Asuransi Kesehatan Cashless: Manfaat dan Cara Membelinya

e money

Di zaman yang mengutamakan segalanya serba praktis dan efisien, cashless memang telah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. Tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang tunai cukup dengan kartu atau ponsel, urusan pembayaran beres. 

Dalam produk asuransi, saat ini pengajuan klaim asuransi dengan cara cashless banyak dipilih. Alasannya, jaga-jaga kalau sakit dan sedang tidak memiliki cukup dana. 

Sementara pilihan pengajuan klaim dengan cara reimbursement terbilang merepotkan. Sebenarnya apa sih asuransi kesehatan cashless itu? 

Prinsipnya asuransi kesehatan cashless diberikan perusahaan asuransi kesehatan dalam rangka untuk menyelesaikan tagihan secara langsung kepada penyedia layanan kesehatan, baik rumah sakit atau klinik. 

Cara Ini untuk mengurangi beban keuangan langsung pada individu yang diasuransikan pada saat dirawat di rumah sakit.

Cara Kerja Asuransi Kesehatan Cashless

Asuransi cashless

Kebijakan cashless bertujuan untuk mengurangi beban keuangan langsung pada individu yang diasuransikan, pada saat dirawat di rumah sakit. Oleh karena itu, apa pun tagihan yang diajukan oleh penyedia layanan kesehatan, perusahaan asuransi menyelesaikannya langsung melalui administrator pihak ketiga. 

Pihak ketiga bertindak sebagai mediator antara rumah sakit dan perusahaan asuransi, tugasnya adalah menyelesaikan tagihan medis dari tertanggung. 

Maka, sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi kesehatan cashless, sangat penting bagi tertanggung untuk memahami peran rumah sakit. Ini sambil memanfaatkan fasilitas medis tanpa uang tunai.

Asuransi kesehatan cashless dapat digunakan jika rawat inap atau pelayanan rumah sakit di unit gawat darurat. Berikut cara kerja asuransi kesehatan cashless yang Lifepal telah rangkum. 

  • Pastikan rumah sakit yang hendak dituju berada di bawah PPN (Preferred Provider Network) dari perusahaan asuransi kita. 
  • Selanjutnya, perusahaan asuransi kesehatan memiliki ikatan dengan berbagai rumah sakit. Fasilitas tanpa uang tunai kita bisa diterima di salah satu rumah sakit rekanan yang memiliki ikatan dengan perusahaan asuransi kita. 
  • Apabila merasa perlu mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit, kita harus mengisi formulir saat dirawat di rumah sakit. 
  • Formulir yang sudah diisi akan dikirim rumah sakit ke pihak ketiga. 
  • Selanjutnya pihak ketiga akan mengeluarkan otorisasi ke rumah sakit dan menjabarkan batas biaya yang dapat diberikan. 
  • Setelah selesai, rumah sakit akan segera memulai perawatan dan semua klaim kita hingga batas yang diizinkan diproses oleh perusahaan berkoordinasi dengan administrator pihak ketiga. 

Pentingnya Asuransi Kesehatan Cashless

Asuransi kesehatan cashless bisa menjadi solusi untuk kebutuhan pembayaran perawatan kesehatan, tanpa harus mengganggu kondisi keuangan. Asuransi kesehatan cashless sangat diperlukan pada saat darurat ketika kita mungkin kekurangan uang tunai atau tidak memiliki akses langsung ke uang tunai. 

Kita hanya perlu memastikan bahwa rumah sakit yang dipilih hadir di jaringan rumah sakit yang ditanggung oleh penyedia asuransi. Kita akan dengan mudah menemukan daftar administrator pihak ketiga (TPA) ini dalam polis asuransi kesehatan. Keuntungan memilki asuransi kesehatan cashless dapat disimpulkan sebagai berikut.

  • Asuransi kesehatan tanpa uang tunai sangat bermanfaat selama keadaan darurat medis. Fasilitas asuransi kesehatan cashless mengurangi beban keuangan pelanggan dan membantunya pulih dengan tenang. Ini membantu nasabah yang tidak memiliki uang cair, langsung untuk membayar biaya rawat inap mereka. Dengan demikian saat kita membeli polis asuransi kesehatan mesti telah mempertimbangkan batas keseluruhan kita di bawah rencana. Berikut juga cakupan dan rumah sakit sehingga kita memanfaatkan fasilitas perawatan kesehatan yang sangat baik.
  • Cakupan perlindungan luas. Pada asuransi kesehatan cashless, biasanya perlindungan yang diberikan meliputi biaya pra dan pascarawat inap, biaya antar/jemput dengan ambulans, perawatan rawat inap, dan lain sesuai ketentuan masing-masing. Selanjutnya program asuransi kesehatan cashless tertentu juga menawarkan pemeriksaan kesehatan dan tes diagnostik secara berkala.
  • Melindungi kesehatan kita selama melakukan perjalanan. Mulai dari ketidakpastian lokasi baru, sering kali menyulitkan kita mengakses perawatan yang tepat, jika terjadi keadaan darurat medis saat kita bepergian. Menjadi pemegang polis asuransi kesehatan tanpa uang tunai meyakinkan kita akan layanan medis yang dapat diandalkan di rumah sakit rekanan. 

Bagaimana Prosedur Berobat dengan Fasilitas Cashless?

Wanita berpikir

Berikut panduan umum saat hendak berobat dengan fasilitas asuransi kesehatan cashless. Panduan ini biasanya berlaku di sejumlah rumah sakit dengan produk asuransi kesehatan yang sama. 

  • Bawa kartu asuransi kesehatan beserta identitas lengkap, seperti KTP ke rumah sakit yang hendak dituju. Catatan yang harus diperhatikan adalah masa berlaku kartu asuransi kesehatan cashless. Apabila tidak membawa kartu dan masa berlaku sudah lapse, maka asuransi kesehatan cashless tidak dapat dipergunakan.
  • Bagian administrasi rumah sakit akan melakukan pengecekan administrasi, dan melakukan verifikasi data peserta. Kartu akan digesek untuk mengetahui masa berlaku dan plafon dari asuransi kesehatan tersebut. 
  • Sistem asuransi akan melakukan validasi data peserta dan manfaat peserta. 
  • Peserta mendapatkan layanan kesehatan dari rumah sakit. 
  • Peserta ke kasir setelah mendapatkan layanan kasir. 
  • Bila timbul ekses klaim, peserta harus membayar sendiri kekurangannya di rumah sakit. Peserta dapat pulang setelah menyelesaikan pembayaran.
  • Bila seluruh biaya sudah sesuai dengan manfaat asuransi yang menjadi hak peserta, maka peserta dapat pulang tanpa melakukan empat pembayaran. 

Hal-hal yang Diperhatikan pada Asuransi Kesehatan Cashless

Asuransi kesehatan cashless memungkinkan kita dan keluarga kita untuk mengambil manfaat selama krisis medis. Sebagian besar perusahaan asuransi menyertakan manfaat gigi dan kehamilan pada asuransi kesehatan cashless

Namun penting untuk mengetahui pedoman asuransi sebelum mengajukan permohonan polis asuransi kesehatan. Lebih dari itu, sangat penting bagi kita untuk berinvestasi dalam rencana asuransi kesehatan untuk melindungi diri dari kenaikan biaya medis. 

Fitur lain yang berkontribusi dalam memilih rencana yang baik untuk diri Anda adalah:

1. Maksimum usia terbarukan 

Perhatikan usia ini asuransi kesehatan kita, apabila melewati batas usia maka akan dihentikan. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih kebijakan dengan usia yang tinggi.

2. Uang pertanggungan 

Ini adalah total kewajiban tahunan berdasarkan polis, kita harus melihat sebuah rencana yang memberi kita cakupan maksimum dalam anggaran kita. 

3. Pembayaran 

Jumlah klaim kita akan dibagi perusahaan asuransi dengan persentase tertentu. Maka, perhatikan betul opsi yang diajukan perusahaan asuransi soal ini. 

4. Batasan pada perawatan khusus

Penanggung membatasi perawatan khusus tertentu seperti katarak atau perawatan jantung. Cek kembali apakah kita baik-baik saja dengan batasan ini.

5. Masa tunggu 

Periksa kondisi kebijakan untuk berbagai kebijakan, dan dapatkan gambaran yang jelas tentang masa tunggu penyakit tertentu.

6. Sewa kamar rumah sakit & Jaminan kehamilan

Ingat batas atasnya dan lihat apakah ini menutupi biaya di rumah sakit pilihan Anda. Periksa berbagai sub-batas.

7. Rumah sakit rekanan

Periksa apakah rumah sakit di bawah jaringan perusahaan asuransi. Ini akan membuat hidup lebih mudah sambil memanfaatkan fasilitas tanpa uang tunai.

Semoga bermanfaat bagi kita ya, dan jangan ragu untuk melindungi diri kita dan keluarga dengan asuransi. Apabila masih membutuhkan informasi soal asuransi dan kesehatan, jangan ragu untuk menghubungi tim Lifepal, ya!

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis