Asuransi Mobil TLO Terbaik di Lifepal

Kenapa Beli Asuransi Mobil TLO di Lifepal?
Asuransi Total Loss Only atau TLO adalah produk asuransi mobil yang memberikan ganti rugi jika kendaraan rusak parah (tidak bisa digunakan lagi) atau kerugiannya di atas 75 persen dari harga kendaraan. Jadi risiko yang ditanggung asuransi Total Loss Only hanya pada saat kerusakannya sangat parah, hilang akibat pencurian, dan lain sejenisnya.
Mencari asuransi mobil TLO bisa jadi tidak mudah, terutama karena banyaknya pilihan asuransi yang ada. Lifepal hadir untuk membantu kamu membandingkan dan mencari polis asuransi TLO dari berbagai perusahaan asuransi ternama di Indonesia.




Produk Asuransi Mobil Terbaik yang Tersedia di Lifepal
Bandingkan Premi- Beritahu kami asuransi yang dibutuhkan.Isi formulir dan jawab beberapa pertanyaan untuk dapatkan diskon terbaik
- Tim Lifepal akan segera menghubungimu Untuk membantumu bandingkan dan pilih polis yang sesuai kebutuhan dan anggaran
- Temukan polis yang tepat untukmu.Kamu bisa beli secara online atau ikuti panduan dari tim konsultan kami

52 Ribu Pelanggan Puas Dengan Lifepal!

4.6/5.0
Tips dan Panduan Lengkap Terkait Asuransi Mobil
- Apa bedanya jenis asuransi mobil all risk dan TLO? Tim Lifepal telah merangkum jenis-jenis asuransi mobil yang ada di Indonesia.
- Apakah premi asuransi mobil ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)? Pelajari bagaimana cara perhitungan premi asuransi mobil sesuai ketentuan OJK.
- Apakah klaim asuransi mobil dikenakan biaya? Ketahui nilai dan cara kerja biaya klaim asuransi mobil atau own risk!
- Bagaimana cara kerja asuransi TPL yang diwajibkan pemerintah? Semua informasi penting yang perlu kamu tahu soal aturan TPL terbaru.
- Apa bedanya cara kerja asuransi mobil konvensional dan syariah? Rangkuman utnuk membantumu memhami hukum dan cara kerja asuransi syariah di Indonesia.
Biaya Premi Asuransi Mobil TLO
Rate premi untuk polis asuransi mobil All Risk dan TLO sudah ditetapkan OJK. Biaya asuransi TLO mobil bekas, baru, ataupun mobil tua bergantung pada dua hal, yaitu kisaran harga kendaraan pada saat ini dan wilayah tempat kita tinggal.
Dua faktor ini menjadi penentu berdasarkan ketentuan OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang “Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor” pada tahun 2017. Namun, beberapa faktor berikut ini juga memengaruhi harga asuransi TLO:
- Kota atau wilayah domisili kendaraan
- Nilai kendaraan
- Tipe atau jenis kendaran
- Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih
- Usia kendaraan
- Jenis penggunaan
- Perluasan jaminan yang dipilih
Cara Klaim Asuransi TLO
Mengetahui cara klaim asuransi mobil TLO sebelum membelinya sangat penting agar tidak kebingungan saat benar-benar dibutuhkan klaim sehingga kamu mendapatkan ganti rugi yang sesuai tanpa adanya masalah tambahan.
Berikut adalah langkah-langkah untuk cara klaim asuransi mobil TLO:
- Laporkan ke pihak asuransi. Segera laporkan kehilangan atau kerusakan pada pihak asuransi; semakin cepat semakin bagus.
- Siapkan dokumen yang diminta. Dokumen meliputi: KTP, SIM, STNK, surat kehilangan, dan kunci kendaraan.
- Buat berita acara (BAP) di kantor polisi. Segara ke kantor polisi yang bertanggung jawab atas daerah tempat motor hilang untuk membuat berita acara. Ingat, pembuatan berita acara maksimal 24 jam dari waktu kejadian.
- Blokir STNK di Polda (Kepolisian Daerah). Langkah ini penting dalam mengajukan klaim kehilangan.
- Urus surat keterangan Direktorat Reserse di Polda. Surat tersebut harus dilengkapi dengan nomor polis asuransi kita. Kita akan dimintai beberapa dokumen pelengkap, seperti salinan KTP, salinan BPKB, salinan faktur pembelian kendaraan, salinan laporan kehilangan, salinan polis asuransi, BAP, dan surat asli Lapju.
- Ajukan semua berkas ke pihak asuransi. Pihak asuransi akan menghubungi kamu kembali apabila ada berkas yang kurang.
- Jika berkas sudah disetujui, biasanya pencairan dana klaim asuransi TLO akan memakan waktu 14 hari kerja.
Dokumen klaim asuransi mobil TLO
Berikut dokumen yang perlu dipersiapkan dalam mengajukan klaim asuransi mobil TLO:
- Laporan kronologi kejadian
- Fotokopi polis, sertifikat, dan laporan atau endorsement.
- Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKP), faktur pembelian, blanko kuitansi, dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditandatangani.
- Buku kir khusus kendaraan yang wajib kir.
- Surat keterangan kepolisian daerah
- Surat pemblokiran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
- Surat Izin Mengemudi (SIM) pengemudi pada saat kejadian.
- Foto kerusakan, estimasi biaya perbaikan
- Surat Laporan Kepolisian setempat
- Surat Tuntutan Pihak Ketiga jika ada kerugian yang melibatkan pihak ketiga.
- Dokumen relevan lain yang terkait dengan pengajuan klaim.
Tips agar Klaim Asuransi Kendaraan Tidak Ditolak
Sudah punya perlindungan TLO tapi masih ada kejadian klaim asuransi mobil atau klaim asuransi motor hilang ditolak? Agar klaim asuransi kendaraan bermotor kamu untuk rusak total maupun hilang tidak ditolak, simak beberapa tips di bawah ini!
- Segera ajukan klaim setelah kejadian, maksimal 3×24 jam.
- Lengkapi dokumen yang diminta saat pengajuan klaim.
- Pastikan kamu merupakan warna negara yang taat hukum lalu lintas, seperti memiliki SIM aktif dan taat pajak kendaraan.
- Wilayah kejadian perkara harus sesuai dengan klausul wilayah dalam kesepakatan.
- Apabila ada modifikasi pada mobil, harap laporkan pada pihak asuransi nilai pertanggungan dari aksesori.
- Hindari merusak mobil dengan sengaja.
- Pastikan polis kamu masih dalam masa aktif. Polis asuransi mobil masa aktifnya adalah 1 tahun.
Beli asuransi mobil di Lifepal dan dapatkan kemudahan dalam membandingkan polis hingga dibantu dalam proses klaim.
Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil TLO
Apakah beli polis TLO secara online lebih menguntungkan?
Jika ingin mendapatkan harga paling murah dan praktis, membeli asuransi mobil TLO secara online melalui situs Lifepal adalah jawaban yang tepat! Selain bisa membandingkan berbagai polis asuransi kendaraan dari brand ternama, harga premi asuransi yang dibeli secara online juga 10 persen lebih murah daripada membeli lewat agen. Potongan itu belum ditambah dengan diskon khusus dari Lifepal! Tunggu apalagi, silakan isi formulir di bagian atas halaman ini.
Berapa biaya asuransi TLO mobil bekas?
Premi atau biaya asuransi TLO mobil bekas sama dengan premi asuransi mobil baru. Dengan rata-rata persentase premi asuransi TLO mobil adalah 0,18 hingga 2,16 persen. Isi formulir di atas untuk mendapatkan harga premi asuransi TLO yang sesuai dengan kendaraanmu.
Apakah ada biaya OR asuransi mobil untuk TLO?
Biaya own risk (OR) adalah biaya yang harus kamu tanggung sendiri saat mengajukan klaim, karena tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi. Besarnya ditetapkan minimal Rp300 ribu oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Biaya ini paling sering ditemukan pada asuransi All Risk, tapi sebenarnya juga berlaku untuk asuransi TLO, meski tidak banyak yang tahu.
Ketentuan mengenai biaya OR atau deductible ini diatur dalam Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang tarif premi dan kontribusi untuk asuransi kendaraan dan harta benda
Berapa lama proses klaim asuransi mobil TLO?
Proses klaim asuransi mobil dengan jenis Total Loss Only (TLO) umumnya memerlukan waktu yang lebih panjang dibandingkan klaim asuransi komprehensif. Hal ini disebabkan oleh sifat klaim TLO yang hanya berlaku untuk kerusakan total (lebih dari 75% dari nilai kendaraan) atau kehilangan kendaraan akibat pencurian. Secara umum, durasi penyelesaian klaim TLO dapat mencapai hingga dua bulan, tergantung pada kelengkapan dokumen yang kamu ajukan dan kompleksitas kasus yang terjadi .
Apa itu asuransi mobil perluasan (rider)?
Asuransi mobil perluasan, atau rider, adalah manfaat tambahan yang bisa kamu pilih di luar perlindungan utama terhadap kecelakaan atau kehilangan. Perlindungan tambahan ini tersedia dengan membayar premi ekstra, dan mencakup berbagai risiko berikut:
Risiko banjir dan angin topan
Risiko gempa bumi dan tsunami
Risiko huru-hara atau kerusuhan
Risiko terorisme dan sabotase
Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (Third Party Liability/TPL)
Kecelakaan diri penumpang
Tanggung jawab hukum terhadap penumpang
Dengan memilih jaminan perluasan, kamu bisa mendapatkan perlindungan yang lebih menyeluruh sesuai kebutuhan dan potensi risiko yang dihadapi.
Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil di Lifepal?
Untuk mengajukan klaim asuransi mobil, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
- Laporkan kejadian: Segera laporkan insiden atau kecelakaan melalui email ke support@lifepal.co.id atau WhatsApp ke nomor 0823-3003-0027. Pastikan laporan dikirim maksimal 3 hari setelah kejadian.
- Sampaikan informasi lengkap: Jelaskan kronologi kejadian, lengkap dengan tanggal dan lokasi. Sertakan pula data penting seperti nomor polis, nomor telepon, dan nama pengemudi.
- Proses oleh tim Lifepal: Tim Lifepal akan membantu memproses dan meneruskan pengajuan klaim kamu ke perusahaan asuransi yang bersangkutan.
- Tunggu konfirmasi lanjutan: Setelah pengajuan diteruskan, pihak asuransi akan menghubungi kamu untuk memberikan informasi lanjutan mengenai proses klaim.