lifepal kumpulkan.

Ada begitu banyak pilihan asuransi mobil di Indonesia yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran kita. Berikut ini beberapa di antaranya: 

Asuransi mobil dengan jaringan bengkel yang luas

Dengan bengkel rekanan yang luas, ini memudahkan nasabah untuk melakukan klaim saat kendaraan mereka lecet atau rusak. Sebab, nasabah tidak Berikut ini tiga perusahaan dengan jumlah bengkel rekanan terbanyak.

Brand Jumlah Bengkel Rekanan
Asuransi Adira Autocillin 900+
Asuransi Jasindo 572+
Asuransi ACA 304

Asuransi Adira Dinamika
3.3

Asuransi Jasindo
3.1

Asuransi mobil terbaik berdasarkan layanannya

Tentu ketika membeli asuransi mobil, kita ingin perusahaan yang memiliki fasilitas dan layanan yang baik dan memudahkan. Mulai dari tersedianya hotline 24 jam, aplikasi untuk nasabah, dan metode pembayaran yang beragam. Berikut ini tiga perusahaan asuransi mobil dengan layanan terbaik rekomendasi Lifepal.

Brand Layanan yang dihadirkan
Asuransi Astra Buana Tersedia layanan, seperti Garda Mobile, Garda Mobile, Garda Center, Garda Siaga Emergency Roadside Assistance (ERA), Garda Akses, dan hotline 24 jam.
Asuransi Raksa Hotline Service 24 jam, Raksa Emergency Quick Service, Pelayanan Derek, dan jaringan klaim luas.
MNC Insurance Layanan beli asuransi via online.

Asuransi MNC Insurance
3.8

Asuransi mobil terbaik berdasarkan cakupan pertanggungan paling lengkap

Akan menjadi nilai plus kalau asuransi yang kita pilih memiliki pilihan polis yang variatif dengan pertanggungan lengkap pula. Di bawah ini lima perusahaan asuransi mobil dengan pilihan polis paling variatif dan paling lengkap.

Brand Polis
Asuransi Adira Dinamika Tersedia tiga jenis polis: Paket Autocillin Comprehensive; Paket Autocillin Comprehensive Plus; Paket Autocillin TLO
Asuransi Sinar Mas Tersedia tiga jenis polis: Gabungan ( Comprehensive) + TPL; Total Loss Only + TPL; Simas Mobil TPL ( TPL Only)
Asuransi Wahana Tata Tersedia  dua pilihan polis, yaitu Aswata oto A+ dan Aswata Ladies Car Protection A+ untuk wanita.
Asuransi ACA Tersedia dua pilihan polis, yaitu Comprehensive (Gabungan) dan Otomate yang dilengkapi fasilitas mobil pengganti dan valet service.

Asuransi Adira Dinamika
3.3

Asuransi Sinar Mas
3.7

Asuransi Wahana Tata
3.8

Tips & Pertanyaan

Cara klaim asuransi mobil mudah untuk dilakukan selama berkas yang kita siapkan lengkap dan sesuai dengan syarat ketentuannya. Pada dasarnya ada tiga tahap yang harus dilakukan untuk klaim asuransi mobil yaitu melaporkan kejadian, melakukan tindakan yang perlu dilakukan, dan mengajukan klaim dengan menyiapkan berkas-berkas. 

Jika berkas sudah disetujui, biasanya pencairan dana klaim akan memakan waktu 14 hari kerja.

Biasanya cara klaim asuransi mobil dilakukan dengan cara cashless artinya tertanggung tidak perlu mengeluarkan dana pribadi untuk melakukan perbaikan di bengkel. Tapi, seringnya cara ini dilakukan untuk jenis asuransi mobil all risk (comprehensive).

Tapi perlu diingat, penggantian yang dilakukan tidak 100 persen, melainkan tertanggung perlu membayar biaya risiko sendiri atau own risk per kejadian.

Saat melakukan klaim, biasanya tertanggung harus membayar biaya own risk atau risiko sendiri. Secara sederhana biaya own risk adalah sejumlah biaya yang harus dibayar pemilik polis asuransi jika dia mengajukan klaim. Biasanya ini ada jika mengambil asuransi mobil All Risk. 

Untuk besaran biayanya tentu saja bervariasi karena besarnya tergantung premi yang dibayarkan.Tapi, rata-rata biaya own risk berada di kisaran Rp300 ribu. Adanya biaya ini bukan tanpa sebab, melainkan sebagai pengingat biar ke depannya lebih hati-hati ketika membawa mobil.

Asuransi mobil bekas tentu bisa dibeli. Namun, perlindungan yang bisa dipilih tentu berbeda dengan asuransi mobil baru. Kalau asuransi mobil baru, kita bisa memilih antara asuransi all-risk (komprehensif) atau asuransi TLO. Sedangkan di asuransi mobil bekas biasanya hanya punya satu jenis, yakni asuransi TLO saja. Namun ini tergantung merek dan usia mobil serta kebijakan penyedia asuransi ya.

Tentu saja bisa, asalkan mobil yang dimiliki memiliki usia maksimal 10 tahun jika ingin mengajukan asuransi all risk dan maksimal 15 tahun jika ingin mengajukan asuransi TLO.

Akan tetapi, ada juga perusahaan asuransi yang menyediakan pertanggungan khusus mobil antik, dengan usia lebih dari 40 Tahun dan syarat kondisi mobil dan aksesoris sesuai bawaan awal.

Tersedia juga asuransi mobil yang menanggung mobil klasik dengan usia antara 20 – 40 tahun, dengan syarat boleh mengalami perbaikan dan perawatan tetapi tidak mengubah desain dan spesifikasi awal.

Berdasarkan fatwa MUI No.21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Asuransi Syariah, asuransi mobil diperbolehkan karena asuransi dianggap sebagai bentuk perlindungan, mengandung unsur tolong menolong, dan memiliki unsur kebaikan (akad tabarru).

Pada dasarnya setiap produk asuransi memiliki dasar hukumnya termasuk asuransi mobil. Dasar hukum asuransi dilindungi oleh Undang-undang, antara lain:

  • Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 1320 dan Pasal 1774 tentang pertanggungan dan perjanjian dua belah pihak serta persetujuan tentang perkara suatu kejadian yang belum pasti.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian.
  • Surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017 yang mengatur tentang penetapan tarif premi atau kontribusi pada lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermobil tahun 2017.

Ada tiga hal pokok yang menjadi ukuran Asuransi mobil yang baik, yaitu:

  • Menawarkan harga premi sesuai dengan tabel batas atas dan batas bawah yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Memberikan jaminan perlindungan dasar dengan jangkauan yang lebih luas di seluruh Indonesia.
  • Menawarkan premi sepadan dengan layanan dan pertanggungan yang diberikan.

Masyarakat yang baru mengenal asuransi tentu akan mencari Asuransi mobil dengan premi murah agar tidak mengganggu pengeluaran bulanan.

Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang bagaimana cara mendapatkan Asuransi mobil yang murah dan terjangkau.

  • Pilih jenis asuransi mobil TLO agar premi yang dibayarkan lebih rendah dibandingkan dengan asuransi mobil all risk atau comprehensive.
  • Pilih asuransi mobil yang memberikan perlindungan dasar tanpa embel-embel jaminan perluasan atau asuransi tambahan (rider).
  • Pilih asuransi yang memberikan value lebih seperti proteksi terhadap pengemudi dan penumpang.

Membeli asuransi mobil secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga dapat lebih leluasa memilih asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan cukup secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan pembelian secara online adalah sebagai berikut ini:

  • Menyiapkan info dan identitas kendaraan.
  • Menyiapkan identitas diri dan dokumen dalam bentuk softcopy atau foto.
  • Melakukan pendaftaran.
  • Melakukan pembayaran melalui kanal yang disediakan baik secara online maupun offline.

Menerima polis asuransi secara online maupun offline. Polis asuransi digital dapat dikirimkan langsung melalui email atau surat elektronik.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi kendaraan. Berbagai pilihan asuransi kendaraan baik itu asuransi mobil dan asuransi motor terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi mobil dengan tawaran paling menarik.

Salah satu rahasia mengapa asuransi mobil secara online menjadi lebih untung karena harganya bisa lebih murah daripada membeli asuransi secara offline maupun dari agen.

Ada beberapa istilah dalam asuransi mobil. Tentu istilah ini tidak terlepas dari bahasa asing sehingga perlu dijelaskan maknanya agar bisa dipahami oleh semua peserta atau penerima manfaat yang terdaftar atau berniat untuk membeli asuransi mobil.

  • Comprehensive/All Risk adalah istilah jenis asuransi mobil yang memberikan proteksi untuk semua risiko kerugian yang mungkin terjadi.
  • Deductible/Own Risk adalah biaya yang harus dibayarkan oleh tertanggung atau peserta asuransi mobil dari setiap kejadian yang dialami. Besarannya adalah Rp300 ribu per kejadian.
  • Endorsement  adalah perjanjian asuransi yang dikeluarkan oleh peserta asuransi atas persetujuan perusahaan asuransi untuk mengubah polis asuransi.
  • Harga pertanggungan adalah nilai kendaraan sepeda mobil saat didaftarkan menjadi obyek asuransi. Harga di dalam polis asuransi menjadi acuan untuk harga maksimal yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Umumnya harga pertanggungan disesuaikan dengan harga pasar sepeda mobil pada periode tersebut.
  • Harga pasar adalah nilai jual pasar sepeda mobil yang menjadi objek jaminan 
  • Premi adalah nilai uang yang harus dibayarkan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi sebagai imbalan layanan yang diberikan. Premi dapat dibayarkan sesuai dengan cara dan periode yang disepakati oleh kedua belah pihak. 
  • Polis asuransi adalah kontrak tertulis antara perusahaan asuransi dengan peserta asuransi yang berisi pengalihan risiko dan syarat-syarat yang harus dipatuhi kedua belah pihak. Polis umumnya mencantumkan informasi jumlah pertanggungan, jenis risiko yang ditanggung, pengecualian, jangka waktu perjanjian dan lain sebagainya.
  • Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) adalah surat tertulis yang harus diajukan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi untuk menanggung risiko yang terjadi sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi. 
  • Total Loss Only adalah istilah jenis asuransi mobil yang memberikan proteksi atau jaminan pertanggungan jika terjadi kehilangan total atau kerusakan lebih dari 75%.

Penipuan asuransi mobil tetap harus diwaspadai. Hal ini bisa dilakukan dengan memahami produk asuransi mobil, cara kerja, cara klaim serta pertanggungan yang dilindungi oleh asuransi mobil.

Anda juga tetap harus bisa membedakan mana yang benar-benar murni merupakan modus penipuan asuransi mobil atau pemahaman Anda yang kurang tepat tentang pengecualian dalam asuransi mobil. Pelajari polis asuransi mobil agar Anda memahami apa saja yang menjadi pengecualian dari polis asuransi mobil yang Anda miliki.

Berikut ini adalah beberapa poin penting agar terhindari dari modus yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan asuransi mobil.

  • Pahami secara jelas apa bedanya antara asuransi all risk dan TLO agar bisa memahami manfaat perlindungan yang didapatkan.
  • Harga premi mobil sudah diatur dengan ketentuan batas atas dan batas bawah yang disesuaikan dengan harga pertanggungan atau harga mobil. Agar tidak membayar premi lebih mahal, pastikan juga Anda memahami cara menghitung premi asuransi all risk maupun TLO agar bisa membandingkan produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.
  • Jangan pernah merekayasa identitas diri maupun identitas kendaraan bermobil yang berakibat pada penolakan asuransi.
  • Pilihlah bengkel resmi yang menjadi rekanan asuransi mobil Anda. Jangan sampai menjadi korban penipuan dari beberapa oknum bengkel nakal yang hanya bertujuan untuk memperoleh manfaat lebih besar klaim asuransi.
  • Perkirakan biaya perbaikan di bengkel lain sebagai perbandingan harga yang wajar.
  • Berkendaraan dengan mentaati aturan seperti membawa surat-surat lengkap seperti SIM dan STNK serta mengenakan helm. Jika mengalami kejadian yang tidak diinginkan dan terbukti tidak menggunakan alat standar keamanan dan atau tidak melengkapi dengan dokumen yang lengkap, asuransi mobil berpotensi tidak bisa diklaim.
  • Jangan gunakan mobil untuk membawa barang melebihi kapasitasnya.
  • Mobil yang dimodifikasi pada masa asuransi berjalan akan berpotensi kehilangan perlindungan.
  • Pengendara mabuk sehingga berkendara dalam keadaan dipengaruhi alkohol berlebihan sehingga klaim asuransi bisa ditolak.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui. Penipuan asuransi mobil bisa terjadi lebih banyak karena produk asuransi mobil lebih mudah dijual dibandingkan dengan produk asuransi lainnya.

Brand Asuransi Kesehatan
Artikel Terkait Lainnya

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal