• ACA_43_1_D
Cashback 10%
Diskon 25%*

Asuransi Mobil Terbaik 2021, Bandingkan Polis!

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia 2021

Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, dan hilang. Selain itu, terdapat manfaat tambahan berupa penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Dengan proteksi ini, perusahaan asuransi akan meng-cover kendaraan apabila mengalami kerusakan atau hilang dalam jangka waktu setahun. Oleh karena itu, pilih asuransi mobil terbaik dan murah agar mendapatkan benefit sesuai kebutuhan dengan premi terjangkau.

Berikut ini adalah daftar rekomendasi asuransi mobil terbaik dan murah 2021. Yuk, beli asuransi mobil online di Lifepal dan dapatkan diskon hingga 25 persen!

*syarat dan ketentuan berlaku

  • Tugu Insurance
  • Asuransi Sinarmas Mobil
  • Asuransi ACA
  • Adira Autocillin
  • Asuransi AXA Mandiri
  • Asuransi Simas Insurtech
  • Asuransi Tokio Marine
  • Asuransi ABDA
  • Asuransi Allianz
  • Asuransi Sompo

Keuntungan Beli Asuransi Mobil di Lifepal

Selain menawarkan biaya premi asuransi mobil termurah, ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa didapat dengan memanfaatkan marketplace asuransi Lifepal. Mengapa harus membeli asuransi mobil secara online? Berikut ini adalah keuntungan beli asuransi mobil online di Lifepal:

1. Bengkel Rekanan dan Kantor Cabang Tersebar di Seluruh Indonesia

Lifepal telah bekerja sama dengan sejumlah rekanan perusahaan asuransi di Indonesia. Untuk memastikan nasabah mendapatkan layanan terbaik, Lifepal telah bekerja sama dengan 4000+ bengkel mobil dan 250+ kantor cabang rekanan yang tersebar luar hampir di seluruh wilayah Indonesia . Dengan begitu, nasabah dapat dengan mudah mendapatkan layanan klaim di bengkel rekanan gabungan maupun kantor cabang. Misalnya, Asuransi Mobil di Surabaya, Asuransi Mobil di Bali, Asuransi Mobil di Medan, Asuransi Mobil Bandung, dan berbagai kota lainnya sesuai dengan perusahaan asuransi yang dimiliki. 

2. Layanan Pengajuan Klaim Online

Sekarang tidak perlu lagi mengunjungi kantor pusat atau cabang perusahaan asuransi. Misalnya saja Anda nasabah Asuransi Mobil Reliance yang berada di Jawa Timur tidak harus mengunjungi Asuransi Mobil Reliance Malang atau Asuransi Mobil Surabaya, untuk wilayah Yogyakarta harus datang ke Asuransi Mobil di Yogyakarta, dan berbagai kota lainnya hanya untuk mengajukan klaim.

Dengan layanan nasabah online, Anda dapat mengajukan klaim melalui aplikasi atau menghubungi kantor cabang perusahaan asuransi terkait. Jika terjadi kendala klaim, nasabah dapat menghubungi layanan Lifepal melalui telepon atau WhatsApp.

3. Harga Asuransi Mobil Terbaik dan Terlengkap

Bekerjasama dengan lebih dari 50 perusahaan asuransi ternama di Indonesia, Lifepal menawarkan produk asuransi mobil terbaik dan terlengkap. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perbandingan asuransi mobil murah dan bagus secara detail di situs resmi Lifepal. Misalnya, lakukan perbandingan harga asuransi mobil murah all risk Asuransi Mobil ACA dan Adira AutocillinPan Pacific Asuransi Mobil dan Asuransi Mobil BCA, biaya Asuransi Mobil All Risk BCA dengan Ramayana Asuransi Mobil baik dari segi premi dan manfaat polis. Mudah dan sangat membantu, bukan?

Cara Daftar Asuransi Mobil di Lifepal

Tertarik untuk beli asuransi mobil online di Lifepal? Caranya sangat mudah, tinggal isi formulir data diridi atas, kemudian bandingkan sejumlah polis asuransi yang tersedia di Lifepal. Pastikan manfaat polis dan premi sesuai dengan kebutuhan serta anggaran Anda. Kemudian isi proses aplikasi dan tim Lifepal akan segera melakukan konfirmasi serta menjelaskan secara detail informasi terkait polis asuransi yang Anda minati.

Misalnya saja Anda berniat memilih Autocillin Asuransi Mobil, atau Allianz Asuransi Mobil, nantinya tim kami akan bantu menjelaskan. Jadi, tidak perlu khawatir salah memilih polis karena calon nasabah dapat melakukan konsultasi lebih dulu dengan tim ahli asuransi Lifepal melalui telepon!

Pahami Jenis Asuransi Mobil di Indonesia


Jenis asuransi mobil terdiri atas asuransi all risk (comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). Asuransi all risk menanggung semua risiko, sementara asuransi TLO hanya meng-cover kerusakan parah saja. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi pertanggungan maupun besaran premi.
Karena itu, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis mobil. Misalnya saja, memilih Asuransi Mobil KIA, Asuransi Mobil Nissan, Asuransi Mobil ACC, Asuransi Mobil BCA Insurance, dan lain sejenisnya.
Bicara soal premi, biaya premi asuransi mobil disesuaikan dengan jenis yang dipilih. Secara garis besar kisarannya mulai dari Rp600 ribuan per tahun atau sekitar Rp50 ribuan per bulan!
Agar tak salah pilih, Anda perlu tahu dulu jenis-jenis asuransi mobil yang harus dipilih. Sebab, premi bergantung pada jenis asuransi dan kondisi mobil yang dimiliki.

Asuransi Mobil All Risk atau TLO, Apa Bedanya?

Sederhananya, asuransi mobil all risk menanggung segala jenis kerusakan, baik kerusakan kecil maupun total. Sementara, asuransi mobil TLO hanya menanggung kerusakan total saja atau biaya perbaikan mobil di atas 75 persen dari harga mobil tersebut saat itu.

Biar nggak bingun g

Agar lebih mudah, mari simak perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO pada tabel berikut:

JenisAll RiskTLO
Usia mobilMaks. 12 TahunMaks. 15 tahun – 20 tahun
Cocok untukMobil baru & sering berkendara di kota yang padatMobil tua atau mobil bekas
Biaya premiLebih mahal. Mulai dari 3,26 persen dari harga mobilLebih murah. Mulai dari 0,44 persen dari harga mobil
ManfaatSemua kerusakan, bahkan lecet, dan hilangMin. kerusakan 75 persen atau hilang

Asuransi untuk Mobil Tua, Bisakah?

Bagi Anda pemilik mobil berusia tua, klasik, ataupun pengoleksi mobil antik pasti juga ingin memberikan proteksi yang lebih agar mobil tersebut tetap memiliki performa yang optimal dan awet. Lalu apakah kita bisa mengajukan asuransi untuk mobil tua?

Tentu saja bisa, namun pastinya asuransi mobil tua maupun mobil bekas memiliki ketentuan yang berbeda daripada yang baru. Contoh, untuk dapat menggunakan asuransi all risk mobil bekas maka usia mobil maksimal 10 tahun dan beberapa perusahaan asuransi akan mengenakan biaya tambahan untuk mobil tua.

Sedangkan, pertanggungan asuransi TLO merupakan yang paling cocok untuk mobil tua umumnya dengan maksimal usia 10-20 tahun. Apa saja keuntungan asuransi TLO bagi mobil tua atau mobil bekas?

  • Harga premi relatif murah
  • Penggantian ganti rugi pada risiko kehilangan biasanya lebih rendah 10% dari harga jual mobil
  • Penggantian ganti rugi pada risiko kecelakaan dengan penambahan perluasan jaminan TJH, umumnya juga akan memberikan penggantian ganti rugi yang dialami pihak ketiga yang mengalami kerugian.
  • Jika terjadi kecelakaan dengan kerusakan di atas 75 persen atau rusak parah hingga tidak dapat diperbaiki, maka perusahaan asuransi akan memberikan penggantian ganti rugi secara penuh

Harga Premi Asuransi Mobil

Berbeda dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, harga premi asuransi mobil dibayarkan per tahun. Biaya asuransi mobil per tahun berkisar mulai dari Rp385 ribuan per tahun untuk polis TLO dan Rp2,1 jutaan untuk polis all risk.

Perlu dipahami juga bahwa besaran premi atau harga asuransi mobil sudah diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OJK membuat Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Cara menghitung atau cek premi Asuransi Mobil ACA, Adira, dan lainnya secara sederhana adalah sebagai berikut:

Persentase premi (sesuai dengan jenis asuransi mobil, wilayah, dan kategori harga mobil) x harga mobil = biaya premi

Supaya lebih mudah, Anda bisa menggunakan simulasi asuransi mobil Lifepal untuk melihat besaran premi:

Wilayah dan Harga Mobil Menentukan Premi

Mengacu pada rate asuransi mobil OJK, premi yang ditetapkan bergantung pada wilayah mana dan harga mobil nasabah. Berikut ini persentase premi atau rate asuransi mobil OJK:

Prosedur Klaim Asuransi Mobil

Cara klaim asuransi mobil harus memperhatikan prosedur dan dokumen. Adapun yang harus diperhatikan pertama kali saat terjadi kecelakaan atau hilang, segera foto kejadian sebagai bukti klaim dan segera buat laporan klaim maksimal 5×24 jam.

Nah, selain mengajukan klaim langsung ke perusahaan asuransi, misalnya ke Allianz Asuransi Mobil, Autocillin Asuransi Mobil, maupun Asuransi Mobil BCA Insurance cara lainnya dapat memanfaatkan layanan bantuan klaim dari broker asuransi seperti Lifepal. Dijamin lebih praktis dan mudah!

Simak, proses klaim Asuransi Mobil Wahana Tata, Asuransi Mobil MNC, Asuransi BCA Mobil, Asuransi Mobil ACA Jakarta, ataupun asuransi lainya yang tersedia di Indonesia berikut ini:

7 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah

Memilih asuransi mobil murah dan bagus harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jenis asuransinya, produk, dan perbandingan tepat antara premi dan layanan.

Nah, perhatikan beberapa poin berikut ini:

1. Pilih jenis asuransi yang sesuai (all risk / TLO)

Kenali kebutuhan dan medan yang sering dilewati oleh kendaraan mobil, apakah di kawasan kota yang padat atau jalan yang rusak. Biasanya, asuransi all risk cocok untuk pengendara mobil dalam kota karena berisiko tinggi terkena lecet. Sementara, asuransi TLO cocok untuk mobil yang berada di daerah rawan kriminalitas.

2. Cari asuransi mobil pihak ketiga

Asuransi mobil pihak ketiga adalah manfaat polis yang memberikan ganti rugi jika terjadi risiko kecelakaan atau tabrakan yang melibatkan pihak ketiga. Misal, Anda tanpa sengaja menabrak mobil di depan saat lampu merah. Nah, biaya kerusakan mobil yang Anda tabrak akan ditanggung oleh pihak asuransi. Meski begitu, polis ini juga punya beberapa pengecualian, seperti:

  • Nasabah menabrak atau mendorong kendaraan lain ketika melakukan latihan mengemudi
  • Kerugian terjadi akibat kendaraan digunakan untuk balapan, kejahatan, karnaval, kampanye, dan unjuk rasa
  • Kerugian terjadi akibat hal yang disengaja atau direncanakan
  • Kendaraan dikemudikan oleh pengemudi tanpa SIM
  • Kendaraan mengalami kerugian akibat pengemudi dalam pengaruh minuman keras atau obat-obatan
  • Kendaraan mengalami kerugian akibat bencana alam atau kerusuhan

3. Bandingkan polis dari berbagai perusahaan asuransi

Agar bisa mendapatkan polis asuransi dengan premi murah dan manfaat lengkap, calon nasabah disarankan untuk membandingkan polis dari berbagai perusahaan asuransi di Indonesia secara online. Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur perbandingan polis dari Lifepal! Lengkapi daftar isi berikut untuk membandingkan polis terbaiknya. Atau bisa juga manfaat kalkulator berikut ini:

4. Pilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas terpercaya

Kredibilitas bukan cuma brand-nya terkenal saja, tetapi juga terpercaya soal pelayanannya dan sebisa mungkin minim komplain.

5. Pilih asuransi yang punya bengkel rekanan luas

Asuransi biasanya kerja sama dengan bengkel resmi (authorized) dari si brand mobil Anda. Akan tetapi, ada juga yang bekerja sama dengan bengkel non-authorized. Nah, cuma sedikit brand asuransi yang mengizinkan Anda untuk bisa melakukan perbaikan ke bengkel mana saja. Sejauh ini, produk yang punya benefit ini adalah ACA Otomate Solitaire dari ACA.

Biasanya, benefit seperti ini sangat berguna bila mobil Anda rusak di daerah yang kurang Anda kenal.

6. Bandingkan harga premi versus fitur layanannya

Premi asuransi memang sudah diatur oleh OJK. Tapi, fitur dan layanannya antara satu produk dengan lainnya bisa beda-beda meski preminya sama. Ada asuransi yang cuma cover kerusakan mobilnya saja, tetapi ada juga yang menanggung pengemudi dan penumpangnya juga. Bahkan, tanpa additional fee.

Jadi, saat terima polis asuransi, sebaiknya telah terlebih dahulu apa saja perlindungan, fitur, dan benefit ekstra yang diberikan, baru tanda tangan.

7. Lengkapi syarat asuransi mobil

Setelah menentukan polis asuransi yang diinginkan, selanjutnya lengkapi syarat asuransi mobil yang diperlukan. Terdapat beberapa syarat yang perlu dilengkapi ketika ingin mendaftarkan mobil kesayangan Anda dalam asuransi. Berikut ini adalah syarat pendaftaran asuransi mobil:

  • Formulir pendaftaran yang disediakan oleh Lifepal atau perusahaan asuransi
  • Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi dan asli Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Untuk Warga Negara Asing wajib menyertakan KITAS atau KITAP
  • Surat asli NPWP atau SIUP

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan atau dicari mengenai asuransi untuk kendaraan mobil. Baik itu Asuransi Mobil BCA, Ramayana Asuransi Mobil, Asuransi Mobil Semarang, dan berbagai brand lainnya.

Chat Bantuan