Serbamahal, Ternyata Segini Biaya Hidup di Brunei Darussalam

Brunei Darussalam

Hidup di Brunei Darussalam katanya enak banget. Udah gajinya besar, bebas pajak pula. Tapi, ngomong-ngomong berapa ya biaya hidup di Brunei Darussalam?

Sebenarnya bukan hal yang mengejutkan kalau Brunei Darussalam menawarkan sejumlah keuntungan buat orang-orang yang tinggal di sana. Mulai gak adanya pajak penghasilan, pendidikan gratis, subsidi kebutuhan pokok, hingga penyediaan fasilitas KPR murah.

Pasalnya, negara kecil yang berada di Pulau Kalimantan itu disebut-sebut sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Wajar aja sih Brunei Darussalam menerima predikat tersebut. Negara ini menjadi negara yang menyimpan cadangan minyak terbesar di Asia Tenggara.

Seperti dikutip dari Tirto, kekayaan alam Brunei Darussalam tersebut masih ditambah produksi gas alam yang besar. Makanya negara dengan jumlah penduduk lebih dari 443 ribu ini menjadi eksportir gas alam terbesar ke-9 di dunia.

Berkat kekayaan minyak dan gas alam itulah, karyawan bisa menerima gaji hingga Rp 20 jutaan per bulan di Brunei Darussalam. Kalau gajinya aja sebesar itu, berarti biaya hidup di sana juga besar dong?

Nah, buat menjawab pertanyaan ini, kita cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini. Dikutip dari Numbeo, inilah biaya hidup di Brunei Darussalam.

1. Belanja bulanan

Biaya hidup di Brunei Darussalam yang satu ini lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Contohnya aja beras. Harga beras 1 kilogram di Brunei Darussalam mencapai 1,63 Dolar Brunei atau Rp 15 ribuan. Sementara di Indonesia harga beras 1 kilogram sekitar Rp 12 ribuan.

Beda lagi dengan harga air mineral kemasan 1,5 liter. Di Brunei Darussalam harganya sekitar 1,16 Dolar Brunei atau Rp 11 ribuan. Di Indonesia harganya jauh lebih murah, yaitu sekitar Rp 5 ribuan.

Paling jauh selisihnya adalah harga rokok. Di Brunei Darussalam rokok Marlboro sebungkusnya dihargai 7,15 Dolar Brunei atau Rp 68 ribuan. Masih lebih murah di Indonesia yang harganya sekitar Rp 23 ribuan.

2. Tarif sewa tempat tinggal

Tergiur dengan gaji yang ditawarkan dan pengin kerja di Brunei Darussalam? Kamu perlu tahu nih tarif sewa tempat tinggal di sana.

Di Brunei Darussalam kamu bisa menghabiskan 957,54 Brunei Dolar atau Rp 9 jutaan per bulan buat sewa apartemen satu kamar. Itu buat apartemen yang berlokasi di pusat kota lho ya.

Kalau apartemen yang berlokasi di pinggiran kota, kamu cukup menyediakan uang sebesar 527,18 Dolar Brunei atau Rp 5 jutaan.

3. Ongkos transportasi

Sebagai negeri yang kaya minyak, udah jelas lah kalau ongkos transportasi di Brunei Darussalam murah. Apalagi harga BBM per liternya di sana cuma Rp 5.327.

Namun, ternyata biaya hidup yang satu ini lebih mahal lho dibandingkan Indonesia. Ongkos tiket satu kali jalan di Brunei Darussalam mencapai 1,10 Brunei Dollar atau Rp 10 ribuan. Lain dengan di Indonesia yang sekali jalan cukup bayar Rp 4.000.

Tarif taksi di sana malah jauh lebih mahal dibandingkan tarif taksi di Indonesia. Di Brunei per satu kilometernya berlaku tarif sebesar 4,40 Dolar Brunei atau Rp 41 ribuan. Sementara di Indonesia, per kilometernya cuma Rp 4.500.

4. Belanja pakaian

Biaya hidup yang ini gak semuanya mahal. Rupanya harga celana jeans merek Levis di Brunei Darussalam cuma 44,05 Dolar Brunei atau Rp 419 ribuan. Kalau di Indonesia celana tersebut dijual dengan harga Rp 452 ribuan. Sedikit lebih mahal.

Berbeda dengan harga sepatu pantofel. Di Brunei Darussalam, harga sepatu pantofel 88,10 Dolar Brunei atau Rp 838 ribuan. Di Indonesia sedikit lebih murah, yaitu sekitar Rp 819 ribuan.

5. Makanan

Semahal-mahalnya makan di Indonesia, masih lebih mahal makan di Brunei Darussalam. Di sana makan di restoran yang murah mesti merogoh kocek hingga 5 Dolar Brunei atau Rp 47 ribuan. Di Indonesia makan dengan modal Rp 25 ribu udah cukup murah dan bikin kenyang.

Di sini makan di McDonalds habis Rp 45 ribu udah dibilang wajar. Sementara di Brunei Darussalam habiskan 8 Dolar Brunei atau Rp 76 ribuan lah yang dibilang wajar buat makan di McDonalds.

Walaupun gaji rata-rata di sana dua digit, ternyata biaya hidup di Brunei Darussalam lumayan mahal ya. Untungnya nih hidup di Brunei Darussalam gak usah pusing lagi memikirkan biaya pendidikan dan kesehatan. Soalnya udah digratiskan semua.

Dengan semua keuntungan tersebut, kamu tertarik gak kerja di sana? Share jawabanmu di kolom komentar ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →