Jenis Asuransi Mobil

Jenis asuransi mobil terdiri atas asuransi all risk (comprehensive) dan total loss only (TLO). Asuransi all risk menanggung semua risiko, sementara asuransi TLO hanya meng-cover kerusakan parah saja. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari segi pertanggungan maupun besaran premi.

Karena itu, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis mobil. Misalnya saja, memilih asuransi mobil KIA, asuransi mobil Nissan, dan lain sejenisnya.

Bicara soal premi, harganya pun disesuaikan dengan jenis asuransi mobil yang dipilih. Secara garis besar kisarannya mulai dari Rp600 ribuan per tahun atau sekitar Rp50 ribuan per bulan!

Bandingkan 500+ pilihan polis terbaik mulai Rp50 ribu/bulan!
+62

Agar tak salah pilih, kita perlu tahu dulu jenis-jenis asuransi mobil yang harus dipilih. Sebab, premi bergantung pada jenis asuransi dan kondisi mobil yang dipilih.

Asuransi Mobil TLO

Asuransi TLO memberikan jaminan atau biaya pertanggungan hanya jika mobil hilang akibat pencurian atau terjadi kerusakan dengan nilai perbaikan sama atau lebih dari 75 persen dari harga mobil pada saat itu. Artinya, mobil harus benar-benar tidak bisa dipakai, baru kita bisa mengajukan klaim. Jadi, kalau mobil cuma lecet satu sentimeter, jangan berharap klaim disetujui.

Karena baru bisa mengajukan klaim ketika mobil rusak parah tentunya besaran preminya pun lebih ringan dibanding asuransi all risk. Bahkan besaran preminya bisa tiga kali lipat lebih kecil dari all risk. Untuk premi minimal wilayah Jakarta minimal 0,44 persen dari harga mobil.

Asuransi Mobil All Risk

Jenis asuransi ini akan terima apapun klaim kerusakan mobil dari yang ringan macam lecet 1cm sampai yang rusak parah. Asuransi all risk cocok buat kita yang baru beli mobil baru biar ketika lecet datang kita bisa langsung ajukan klaim.

Karena menanggung segala kerusakan tentunya premi asuransi all risk lebih besar. Misalnya saja, besaran premi all risk wilayah Jakarta adalah 3,26 persen dari harga mobil. Persentase premi tersebut jauh lebih besar ketimbang premi termahal TLO yang berada di angka 0,78 persen saja! 

Asuransi Mobil Gabungan

Sebenernya ada lagi asuransi mobil gabungan. Pada dasarnya asuransi ini menggabungkan antara all risk dan TLO, tetapi hanya bisa diperoleh saat kredit mobil. Cara kerjanya adalah di tahun pertama mobil akan ditanggung secara all risk, kemudian di tahun berikutnya hanya TLO saja.

Jaminan Perluasan dalam Asuransi Mobil

Dari ketiga jenis asuransi mobil di atas, kita masih bisa menambahkan jaminan perluasan. Sebab, ada beberapa penyebab kerusakan yang tidak di-cover oleh asuransi. Jaminan perluasan adalah manfaat/benefit tambahan selain pertanggungan karena kecelakaan atau hilang.

Beberapa contohnya adalah asuransi mobil banjir, kerusakan akibat huru-hara atau demonstrasi, dan kerusakan karena bencana alam. Berikut jaminan perluasan yang juga memerlukan premi tambahan:

  • Jaminan perluasan banjir dan angin topan
  • Jaminan perluasan gempa bumi dan tsunami
  • Jaminan perluasan huru-hara dan kerusuhan
  • Jaminan perluasan terorisme dan sabotase
  • Jaminan perluasan tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)
  • Jaminan perluasan kecelakaan diri penumpang

7. Jaminan perluasan tanggung jawab hukum terhadap penumpang

Pilih Mana, All Risk atau TLO?

Perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO dijabarkan pada tabel berikut:

JenisAll RiskTLO
Usia mobilMaks. 12 TahunMaks. 15 tahun – 20 tahun
Cocok untuk Mobil baru & sering berkendara di kota yg padat.Mobil tua atau mobil bekas.
Biaya premiLebih mahal. Mulai dari 3,26 persen dari harga mobilLebih murah. Mulai dari 0,44 persen dari harga mobil.
ManfaatSemua kerusakan, bahkan lecet, dan hilang.Min. kerusakan 75 persen atau hilang

Bagaimana Perhitungan Preminya?

Untuk perhitungan premi berbagai manfaat pertanggungan yang disebutkan di atas, selengkapnya lihat perhitungan premi asuransi mobil. JIka sudah menentukan apa yang diinginkan, cek pilihan asuransi mobil terbaik di Lifepal.

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan