Asuransi Oto JAGADIRI

3.5 / 5.0 (5.415 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Oto JAGADIRI

Asuransi Oto JAGADIRI adalah produk asuransi sepeda motor dari Asuransi JAGADIRI. Produk asuransi ini dikenal pula dengan nama Jaga Motorku. Asuransi JAGADIRI merupakan brand asuransi umum milik PT Central Asia Financial (CAF) yang berada dalam naungan Salim Group.

Asuransi Oto JAGADIRI memberikan pertanggungan ganda, baik untuk kerusakan sepeda motor maupun pengendara jika terjadi risiko kecelakaan. Meski pertanggungannya ganda, harga preminya masih terbilang sangat murah. 

Ringkasan

  • (+) Premi terjangkau, Rp165 ribu/tahun.
  • (+) Jaminan yang diberikan bagi pengendara dan motor.
  • (+) Tersedia pembelian secara online.
  • (+) Tidak ada pengecekan fisik kendaraan saat pembelian

Sekilas tentang Asuransi Oto JAGADIRI

Perusahaan startup ini berdiri pada tahun 2015 sebagai anak perusahaan dari PT CAF atau Central Asia Financial. PT CAF sendiri merupakan bagian dari Salim Group yang juga memiliki perusahaan asuransi bernama CAR (Central Asia Raya).

Berdirinya Asuransi JAGADIRI didukung oleh tiga pilar khusus yaitu Instant Protection (Perlindungan secara instan), Claim Certainly Process (Penjaminan proses pengajuan klaim), dan Best Transparent Price (Rincian biaya secara transparan). Kelebihan ini tentu menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu perusahaan asuransi berbasis teknologi terbaik di Indonesia.

JAGADIRI hanya memiliki satu produk asuransi kendaraan bermotor dengan premi terjangkau, yaitu mulai dari Rp165 ribu per tahun. Pembayaran premi juga cukup dilakukan sekali saja, sehingga pembayaran preminya dibayarkan satu kali dalam satu tahun sekaligus. 

Selain asuransi motor, tersedia pula asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi gigi, dan asuransi kesehatan JAGADIRI.

 
 

Manfaat Asuransi Oto JAGADIRI 

Asuransi Oto JAGADIRI hanya terdiri atas satu polis saja yaitu Asuransi Jaga Motorku. Meskipun hanya satu, polis asuransi ini telah memberikan perlindungan yang cukup untuk melindungi kendaraan roda dua dan diri nasabah dari risiko kecelakaan. 

Asuransi Jaga Motorku

Polis asuransi motor dari JAGADIRI yang memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan sepeda motor dan pengemudinya.

  • Santunan tunai hingga Rp25 juta apabila meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Santunan cacat tetap akibat kecelakaan hingga Rp25 juta.
  • Penggantian biaya pengobatan akibat kecelakaan Rp1 juta.
  • Santunan Rp5 juta jika sepeda motor hilang atau dicuri.
  • Santunan Rp3,75 juta jika sepeda motor mengalami kerusakan akibat kecelakaan termasuk korban perampokan/begal.
  • Santunan kerusakan sepeda motor akibat kecelakaan termasuk perampokan/begal sebesar Rp1 juta.
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Oto JAGADIRI, baik informasi profil perusahaan, premi, cara klaim dan lain sebagainya.

Asuransi JAGADIRI adalah perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan yang berada di bawah naungan PT Central Asia Financial (CAF). PT CAF sendiri merupakan salah satu perusahaan yang masuk dalam bagian Salim Group. 

Produk asuransi JAGADIRI diperkenalkan oleh PT Central Asia Financial pada tanggal 27 Januari 2015 yang menjadi pelopor asuransi e-commerce di Indonesia. Kini JAGADIRI memiliki produk asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, dan juga lifestyle

Salah satu indikator bahwa perusahaan asuransi itu bisa dipercaya adalah telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). JAGADIRI telah mengantongi izin operasional dan usaha dari OJK sejak tahun 2013 dengan nomor KEP-17-D.02013

Selain itu, asuransi JAGADIRI juga telah memiliki segudang penghargaan salah satunya adalah meraih penghargaan di “Insurance Innovation Award 2019” dari majalah Gatra dan Thinknovatecomm. 

Asuransi Oto JAGADIRI adalah produk asuransi sepeda motor dari Asuransi JAGADIRI. Produk asuransi ini dikenal pula dengan nama Jaga Motorku. Manfaat pertanggungannya tidak hanya penggantian biaya atas kerusakan kendaraan bermotor saja, tetapi juga terdapat santunan meninggal dunia dan pengobatan apabila pengemudi mengalami kecelakaan. 

Adapun manfaat pertanggungan yang tersedia pada polis asuransi Jaga Motorku dari JAGADIRI, antara lain:

  • Santunan tunai hingga Rp25 juta apabila meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Santunan cacat tetap akibat kecelakaan hingga Rp25 juta.
  • Penggantian biaya pengobatan akibat kecelakaan Rp1 juta.
  • Santunan Rp5 juta jika sepeda motor hilang atau dicuri.
  • Santunan Rp3,75 juta jika sepeda motor mengalami kerusakan akibat kecelakaan termasuk korban perampokan/begal.
  • Santunan kerusakan sepeda motor akibat kecelakaan termasuk perampokan/begal sebesar Rp1 juta. 

Pertanggungan asuransi Oto JAGADIRI ini berasal dari dua perusahaan asuransi, yaitu PT Asuransi Allianz Utama dan PT Central Asia Financial (JAGADIRI). Masing-masing perusahaan memberikan pertanggungan sesuai dengan ketentuan polis yang berlaku.

Produk asuransi perlindungan sepeda motor yang ditawarkan oleh Asuransi JAGADIRI sangat terjangkau dengan harga premi sebesar Rp165 ribu per tahun.

Harga tersebut sudah termasuk perlindungan diri bagi pengendara motor (tidak termasuk penumpang) dan perlindungan bagi sepeda motor jika terjadi berbagai risiko yang ditanggung dalam polis asuransi.

1. Kelebihan

  • JAGADIRI Jaga Motorku adalah asuransi motor dengan premi tunggal sehingga nasabah tidak repot lagi membayar premi setiap bulan. Cukup sekali pembayaran saja dalam satu tahun untuk masa perlindungan setahun penuh.
  • Harga premi sangat terjangkau bagi kalangan milenial atau first jobber yang baru saja memiliki sepeda motor dan membutuhkan perlindungan untuk motornya.
  • Proses pembelian bisa dilakukan secara online dan polis bisa langsung aktif saat pembayaran terkonfirmasi atau terverifikasi oleh perusahaan asuransi.
  • Proses klaim disediakan berbagai layanan termasuk secara online.
  • Asuransi Oto sudah termasuk jaminan proteksi penggantian biaya jika terjadi kecelakaan dan asuransi jiwa jika tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan.

2. Kekurangan

  • Uang pertanggungan maksimal hingga Rp25 juta sehingga hanya menyentuh target pasar tertentu saja, dalam hal ini kelas menengah ke bawah.
  • Masa pertanggungan hanya satu tahun dan harus diperbaharui setiap tahun sampai usia maksimal sepeda motor 10 tahun.

Asuransi Oto JAGADIRI adalah produk asuransi umum yang bisa dibeli secara online. Bahkan untuk produk Jaga Motorku, polis bisa langsung aktif setelah pembayaran dinyatakan berhasil meskipun ada masa tunggu 1×24 jam saja.

Perlu diketahui pula bahwa untuk risiko kehilangan sepeda motor, terdapat masa tunggu selama 90 hari akibat pencurian. 

Motor yang bisa diasuransikan berusia setidaknya maksimal 9 tahun dari tahun produksinya. Tahun produksi sepeda motor bisa dilihat di dalam STNK motor yang akan diasuransikan. Masa perlindungan maksimal hingga usia 10 tahun. Artinya, jika usia motor sudah mencapai 11 tahun, maka calon nasabah tidak bisa mendaftarkan motor untuk diasuransikan.

Nasabah dapat membeli maksimal 2 polis per motor. Artinya, pertanggungan bisa diberikan kepada pengendara, baik pengemudi maupun penumpang motor yang diasuransikan.   

Polis asuransi yang dijual oleh JAGADIRI juga ada yang ditawarkan melalui broker atau marketplace asuransi. Proses pembelian pun semudah membeli barang di marketplace atau toko online lainnya. 

Proses pembayaran bisa dilakukan dengan proses transfer atau metode pembayaran lainnya mulai dari kartu kredit, kartu debit, hingga layanan kartu kredit online yang sudah bekerja sama dengan broker atau marketplace asuransi.

Ada beberapa keuntungan membeli asuransi Oto JAGADIRI secara online, antara lain:

  • Semua proses dilakukan secara online hanya dengan menggunakan laptop atau ponsel pribadi.
  • Proses pemberkasan dilakukan secara online dengan mensubmit data-data yang dibutuhkan tanpa repot harus fotokopi atau mendatangi kantor asuransi.
  • Biaya polis lebih terjangkau tanpa ada komisi bagi agen asuransi sehingga harga premi jadi jauh lebih murah dan terjangkau bagi calon nasabah.
  • Produk yang disediakan lebih beragam sehingga calon nasabah bisa membandingkannya dengan mudah terutama jika ingin mendapatkan manfaat yang lebih komprehensif dengan biaya lebih kompetitif.

Marketplace asuransi memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran hingga proses klaim sehingga kapan saja dibutuhkan akan siap untuk digunakan.

Pembayaran premi asuransi Oto JAGADIRI dapat dilakukan dengan tiga metode pembayaran yaitu menggunakan kartu kredit, BCA Klikpay, dan transfer melalui rekening virtual account. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

 

Pembayaran melalui kartu kredit

  • Pilih pembayaran dengan metode kartu kredit setelah memilih produk dan plan pada laman Asuransi JAGADIRI.
  • Klik tombol “Bayar”.
  • Isi data kartu kredit dengan lengkap.
  • Lakukan otorisasi pembayaran dengan memasukkan kode One Time Password (OTP) melalui SMS ke ponsel pribadi.
  • Setelah transaksi selesai, e-polis akan dikirimkan melalui email terdaftar paling lama dua hari kerja.

 

Pembayaran melalui BCA Klikpay

  • Pada proses pembayaran, pilih BCA KlikPay sebagai metode pembayaran.
  • Klik tombol “Bayar” yang akan langsung membawa ke layar login BCA KlikPay. Pastikan alamat domain yang tertulis adalah https://klikpay.klikbca.com.
  • Setelah memasukkan alamat email dan password, maka akan tampil informasi data transaksi dari JAGADIRI.co.id, waktu transaksi, dan jumlah yang harus dibayar. Pilih jenis pembayaran KlikBCA atau BCA Card untuk transaksi tersebut.
  • Lakukan otorisasi pembayaran dengan BCA KlikPay dengan tekan tombol “kirim OTP”. Selanjutnya nasabah akan menerima kode OTP yang dikirim melalui SMS ke ponsel. Masukkan kode OTP tersebut pada kolom yang tersedia.
  • Jika kode OTP yang dimasukkan sudah benar, transaksi pembayaran akan langsung diproses dan saldo rekening pribadi (untuk jenis pembayaran KlikBCA) atau limit BCA Card (untuk jenis pembayaran BCA Card) akan berkurang sejumlah nilai transaksi.
  • Setelah transaksi berhasil, status keberhasilan transaksi akan ditampilkan pada layar transaksi dan akan menerima email notifikasi.
  • E-polis akan dikirimkan ke email yang sudah didaftarkan ke sistem paling lama dua hari kerja.

 

Pembayaran melalui Virtual Account

    • Saat nasabah melakukan transaksi pembelian polis JAGADIRI, pilih metode pembayaran “Transfer Bank Virtual Account”, pilih Bank yang diinginkan, lalu klik tombol “Bayar”.
    • Setelah itu akan muncul ringkasan metode pembayaran virtual account yang menampilkan informasi nomor virtual account, jenis bank, dan batas waktu pembayaran.
    • Lakukan pembayaran di ATM/mobile banking ke nomor virtual account yang diinfokan sebelumnya.
    • Pembayaran juga dapat dilakukan melalui teller Bank dengan memberikan informasi nomor virtual account ke teller, sesuai bank penerbit nomor virtual account yang dipilih.
    • Pastikan detail pembayaran sudah sesuai, seperti nomor virtual account, nama, premi dan total tagihan.
    • Masukkan jumlah transfer sesuai dengan nominal tagihan.
    • Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.
    • Setelah pembayaran dilakukan, e-polis akan dikirimkan ke surel yang sudah didaftarkan ke sistem paling lama dua hari kerja.

Berikut penjelasan singkat mengenai cara klaim asuransi Oto JAGADIRI. Metode klaim dibedakan menjadi dua kategori, yaitu klaim karena terjadi kecelakaan yang menyebabkan tertanggung harus dirawat atau meninggal dunia dan klaim kerusakan motor.

Cara Klaim Asuransi Oto JAGADIRI Akibat Kecelakaan bagi Penumpang

Adapun tahapan atau cara pengajuan klaim apabila tertanggung dirawat di rumah sakit atau meninggal dunia dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 

  • Menyiapkan dokumen yang diperlukan.
  • Mengirimkan dokumen softcopy ke email [email protected]
  • Mengirimkan dokumen hardcopy ke alamat JAGADIRI (Citicon Tower Lt. 8 Unit C, Jl. Letjend S. Parman Kav. 72, RT.4/RW.3, Slipi, Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11410).
  • Menunggu proses persetujuan dan verifikasi dalam waktu 14 hari kerja.
  • Santunan/pembayaran/penggantian premi akan ditransfer ke rekening tertanggung/ahli waris yang didaftarkan.
  • Pertanyaan terkait dengan proses dan cara klaim dapat ditanyakan melalui call center JAGADIRI 1500660 atau fitur Live Chat di situs JAGADIRI.

Dokumen klaim perawatan rumah sakit

  • Formulir Klaim Perawatan Rumah Sakit.
  • Fotokopi Identitas Diri (KTP/KITAS) tertanggung.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Kuitansi total atau fotokopi kuitansi total dan rincian biaya perawatan yang dilegalisasi.
  • Fotokopi buku rekening Bank ( halaman keterangan nomor rekening).
  • Fotokopi hasil perawatan dengan cap legalisir dan SKD asli dari rumah sakit / fotokopi yang dilegalisasi.
  • Fotokopi Surat Keterangan Kepolisian yang dilegalisasi (apabila klaim akibat kecelakaan lalu lintas/tindak kriminal).
  • Dokumen lain yang diminta oleh pihak JAGADIRI apabila klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.

Dokumen klaim jika meninggal dunia

  • Formulir Klaim Meninggal Dunia.
  • Fotokopi Identitas Diri (KTP / KITAS) Pemegang Polis, Tertanggung, dan ahli waris/pengaju klaim.
  • Fotokopi Kartu Keluarga yang dilegalisasi.
  • Fotokopi Surat Keterangan Kematian atau Akta Kematian dari pihak yang berwenang dan dilegalisasi rumah sakit.
  • Fotokopi Surat Keterangan Kematian dari Rumah Sakit yang dilegalisasi.
  • Fotokopi Surat Kuasa Pernyataan Ahli Waris (apabila Ahli Waris lebih dari satu orang/ Ahli Waris masih di bawah umur/Ahli Waris tidak cakap secara hukum).
  • Fotokopi buku rekening bank (halaman keterangan buku rekening).
  • Fotokopi Surat Keterangan Kepolisian yang dilegalisasi (apabila klaim akibat kecelakaan lalulintas/tindak kriminal/ kematian tidak wajar/kematian dirumah atau diluar Rumah Sakit).
  • Dokumen lain yang diperlukan perusahaan asuransi apabila klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.

Cara Klaim Asuransi Motor Oto JAGADIRI

Sementara itu untuk klaim kerusakan motor, nasabah dapat mengikuti prosedur berikut:

  • Melaporkan kerugian atau kehilangan yang terjadi maksimal 72 jam sejak kejadian ke kantor cabang JAGADIRI terdekat atau layanan nasabah 1500660.
  • Menyiapkan data atau dokumen yang dibutuhkan seperti nomor polis asuransi, nama pemilik polis, merek kendaraan, nomor polisi kendaraan, tanggal kejadian, kerugian benda, uraian singkat terjadinya kecelakaan/kerugiaan/kehilangan.
  • Menyertakan dokumen yang dibutuhkan seperti formulir klaim, fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan STNK, surat keterangan polisi (BAP) untuk kendaraan hilang atau rusak berat.
  • Untuk kendaraan hilang atau rusak total menyertakan STNK asli, kunci kontak kendaraan minimal 2, surat keterangan dari KADIT RESERSE POLDA, BPKB asli dan faktur pembelian, blanko kwitansi kosong rangkap tiga dan pemblokiran STNK.
  • Keputusan pencairan santunan transportasi ada di tangan Asuransi JAGADIRI sesuai dengan bukti survei serta investigasi auditor internal maupun auditor independen, baik dari PT Central Asia Financial (JAGADIRI) maupun dari PT Asuransi Allianz Utama Indonesia.

Formulir klaim merupakan salah satu dokumen persyaratan yang dibutuhkan nasabah untuk pengajuan klaim. JAGADIRI telah menaruh formulir klaim di situs resmi mereka dan bisa diunduh secara gratis sesuai kebutuhan nasabah. Berikut ini cara mendapatkannya: 

  1. Buka situs jagadiri.co.id
  2. Kemudian pilih menu “Layanan” di kanan atas halaman situs. 
  3. Lalu pilih “Download Formulir”.
  4. Pilih “Form Klaim Jaga Motorku”

Adapun fitur klaim yang disediakan oleh JAGADIRI bagi para nasabah, yaitu dengan metode santunan tunai.

  • Santunan tunai yaitu penggantian dengan metode pembayaran sekaligus jika terjadi risiko kematian, cacat tetap total, dan perawatan akibat kecelakaan. Misalnya, jika tertanggung meninggal dunia, maka uang pertanggungan akan dibayarkan kepada ahli waris secara sekaligus sesuai dengan jumlah maksimal uang pertanggungan yang tertera dalam polis asuransi. Begitu pula jika terjadi risiko lain seperti kerusakan atau kehilangan sepeda motor, uang pertanggungan akan dibayarkan secara sekaligus oleh perusahaan asuransi sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati dalam polis asuransi.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apa pun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif, maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi Oto JAGADIRI.

Nasabah dapat menutup polis asuransi Oto JAGADIRI, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi motor secara umum:

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak Oto JAGADIRI akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.jagadiri.co.id/
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis