Asuransi Hospital Cash Plan, Ini Manfaat dan Cara Kerjanya

asuransi hospital cash plan

Asuransi hospital cash plan adalah jenis asuransi dengan premi murah terjangkau yang memberikan santunan dana harian selama rawat inap di rumah sakit.

Keunggulan hospital cash plan adalah premi terjangkau, pengajuan tanpa medical check-up, dan klaim mudah.

Meski program dalam asuransi ini menawarkan banyak manfaat serta keunggulan, kamu tetap harus mempertimbangkan betul saat akan membeli asuransi hospital cash plan.

Berikut ini menjadi salah satu topik bahasan Lifepal kali ini.

Apa itu asuransi hospital cash plan?

Buat kamu yang ingin memiliki asuransi hospital cash plan (HCP), sebaiknya kamu mengerti dan memahami dulu apa itu asuransi satu ini.

Hospital cash plan adalah bagian dari manfaat asuransi kesehatan di mana perusahaan asuransi menanggung biaya rawat inap sesuai dengan plafon atau santunan tunai yang tertulis dalam polis.

Secara umum, ada dua cara klaim asuransi kesehatan yang bisa dilakukan, yaitu HCP dan hospital benefit.

HCP adalah jenis asuransi yang menanggung biaya rawat inap dan setiap tindakan dokter yang dilakukan selama dirawat. Tak hanya itu, pada beberapa penyedia asuransi, program hospital cash plan juga mencakup biaya perawatan di kamar ICU/ICCU,  pembedahan, dan biaya ambulans.

Memilih asuransi dengan jenis HCP adalah hal yang bagus, karena nasabah bisa melakukan beberapa klaim atas biaya pengobatan yang dilakukan.

Cara kerja asuransi hospital cash plan

Perbedaan jenis asuransi hospital cash plan ada pada cara pencairan dana yang dilakukan nasabah.

Sistem pencairan dana asuransi dengan hospital cash plan adalah reimbursement, yang berarti kamu harus bayar biaya rumah sakit dengan uang pribadi dahulu lalu pihak asuransi akan menggantinya.

Yang kamu butuhkan hanya membuat salinan dari bukti pembayaran rumah sakit dan dibawa ke perusahaan asuransi untuk proses pencairan dana.

Dana yang diterima dari hospital cash plan sangat berguna untuk kamu yang dirawat di rumah sakit. Meski biaya sudah ditanggung hospital cash plan, kamu tetap bisa untuk klaim ke perusahaan asuransi lain seperti BPJS Kesehatan.

Karena asuransi kesehatan jenis ini hanya membutuhkan salinan bukti pembayaran rumah sakit untuk pencairan dana.

Dana yang dicairkan akan disesuaikan dengan perjanjian polis asuransi, baik itu biayanya akan lebih besar atau lebih kecil. Perusahaan asuransi akan memberikan biaya yang sesuai dengan perjanjian. Dengan kata lain, jika dana yang dicairkan sisa, maka kamu bisa menggunakannya untuk hal lain.

“Contohnya, asuransi kesehatan kamu memberikan manfaat sampai Rp500 ribu per hari, sementara tagihan rumah sakit hanya Rp350 ribu per hari. Itu berarti perusahaan asuransi tetap akan memberikan kamu santunan Rp500 ribu per hari secara tunai, dan kamu dapat surplus Rp150 ribu,” terang Clara Naomi dari Lifepal.

Apakah manfaat HCP selalu menguntungkan?

Belum tentu. Perlu diingat, kalau biaya rumah sakit itu tidak hanya biaya kamar saja, tapi ada juga obat-obatan, konsultasi dokter, dan lain sebagainya.

Misalnya, manfaat HCP yang kamu pilih memberikan santunan tunai Rp500 ribu per hari, sementara tagihan rumah sakit jika ditambah dengan biaya obat-obatan juga konsultasi dokter totalnya harus dibayar Rp700 ribu. Berarti ada ekses Rp200 ribu yang harus kamu bayarkan.

Karena itu, harus lebih hati-hati memilih manfaat asuransi hospital cash plan. Sebaiknya pilih asuransi kesehatan yang memberikan manfaat HCP dan pertanggungan sekaligus.

Jika dilihat dari karakteristik HCP yang telah dijelaskan, tentu sudah mengetahui beberapa manfaat yang akan kamu peroleh. Yaitu:

  • Asuransi kesehatan ini cocok digunakan sebagai pelengkap asuransi kesehatan yang telah kamu miliki, bisa menggunakan Hospital Cash Plan untuk berjaga-jaga jika kekurangan plafon biaya kesehatan dari kantor.
  • Jika saat ini kamu sudah menjadi peserta dari BPJS atau mempunyai asuransi kesehatan dengan jenis hospital benefit, maka bisa menggunakan tambahan dana dari cash plan untuk melengkapi kebutuhan biaya.
  • Asuransi kesehatan cash plan dapat dijadikan sebagai semacam pengganti penghasilan yang berkurang karena biaya perawatan di rumah sakit. Asuransi ini tentu sangat cocok  bagi yang berprofesi sebagai pedagang, wiraswasta, atau profesional.
  • Asuransi ini akan tetap diberikan walaupun sudah dibayar oleh asuransi lain, karena asuransi ini hanya memerlukan fotokopi kuitansi biaya medis saja.
  • Besarnya uang pertanggungan sesuai dengan program yang dipilih tetap dibayarkan meskipun biaya di bawah uang pertanggungan.

Perbedaan Asuransi Kesehatan Hospital Benefit vs Cash Plan

Asuransi kesehatan hospital benefit

Hampir semua perusahaan asuransi jiwa memiliki produk asuransi kesehatan hospital benefit satu ini.

Seperti disinggung di atas, asuransi hospital benefit memberikan perlindungan berupa manfaat penggantian biaya medis sesuai cakupan atau coverage yang tertera dalam polis.

Umumnya, asuransi berjenis hospital benefit membagi cakupan perlindungannya dalam beberapa kategori.

Yaitu manfaat rawat inap, manfaat rawat jalan, manfaat pembedahan, manfaat intensive care unit (ICU). Lalu ada juga manfaat kunjungan dokter, manfaat biaya obat, hingga manfaat biaya laboratorium, peralatan medis, dan lain sebagainya.

Untuk setiap pos yang menjadi cakupan perlindungan, penyedia asuransi biasanya menentukan inner limit atau batas pertanggungan asuransi dalam nominal atau jumlah klaim per kejadian selama usia setahun polis.

Misalnya, untuk manfaat rawat inap dibatasi maksimal 150 hari dalam setahun atau klaim maksimal sekian juta rupiah dan sebagainya. Asuransi kesehatan jenis ini juga biasanya menerapkan batas total nilai klaim maksimal dalam setahun (yearly limit).

Asuransi kesehatan hospital cash plan

Asuransi kesehatan hospital cash plan memberikan manfaat berupa santunan harian senilai tertentu, dikalikan dengan jumlah hari di mana kamu dirawat inap. Jadi, manfaat asuransi tidak diberikan spesifik berdasarkan biaya medis atau biaya perawatan.

Pasalnya, jumlah manfaat yang kamu peroleh pada asuransi kesehatan hospital cash plan bisa lebih kecil atau lebih besar dari biaya yang kamu tanggung sesungguhnya ketika dirawat inap di rumah sakit.

Asuransi santunan harian pada dasarnya ditujukan sebagai perlindungan terhadap biaya-biaya yang hilang akibat kamu sakit.

Misalnya, karena sakit, kamu tidak mampu bekerja dan kehilangan penghasilan. Maka, manfaat dari asuransi santunan harian bisa menutup risiko kehilangan penghasilan selama kamu sakit.

Yang menarik, umumnya asuransi kesehatan berjenis santunan harian tetap bisa diklaim meskipun kamu sudah memiliki asuransi kesehatan lain (coordination of benefit). Ini karena asuransi santunan harian juga ditujukan untuk membantu biaya perawatan manakala asuransi kesehatan lain yang kamu gunakan plafonnya belum memadai.

Tips memilih Asuransi Hospital Cash Plan

Beberapa hal berikut perlu kita perhatikan sebelum membeli produk asuransi kesehatan jenis HCP:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan
  • Sesuaikan dengan besar anggaran
  • Pilih produk dengan proses klaim paling sederhana

Sesuaikan dengan kebutuhan

Asuransi kesehatan dengan sistem cash plan ini hanya cocok digunakan sebagai asuransi sekunder. Terlebih, hitung dulu berapa jumlah kebutuhan sebelum membelinya.

Misalnya, inflasi biaya rumah sakit membuat kelas rawat inap kamu naik menjadi Rp700 ribu per hari. Sedangkan kamu memiliki asuransi kesehatan yang hanya memberi manfaat rawat inap Rp500 ribu/hari.

Dengan begitu, kamu bisa membeli program cash plan dengan santunan Rp700 ribu per hari.

Sesuaikan dengan besar anggaran

Biaya asuransi yang ideal maksimal akan memakan 10% dari penghasilan. Jika melebih itu, maka nantinya dikhawatirkan akan mengganggu arus kas keuangan kita. Karena itu, di samping faktor kebutuhan, kamu juga harus menyesuaikannya dengan kemampuan anggaran. Saat ini kita bisa menemukan berbagai macam produk cash plan dengan premi mikro.

Tapi, tentu saja manfaatnya juga relatif kecil. Persyaratan untuk asuransi jenis inipun juga sangat mudah. Yang dijadikan target pemasaran asuransi mikro ini adalah masyarakat kalangan bawah yang  selama ini belum akrab dengan produk asuransi.

Pilih produk dengan proses klaim paling sederhana

Sebagian besar asuransi kesehatan dengan sistem cash plan ini memberikan manfaat kepada para nasabahnya dengan menggunakan skema reimbursement.

Skema yang dimaksud ini adalah nasabah harus mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk membayar biaya rumah sakit. Kemudian, nantinya mereka akan mendapatkan dana penggantian dari perusahaan asuransi tersebut.

Jadi, rajinlah untuk melakukan rekam jejak asuransi dengan sistem klaim yang mudah. Pada umumnya proses klaim ini membutuhkan waktu maksimal 14 hari kerja. Jika menginginkan sistem klaim yang mudah, maka pilihlah perusahaan asuransi yang terkemuka. Selain itu, pastikan kamu memilih asuransi sesuai dengan manfaat yang dibeli.

Hospital Cash Plan FWD Indonesia vs Sinarmas

Ada dua polis HCP yang banyak dicari di Indonesia. Yaitu, asuransi FWD, dan Sinarmas dengan premi Rp100 ribuan per bulan.

Dalam membandingkan polis asuransi ada tiga hal yang harus dipertimbangkan.

  1. Nilai pertanggungan
  2. Manfaat asuransi
  3. Premi bulanan

Nilai pertanggungan

Keduanya ini menjadi dua polis yang harus dipertimbangkan, karena sama-sama memberikan pertanggungan rawat inap dan HCP sekaligus.

Pertama, FWD Life memberikan pertanggungan rawat inap dan santunan HCP sebesar Rp520 ribu. Sementara Sinarmas memberikan pertanggungan rawat inap dan santunan HCP sebesar Rp500 ribu.

“Kalau dari segi limit tahunan, FWD Life memberikan limit tahunan hingga Rp50 juta per tahun. Sementara Sinarmas, Rp100 juta per tahun. Jadi kalau dilihat dari segi limitnya, Sinarmas lebih unggul,” papar Clara Naomi.

Manfaat asuransi

Manfaat asuransi menjadi faktor kedua yang perlu menjadi pertimbangan saat membandingkan polis asuransi.

Meski Sinarmas lebih unggul dari limit pertanggungan, FWD Life memiliki manfaat asuransi yang sangat lengkap di mana polisnya selain memberi santunan harian, juga menanggung biaya perawatan sebelum dan sesudah rawat inap, rawat jalan darurat, biaya pembedahan, dan aneka perawatan lainnya. Selain itu, polisnya juga bisa digunakan di seluruh dunia.

Sementara itu, asuransi Sinarmas memberikan santunan tunai dan biaya pembedahan, rawat jalan darurat, dan aneka perawatan lainnya. Dan polisnya hanya bisa digunakan di dalam negeri saja. Meski begitu, polis dari asuransi Sinarmas ini juga memberikan manfaat polis asuransi jiwa. Jadi kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, dan asuransi jiwa sekaligus dalam satu polis.

Premi bulanan

Faktor ketiga  yang perlu kamu pertimbangkan adalah premi bulanan. Meski pertimbangannya tidak terlalu jauh, tapi premi Sinarmas lebih bersahabat. Yaitu, Rp1.248.000/tahun atau sekitar Rp104.000/bulan.

“Sedangkan FWD Life preminya Rp1.500.000/tahun atau sekitar Rp125 ribu/bulan. Meski tidak terlalu jauh, tapi premi Sinarmas lebih bersahabat dibandingkan FWD Life Indonesia,” imbuh Clara.

Mana yang lebih bagus HCP FWD Life atau Sinarmas?

FWD Life Indonesia cocok untuk kamu yang mau memanfaatkan asuransi kesehatan lengkap, dan polisnya bisa digunakan di luar negeri. Artinya, cocok untuk kamu yang sering bepergian.

Sementara Sinarmas cocok untuk kamu yang mencari asuransi kesehatan dan manfaat asuransi jiwa sekaligus.

Ada juga promo cicilan 0% dari Lifepal yang bisa kamu pergunakan. Buat lebih lengkapnya, kamu bisa melihat di Lifepal!

Nah, buat kamu yang punya pertanyaan lain seputar asuransi Avrist atau asuransi lainnya, yuk tanyakan langsung pada ahlinya melalui fitur Tanya Lifepal!

FAQ seputar asuransi hospital cash plan

Apa itu asuransi hospital cash plan?

Hospital cash plan adalah bagian dari manfaat asuransi kesehatan di mana perusahaan asuransi menanggung biaya rawat inap sesuai dengan plafon atau santunan tunai yang tertulis dalam polis.

Bagaimana cara kerja asuransi HCP?

Perbedaan jenis asuransi hospital cash plan ada pada cara pencairan dana yang dilakukan nasabah.

Sistem pencairan dana asuransi dengan hospital cash plan adalah reimbursement, yang berarti kamu harus bayar biaya rumah sakit dengan uang pribadi dahulu lalu pihak asuransi akan menggantinya.

Bagaimana cara membandingkan polis asuransi?

Ada tiga hal yang harus dipertimbangkan dalam membandingkan polis asuransi, yaitu:

  • Nilai pertanggungan
  • Manfaat asuransi
  • Premi bulanan.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →