Asuransi Mobil

Dapatkan Asuransi
Sesuai Kebutuhan dan
Anggaran Anda!

Perusahaan Asuransi Mobil

Berikut perusahaan asuransi terpercaya yang menyediakan asuransi mobil yang menanggung biaya perawatan mobil, pertanggungan terhadap risiko kerusakan, dan kehilangan kendaraan mobil Anda.

Ulasan Tentang Asuransi Mobil

Pahami asuransi mobil lebih mendalam mulai dari fungsi dan manfaatnya, jenis, pertanggungan yang diberikan, metode penggantian biaya, cara klaim, hukum serta kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda bisa memutuskan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi mobil adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan sebagian atau kerusakan seluruhnya atau kehilangan pada mobil atau kendaraan roda empat.

Risiko kerusakan atau kehilangan bisa diakibatkan oleh berbagai sebab seperti kelalaian diri sendiri, kelalaian orang lain, atau kejadian yang tidak diinginkan seperti huru-hara, kerusuhan hingga bencana alam.

Asuransi mobil juga memberikan beberapa jaminan perluasan perlindungan seperti asuransi kecelakaan yang memberikan manfaat santunan bagi pengemudi dan pengendara jika meninggal dunia, cacat total tetap, hingga perawatan di rumah sakit akibat kecelakaan dan penggantian ganti rugi kepada pihak ketiga jika terjadi tuntutan hukum.

Saat ini, asuransi mobil sudah tersedia dalam bentuk polis asuransi konvensional maupun asuransi syariah. Perbedaannya terletak pada prinsip yang digunakan dalam akad atau perjanjian di awal sehingga lebih menentramkan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Untuk memahami fungsi dan manfaat Asuransi mobil harus dilihat dari fungsi dan manfaatnya sebagai berikut ini.

1. Fungsi Asuransi mobil 

  • Asuransi mobil memberikan proteksi jika mobil mengalami kerusakan sebagian atau kerusakan total akibat kecelakaan.
  • Asuransi mobil memberikan proteksi jika mobil hilang karena kejahatan maupun karena pencurian.
  • Asuransi mobil memberikan perlindungan terhadap tuntutan hukum pihak ketiga sehingga bisa meminimalisasi kerugian finansial yang ditimbulkan.
  • Asuransi mobil memberikan proteksi bagi pengendara maupun penumpang sehingga bukan hanya kendaraannya saja yang diberikan proteksi.

2. Manfaat Asuransi mobil

  • Asuransi mobil akan mengganti biaya kerusakan yang terjadi sesuai dengan batasan perlindungan yang tertera dalam polis asuransi.
  • Asuransi mobil akan mengganti kehilangan/kerusakan maksimal lebih dari 75% dari total kerugian atau kehilangan sesuai dengan perlindungan yang tertera dalam polis asuransi. 
  • Asuransi mobil akan memberikan penggantian biaya pengobatan atau perawatan karena kecelakaan mobil sehingga Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya pengobatan.
  • Asuransi mobil memberikan santunan cacat total tetap maupun santunan kematian akibat kecelakaan.
  • Asuransi mobil juga akan memberikan ganti jika mobil rusak atau hilang akibat huru-hara/kerusuhan atau bencana alam sesuai dengan jaminan perluasan dalam polis asuransi yang dipilih. 

Produk Asuransi mobil pun bermacam-macam disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Adapun beberapa jenis yang ditawarkan oleh perusahaan Asuransi mobil pada dasarnya hanya ada dua jenis, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO.

  • Asuransi Comprehensive (All Risk) adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan atau ganti rugi untuk segala risiko yang terjadi pada mobil Anda seperti lecet, tabrakan, per kejadian sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam polis asuransi. 
  • Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan atau penggantian biaya jika mobil Anda hilang atau rusak lebih dari 75% saja. Jadi, perusahaan asuransi tidak akan memberikan penggantian jika mobil lecet atau rusak kurang dari 75%. Penggantian kehilangan mobil bisa disebabkan akibat pencurian, aksi kejahatan seperti perampokan/perampasan di jalan, kebakaran atau sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam polis asuransi.

Pertanggungan asuransi mobil sama dengan asuransi kendaraan lain. Berikut pertanggungan atau bantuan yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi bagi kendaraan mobil Anda.

1. Pertanggungan asuransi mobil all risk (comprehensive)

Pertanggungan asuransi all risk diberikan dalam bentuk perbaikan di bengkel rekanan atau bengkel yang disetujui oleh penanggung, bukan dalam bentuk santunan tunai seperti yang diberikan dalam asuransi TLO tetapi berupa penggantian biaya perbaikan per kejadian. 

Selain manggung perbaikan kerusakaan sebagian kurang dari 75 persen, asuransi juga akan mengganti seluruh kerusakan lebih dari 75 persen maupun kehilangan. Karena pada dasarnya asuransi comprehensive akan menanggung semua risiko kerugian yang mungkin terjadi pada mobil Anda. Itulah sebabnya jenis premi asuransi mobil all risk lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO.

2. Pertanggungan asuransi total loss only (TLO)

Pertanggungan asuransi TLO akan diberikan dalam bentuk tunai. Akan tetapi, jika kerusakan kurang dari 75 persen sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi, tidak akan mendapatkan penggantian. 

Ukuran kerusakan ditentukan oleh analis dari perusahaan asuransi, bukan dari asumsi tertanggung atau pemegang polis. Premi asuransi TLO relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan asuransi all risk sehingga lebih cocok baik untuk mobil baru maupun mobil bekas. Hanya saja perusahaan asuransi akan membatasi usia mobil bekas rata-rata antara 10 tahun hingga maksimal sudah berusia 15 tahun.

Adapun metode penggantian klaim asuransi mobil yang diterima oleh perusahaan asuransi, antara lain:

1. Metode lump sum

Metode pembayaran ini memberikan uang pertanggungan kepada peserta asuransi secara sekaligus. Contohnya, jika uang pertanggungannya sebesar Rp100 juta, maka seluruhnya akan diberikan kepada penerima manfaat setelah dikurangi biaya risiko sendiri.

Metode penggantian biaya asuransi mobil ini biasanya untuk jenis asuransi TLO yang akan diberikan penggantian secara tunai sesuai dengan ketentuan polis asuransi. Selain itu, bisa juga untuk penggantian santunan dana kematian atau santunan cacat total tetap dengan menggunakan metode penggantian lump sum atau pembayaran sekaligus.

2. Metode cashless

Metode pembayaran ini dilakukan ketika ada penggantian atau perbaikan untuk bagian mobil tertentu saja. Metode penggantian ini biasanya untuk jenis asuransi all risk/comprehensive sehingga tertanggung hanya perlu membayar biaya risiko sendiri atau own risk per kejadian.

3. Metode reimbursement

Metode pembayaran ini dilakukan jika ada penggantian yang harus dibayarkan terlebih dahulu oleh peserta atau tertanggung kemudian dengan bukti pembayaran yang ada, dapat diganti oleh perusahaan asuransi.

Contohnya, dalam kondisi pengemudi atau penumpang mengalami kecelakaan sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Biaya perawatan di rumah sakit umumnya dibayarkan terlebih dahulu oleh peserta, kemudian akan diganti oleh perusahaan asuransi dengan menyertakan bukti-bukti pembayaran, diagnosa, rekam medik dan dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi. Perusahaan asuransi akan memberikan batas maksimal biaya yang akan diganti sesuai dengan uang pertanggungan yang sudah disepakati dalam polis asuransi. 

Ada dua cara klaim Asuransi mobil sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih.

1. Asuransi mobil yang mengakibatkan pengemudi/penumpang meninggal dunia

Cara klaimnya hampir sama dengan klaim asuransi jiwa harus melampirkan berbagai berkas dokumen persyaratan, polis asuransi, KTP tertanggung, dan hal-hal yang berkaitan dengan penerima manfaat dalam hal ini adalah ahli waris.

Berkas yang dibutuhkan untuk klaim asuransi jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan.

  • Polis asuransi asli.
  • Fotokopi KTP ahli waris yang sah.
  • Salinan SIM yang masih berlaku.
  • Salinan STNK mobil yang masih berlaku.
  • Surat keterangan kematian dari dokter/rumah sakit yang menjelaskan penyebab kematian tertanggung.
  • Surat keterangan kematian dari pemerintah setempat bisa diurus di catatan sipil secara gratis dengan membawa KTP tertanggung.
  • Surat keterangan kepolisian (BAP) dari POLDA yang menjelaskan tentang kematian disebabkan karena kecelakaan lalu lintas. 
  • Serta dokumen pendukung lain yang diminta oleh perusahaan asuransi, masing-masing perusahaan asuransi bisa berbeda.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk klaim asuransi dengan jaminan asuransi kecelakaan:

  • Siapkan berkas-berkas persyaratan termasuk identitas asli.
  • Menyertakan form klaim sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Form klaim biasanya dapat diunduh dari masing-masing situs web penyedia asuransi mobil.
  • Menyerahkan semua dokumen dan formulir klaim kepada perusahaan asuransi baik secara online maupun pengiriman berkas dokumen dalam bentuk hardcopy ke alamat yang ditentukan oleh perusahaan asuransi.
  • Perusahaan asuransi akan memeriksa dan memverifikasi berkas. Jika masih ada dokumen yang belum lengkap, perusahaan akan menghubungi ahli waris tertanggung/orang yang mengurus klaim untuk segera melengkapi dokumen yang dibutuhkan.
  • Menunggu survey dan analisa klaim dari perusahaan asuransi.
  • Jika klaim disetujui, perusahaan asuransi akan mengirimkan santunan tunai ke rekening bank yang sudah didaftarkan dalam waktu antara 14 hari sampai dengan 30 hari kerja tergantung kebijakan masing-masing perusahaan asuransi. 

2. Asuransi all risk/TLO

Cara klaim asuransi comprehensive/TLO pada dasarnya ada tiga tahap yang harus dilakukan yaitu melaporkan kejadian, melakukan tindakan yang perlu dilakukan, mengajukan klaim dengan menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. 

  • Laporkan kejadian tidak lebih dari 5-7 hari sejak kejadian (setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang mungkin berbeda-beda).
  • Melakukan tindakan untuk mencegah kerusakan obyek asuransi lebih besar lagi.
  • Foto kerusakan atau kejadian yang tak terduga sebagai bukti.
  • Melibatkan satuan keamanan atau pemadam kebakaran dalam menanggulangi kejadian.
  • Memindahkan obyek yang diasuransikan jika masih bisa dilakukan sebagai upaya penyelamatan.
  • Proses klaim akan diverifikasi oleh investigator/surveyor dari perusahaan asuransi.
  • Perusahaan asuransi akan melakukan survei ke lokasi kejadian jika dibutuhkan.
  • Menyerahkan semua dokumen klaim yang dibutuhkan maksimal 15 hari setelah kejadian (setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang mungkin berbeda-beda) .
  • Jika sudah lengkap, adjuster dari perusahaan asuransi akan melakukan perhitungan klaim.
  • Setelah semua lengkap akan dilakukan pembayaran/perbaikan oleh perusahaan asuransi terhadap kerugian yang ditanggung sesuai dengan kontrak atau polis yang disepakati setelah tertanggung membayar terlebih dahulu biaya risiko sendiri per kejadian. 
  • Beberapa perusahaan asuransi mobil umumnya memiliki layanan yang berbeda. Perbaikan bisa dilakukan di bengkel rekanan atau kendaraan akan dijemput oleh perusahaan asuransi kemudian dilakukan perbaikan di bengkel sendiri.
  • Untuk pencairan dana klaim asuransi TLO biasanya akan cair setelah 14 hari kerja setelah proses lengkap. Biaya penggantian kerugian akan dibayarkan sesuai dengan jumlah uang pertanggungan setelah dikurangi dengan biaya risiko sendiri.

Perhitungan premi asuransi mobil ditentukan oleh harga mobil, wilayah dan biaya administrasi. Selain itu, perhitungannya pun berbeda antara wilayah satu dengan wilayah lainnya. 

Wilayah dibagi lagi ke dalam tiga bagian yaitu Wilayah I (Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya), Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten), Wilayah III (Wilayah lainnya yang tidak disebutkan pada wilayah I dan II)

1. Perhitungan premi asuransi All risk

Wilayah I

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 3,82% 4,20%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 2,67% 2,94%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 2,18% 2,40%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 1,20% 1,32%
Kategori 5 >Rp800.000.000 1,05% 1,16%

Wilayah II

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 3,26% 3,59%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 2,47% 2,72%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 2,08% 2,29%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 1,20% 1,32%
Kategori 5 >Rp800.000.000 1,05% 1,16%

Wilayah III

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 2,53% 2,78%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 2,69% 2,96%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 1,79% 1,97%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 1,14% 1,25%
Kategori 5 >Rp800.000.000 1,05% 1,16%

Berdasarkan tabel tersebut dapat diprediksi besar premi yang harus dibayarkan untuk mobil dengan harga Rp150 juta di Banten. Berikut simulasi asuransi mobil:

2,47 % x Rp150.000.000 = Rp3.705.000

Dengan demikian, premi yang harus dibayarkan untuk perlindungan comprehensive sebesar Rp3.705.000 per tahun.

2. Perhitungan premi asuransi total loss only (TLO)

Wilayah I

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 0,47% 0,56%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 0,63% 0,69%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 0,41% 0,46%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 0,25% 0,30%
Kategori 5 >Rp800.000.000 0,20% 0,24%

Wilayah II

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 0,65% 0,78%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 0,44% 0,53%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 0,38% 0,42%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 0,25% 0,30%
Kategori 5 >Rp800.000.000 0,20% 0,24%

Wilayah III

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 0,51% 0,56%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 0,44% 0,48%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 0,29% 0,35%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 0,23% 0,27%
Kategori 5 >Rp800.000.000 0,20% 0,24%

Setelah melihat tabel dari asuransi TLO, berikut simulasi premi asuransi mobil yang harus dibayarkan untuk mobil dengan harga pasar Rp150 juta di Banten.

0,44% x Rp150.000.000 = Rp660.000

Dengan demikian, biaya asuransi mobil Anda untuk perlindungan TLO sebesar Rp660 ribu per tahun.

Penentuan persentase premi asuransi mobil ini sudah disesuaikan berdasarkan surat edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang ‘Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor’ pada tahun 2017.

Pembayaran kontribusi atau premi Asuransi mobil sesuai dengan metode pembayaran yang disediakan. Adapun pembayaran yang disediakan oleh Lifepal saat Anda membeli Asuransi mobil melalui situs Lifepal secara langsung yaitu:

  • Transfer melalui bank
  • Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit
  • Pembayaran dengan menggunakan dompet digital

Pada umumnya setiap perusahaan sudah memiliki metode pembayaran masing-masing. Untuk bancassurance bisa langsung dilakukan auto-debet dari rekening nasabah yang juga merupakan peserta asuransi sehingga alokasi premi bisa dipotong secara otomatis pada tanggal yang sudah ditentukan atau disetujui oleh peserta asuransi. 

Jika masih bingung atau mengalami kesulitan dalam pembayaran asuransi, Anda bisa menghubungi tim Lifepal. Kami akan membantu pembayaran premi Asuransi mobil Anda hingga mendapatkan bukti pembayarannya secara jelas.

Pada dasarnya setiap produk asuransi memiliki dasar hukumnya termasuk asuransi mobil. Dasar hukum asuransi dilindungi oleh Undang-undang, antara lain:

  • Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 1320 dan Pasal 1774 tentang pertanggungan dan perjanjian dua belah pihak serta persetujuan tentang perkara suatu kejadian yang belum pasti.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian.
  • Surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017 yang mengatur tentang penetapan tarif premi atau kontribusi pada lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermobil tahun 2017.

Asuransi mobil memang memiliki market yang sangat luas seiring dengan pertumbuhan kendaraan di Indonesia. Berikut ini adalah ulasan kelebihan dan kekurangan asuransi mobil.

Kelebihan Asuransi mobil

  • Premi asuransi mobil dapat digabungkan dengan cicilan kendaraan terutama jika membeli mobil baru sehingga sudah menjadi paket atau satu kesatuan dengan biaya cicilan pembelian.
  • Produk asuransi mobil dapat dibeli secara online baik melalui perusahaan asuransi maupun broker asuransi tepercaya seperti Lifepal tanpa harus melalui agen asuransi.
  • Manfaat yang diberikan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dengan beragam pilihan perluasan jaminan.
  • Pembayaran premi dapat dibayarkan sekaligus atau dibayarkan dengan cara dicicil sesuai dengan kemampuan atau kesepakatan antara tertanggung dengan perusahaan asuransi.
  • Asuransi mobil memberikan perlindungan bukan hanya kendaraannya saja tetapi juga perlindungan terhadap pengendara dan penumpang.
  • Harga premi yang berimbang dan sudah ditentukan berdasarkan nilai pertanggungan.
  • Asuransi mobil memberikan pilihan jaminan perluasan yang memberikan proteksi terhadap risiko kerusuhan/huru-hara, kebakaran, hingga akibat bencana alam seperti gempa bumi, banjir, gunung berapi, tsunami ataupun kebakaran yang diakibatkan oleh bencana alam tersebut. 

Kekurangan Asuransi mobil

  • Asuransi mobil tidak menyediakan metode pembayaran secara cashless jika pengendara mengalami kecelakaan dan harus dilakukan perawatan di rumah sakit. Pengendara harus terlebih dahulu membayar pengobatan dan perawatan sebelum mengajukan klaim dengan metode reimbursement. 
  • Premi asuransi mobil akan hangus jika tidak digunakan, tidak memiliki manfaat tunai maupun investasi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Harus membayar biaya risiko sendiri atau own risk sehingga mau tak mau nasabah atau peserta juga harus siap-siap mengeluarkan dana sebelum mendapatkan penggantian atau perbaikan dari perusahaan asuransi. 
  • Untuk jenis asuransi TLO harus benar-benar memenuhi syarat kerusakan 75% lebih atau mobil tidak bisa digunakan kembali jika ingin mendapatkan penggantian. Jika kerusakan di bawah persentase itu atau mobil masih bisa digunakan, perusahaan asuransi tidak akan memberikan penggantian.
  • Usia maksimal mobil dibatasi sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan asuransi. Rata-rata antara 10 sampai dengan maksimal 15 tahun.
  • Tidak semua asuransi mobil memberikan perlindungan bagi semua jenis mobil. Selain itu, asuransi mobil juga akan berbeda premi dan ketentuannya jika mobil yang diasuransikan, digunakan untuk kepentingan bisnis seperti taksi online, rental mobil, dan sebagainya.

Ada beberapa istilah dalam asuransi mobil. Tentu istilah ini tidak terlepas dari bahasa asing sehingga perlu dijelaskan maknanya agar bisa dipahami oleh semua peserta atau penerima manfaat yang terdaftar atau berniat untuk membeli asuransi mobil.

  • Comprehensive/All Risk adalah istilah jenis asuransi mobil yang memberikan proteksi untuk semua risiko kerugian yang mungkin terjadi.
  • Deductible/Own Risk adalah biaya yang harus dibayarkan oleh tertanggung atau peserta asuransi mobil dari setiap kejadian yang dialami. Besarannya adalah Rp300 ribu per kejadian.
  • Endorsement  adalah perjanjian asuransi yang dikeluarkan oleh peserta asuransi atas persetujuan perusahaan asuransi untuk mengubah polis asuransi.
  • Harga pertanggungan adalah nilai kendaraan sepeda mobil saat didaftarkan menjadi obyek asuransi. Harga di dalam polis asuransi menjadi acuan untuk harga maksimal yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Umumnya harga pertanggungan disesuaikan dengan harga pasar sepeda mobil pada periode tersebut.
  • Harga pasar adalah nilai jual pasar sepeda mobil yang menjadi objek jaminan 
  • Premi adalah nilai uang yang harus dibayarkan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi sebagai imbalan layanan yang diberikan. Premi dapat dibayarkan sesuai dengan cara dan periode yang disepakati oleh kedua belah pihak. 
  • Polis asuransi adalah kontrak tertulis antara perusahaan asuransi dengan peserta asuransi yang berisi pengalihan risiko dan syarat-syarat yang harus dipatuhi kedua belah pihak. Polis umumnya mencantumkan informasi jumlah pertanggungan, jenis risiko yang ditanggung, pengecualian, jangka waktu perjanjian dan lain sebagainya.
  • Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) adalah surat tertulis yang harus diajukan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi untuk menanggung risiko yang terjadi sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi. 
  • Total Loss Only adalah istilah jenis asuransi mobil yang memberikan proteksi atau jaminan pertanggungan jika terjadi kehilangan total atau kerusakan lebih dari 75%.

Memilih dan Membeli Asuransi Mobil

Agar tak salah pilih, perhatikan beberapa poin berikut sebelum memilih dan membeli asuransi mobil untuk kendaraan Anda. 

Memilih asuransi  mobil dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sangat mudah. Berikut adalah beberapa poin yang perlu dipertimbangkan dalam memilih asuransi mobil.

  • Identifikasi apa yang sebenarnya perlu Anda prioritaskan antara jenis asuransi yang disediakan antara asuransi TLO atau Comprehensive.
  • Jika mobil Anda adalah mobil baru, sebaiknya membeli asuransi Comprehensive yang memberikan perlindungan menyeluruh meskipun premi yang dibayarkan lebih tinggi.
  • Jika mobil Anda adalah mobil bekas atau mobil seken, opsi terbaik yang dipilih adalah asuransi TLO yang memberikan penggantian jika mobil rusak lebih dari 75% atau hilang baik karena pencurian atau perampasan/perampokan di jalan.
  • Pahami skema perhitungan premi asuransi mobil sehingga Anda bisa memilih perusahaan asuransi yang menawarkan persentase permi lebih rendah dengan pertanggungan yang tidak berbeda jauh dengan yang ditawarkan perusahaan asuransi lainnya.
  • Pilih perusahan asuransi yang sudah memberikan kemudahan baik dalam proses pembelian, hingga klaim secara online dengan berbagai kanal yang disediakan.
  • Pilih perusahaan asuransi yang sudah terdaftar di OJK secara resmi.
  • Pilih perusahaan asuransi yang memiliki rekanan bengkel yang luas sehingga memudahkan jika terjadi klaim untuk perbaikan kendaraan.

Memilih Asuransi mobil terbaik harus didasari dengan pemahaman tentang perjanjian serta jenis asuransi yang dipilih. 

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang bisa membantu Anda dalam memilih Asuransi mobil terbaik 2019.

  • Asuransi mobil terbaik adalah asuransi yang menawarkan jaminan yang beragam dan manfaat yang luas seperti kecelakaan, penggantian risiko dari huru-hara/kerusuhan dan akibat bencana alam.
  • Asuransi mobil terbaik adalah asuransi yang menawarkan harga premi dengan batas rendah berdasarkan tabel premi TLO dan All Risk.
  • Asuransi mobil terbaik adalah yang memberikan perlindungan dasar sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih.
  • Asuransi mobil terbaik adalah yang memberikan nilai own risk atau harga deductible rendah sehingga proporsinya bisa lebih meringankan bagi peserta asuransi.
  • Asuransi mobil terbaik adalah yang memberikan manfaat dasar sekaligus manfaat perluasan tanpa ada penambahan harga premi.

Ada tiga hal pokok yang menjadi ukuran Asuransi mobil yang baik, yaitu:

  • Menawarkan harga premi sesuai dengan tabel batas atas dan batas bawah yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Memberikan jaminan perlindungan dasar dengan jangkauan yang lebih luas di seluruh Indonesia.
  • Menawarkan premi sepadan dengan layanan dan pertanggungan yang diberikan.

Masyarakat yang baru mengenal asuransi tentu akan mencari Asuransi mobil dengan premi murah agar tidak mengganggu pengeluaran bulanan.

Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang bagaimana cara mendapatkan Asuransi mobil yang murah dan terjangkau.

  • Pilih jenis asuransi mobil TLO agar premi yang dibayarkan lebih rendah dibandingkan dengan asuransi mobil all risk atau comprehensive.
  • Pilih asuransi mobil yang memberikan perlindungan dasar tanpa embel-embel jaminan perluasan atau asuransi tambahan (rider).
  • Pilih asuransi yang memberikan value lebih seperti proteksi terhadap pengemudi dan penumpang.

Membeli asuransi mobil secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga dapat lebih leluasa memilih asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan cukup secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan pembelian secara online adalah sebagai berikut ini:

  • Menyiapkan info dan identitas kendaraan. 
  • Menyiapkan identitas diri dan dokumen dalam bentuk softcopy atau foto.
  • Melakukan pendaftaran.
  • Melakukan pembayaran melalui kanal yang disediakan baik secara online maupun offline.

Menerima polis asuransi secara online maupun offline. Polis asuransi digital dapat dikirimkan langsung melalui email atau surat elektronik. 

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi kendaraan. Berbagai pilihan asuransi kendaraan baik itu asuransi mobil dan asuransi motor terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi mobil dengan tawaran paling menarik.

Salah satu rahasia mengapa asuransi mobil secara online menjadi lebih untung karena harganya bisa lebih murah daripada membeli asuransi secara offline maupun dari agen.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi (dalam hal ini asuransi mobil). Agen asuransi mobil adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi kesehatan. 

Sementara itu, broker asuransi mobil merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi kesehatan. Dengan demikian, calon peserta asuransi dapat membandingkan produk asuransi kesehatan terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok. 

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon peserta asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi kesehatan.

Lifepal merupakan broker asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk asuransi kesehatan terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Penipuan asuransi mobil tetap harus diwaspadai. Hal ini bisa dilakukan dengan memahami produk asuransi mobil, cara kerja, cara klaim serta pertanggungan yang dilindungi oleh asuransi mobil.

Anda juga tetap harus bisa membedakan mana yang benar-benar murni merupakan modus penipuan asuransi mobil atau pemahaman Anda yang kurang tepat tentang pengecualian dalam asuransi mobil. Pelajari polis asuransi mobil agar Anda memahami apa saja yang menjadi pengecualian dari polis asuransi mobil yang Anda miliki.

Berikut ini adalah beberapa poin penting agar terhindari dari modus yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan asuransi mobil.

  • Pahami secara jelas apa bedanya antara asuransi all risk dan TLO agar bisa memahami manfaat perlindungan yang didapatkan.
  • Harga premi mobil sudah diatur dengan ketentuan batas atas dan batas bawah yang disesuaikan dengan harga pertanggungan atau harga mobil. Agar tidak membayar premi lebih mahal, pastikan juga Anda memahami cara menghitung premi asuransi all risk maupun TLO agar bisa membandingkan produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.
  • Jangan pernah merekayasa identitas diri maupun identitas kendaraan bermobil yang berakibat pada penolakan asuransi.
  • Pilihlah bengkel resmi yang menjadi rekanan asuransi mobil Anda. Jangan sampai menjadi korban penipuan dari beberapa oknum bengkel nakal yang hanya bertujuan untuk memperoleh manfaat lebih besar klaim asuransi.
  • Perkirakan biaya perbaikan di bengkel lain sebagai perbandingan harga yang wajar.
  • Berkendaraan dengan mentaati aturan seperti membawa surat-surat lengkap seperti SIM dan STNK serta mengenakan helm. Jika mengalami kejadian yang tidak diinginkan dan terbukti tidak menggunakan alat standar keamanan dan atau tidak melengkapi dengan dokumen yang lengkap, asuransi mobil berpotensi tidak bisa diklaim.
  • Jangan gunakan mobil untuk membawa barang melebihi kapasitasnya.
  • Mobil yang dimodifikasi pada masa asuransi berjalan akan berpotensi kehilangan perlindungan.
  • Pengendara mabuk sehingga berkendara dalam keadaan dipengaruhi alkohol berlebihan sehingga klaim asuransi bisa ditolak. 

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui. Penipuan asuransi mobil bisa terjadi lebih banyak karena produk asuransi mobil lebih mudah dijual dibandingkan dengan produk asuransi lainnya.